Analisis Swot: Penjelasan Pengertian, Komponen dan Manfaat Lengkap

pengertian-analisis-swot
toko buku kuliah
Bagikan

Analisis Swot : Penjelasan Pengertian, Komponen dan Manfaat Lengkap — Apakah kamu pernah mendengar SWOT?

Biasanya analisis SWOT digunakan dalam pembuatan strategi.

Analisis dengan menggunakan empat poin ini dikenalkan pertama kali oleh Albert S. Humphrey. Tahun 1960-an, ia mengenalkan istilah ini saat memimpin proyek riset di Stanford Research Institute.

Pengertian SWOT dapat diartikan dengan sederhana:

Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman).

Analisis SWOT kerap digunakan untuk menganalisis suatu permasalahan. Suatu permasalahan dapat dilihat secara komprehensif dari segi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman jika menggunakan analisis ini.

Analisis SWOT juga sering digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi. Analisis SWOT biasanya dimanfaatkan untuk menyusun suatu rencana atau strategi. Strategi ini diharapkan mampu untuk membantu mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Mahasiswa juga bisa menggunakan SWOT loh. Saat kamu diberi tugas analisis sebuah kasus atau masalah misalnya. Salah satu hasilnya, kamu harus memberikan rekomendasi kebijakan.

Nah, analisis SWOT bisa kamu pakai nih. Agar kamu lebih memahami apa itu SWOT. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Banyak ahli yang menjelaskan tentang SWOT. Siapa saja?

1. Robinson dan Pearce

Analisis SWOT adalah salah satu dari komponen penting yang ada di dalam manajemen strategis. Analisis SWOT digunakan untuk menghasilkan profil perusahaan dari internal perusahaan itu sendiri.

Profil perusahaan akan digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan.

Kemudian, hasil identifikasi ini akan dibandingkan dengan peluang dan ancaman yang kemungkinan akan dihadapi. Sehingga dapat ditemukan strategi efektif yang akan digunakan oleh perusahaan.

2. Freddy Rangkuti

Analisis SWOT merupakan suatu proses analisis yang dilakukan secara sistematis guna menyusun strategi organisasi yang efektif dan tepat. Fokus utama dari analisis ini adalah untuk mengoptimalkan kekuatan dan peluang organisasi. Selain itu, sekaligus berusaha untuk meminimalisir kelemahan dan ancaman yang akan dihadapi.

3. Kotler & Armstrong

Pengertian analisis SWOT menurut Kotler dan Armstrong: penilaian secara komprehensif pada kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi. Analisis ini sangat diperlukan untuk membuat strategi yang akan digunakan perusahaan atau organisasi tersebut. Strategi yang dihasilkan dari analisis ini, diharapkan dapat membuat perusahaan berhasil mencapai tujuannya.

4. Jogiyanto

Analisa SWOT merupakan analisis yang dapat melakukan identifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan dari sumber daya yang dimilikinya. Selain itu, juga dapat melihat kesempatan dan tantangan yang dihadapi. Sehingga akan ditemukan formula yang tepat untuk mengoptimalkan perusahaan tersebut.

5. Yusanto dan Widjajakusuma

Analisis SWOT merupakan data perusahaan yang mencakup data internal dan eksternal perusahaan pada tiga tahun sebelum analisis, saat dilakukannya analisis, dan lima tahun sesudah analisis. Hal ini banyak dikenal sebagai basis data tahunan pola 3-1-5.

Komponen Analisis SWOT

Seperti sempat disinggung di awal, SWOT memiliki 4 poin yakni strength, weakness, opportunity, dan threats. Syarat pertama agar kamu bisa menggunakan SWOT adalah memahami setiap poin atau komponen tersebut.

Strength (Kekuatan)

Strength (S) merupakan situasi, kondisi atau keadaan yang menjadi kekuatan dari organisasi atau perusahaan. Kekuataan ini dapat muncul dari sumber daya suatu organisasi, perusahaan, atau lembaga.

Weaknesses (Kelemahan)

Kebalikan dari kekuatan, Weaknesses atau kelemahan (W) adalah suatu situasi, kondisi atau keadaan yang menjadi kelemahan dari organisasi atau perusahaan. Komponen ini digunakan untuk mengetahui kendala, keterbatasan sumber daya, keterbatasan fasilitas dan hal lainnya. Hal ini akan memudahkan proses identifikasi faktor apa saja yang bisa menghambat kinerja satua lembaga, institusi, atau organisasi.

Baca : Pengertian Organisasi : Manfaat, Tujuan, Ciri-ciri, Unsur dan Konsepnya

Opportunities (Peluang)

Komponen Opportunities (O) biasanya dirumuskan di awal pembentukan organisasi atau lembaga. Komponen ini memuat peluang-peluang yang dimiliki oleh lembaga atau organisasi tersebut. Peluangnya untuk meraih tujuan.

Threats (Ancaman)

Threats (T) menjadi salah satu komponen terpenting selanjutnya dalam analisis SWOT. Komponen ini dapat menentukan bertahan atau tidaknya suatu perusahaan, lembaga, atau organisasi. Jumlah kompetitor, permintaan pasar, perkembangan zaman dan teknologi, sumber daya yang dimiliki, dan lainnya bisa menjadi ancaman.

Manfaat Analisis SWOT

Setelah mengetahui pengertian dan komponen Analisis SWOT, di bawah ini telah kami rangkum manfaat-manfaat analisis SWOT untuk kamu. Setiap komponen dari Analisis SWOT dapat menunjukkan unsur-unsur berbeda yang dimiliki perusahaan, organisasi atau lembaga.

Belajar jualan online

Nah, salah satu manfaat dari analisis SWOT jika dilakukan dengan tepat, kamu akan bisa memberikan rekomendasi yang pas untuk suatu organisasi.

Tidak hanya itu saja, bagi kamu yang mahasiswa, analisis SWOT juga berguna banget loh.

Saat mengerjakan tugas analisis suatu permasalahan, kamu bisa menggunakan teknik ini untuk mencari penyelesaiannya. Saat tengah magang di suatu perusahaan, organisasi atau lembaga, kamu bisa menggunakan analisis SWOT untuk membuat penilaian dan membantu tempat magang juga.

Selain itu, saat berorganisasi di dunia kampus, kamu juga bisa menggunakan analisis SWOT saat harus membuat keputusan penting di dalam organisasi.

Hasil analisis SWOT ini berguna untuk meningkatkan kekuatan dan mempertahankan juga memperluas peluang perusahaan, organisasi atau lembaga. Selain itu, hasil analisis juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi kelemahan dan juga menurunkan ancaman yang sedang maupun yang akan dihadapi.

Jadi hasil analisis dapat kamu gunakan untuk membuat strategi yang tepat. Karena bisa digunakan untuk menyusun strategi yang efektif dan efisien, hasil analisis SWOT akan sangat membantu untuk keberlangsungan jangka panjangnya.

Oh iya, selain manfaat yang ada di atas, ada juga manfaat umum dari analisis SWOT ini, antara lain sebagai berikut:

  • Mengetahui dan memahami kekuatan perusahaan, organisasi atau lembaga, serta membuat strategi peningkatan.
  • Mengetahui dan memahami peluang yang dimiliki perusahaan, organisasi atau lembaga dan merumuskan cara untuk meningkatkannya.
  • Mengetahui dan memahami kelemahan perusahaan, organisasi atau lembaga serta rencana untuk meminimalisir kelemahan.
  • Mengetahui dan memahami ancaman perusahaan, organisasi atau lembaga sehingga dapat melakukan pencegahan.

Baca juga : Pengertian Manfaat Penelitian

Tujuan Analisis SWOT

Secara umum, tujuan analisis SWOT adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan, organisasi atau lembaga. Komponen-komponen ini dapat dibedah secara rinci. Jadi semisal kamu membuat tugas analisis masalah, kamu dapat mengetahui tentang apa-apa saja yang ada di dalamnya dengan terperinci.

Dari masing-masing komponen yang sudah diketahui, kamu dapat menggunakannya untuk menyusun strategi dan metode manajemen. Hasil akhir analisis dalam bentuk strategi atau manajemen ini nantinya akan menentukan keberlangsungan perusahaan, organisasi atau lembaga.

Tepat atau tidaknya strategi yang sudah kamu buat ini, bisa berdampak pada keberhasilan atau kegagalan. Sebab, jika kamu tidak tepat dalam melakukan analisis, maka dapat menyebabkan laju perusahaan, organisasi atau lembaga tidak efektif dan efisien.

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Selain membahas tentang pengertian, komponen, manfaat dan tujuan Analisis SWOT, kami juga akan membahas mengenai faktor yang mempengaruhi Analisis SWOT. Langsung saja bisa kamu baca di bawah ini.

Faktor Internal

Faktor internal ini adalah faktor yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Faktor ini berpengaruh besar pada komponen Strength dan Weaknesses suatu perusahaan, organisasi atau lembaga. Apa saja sih faktor internal itu? Antara lain:

  1. Sumber daya manusia
  2. Sumber daya keuangan
  3. Fasilitas dan sarana prasarana yang dimiliki
  4. Produk yang dihasilkan
  5. Kemampuan marketing perusahaan
  6. Kemampuan distribusi produk

Faktor Eksternal

Tidak hanya faktor internal yang mempengaruhi analisis SWOT, ada juga faktor eksternal. Faktor eksternal sendiri merupakan faktor yang berada di luar perusahaan, organisasi atau lembaga.

Di dalam analisis SWOT, faktor ini ada pada komponen Opportunities dan Threats. Di bawah ini kami sajikan beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi analisis SWOT, antara lain sebagai berikut:

  1. Kondisi sosial dan politik yang berlangsung
  2. Budaya yang berkembang di masyarakat
  3. Kondisi ekonomi suatu negara
  4. Perkembangan zaman atau tren
  5. Perkembangan teknologi dan informasi
  6. Regulasi dan kebijakan pemerintah yang berdampak ke perusahaan secara langsung maupun tidak langsung, dan sebagainya

Baca juga : 5 Contoh Ekonomi Deskriptif Dalam Kehidupan Sehari Hari

Nah itu tadi penjelasan mengenai serba-serbi analisis SWOT dari kami. Mulai dari pengertian, komponen-komponen, manfaat, tujuan hingga faktor-faktor yang mempengaruhi analisis SWOT. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih tahu dan mengenali analisis SWOT ya.

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang