Logo Baru April

Tujuan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

contoh tujuan penelitian
toko buku kuliah
Bagikan

Apa tujuan dalam penelitian itu? Nah, untuk memahaminya silakan baca mengenai tujuan penelitian kualitatif, kuantitatif, sosial dan lainnya. 

Dilakukannya sebuah penelitian tentu memiliki tujuannya. Tujuan penelitian tersebut merupakan keharusan untuk dicapai sehingga peneliti melakukan penelitian dengan matang dan juga baik agar tercapainya tujuan penelitian tersebut.

Penyajian tujuan penelitian biasanya ditulis secara singkat sebagai sebuah pernyataan yang jelas dan memaparkan mengenai apa tujuan dari dilakukannya penelitian oleh seorang peneliti.

Kemudian, isinya adalah mengungkapkan tujuan secara umum dilanjutkan dengan tujuan secara menyeluruh yang ditulis spesifik, lengkap dengan identifikasinya.

Tapi apa itu pengertian tujuan penelitian, bagaimana pengertian tujuan penelitian menurut para ahli, bagaimana cara membuat tujuan penelitian dan juga tujuan skripsi., serta bagaimana saja contoh tujuan penelitian akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Definisi Tujuan Penelitian

Secara umum, tujuan penelitian merupakan rumusan kalimat yang menunjukkan adanya suatu hasil atau bagaimana sesuatu akan diperoleh setelah penelitian selesai dilakukan. Tujuan penelitian tersebut akan mampu dicapai pada suatu penelitian dan sebelumnya akan ditulis dalam proposal penelitian serta laporan penelitian.

Oleh sebab itu, tujuan penelitian harus ditulis dengan jelas, singkat, namun mengidentifikasi mengenai apa saja yang ingin dicapai. Selain itu, tujuan penelitian juga harus relevan dengan identitas masalah yang dihadapi di dalam penelitian, dan bergantung pada bagaimana rumusan masalah hingga proses penelitian tersebut disusun.

Tentu saja tujuan penelitian pada setiap penelitian berbeda-beda, mengingat dalam satu penelitian dan penelitian lainnya memiliki konteks yang berbeda, memiliki masalah yang berbeda, memiliki proses yang berbeda, memiliki rumusan masalah yang berbeda, dan lain sebagainya. Sehingga tujuan penelitian yang satu dan lainnya tentu berbeda.

Tujuan penelitian biasanya ditulis dalam bentuk pernyataan yang dimulai dengan kata yang ingin diketahui baik oleh pembaca maupun khalayak umum. Selanjutnya dilanjutkan dengan pernyataan misi mengenai identifikasi variabel, populasi, dan juga sikap terhadap penelitian tersebut.

Dalam setiap studi di dalam sebuah penelitian, juga memiliki deklarasi berbeda-beda, baik deklarasi implisit maupun eksplisit. Meski demikian, tetap saja tujuan penelitian harus dinyatakan secara objektif atau dengan cara yang tidak mencerminkan prasangka atau nilai-nilai tertentu dari peneliti.

Jadi, dengan menentukan tujuan yang benar dari awal, kita bisa melakukan penelitian secara efektif dan sesuai jadwal dengan membuat rancangan penelitian yang baik.

Daftar Reseller

Biasanya, tujuan penelitian ini dibagi menjadi dua macam, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Berikut penjelasan mengenai dua jenis tujuan penelitian tersebut.

1. Tujuan Umum

Tujuan umum adalah tujuan penelitian secara keseluruhan dari apa yang ingin dicapai oleh peneliti di dalam penelitian tersebut. Berikut adalah tujuan umum yang biasanya ada di dalam penelitian:

  • Untuk membuktikan atau menguji tentang kebenaran dari berbagai pengetahuan yang sudah ada.
  • Untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru.
  • Sebagai pengembangan dari pengetahuan mengenai suatu bidang keilmuan yang sudah ada, sehingga intinya semua penelitian dilakukan pasti memiliki tujuan tertentu.

2. Tujuan Khusus

Sementara itu, tujuan khusus adalah tujuan yang lebih spesifik. Biasanya di dalam tujuan khusus ini menggunakan kata-kata operasional sehingga lebih jelas untuk dicapai. Tujuan khusus pada hakikatnya menjelaskan mengenai tujuan umum. Berikut adalah tujuan umum di dalam suatu penelitian:

  • Mengembangkan studi, yang mana biasanya peneliti akan mengembangkan berbagai teori mengenai pandangan ilmiah tertentu sehingga studi yang dilakukan lebih luas. Akhirnya, penelitian tersebut menjadi sarana memecahkan masalah yang terjadi.
  • Penelitian bertujuan eksploratif atau menggali suatu hal atau permasalahan yang sedang diteliti.
  • Sebagai sarana untuk mencari dan menemukan berbagai pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan, atau yang juga biasa disebut sebagai applied research.
  • Menguji atau memverifikasi suatu topik atau permasalahan yang hasilnya dapat memperkuat teori atau pandangan tertentu, atau bahkan dapat menolak hasil teori atau pandangan tertentu.

Tujuan Penelitian Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum., pengertian dari tujuan penelitian ini juga memiliki pemahaman berdasarkan pandangan dari para ahli. Berikut ini adalah pengertian tujuan penelitian menurut para ahli.

1. Locke, Spirduso, dan Silverman

Menurut Locke, Spirduso, dan Silverman (dalam Creswell: 2016), tujuan penelitian adalah untuk menunjukkan serangkaian pertanyaan mengenai “mengapa Anda ingin melakukan riset dan apa yang ingin Anda dapatkan?”

2. Beckingham

Menurut Beckingham (1974), tujuan suatu penelitian merupakan dapat untuk mengidentifikasi atau menggambarkan suatu konsep atau untuk menjelaskan atau memprediksi suatu situasi atau solusi untuk suatu situasi yang mengindikasikan jenis studi yang akan dilakukan.

Daftar Open Reseller

3. Rina Hayati

Tujuan penelitian menurut Rina Hayati (2021) adalah bagian daripada adanya bentuk pernyataan terkait mengapa riset dijalankan. Sehingga dalam penulisan untuk tujuan penelitian ini sangatlah mungkin dalam mengidentifikasi konsep guna menjelaskan atau memprediksi situasi atau solusi untuk situasi yang menunjukkan jenis studi yang akan dilakukan.

4. Sugiyono (2011)

Sugiyono mengungkapkan bahwa tujuan penelitian yaitu agar data dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan Sedangkan hasil dari penelitian akan memperoleh suatu pengetahuan baru sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah.

5. Sunaryati Hartono

Sunaryati Hartono menjelaskan lima tujuan penelitian, yaitu:

  • menggambarkan secara jelas dan cermat hal-hal yang dipersoalkan,
  • menerangkan kondisi-kondisi yang mendasari peristiwa,
  • menyusun teori, artinya mencari atau merumuskan berbagai dalil hukum misalnya hukum atau kausalitas mengenai hubungan antara kondisi yang satu dengan kondisi yang lain, atau hubungan antara berbagai peristiwa,
  • membuat prediksi atau ramalan mengenai estimasi dan proyeksi berbagai peristiwa yang akan terjadi atau gejala yang akan timbul,
  • melakukan pengendalian atau pengarahan untuk melakukan berbagai tindakan guna mengendalikan atau mengarahkan berbagai peristiwa atau gejala tertentu ke arah yang dikehendaki.

6. Satjipto Rahardjo

Menurut Satjipto Rahardjo, ia mengembangkan pandangan Selltiz mengenai tujuan penelitian sebagai berikut:

  • mendapatkan pengetahuan tentang suatu gejala, sehingga dapat merumuskan masalah secara tepat,
  • memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam tentang suatu gejala, sehingga dapat merumuskan hipotesis,
  • menggambarkan secara lengkap mengenai karakteristik atau ciri-ciri dari suatu keadaan, perilaku individu dan juga perilaku kelompok,
  • mendapatkan keterangan mengenai frekuensi suatu peristiwa.
  • memperoleh data mengenai hubungan antara satu gejala dengan gejala lainnya,
  • menguji suatu hipotesis yang berisi hubungan sebab akibat sebagai sebuah penelitian yang didasarkan pada hipotesis.

Cara Membuat Tujuan Penelitian dan Skripsi

Untuk membuat tujuan baik penelitian maupun skripsi, tentu memiliki cara yang berbeda-beda, tergantung jenis penelitian apa yang dilakukan. Ada tiga tujuan penelitian yang mungkin akan dilakukan oleh peneliti, yaitu penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan juga penelitian metode campuran.

Berikut adalah cara membuat tujuan penelitian tergantung dengan jenis penelitiannya.

Ebook Panduan Jadi Reseller

1. Tujuan Penelitian Kualitatif

  1. Menggunakan kata-kata seperti tujuan, maksud, dan sasaran untuk menandakan tujuan penelitian yang ditulis. Biasanya tujuan penelitian ditulis dengan kalimat atau paragraf yang terpisah dan menggunakan berbagai bahasa penelitian, misalnya “tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk….”.
  2. Berfokus pada satu fenomena atau konsep utama penelitian sehingga peneliti harus mempersempit penelitian menjadi berisi satu gagasan yang akan dieksplorasi atau dipahami.
  3. Menggunakan verba tindakan untuk menunjukkan adanya proses learning di dalam penelitian. Verba tindakan misalnya, memahami, mengembangkan, meneliti makna, dan menemukan. Dengan verba tersebut, penelitian Anda akan berpotensi lebih terbuka sehingga memunculkan rancangan baru.
  4. Menggunakan kata atau frasa yang netral atau bahasanya tidak langsung. Misalnya menggunakan kalimat “pengalaman individu…” daripada “pengalaman sukses dari individu…”.
  5. Menyajikan definisi kerja umum mengenai fenomena atau gagasan utama, khususnya jika istilahnya tidak mudah dipahami oleh pembaca luas.
  6. Menggunakan strategi penelitian dalam mengumpulkan data, analisis, dan proses penelitian.
  7. Menjelaskan partisipan yang terlibat di dalam penelitian secara mendetail.
  8. Menunjukkan lokasi dilakukannya penelitian dan gambarkan secara jelas, sehingga pembaca dapat mengetahui dengan jelas di mana penelitian dilakukan.
  9. Menggunakan bahasa yang membatasi ruang lingkup partisipan dengan lokasi penelitian.

2. Tujuan Penelitian Kuantitatif

  1. Menggunakan kata-kata seperti tujuan, maksud, dan sasaran untuk menandakan tujuan penelitian yang ditulis. Biasanya tujuan penelitian ditulis dengan kalimat atau paragraf yang terpisah dan menggunakan berbagai bahasa penelitian, misalnya “tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk….”.
  2. Menunjukkan teori, model, atau kerangka konseptual yang digunakan.
  3. Menunjukkan variabel bebas dan variabel terikat, serta berbagai variabel lain yang digunakan di dalam penelitian.
  4. Menggunakan kata-kata yang menghubungkan variabel bebas dan terikat untuk menunjukkan kedua jenis variabel ini digunakan.
  5. Menyusun berbagai variabel dari kiri ke kanan dengan variabel bebas di bagian kiri dan diikuti variabel terikat di bagian kanan.
  6. Menyebutkan jenis strategi penelitian, misalnya riset atau survei dalam penelitian.
  7. Menunjukkan dengan jelas partisipan dan lokasi penelitian.
  8. Mendefinisikan secara umum masing-masing variabel kunci dengan menggunakan definisi yang sudah diterima secara umum.

3. Tujuan Penelitian Metode Campuran

  1. Memulai dengan menulis kata-kata yang jelas tentang tujuan penelitian, misalnya “tujuan.…” atau “maksud….”.
  2. Menjelaskan tujuan penelitian dari odeperspektif konten sehingga pembaca akan memiliki pemahaman mengenai maksud penelitian.
  3. Menunjukkan jenis rancangan metode campuran yang digunakan.
  4. Menjelaskan rasionalisasi atau alasan mengapa penelitian ini menggunakan metode campuran.
  5. Menggabungkan berbagai alasan menjadi rancangan yang lebih besar untuk membingkai dalam paradigma keadilan sosial bagi suatu kelompok yang termarginalisasi dengan tujuan menyeluruh.

Baca juga: Contoh Penelitian Terdahulu

Contoh Tujuan Penelitian

Berikut adalah gambaran dari contoh tujuan penelitian dari berbagai jenis penelitian.

1. Tujuan Penelitian Kualitatif

  • Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemungkinan adanya latar belakang sosial masyarakat yang menyebabkan siswa sering membolos.
  • Mengetahui adanya kemungkinan latar belakang pengangguran yang memicu siswa membolos.

2. Tujuan Penelitian Kuantitatif

  • Mengetahui perbandingan dari hasil belajar antara siswa yang berada di SMA negeri dan juga SMA swasta.
  • Mengetahui motivasi belajar siswa di SMA negeri dan SMA swasta.

3. Tujuan Penelitian Sosial

  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena kenakalan remaja yang salah gaul karena meniru gaya orang dewasa yang tidak sesuai usianya.
  • Untuk mengetahui faktor kontrol sosial dari masyarakat sekitar mengenai fenomena kenakalan remaja.

4. Tujuan Penelitian Deskriptif

  • Untuk mengetahui motivasi berkembangnya jual beli online di kalangan mahasiswa.
  • Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial terhadap perkembangan jual beli online di kalangan mahasiswa.

Nah, itu saja yang bisa kami sampaikan ya mengenai contoh dan cara membuat tujuan penelitian yang baik dan benar. Pembuat tujuan penelitian ini bisa digunakan untuk skripsi, kerja praktik, tugas akhir, tesis dan disertasi ya.

Baca juga artikel penting penunjang peneltian yang harus kalian tau

Buku Penunjang Penelitanmu Lebih Baik

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :