Logo Baru April

Apa Itu Ambisi? Pengertian dan Contoh

Apa itu Ambisi
toko buku kuliah
Bagikan

Ambisi merupakan sebuah nafsu atau keinginan untuk menjadi sesuatu atau bisa melakukan suatu hal yang diimpikan dan dicita-citakan. Ambisi ini sangat mempengaruhi kesuksesan orang. Yuk, pahami lebih dalam pada artikel berikut ini.

Sadar atau tidak, ambisi adalah suatu hal yang dimiliki setiap manusia dalam kehidupannya. Akan tetapi, ambisi ini bisa dipandang dengan sudut pandang positif, tetapi juga bisa dipandang dengan sudut pandang yang negatif, tergantung bagaimana konteks yang terdapat di dalamnya.

Ambisi ini merupakan hal yang penting yang menjadi alat pendorong bagi seseorang untuk mencapai hal besar dalam hidupnya. Karena tanpa adanya ambisi, tidak ada hal hebat dan luar biasa yang dilakukan seseorang, sekalipun ada risiko dan juga konsekuensi yang harus dilakoninya.

Akan tetapi, apa itu pengertian ambisi, bagaimana pentingnya seseorang memiliki tujuan, dan apa saja contoh ambisi? Jika Anda belum memahami mengenai berbagai hal tentang ambisi, simak penjelasan mendalam di bawah ini.

Baca juga: Rekomendasi Buku Motivasi Terbaru

Pengertian Ambisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ambisi adalah suatu keinginan (hasrat, nafsu) yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (seperti pangkat, kedudukan) atau untuk melakukan sesuatu. Sementara itu, pengertian secara umum adalah sebuah sebutan untuk seseorang yang memiliki harapan atau keinginan kuat.

Harapan dan keinginan kuat yang dimiliki seseorang tersebut harus diraih untuk memperoleh tujuan yang diinginkan. Oleh sebab itu, ambisi ini bisa dipandang sebagai suatu hal yang positif, tetapi juga bisa dipandang menjadi suatu hal yang kurang baik atau negatif.

Mengapa demikian? Karena tak jarang, seseorang yang memiliki ambisi bisa saja berlebihan sehingga melakukan hal tidak baik, misalnya menghalalkan segala cara untuk meraih ambisi dan tujuan yang mereka inginkan tersebut, sehingga justru hal yang mereka lakukan akan merugikan dirinya sendiri atau orang lain di sekitarnya.

Dengan demikian, maka ambisi tak selalu dalam hal positif, tetapi juga bisa ke arah hal yang negatif, tergantung bagaimana konteks dan cara seseorang meraihnya. Lain daripada ambisi yang negatif, ambisi yang positif justru akan bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang banyak.

Ambisi yang positif ini biasanya bertujuan untuk membangun suatu hal lebih baik dan menetapkan tujuannya dengan tepat sehingga apa yang ia lakukan dalam meraih ambisi tersebut lebih jelas, terarah, dan juga lebih positif. Oleh sebab itu bagi seseorang yang memiliki ambisi, sebaiknya melakukan hal positif dan menghindari batas wajar.

Meski demikian, bukan berarti tidak memiliki ambisi hidupnya akan berjalan mulus saja, Tanpa adanya ambisi, biasanya banyak orang yang kurang memiliki kualitas hidup karena hidupnya berjalan begitu saja tanpa tujuan dan tantangan. Hal ini membuat mereka tidak menyadari akan potensi lain yang dimilikinya tetapi tidak pernah diasah.

Hal ini karena sejatinya ambisi merupakan suatu dorongan atau keinginan keras seseorang yang sebenarnya dimiliki oleh setiap manusia. Akan tetapi banyak orang yang lupa cara memanfaatkan sikap ambisius tersebut, sehingga mereka lupa jika mereka tidak memiliki tujuan atau ambisi dan tidak menggunakannya sama sekali untuk hal yang baik.

Ketika Anda mengenal istilah ambisi, tentu Anda juga mengenal istilah ambisius. Berbeda dengan ambisi, ambisius merupakan makna yang positif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ambisius adalah berkeinginan keras mencapai suatu tujuan, harapan, atau cita-cita.

Sikap ambisius ini juga artinya seseorang bisa melakukan suatu hal dengan penuh ambisi. Sehingga pengertiannya tentu berbeda dengan ambisi. Meski demikian, ambisius ini kerap disalahartikan bagi lingkungan sosial orang tersebut karena seringkali merugikan orang lain sehingga orang yang ambisius dibenci.

Hal itu terjadi karena orang yang ambisius biasanya akan bekerja keras dan memiliki semangat juang dan semangat kerja yang tinggi untuk meraih atau mencapai tujuan hidupnya dengan cepat, sehingga kadang mereka mengabaikan bagaimana kondisi sekitarnya.

Pentingnya Memiliki Ambisi

Setelah memahami pengertian ambisi, tentu Anda juga harus mengetahui apa pentingnya hidup dengan ambisi. Berikut merupakan manfaat atau pentingnya seseorang memiliki ambisi.

1. Hidup Lebih Positif

Orang yang memiliki ambisi hidupnya akan lebih positif karena memiliki tujuan yang jelas dan bekerja keras untuk mencapai tujuan hidupnya. Mereka juga menerima tantangan dan menikmati tantangan tersebut sehingga mau maju dan belajar yang mana bermanfaat bagi kehidupannya.

Daftar Open Reseller

2. Mengetahui Tujuan Hidup

Orang yang memiliki ambisi mengetahui tujuan hidupnya atau ke mana mereka akan melangkah dan seperti apa yang harus mereka lakukan agar sampai ke tujuan yang diharapkannya. Sehingga biasanya mereka mampu mengubah dan mengukur impian mereka dan menyesuaikan dengan tujuan yang ingin mereka capai.

3. Mampu Melihat Peluang

Karena orang yang memiliki ambisi mau bekerja keras dan menerima tantangan, maka tidak jarang mereka lebih mudah melihat peluang di dalam hidupnya sehingga mereka mampu merebut dan mengambil peluang terbaik yang orang lain tidak bisa lakukan.

4. Mendorong Pertumbuhan dan Perkembangan Pribadi

Ambisi yang dimiliki seseorang juga penting untuk mendorong bagaimana pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Hal ini karena seseorang jadi ingin tahu lebih banyak dan berbuat lebih banyak, sehingga akan memberi lebih banyak juga karena memiliki tujuan dan juga dorongan yang kuat untuk mereka bermimpi dan melangkah lebih besar lagi.

Contoh Ambisi

Ada pun di bawah ini merupakan beberapa contoh ambisi yang dimiliki manusia, bisa salah satunya, beberapa, atau keseluruhannya.

1. Menjadi Mahasiswa

Seorang lulusan SMA atau mahasiswa memiliki ambisi menjadi mahasiswa yang berkualitas dan juga berpendidikan yang luas. Akhirnya mereka mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan kampus dan bahkan berpartisipasi dalam organisasi mahasiswa demi mencapai ambisi dan tujuannya menjadi mahasiswa berkualitas.

Ambisi ini bahkan sangat kuat di kalangan keluarga yang kurang mampu. Kenapa? Sebab dengan keterbatasan mereka tetap ingin berjuang supaya derajat kerluarganya bisa naik juga. Salah satu dengan jalan beasiswa.

Ebook Panduan Jadi Reseller

Apabila ingin mendaftar beasiswa, bisa banget untuk Contoh Motivation Letter Beasiswa.

2. Bisnis

Seseorang yang memiliki ambisi bisnis ini biasanya memiliki sifat yang mau bekerja keras, berjuang, dan tidak pantang lelah dalam mengembangkan bisnisnya. Mereka mau belajar, berusaha, dan juga menyerap berbagai hal positif dalam bisnis yang dilakukannya agar bisnisnya berjalan sukses dan lancar.

Dalam bisnis ambisi ini harus diasah supaya tetap terus tau perkembangan yang sedang terjadi, trend, dan juga selalu update akan cara mitigasi risiko yang akan terjadi. Salah satu bisnis yang menguntungkan dan mudah dilakukan secara online adalah menjadi reseller buku.

Apabila kamu ingin gabung juga, bisa langsung kunjungi halaman gabung berikut ini: Jualan Buku Deepublish.

3. Kaya

Ambisi untuk kaya biasanya dibarengi dengan usaha seseorang meraih kesuksesan dalam hal materi. Misalnya bekerja keras dari pagi hingga malam, mencari tambahan rezeki, atau bagi mereka yang memiliki usaha akan mengembangkan usahanya dan mencari keuntungan setinggi-tingginya agar pendapatan mereka bertambah sehingga mereka bisa menjadi orang yang kaya.

4. Pekerjaan

Sama halnya seperti orang yang berambisi di dalam berbisnis, orang yang berambisi dalam pekerjaan biasanya akan bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dengan melakukan dan menjalani pekerjaan tersebut dengan penuh semangat dan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang baik atau mencapai tujuan yang diinginkan sebagai karyawan.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :