Logo Baru April

Apa Itu KOAS bagi Lulusan Kedokteran? Yuk Kenalan

apa itu koas
toko buku kuliah
Bagikan

Koas merupakan salah satu rangkaian seorang lulusan jurusan kedokteran untuk mendapatkan gelar dokter dengan menjalani praktik secara langsung di rumah sakit. Nah, biasanya seorang yang lulus dari jurusan kedokteran, pertama kali ia akan hanya mendapatkan gelar kuliahnya, yaitu S.Ked (Strata Kedokteran).

Akan tetapi, syarat supaya seorang lulusan jurusan kedokteran menjadi dokter beneran harusnya menuntaskan profesi itu sendiri. Nah, salah satunya yaitu dengan menyelesaikan KOAS ini.

Apa itu KOAS?

Jadi, KOAS merupakan kependekan dari ko-asisten ini merupakan seorang yang mengikuti praktik langsung di rumah sakit selama 2 tahun untuk mendapatkan gelar dokter (dr.). Biasanya KOAS ini akan mengikuti kegiatan konsulen dalam menjalankan kegiatannya.

Nah, dokter pembimbing disini tugasnya untuk mengamati anak-anak KOAS supaya sesuai dengan yang diharapkan serta biasanya mahasiswa KOAS ini melakukan pengecekan yang sering kepada pasiennya supaya mengetahui setiap prosesnya dan juga lebih paham bekerja di lapangan langsung.

Tugas KOAS

Tugas mahasiswa koas ini sangatlah banyak, tetapi secara umum yaitu wawancara dengan pasien, membaca hasil foto, mengikuti operasi, dan memeriksa bangsal. Padahal yang sudah itu mencari pasien yang memiliki penyakit tertentu. Sehingga tidak heran apabila lulusan dokter memang butuh waktu lama dan biaya mahal.

Sekarang, nama koas ini juga sudah mulai digantikan dengan nama baru yang disebut dengan dokter muda. Namun, penyebutan istilah ini kurang familiar juga sehingga lebih mudah disebut dengan koas.

Dalam prosesnya, banyak sekali jalan yang harus ditempuh dan dilewati seorang mahasiswa kedokteran untuk bisa mendapatkan gelar dokter dan juga bisa sampai bekerja langsung. Ada ujian UKMPPD (Ujian Nasionalnya Kedokteran), Kompre, Internship 1 tahun, dsb.

Ujian UKMPPD

Ujian UKMPPD ini diadakan resmi secara langsung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang dilakukan secara online dengan berbasis CBT (Computer Based Test) untuk ujian tulis dan Obejctive Structured Clinical Examination untuk ujian secara praktik.

UKMPPD merupakan kependekan dari ujian kompetensi Mahasiswa Program Profesi Kedokteran. Jadi, ini salah satu penentuan mahasiswa bisa mendapatkan gelar dokter ataupun tidak. Setelah menyelesaikan semuanya, seorang dokter juga belum bisa langsung kerja di lapangan. Mereka harus menempuh lagi UJIAN STR untuk mendapatkan sertifikat STR ini.

Nah, itulah pembahasan penting mengenai penjelasan apa itu koas, tugas yang dilakukan serta ujian lainnya sebagai penyerta supaya bisa mendapatkan gelar dokter (dr).

Pertanyaan Umum Terkait KOAS

Koas berapa lama?

Koas paling cepat dilaksanakan selama 2 tahun.

Apakah koas digaji?

Koas ini tidak digaji.

Apa perbedaan dokter muda dan koas?

Keduanya adalah sama, cuma beda pada penyebutan dan pengenalannya.

Baca juga artikel terkait

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :