VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Ukuran Margin Makalah, Paper, dan Karya Ilmiah yang Benar

ukuran margin makalah paper skripsi
toko buku kuliah

Ukuran margin makalah, paper, dan karya ilmiah lainnya adalah hal penting. Saat kita menulis karya ilmiah, ukuran margin tidak boleh terlewatkan. Ketentuan ukuran margin ini diatur dalam kaidah penulisan karya tulis ilmiah.

Tidak sedikit mahasiswa yang masih kebingungan soal ukuran margin. Nah dalam artikel ini akan dibahas mengenai ukuran margin hingga cara mengaturnya dengan benar.

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tany, apa sih pentingnya ukuran margin? Jadi ukuran margin ditentukan agar memudahkan pembaca dalam melihat karya tulis ilmiah.

Ketika membuka lembar karya tulis ilmiah, pembaca langsung dihadapkan pada paragraf-paragraf tulisan. Ukuran ini menghindari adanya paragraf yang terlalu menjorok ke kiri. Sehingga mengakibatkan pembaca kesulitan membaca tiap kata.

Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud margin? Sebelum melangkah ke pembahasan ukuran margin, kita harus paham tentang margin terlebih dahulu.

Apa itu Margin?

cara mengatur margin paper, makalah, karya ilmiah

Margin, tergolong istilah yang kurang familiar di kalangan masyarakat umum. Istilah ini kerap dipakai dalam ilmu komputer atau ilmu akuntansi. Margin  yang kita maksud di sini adalah margin dalam ilmu komputer.

Margin adalah batas jarak antara dokumen dengan tepi kertas. Margin juga dapat diartikan sebagai ruang kosong antara isi dokumen dan batas tepi kertas. Baik itu batas atas, batas bawah, batas kiri, atau batas kanan.

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, margin adalah tepi atau batas. Menu margin dalam Microsoft Word ada di menu Layout atau disebut juga Page Layout. Secara otomatis, margin dokumen di Microsoft sudah diatur berjarak 1 cm. jadi setiap kali kita membuka dokumen baru, pengaturan marginnya adalah 1 cm. Untuk itu kita perlu mengatur ulang bila menulis karya tulis ilmiah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, margin memiliki 4 batas yakni atas, bawah, kiri, dan kanan. Batas atas (top) adalah fitur yang mengatur jarak antara isi dokumen dengan tepi halaman di bagian atas. Batas bawah (bottom) merupakan kebalikannya batas atas.

Batas bawah mengatur jarak antara isi dokumen dengan tepi bawah halaman. Sedangkan batas kiri (left) adalah fitur yang mengatur jarak antara isi dokumen dengan batas kiri halaman. Sebaliknya, batas kanan (right) mengatur jarak antara isi dokumen dengan batas kanan halaman.

Selain 4 batas tersebut, dalam pengaturan margin juga dikenal yang namanya Gutter dan Page Orientation. Informasi dua fitur tersebut hanyalah pelengkap saja. Gutter adalah fitur yang dipakai untuk memberikan ruang lebih di sisi margin. Tujuan penggunaan Gutter adalah untuk memastikan halaman yang di dekat gutter tidak terpotong saat dokumen dijilid.

Apa itu Page Orientation? Fitur satu ini digunakan untuk menentukan posisi halaman. Kita bisa memilih posisinya potrait atau landscape. Umumnya, karya tulis ilmiah ditulis dalam format portrait. Portrait adalah halaman vertikal atau tegal lurus. Sedangkan landscape adalah poisis halam mendatar (horisontal).

Fungsi margin adalah memberikan ruang kosong antara tepi dan isi dokumen. Ruang kosong ini biasanya di isi nomor halaman di bagian bawah atau bagian atas. Sementara ruang kosong di bagian kiri ditujukan untuk ruang penjilidan. Sehingga tidak ada isi dokumen yang terhalang penjilidan. 

Ketentuan margin ini tentunya menguntungkan pembaca. Mari kita bayangkan, pastinya sangat melelahkan dan tidak nyaman bila membaca tulisan secara penuh. Dalam satu halaman, tulisan berderet dari ujung atas ke bawah dan dari ujung kiri ke kanan.

Bukankah melelahkan mata? Untuk itu, ketentuan ukuran margin diperlukan termasuk dalam karya tulis ilmiah seperti makalah, paper, esai, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, dan sebagainya.

Ukuran Margin Makalah, Paper dan Karya Ilmiah Yang Benar

Ukuran margin makalah, paper, dan karya ilmiah lain menggunakan format 4433 atau 4343. Meskipun tampak berbeda keduanya sebenarnya sama. Apa yang dimaksud dengan format 4433 atau 4343 ini?

Jadi maksudnya adalah:

Format 4433:

batas margin atas: 4 cm / 1,58 inch
batas margin kiri: 4 cm / 1,58 inch
batas margin bawah: 3 cm / 1,18 inch
batas margin kanan: 3 cm / 1,18 inch

Sementara itu, format 4343 sama dengan format 4433. Hanya beda penyebutannya saja. Format 4343 adalah

batas margin atas: 4 cm / 1,58 inch
batas margin kanan: 3 cm / 1,18 inch
batas margin kiri: 4 cm / 1,58 inch
batas margin bawah: 3 cm / 1,18 inch

Ketika kita menulis makalah atau jenis karya tulis ilmiah lain, jangan lupa mengatur ukuran marginnya terlebih dahulu. Pengaturan ukuran margin sangat mudah. Langkah-langkahnya ada di bawah ini. Simak dengan baik, ya.

Cara Mengatur Ukuran Margin Makalah, Paper dan Karya Ilmiah

Untuk mengatur ukuran margin makalah, kita bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka dokumen baru di Microsoft Word dengan memilih Blank Document.

2. Kemudian pilih menu bar Page Layout

cara mengatur margin skripsi 2

3. Pilih menu Page Setup lalu pilih Margins

4. Nah, pada menu Margins, pilih menu Custom Margins

5. Setelah kotak dialog muncul, isikan top (atas) 4 cm, left (kiri) 4 cm, right (kanan) 3 cm, dan bottom (bawah) 3 cm. Tak jarang pengaturannya menggunakan inci. Kita hanya perlu persamaan ukuran 4 cm ke dalam inci. 

mengatur-margin-skripsi

6. Terakhir kita hanya perlu tekan tombol OK. Selesai deh. Kini ukuran margin kertas sudah sesuai dengan ketentuan ukuran margin untuk karya tulis ilmiah.

Format Penulisan Karya Ilmiah

Selain ketentuan ukuran margin, hal lain yang perlu diperhatikan ukuran kertas, jenis huruf (font),jenis kertas, hingga jarak antar kata. Format yang dipakai dalam penulisan karya tulis ilmiah:

Ukuran margin: 4433 atau 4343
Ukuran huruf: 12
Jenis huruf: Times New Roman
Jenis kertas: A4
Jarak antar kata: 1.5

Ketentuan di atas hendaknya ditaati oleh penulis makalah atau jenis karya tulis ilmiah lainnya. Sebagai penulis karya ilmiah, kita pun harus memperhatikan ketentuan teknis kepenulisan ini.

Cara pengaturan jenis kertas berada dalam satu menu dengan pengaturan margin. Jadi saat kotak dialog sudah muncul, kita pilih menu Paper di sming menu Margins. Setelah itu, kita pilih A4 dalam kolom paper size. Kemudian tinggal pilih OK.

Untuk pengaturan font huruf, ukuran huruf, dan jarak antar kata, kita bisa pilih menu Home.

Setelah memilih menu tersebut, kita akan menemukan kotak pilihan jenis huruf dan ukuran huruf. Kita hanya perlu memilih jenis huruf Times New Roman dan menentukan ukuran huruf menjadi 12.

Setelah itu, kita bisa pilih pengaturan Paragraph untuk mengatur jarak antar kata. pada kotak dialog, kita akan menemukan bagian Spacing.

Kita isi bagian After dan Before dengan nol (0). Kemudian untuk bagian Line Spacing, kita pilih spasi 1.5. Lantas langkah terakhir adalah tekan tombol OK.

Bagaimana mudah bukan melakukan pengaturan ukuran margin makalah, paper, dan karya ilmiah lainnya?

Bila mempraktekkannya secara langsung, kita akan semakin mudah mengatur ukuran margin dan ketentuan lainnya. Jadi, sangat disarankan untuk mencoba mengatur margin skripsi di Microsoft Word secara langsung. Selamat mencoba!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang