Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

8 Rekomendasi Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Yogyakarta

universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta.
Bagikan

Biaya kuliah yang tinggi membuat banyak mahasiswa mencari universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta. Hal serupa dilakukan oleh mahasiswa di kota lain, supaya bisa berpenghasilan dan tidak berat dalam melunasi biaya kuliah. Kerja sambil kuliah menurut pelakunya untuk cermat dalam mengatur waktu. 

Tidak kalah penting adalah memilih kampus atau perguruan tinggi yang tepat. Sebab tidak semua perguruan tinggi menerapkan kebijakan yang bersahabat bagi mahasiswa untuk bisa leluasa bekerja. Sehingga tertutup kemungkinan untuk bisa kuliah sambil kerja. 

Perguruan tinggi seperti ini praktis hanya bisa diakses fasilitas pendidikannya oleh mahasiswa yang mendapat beasiswa dengan cakupan biaya pendidikan dan biaya hidup. Selain itu juga menyasar mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan perekonomian baik. Sehingga mahasiswa tersebut selama kuliah tidak perlu pusing memikirkan biaya kuliah. 

Namun, berasal dari keluarga dengan kondisi perekonomian kurang bagus tentu di zaman sekarang tidak lagi menjadi penghalang untuk menempuh pendidikan tinggi. Sebab sudah banyak perguruan tinggi, yakni mayoritas dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang membuka kelas-kelas khusus karyawan. 

Jika saat ini berdomisili di Yogyakarta, atau mungkin berkarir di Kota Gudeg ini. Maka perlu mencari tahu daftar universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta. Supaya bisa bekerja dengan nyaman sembari tetap aktif menempuh pendidikan tinggi. 

Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Yogyakarta 

Jika saat ini sedang sibuk berkarir namun ingin mengembangkan diri dengan menempuh pendidikan tinggi. Sehingga di masa mendatang bisa mengembangkan karir, baik naik jabatan yang lebih tinggi maupun mendapat pekerjaan yang lebih baik di perusahaan yang lebih besar. Maka jangan ragu untuk bekerja sambil kuliah. 

Ada banyak sekali universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta yang bisa dijadikan tujuan untuk kuliah sambil kerja. Apa saja daftar universitas tersebut? Berikut beberapa rekomendasinya: 

1. Universitas Mercu Buana

kuliah sambil kerja di universitas-mercubuana-jogja

Universitas pertama di Yogyakarta yang bisa dituju untuk kuliah sambil kerja dengan nyaman adalah Universitas Mercu Buana. Universitas Mercu Buana diketahui memiliki kualitas dan reputasi yang baik. Terbukti dari beberapa program studi yang sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. 

Sebut saja seperti program studi Teknik Sipil, Teknik Informatika, Manajemen, Akuntansi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kabar baiknya, Universitas Mercu Buana menerapkan kebijakan yang ramah bagi mahasiswa yang juga aktif bekerja atau berkarir. 

Sebab dibuka kelas sampai jam malam atau sampai malam hari, sehingga bisa diikuti oleh mahasiswa yang juga aktif bekerja. Berikut detail jam belajar di Universitas Mercu Buana: 

  • Senin – Jumat dari jam 19.00 – 21.30 WIB dan E-learning. 
  • Senin – Jumat dan hari Sabtu dari jam 07.00 sampai 14.30 WIB. 
  • Senin – Jumat dan hari Sabtu dari jam 14.30 sampai 22.00 WIB. 

Pada jam-jam kuliah tersebut, praktis setiap karyawan juga bisa mengikutinya. Sehingga tidak perlu bolos kerja atau absen rutin di kelas dengan jam kantor. Kalau sudah bisa masuk kelas rutin, maka ilmu selama kuliah bisa didapat. Kamu tidak hanya mendapat ijazah namun juga ilmu yang bermanfaat.

Situs : https://mercubuana-yogya.ac.id/

2. Universitas Janabadra 

Rekomendasi universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta berikutnya adalah Universitas Janabadra. Universitas yang berada di titik strategis ini memang selalu menjadi pilihan favorit para karyawan untuk melanjutkan kuliah. Sebab memiliki reputasi dan kualitas yang bagus, dan biaya kuliahnya juga murah. 

Biaya masuk masih di angka Rp 1 jutaan dan bisa dicicil, kemudian ada biaya bulanan untuk SPP di kisaran angka ratusan ribu. Sehingga untuk para karyawan tentunya tidak ada masalah untuk bisa membayar biaya ini tepat waktu sampai dinyatakan lulus. 

Sedangkan untuk jadwal kuliah, disediakan pula kelas karyawan di jam sore sampai malam. Yakni dari hari Senin sampai Jumat dimulai jam 17.00 sampai jam 21.00 WIB. Sehingga para karyawan bisa tetap masuk kuliah rutin selepas jam kantor.

situs: https://janabadra.ac.id/

3. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional 

STTNAS atau Sekolah Tinggi Teknologi Nasional juga masuk ke dalam daftar universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta. Kebijakan di dalamnya memang diketahui bersahabat untuk para karyawan agar bisa meraih pendidikan tinggi tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang membantunya kuliah. 

Seperti universitas sebelumnya, STTNAS juga menyediakan kelas sore untuk karyawan. Dimulai dari jam 16.00 sampai jam 20.00 WIB, dan biaya kuliahnya sendiri masih terbilang murah. Biaya masuk untuk pembangunan gedung di kisaran belasan juta, dan untuk SPP dibayar per semester di kisaran Rp 2 jutaan. 

Menariknya lagi, di STTNAS para karyawan juga bisa mengambil program studi teknik. Paling favorit disini adalah jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan juga Teknik Geodesi.

Situs : https://itny.ac.id/

4. Poltekkes Permata Yogyakarta 

Ingin kuliah di bidang kesehatan namun tetap aktif bekerja? Maka bisa menjadi mahasiswa di Poltekkes Permata Yogyakarta. Kampus yang terletak di Condongcatur, Yogyakarta ini memang membuka kelas karyawan di akhir pekan. Sehingga dari jam kuliah sendiri dijamin memfasilitasi para karyawan agar disiplin masuk kelas. 

Sedangkan untuk pilihan jurusan, praktis disini disediakan jurusan di bidang kesehatan. Dimulai dari D3 Kebidanan, D3 Farmasi, D3 Rekam Medis dan InfoKes, dan juga ada D3 Administrasi Rumah Sakit. 

Jadi, kalau kamu ingin berkarir di rumah sakit dan tidak memegang selang infus maupun alat suntik. Bisa mengambil D3 Administrasi Rumah Sakit, pasca lulus bisa menjadi tenaga administrasi di berbagai rumah sakit. Baik di kota Yogyakarta maupun di luar kota. 

Sedangkan untuk biaya, perlu diketahui disini sangat terjangkau. Apalagi ada jalur pendaftaran bebas tes dan bebas biaya. Sehingga untuk kamu yang punya prestasi akademik dan memenuhi syarat lain bisa mendaftar lewat jalur tersebut.

Situs : https://www.permataindonesia.ac.id/

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta 

Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga menjadi destinasi universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta terbaik. Sebab disini juga dibuka kelas karyawan di sore sampai malam hari. Sehingga para karyawan akan sangat terbantu untuk masuk kelas dengan nyaman tanpa perlu ijin dari kantor. 

Mengenai biaya, di Universitas Atma Jaya juga dikenal murah meriah apalagi untuk kelas karyawan. Siapa saja bisa kuliah disini, sebab menerima calon mahasiswa dari SMA maupun SMK. Dibukanya kelas karyawan juga membantu siapa saja menempuh pendidikan tinggi, termasuk yang sudah aktif bekerja. 

Kabar baiknya lagi adalah, semua program studi di Universitas Atma Jaya bisa diikuti para karyawan. Sehingga kamu yang melanjutkan studi di tengah perjuangan mencari nafkah memiliki pilihan program studi yang luas. Termasuk program studi unggulan dan favorit di Universitas Atma Jaya.

Situs : http://www.uajy.ac.id/

Daftar Reseller Buku

6. Universitas Kristen Immanuel Sleman Yogyakarta

Universitas Kristen Immanuel atau UKRIM di Sleman Yogyakarta juga menjadi salah satu universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta. Sebab disini dibuka kelas karyawan, yakni sepanjang hari kerja di jam sore sampai malam. Para karyawan kemudian bisa ikut kuliah tanpa resiko harus sering absen. 

Sebab jam kuliah yang disediakan memang diatur khusus agar bisa diikuti para karyawan. Menariknya lagi, biaya kuliah disini masih terbilang murah yang tentu bisa dijangkau oleh para karyawan. Universitas ini juga menjadi tujuan ideal bagi kamu yang beragama Kristen karena tersedia program studi Musik Gereja.

Situs : https://ukrim.ac.id/

7. Institut Pertanian Stiper Yogyakarta 

Ingin kuliah di jurusan pertanian atau di bidang tersebut? Maka saat sudah berkarir atau bekerja, kamu bisa tetap menempuh pendidikan tinggi bidang pertanian dengan kuliah di Institut Pertanian Stiper Yogyakarta. Termasuk ke dalam daftar universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta terbaik. 

Sebab disediakan kelas khusus karyawan yang memberi kemudahan bagi para karyawan untuk masuk secara rutin. Sehingga tidak perlu mengurus izin khusus dari perusahaan untuk melanjutkan kuliah. Sekaligus tidak khawatir jam kantor akan bentrok dengan jam kuliah di kampus Stiper tersebut. 

Mengenai biaya kuliah pun tidak perlu cemas, karena disini termasuk universitas dengan biaya kuliah yang ramah di kantong. Jadi, kamu bisa menjadikannya sebagai pilihan untuk menjadi Sarjana Pertanian yang tangguh dan berprestasi. Namun yang menarik, biaya kuliah disini berbeda-beda. 

Jadi, biaya kuliah ditentukan oleh pemilihan beberapa program kuliah. Informasi mengenai biaya kuliah akan dikirimkan melalui email yang kamu gunakan mendaftar. Jadi, pastikan email ini aktif.

Situs : http://www.instiperjogja.ac.id/

8. Universitas Terbuka Yogyakarta 

Jika kamu takut tidak bisa masuk kelas rutin saat melanjutkan kuliah padahal sudah bekerja. Maka bisa mempertimbangkan untuk kuliah di Universitas Terbuka Yogyakarta. Universitas Terbuka sebenarnya tersedia di nyaris semua kota di Indonesia, dan salah satunya di Yogyakarta. 

Universitas Terbuka dikelola dengan melibatkan teknologi, sehingga memudahkan para mahasiswa untuk mengikuti kelas di antara jam sibuk bekerja di kantor. Selain itu, juga disediakan fasilitas perpustakaan online dengan literatur yang super lengkap. 

Universitas Terbuka di Yogyakarta membuka program studi Diploma dan Sarjana, pilihan jurusannya pun banyak. Kebanyakan untuk jurusan pendidikan namun banyak juga di luar jurusan pendidikan. 

Sedangkan untuk biaya, tidak perlu cemas karena universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta ini terbilang membebankan biaya kuliah yang murah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir susah menabung selama kuliah sambil kerja.

Situs : https://yogyakarta.ut.ac.id/

Keuntungan Bisa Kuliah Sambil Kerja 

Bekerja sambil kuliah memang berat, namun dibalik masa sulit tersebut ada banyak keuntungan bisa didapatkan. Misalnya:

Baca juga : Kerja atau Kuliah?

1. Menjadi Pribadi yang Tangguh 

Bekerja sambil kuliah membuat pelakunya harus ekstra mengeluarkan tenaga, waktu, dan biaya. Namun jika sudah lulus perjuangan tersebut terbayar impas. Sebab bisa meraih pekerjaan impian di perusahaan impian, sekaligus menjadi pribadi yang tangguh yang membantu meniti karir cemerlang di perusahaan. 

2. Manajemen Waktu Terasah dengan Baik

Kuliah sembari aktif bekerja di kantor tentu menuntut kedisiplinan yang tinggi. Sehingga mayoritas mahasiswa di kelas non reguler atau kelas karyawan memiliki kemampuan manajemen waktu yang sangat baik. 

3. Mengasah Kemampuan Beradaptasi 

Saat punya dua kesibukan, yakni di kantor dan juga di universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta. Maka kamu berada di dua lingkungan yang berbeda jauh, namun harus bisa beradaptasi agar semua aktivitas di dalamnya lancar. Jadi, kalau kerja sambil kuliah dijamin kamu punya kemampuan adaptasi yang baik. 

4. Relasi Lebih Luas 

Bekerja sekaligus kuliah membantu memperluas relasi dengan sangat mudah. Sebab aktif di kantor aktif pula di kampus, semua orang di dua tempat ini dijamin kenal dan bisa saling membantu ketika dibutuhkan. 

5. Pengalaman Kerja Berlimpah 

Menjadi fresh graduate yang minim pengalaman kerja tentu memberi kesulitan tersendiri untuk segera mendapatkan pekerjaan. Namun, kalau kamu kuliah sambil kerja maka sudah punya pengalaman sejak kuliah. Hal ini berdampak positif pada CV dan memperbesar peluang untuk segera mendapat pekerjaan. 

6. Mandiri Secara Finansial 

Bekerja sekaligus kuliah membantu mengatur keuangan dengan sangat cermat dan teliti. Sebab gaji yang didapat harus bisa dikelola dengan baik agar biaya kuliah tidak tersendat. 

Oleh sebab itu mahasiswa kelas karyawan cenderung punya kemandirian secara finansial, karena bisa kuliah dengan uang sendiri dan punya kemampuan mengelola keuangan dengan sangat baik. 

Pekerjaan yang Mendukung untuk Bekerja Sambil Kuliah 

Bekerja sambil kuliah tentu terbaik dengan fasilitas yang disediakan beberapa  universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta yang disebutkan di atas. Namun, pastikan kondisi pekerjaan juga mendukung untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. 

Mengapa? Sebab tidak semua pekerjaan memang memberi kemudahan bagi karyawannya untuk kuliah lagi. Misalnya, pekerjaan di kantor terbilang berat sehingga selesai jam kantor badan dan pikiran sudah lelah. Dipaksa untuk kuliah lagi tentu tidak memungkinkan. Penyebab lainnya, juga bisa dari gaji. 

Kuliah memiliki beban biaya lebih tinggi dibanding jenjang SD, SMP, maupun SMA. Sehingga perlu memastikan gaji dari kantor memadai untuk dipakai kuliah dan memenuhi kebutuhan lainnya. Sayangnya tidak semua perusahaan memberi gaji yang tepat, bahkan masih banyak yang mmeberi gaji di bawah UMR maupun UMK. 

Penyebab berikutnya, bisa dari jam kantor yang tidak bisa diprediksi. Misalnya jam lembur terlalu tinggi seperti yang dialami karyawan pabrik. Bisa juga disebabkan karena jam kerja yang memakai model shift, sehingga menyulitkan untuk mengatur jadwal kuliah dengan jadwal kerja di kantor. 

Supaya lebih maksimal, mungkin kamu perlu mempertimbangkan pekerjaan yang fleksibel dari segi jam kerja. Selain itu gajinya juga lumayan, paling tidak untuk biaya kuliah tidak memaksamu untuk puasa nyari setiap hari. Salah satu rekomendasinya adalah dengan menjadi reseller di penerbit buku deepublish. 

Menjadi reseller buku pendidikan di penerbit deepublish adalah pilihan menarik. Sebab memiliki keunggulan sebagai berikut: 

  1. Jam kerja fleksibel, dan kamu yang menentukan sendiri sehingga dijamin bersahabat dengan jadwal kuliah di universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta yang sudah dipilih. 
  2. Menjadi reseller buku pendidikan, sehingga sambil kuliah bisa sambil berjualan. Kamu pun bisa mendapatkan penghasilan tinggi, karena bisa mendapat gaji dari kantor dan fee dari reseller buku. 
  3. Penghasilan tanpa batas, karena semakin banyak buku pendidikan yang berhasil dijual semakin tinggi penghasilan yang didapat. Kamu pun rutin menabung, masalah biaya wisuda pun dijamin sudah bisa disiapkan sejak dini. 
  4. Prosesnya mudah, mendaftar saja menjadi reseller dan langsung menawarkan buku pendidikan baik ke teman kuliah, teman kantor yang punya anak kuliah atau kuliah sendiri, dan termasuk ke dosen di kampus. 
  5. Modal tipis, hanya kuota internet itupun jika dijual secara online. 
  6. Mendapat dampingan dan bimbingan rutin, sehingga dijamin jago memasarkan produk. Kamu pun berkesempatan mengasah keterampilan marketing dan public speaking sekaligus. 

Jadi, silahkan mencoba menjadi reseller buku pendidikan di penerbit deepublish. Dijamin mudah untuk dilakukan dan memberi fasilitas lebih untuk bisa kuliah dengan nyaman. Terutama di universitas yang bisa kuliah sambil kerja di Yogyakarta terbaik yang disebutkan di atas.

Belajar jualan online

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller