VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Tips Mudah Menjadi Karyawan Sukses!

Tips Mudah Menjadi Karyawan Sukses!
toko buku kuliah

Ingin menjadi karyawan sukses? Disenangi oleh atasan? Meraih karir dengan cepat, naik pangkat terus menerus? Ingin gaji naik cepat? Ingin juga disenangi oleh rekan kerja dan bawahan? Ingin lingkungan kerja terasa nyaman dan selalu bergairah? Silahkan baca dan terapkan beberapa tips berikut ini di tempat kerja Anda.

Sikap

Pondasi utama yang harus Anda lakukan adalah menata sikap diri anda sendiri. Kurangi sikap negatif dan perbanyak sikap positif Anda. Contoh yang bisa membuat Anda cepat berkembang dan pintar adalah:

a. Sikap Berpikir Positif. Apapun yang Anda hadapi, apapun berita yang Anda terima dan keadaan apapun yang sedang menimpa Anda, jalani saja dengan sikap positif. Tidak cepat mengambil keputusan emosional dan lakukan segalanya menuju ke arah solutif, bukannya menuju kearah masalah baru.

b. Sikap Mau Belajar. Belajarlah terus kepada atasan Anda, kalau bisa belajar langsung ke tingkat paling atas. Pelajari kelebihan dan sisi positif dari mereka. Pelajari semua yang bisa membuat mereka senang. Selain itu, berbagilah ilmu dan saling mendukung agar Anda mendapatkan support dan dukungan penuh dari bawahan serta rekan kerja Anda.

c. Sikap Suka Menolong. Di suasana kerja, Anda harus selalu enjoy dan senang menolong. Tidak pandang bulu, semua orang yang ada di lingkungan Anda apapun posisinya, jika Anda melihat butuh pertolongan saat itu juga, maka tolonglah! Tolonglah tanpa rasa pamrih sedikitpun. Sikap suka menolong ini biasanya diikuti dengan sikap pemaaf dan jujur dalam bertindak.

Manajemen Diri

Porsi kerja Anda harus maksimal. Artinya Anda harus mengerjakan tanggung jawab yang dibebankan kepada Anda sebesar 150%. 100% adalah tugas Anda, dan 50% adalah tugas atasan Anda. Maksudnya, jika sewaktu-waktu atasan Anda berhalangan atau tidak bisa bekerja, Anda bisa menolong dan membantu tugasnya secara benar. Inilah kesempatan Anda di uji oleh perusahaan. Jika Anda melakukannya dengan benar dan cerdas, maka berita bagus akan selalu bersama Anda. Selain itu, Anda juga harus siap mengerjakan pekerjaan bawahan jika sewaktu-waktu mereka berhalangan hadir.

Gunakan Strategi

Bekerjalah dengan cerdik, cerdas, dan pintar. Aturlah strategi semulus mungkin. Anda sebisa mungkin tidak memilih-milih pekerjaan yang dibebankan pada saat itu. Jika menerima hal baru, jalani saja sebagai sebuah ujian diri/tantangan. Jika tidak menerima suatu pekerjaan baru, dan Anda sudah mulai merasa bekerja monoton, cobalah lirik dan amati pekerjaan rekan kerja dan atasan Anda. Mintalah ijin untuk mencoba atau belajar mengerjakan pekerjaan atasan anda. Tindakan ini adalah hal yang spesial dan patut anda senangi. Ini penting bagi kemajuan karir Anda!

Manfaat mengerjakan pekerjaan atasan itu besar sekali. Jika suatu ketika atasan mendadak sakit, tidak bisa datang kerja, padahal saat itu pekerjaan cukup banyak. Nah, kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Berusahalah menyelesaikannya sebaik mungkin, dan menunjukkan performa kerja, talenta, dan skill anda saat ini. Siapa tahu, dalam waktu dekat Anda nanti akan mendapat promosi Karir atau dipindah ke posisi lain yang lebih tinggi. Enak khan?

Mengambil Hati

Anda harus pandai dalam mengambil hati/mencuri perhatian. Anda mampu melakukan tindakan positif dan cemerlang di situasi yang penting. Anda mampu membuat orang lain merasa nyaman dan menaruh hormat kepada Anda. Namun hal ini bukanlah mencari muka loh! Kalau mencari muka itu adalah tindakan membual, akting pura-pura baik saat pemimpin sedang mengamati. Mencari muka biasanya dijalankan pada saat-saat tertentu saja. Disaat pemimpin tidak ada, si pencari muka akan bertindak sangat-sangat bertolak belakang, idiot, bodoh, dungu, daripada apa yang ia tampilkan/tunjukkan saat bertemu pimpinan. Jadi bedakan dengan tegas ya antara mengambil hati dengan mencari muka.

Berani Berkompetisi

Di posisi pekerjaan apapun, kompetisi harus ada. Anda harus siap bersaing, berkompetisi secara sehat dengan rekan kerja Anda yang posisinya setara dengan Anda. Anda harus menumbuhkan sikap sabar, positif, dan mau belajar. Berkompetisi disini bukan berarti Anda sibuk mencari-cari kesalahan orang lain, tetapi justru Anda akan menang kompetisi jika Anda mampu menutup/membantu menyelesaikan masalah/kelemahan-kelemahan orang lain itu sendiri. Datang dan hadirlah ditengah-tengah rekan kerja Anda sebagai seorang juru selamat. seorang pemberi solusi/pemecah masalah. Perlu diketahui bahwa jaman sekarang, hal-hal berikut ini sudah tidak dilirik, dan bukanlah sebuah prestasi!

– datang tepat waktu, bekerja tepat durasi, dan tidak pernah bolos

– rajin bekerja mencapai target, dan ramah

– bekerja sesuai job desc-nya

– bekerja keras dan tekun

Hal-hal itu sudah menjadi kewajiban dan memang harus dikerjakan oleh semua karyawan, jadi jangan bangga jika sudah melakukan 4 hal diatas. Yang perlu Anda tambahkan adalah Tonjolkan sesuatu yang BEDA dari Anda! Beda dalam hal skill/keahlian yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Suatu hal yang membuat orang lain salut, dan Anda selalu dibutuhkan dalam urusan ini. Cobalah temukan sesuatu yang spesial dalam diri Anda!

Karir Anda jangan pernah Anda serahkan kepada faktor LUCK semata. Perjuangkan diri Anda semaksimal mungkin karena segalanya ada di tangan Anda sendiri, tentunya atas Ridho Allah SWT. Apapun pekerjaan dan posisi Anda sekarang, cobalah untuk menyenanginya. Berpikirlah bahwa masih banyak orang di luar sana yang menginginkan Posisi di pekerjaan Anda sekarang. Selalu bersyukur dan teruslah berterima kasih kepada Tuhan. Dengan begitu, Anda akan merasa tenang, bekerja semangat, dan tidak gegabah dalam bertindak.

Baca Juga:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang