Logo Baru April

Visi Misi OSIS: Contoh untuk SMP, MTS, SMA dan SMK

Contoh Visi Misi Osis
toko buku kuliah
Bagikan

OSIS merupakan salah satu organisasi di sekolah yang paling banyak diidamkan. Nah, berikut contoh visi misi osis untuk SMP, MTS, SMA dan SMK lengkap beserta dengan penjabaran ciri-ciri visi misi yang baik.

Sekolah merupakan lembaga yang berfokus pada pendidikan, di mana siswa-siswi bisa mengenyam pendidikan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Selain itu, sekolah juga merupakan tempat untuk pembentukan karakter bagi para siswa-siswi. Sekolah sebagai sebuah lembaga juga memiliki sebuah organisasi di dalamnya, yang dikhususkan untuk siswa, yaitu OSIS. OSIS merupakan sebuah akronim untuk Organisasi Siswa Intra Sekolah.

OSIS merupakan satu-satunya organisasi resmi yang ada di dalam sekolah dan sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan. Tujuan dari dibentuknya OSIS sebagai organisasi yang ada di sekolah ini berkaitan dengan siswa-siswi di sekolah itu sendiri.

Fungsi OSIS berperan sebagai pusat untuk kegiatan pembinaan kesiswaan di dalam sekolah. Maka dari itu, OSIS berfungsi juga sebagai wadah untuk pengembangan minat, bakat, dan potensi yang dimiliki oleh siswa.

Sebagai sebuah organisasi, OSIS memiliki struktur kepengurusan yang terdiri pembina OSIS, perwakilan kelas, dan pengurus OSIS. Pembina OSIS merupakan guru-guru di sekolah, mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru-guru lainnya. Para guru bertugas sebagai pembina, pengarah, memberikan nasihat, hingga mengesahkan pelantikan pengurus OSIS. Sedangkan kepengurusan bagian perwakilan kelas dan pengurus OSIS adalah siswa-siswi sekolah tersebut.

Ketua OSIS merupakan pemimpin organisasi yang dipilih oleh siswa-siswi dan para guru di sekolah. Agar siswa atau siswi dapat terpilih menjadi seorang ketua OSIS, maka ia harus memiliki visi misi yang jelas sebagai acuannya saat menjadi seorang ketua.

Ada berbagai ciri visi misi yang baik dan bisa digunakan oleh seorang siswa atau siswi calon ketua OSIS.

Ciri Visi Misi yang Baik

Visi dapat diartikan sebagai gambaran, tujuan utama, maupun cita-cita dari perusahaan, organisasi, lembaga, bahkan individu seseorang. Adanya pembuatan visi merupakan hal yang penting, karena menentukan tujuan organisasi dalam bekerja. Visi dibuat dari hasil pemikiran sendiri, misalnya dari pemimpin organisasi atau perusahaan, yang diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para anggotanya.

Selain visi, ada juga misi, yaitu cara atau langkah yang bisa dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk bisa mencapai cita-cita pada visi yang sudah dibuat sebelumnya. Misi juga dapat digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan akan sikap perusahaan akan berbagai hal yang terjadi pada perusahaan atau organisasi.

Visi dan misi yang baik dapat ditunjukkan dengan ciri-ciri berikut ini, yaitu:

1. Fokus

Ciri pertama dari visi dan misi yang baik adalah fokus. Hal ini artinya visi yang dibuat harus bisa berfokus pada tujuan yang ingin dicapai. Bukan hanya visi yang harus fokus, namun ciri misi yang baik juga harus fokus. Jika misi yang dibuat juga fokus, maka lembaga atau organisasi dapat melakukan langkah yang tepat untuk mencapai tujuan, sesuai dengan misi yang sudah dibuat.

2. Mudah Dipahami

Visi dan misi yang baik juga harus mudah dipahami, bukan hanya oleh pemimpin atau orang yang membuatnya, tapi juga oleh semua orang yang ada di dalam lembaga atau organisasi tersebut. Bahkan visi dan misi juga sebaiknya mudah dipahami oleh orang lain di luar lembaga atau organisasi tersebut.

Tujuannya adalah agar setiap orang dalam lembaga atau organisasi bisa mewujudkan tujuan sesuai dengan visi dan misi secara tepat.

3. Menarik

Ciri visi dan misi yang baik berikutnya adalah menarik. Visi dan misi yang menarik penting bagi setiap orang yang ada dalam lembaga atau organisasi.

Sebab semakin menarik visi dan misi yang dibuat sebagai tujuan atau cita-cita dan cara mencapainya akan membuat setiap orang bersemangat dan termotivasi untuk mewujudkan visi dan misi tersebut.

4. Sederhana Tapi Bisa Direalisasikan

Sebelumnya, sudah disebutkan salah satu ciri visi dan misi yang baik adalah yang mudah dipahami. Maka dari itu, visi dan misi yang baik juga harus sederhana.

Maksud dari sederhana ini adalah menggunakan bahasa yang sederhana dan tidak bertele-tele, agar lebih mudah dipahami oleh siapapun yang membacanya. Visi dan misi yang sederhana juga akan lebih mudah diingat oleh orang lain.

Daftar Open Reseller

5. Spesifik

Meski visi dan misi dibuat secara sederhana dan dengan bahasa yang sederhana, visi dan misi yang baik juga harus spesifik. Ini artinya, dalam visi dan misi tertulis dengan jelas, apa saja yang ingin dicapai dan cara apa yang bisa dilakukan untuk mencapai visi atau tujuan apa yang ingin dicapai oleh lembaga maupun perusahaan.

6. Bisa Dibayangkan dan Logika

Perwujudan visi dan misi akan lebih mudah dilakukan jika bisa dibayangkan pada awal pembuatannya. Visi dan misi yang mudah dibayangkan juga bisa membuatnya lebih mudah untuk diwujudkan oleh seluruh anggota lembaga maupun organisasi.

Baca juga: Daftar Lengkap Jurusan Kuliah untuk Siswa IPS

Contoh Visi dan Misi Ketua Osis

1. Contoh Visi Misi Ketua Osis SMP/MTS

Visi : Menjadikan OSIS SMP Negeri 234 sebagai organisasi yang bermutu dan bertanggung jawab menjadikan siswa-siswi lebih disiplin, kreatif, dan berprestasi.

Misi : 

  1. Mengajak siswa-siswi untuk aktif di kegiatan akademik dan non-  akademik yang diselenggarakan di sekolah maupun di luar sekolah
  2. Meningkatkan mutu kerja para pengurus OSIS.
  3. Menjadi wadah aspirasi siswa-siswi SMP 234 untuk kemajuan sekolah dan organisasi OSIS.
  4. Mengadakan kegiatan di bidang sosial dengan mengajak siswa-siswi ikut berperan.

Visi : Mewujudkan siswa-siswi MTS Negeri 2 yang berkarakter Islami, berprestasi, dan mampu berkompetisi.

Ebook Panduan Jadi Reseller

Misi :

  1. Mengadakan berbagai kegiatan keagamaan dan sosial di sekolah maupun di luar sekolah.
  2. Menjaga dan mengawasi perilaku siswa-siswi agar tetap sesuai dengan ajaran agama.
  3. Menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi para siswa-siswi.

2. Contoh Visi Misi Ketua OSIS SMA

Visi : Mewujudkan siswa-siswi SMA Negeri 17 yang berprestasi, berjiwa sosial, dan aktif.

Misi :

  1. Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler sekolah sebagai wadah pengembangan minat dan bakat siswa-siswi.
  2. Memperbanyak kegiatan akademik dan non-akademik untuk siswa-siswi.
  3. Mendorong perilaku sopan, santun, dan peduli bagi para siswa kepada seluruh elemen sekolah, termasuk guru, staf, dan sesama siswa-siswi.

3. Contoh Visi Misi Ketua OSIS SMK

Visi : Mewujudkan OSIS SMK Negeri 11 sebagai organisasi yang dapat bermanfaat bagi sekolah dan siswa-siswi dalam pengembangan diri dan prestasi.

Misi

  1. Mengadakan kegiatan yang melibatkan seluruh siswa-siswi.
  2. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa-siswi sebagai bekal diri.
  3. Menjadikan ekstrakurikuler sebagai sarana pengembangan potensi diri siswa-siswi.

Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis untuk Kuliah

(Penulis: Tyas Wening)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :