Logo Baru April

Apa itu Ujian Komprehensif? Materi, Bentuk Ujian dan Contoh

ujian mahasiswa
toko buku kuliah
Bagikan

Kamu mahasiswa akhir semester? Ada banyak pertanyaan bagi mahasiswa baru yang mendekati ujian komprehensif. Dalam artikel ini kamu akan tau mengenai apa itu ujian komprehensif, materi yang diujikan, bentuk ujian dan contoh soalnya.

Banyaknya pertanyaan ini wajar. Karena bagi mahasiswa akhir semester memang harus mempersiapkan segala sesuatunya, agar bisa lulus tepat waktu. Kamu pun yang sedang mencari tahu tentang beberapa pertanyaan di atas, bisa temukan di artikel ini. Langsung saja, simak bersama uraian dibawah ini yuks. 

Apa Itu Ujian Komprehensif?

Ujian komprehensif adalah ujian untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami materi perkuliahan yang sedang ditekuni. Dapat pula diartikan sebagai upaya mahasiswa mempertahankan hasil kajian penelitian yang diangkat, atau yang akan dijadikan sebagai dasar penelitiannya.

Materi Ujian Ujian Komprehensif 

materi ujian komprehensif itu sendiri dibagi menjadi dua bagian. Yaitu bagian pendahuluan dan kajian literatur. Di Bagian pendahuluan menekankan pentingnya memilih tema penelitian, dan mengintip apa hubungan dengan hasil penelitian. 

Sementara di bagian kedua, dibagian kajian literatur State of the art adalah bagian dimana peneliti terjun ke lapangan untuk mengambil data. Nah, terkait metode penelitian di lapangan, kamu akan temukan ilmunya di cabang ilmu metodologi penelitian. Di sana kamu akan bersinggungan dengan variabel, alat ukur (instrumen) dan masih banyak hal yang akan kamu temukan.

Bentuk Ujian Kompre

buat kamu yang sedang mendekati ujian komprehensif. Penasaran bagaimana sih ujian yang bakal kamu hadapi. Jadi ada dua bentuk ujian yang paling sering dipraktekan. 

Yaitu ujian lisan dan ujian tulisan. Ketika kamu mengikuti ujian lisan, kamu akan banyak ditanya-tanya dosen penguji. Fungsinya untuk mengetahui sejauh mana kamu menguasai hasil penelitian yang kamu lakukan. Adapun ujian tulisan, yaitu ujian yang akan kamu kerjakan secara tertulis. 

Dari dua ujian tersebut, ujian tulis adalah ujian yang tidak begitu menantang adrenalin. Mungkin ada yang bertanya, lalu lebih penting ujian mana? Keduanya sama-sama penting. Keduanya memiliki bobot penilaian yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Tips Persiapan Ujian Komprehensif

Bagi mahasiswa akhir semester, baik itu yang masih S1 ataupun S2 mendekati ujian komprehensif tentu memiliki rasa tegang, dan tidak jarang yang merasa stress. Nah, ada beberapa tips untuk mengurangi rasa ketegangan dan stress menjelang ujian komprehensif.

Daftar Open Reseller

Ada cara yang paling ampuh untuk menghilangkan atau mengurangi kegelisahan dan rasa khawatir. Yaitu dengan menyiapkan diri. Tidak hanya menyiapkan diri secara mental, tetapi juga menyiapkan diri secara lahiriah dengan cara berusaha, belajar dan menikmati proses. Nah, berikut adalah tips persiapan ujian komprehensif agar berhasil manis. 

1. Belajar Sesuai Topik Yang Diangkat 

Tips yang pertama, sudah pasti harus belajar. kesalahan yang paling umum saat belajar adalah menghafal. Tips agar belajar tidak menjadi beban. Jangan dihafalkan, tetapi dipahami dan diresapi. Cara ini dirasa lebih ringan dan tidak mudah hilang dari memori. 

2. Diskusi Dengan Mahasiswa 

Tips persiapan ujian komprehensif yang kedua adalah lakukan diskusi dengan mahasiswa yang memang sudah berpengalaman. Diskusi tidak selalu formal. Kamu bisa sambil ngobrol di kantin kampus tentang kisi-kisi pertanyaan yang akan diajukan dosen kepada mahasiswanya. 

3. Konsultasi dengan Profesor 

Konsultasi dengan profesor atau dosen pembimbing juga patut di coba. Memang ada banyak karakter dosen. Ada dosen yang killer, ada dosen yang bersahabat dengan mahasiswanya, ada juga tipe dosen yang memiliki batas dan jarak pada tiap mahasiswanya. nah, yang paling sulit berhadapan dengan dosen yang menjaga jarak dan killer kepada mahasiswa. 

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk meminta konsultasi. Banyak juga kok dosen atau profesor yang bersedia. Nah, semoga kamu juga yang beruntung mendapatkan dosen pembimbing yang enak diajak konsultasi. 

4. Mengumpulkan Sebanyak Mungkin Referensi 

Tips paling aman adalah, mengumpulkan sebanyak mungkin referensi yang digunakan untuk penelitian. Kamu tidak harus menghafal dan menuliskannya semuanya kok. Kamu hanya cukup pelajari, pahami dan pastikan tersimpan di dalam memori. 

promo 8.8

Setidaknya semakin banyak bahan belajar atau referensi yang kamu pelajari dengan baik. Maka akan memudahkan kamu saat melakukan ujian komprehensif, terutama saat ujian lisan. Sekalipun di hasil penelitian kamu tidak disinggung, dan dosen penguji menanyakan, setidaknya kamu bisa menjawab dengan baik. 

Adapun kelebihan mempelajari bahan belajar atau referensi dengan baik. Saat mendekati ujian, kamu tidak merasa takut dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan kepada para dosen. Karena kamu sudah percaya diri dengan apa yang kamu perjuangkan selama ini. 

5. Manajemen Waktu 

Salah satu keluhan paling klise bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan ujian adalah masalah waktu. nah, buat kamu yang merasa mahasiswa akhir semester. Harus mengurangi jam bermain, dan diperbanyak belajar, membaca buku yang memiliki relevansi untuk topik penelitian. 

banyak mahasiswa yang akhirnya molor kuliah karena tidak mampu memanajemen waktu. Alih-alih lulus lama, justru semakin menghabiskan banyak biaya kuliah, dan buang-buang kesempatan waktu untuk eksplore atau bekerja. 

Saat orang lain sudah lulus, bekerja, mendapatkan gaji atau menjalankan usaha bisnis. Kita masih kuliah. Tentu kurang menyenangkan. rasanya seperti ada yang kurang. Semua bermula karena tidak mampu mengelola waktu dan membangun hidup disiplin.

Itulah beberapa tips persiapan ujian komprehensif yang bisa kamu persiapkan jauh-jauh hari. Semakin jauh hari dipersiapkan, semakin lebih baik.

Baca juga artikel terkait ujian

Contoh Soal Ujian Komprehensif

Mungkin diantara kamu ada yang mencari contoh soal ujian komprehensif? Pada dasarnya, contoh soal ujian komprehensif ada banyak bentuknya, tergantung cabang ilmu yang kamu tekuni. Nah, pada berikut adalah contoh soal ujian komprehensif di bidang psikotes. 

1. Contoh soal persamaan kata

Insomnia = …….. ?

  1. Sedih
  2. Cemas
  3. Kenyataannya
  4. Tidak bisa tidur

Jawabannya adalah d. Tidak bisa tidur

2. Contoh soal tes psikologi logika aritmatika

1 24 20 16 12 = ….. ?

  1. 8
  2. 2
  3. 4
  4. 6

Jawabannya adalah a. 8

Itulah beberapa ulasan tentang apa itu ujian komprehensif. Apabila ingin mendapatkan buku referensi kuliah terbaik untuk membantu ujianmu lebih mudah, bisa langsung beli buku kuliah di toko buku online Deepublish. Semoga sedikit ulasan tentang apa itu ujian komprehensif ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022