fbpx
flash sale toko buku deepublish

12 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

tips mudah belajar bahasa inggris
toko buku kuliah

12 Tips mudah belajar bahasa inggris dalam waktu singkat bukan hal yang mustahil. Jadi buat kamu nih yang menyadari kemampuan bahasa Inggrisnya masih berantakan, tetapi ingin bisa belajar bahasa Inggris. Tenang, karena kamu masih bisa belajar sendiri dan mahir berbahasa inggris kok.

Pastinya kamu penasaran bukan bagaimana tips mudah belajar bahasa inggris sendiri. Nah, agar tidak berbelit-belit dan panjang lebar, langsung saja simak tips belajar bahasa inggris lebih cepat.

12 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris

1. Sering Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

mendengarkan musik bahasa inggris

Tips mudah belajar bahasa inggris secara cepat dengan cara sering mendengar lagu dari bahasa Inggris. Memang tips ini sepele, tetapi sangat efektif membantu kamu menguasai bahasa. Khususnya buat kamu yang memiliki kelebihan audio visual dalam belajar, cocok menggunakan cara ini.

Saat mendengarkan musik berbahasa Inggris, kamu perlu melihat teks lirik musik. Kenapa? Dari teks yang tampak, akan membantu kamu belajar pelafalan atau pengucapan bahasa inggris yang benar. Cara ini adalah cara belajar bahasa inggris yang menyenangkan, dan dijamin tidak membosankan. Karena siapa yang menyangka jika mendengarkan musik saja bisa menguasai salah satu cabang bahasa dan sastra ini.

Jangan menganggap remeh tips mudah belajar bahasa inggris ini. Banyak dari teman-teman pun mengakui bahwa cara paling efektif belajar bahasa secara otodidak ya dengan mendengarkan lagu dari bahasa asing. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga ingin menjadi bagian dari mereka?

2. Sering nonton Film Berbahasa Inggris

Tips mudah belajar bahasa inggris yang tidak kalah seru dan menyenangkan adalah menonton film berbahasa Inggris. Jadi, menonton film dari luar yang disertai dengan subtitle juga sangat membantu kamu. Setidaknya, di dalam film ada banyak kosakata baru dan banyak kosata yang akan terus diulang-ulang. Pengulangan-pengulangan inilah yang akan membantu kamu lebih familiar dengan pengucapan kata dan penulisannya.

Tips mudah belajar bahasa inggris satu ini juga cara paling banyak digunakan bagi kamu yang memang ingin memahirkan berbahasa asing. Karena saat belajar bahasa inggris secara teori, ternyata lebih sulit. Karena ketika belajar secara teori, kita tidak bisa belajar pengucapan atau pelafalan bahasa inggris yang tepat. Sedangkan dengan menonton film dan mendengar musing, kita tahu pelafalan bahasa yang benar.

3. Membaca Buku Berbahasa Inggris

buku bahasa inggris

Cara efektif belajar bahasa Inggris agar efektif adalah membaca buku novel berbahasa inggris. Misalnya buku novel keluaran dari luar negeri. Ketika kamu membaca, di sana kamu tidak hanya belajar bahasa tulis yang disampaikan penulisnya. Kamu akan belajar banyak kosakata baru.

Nah di sini, pasti kamu dituntut untuk berhadapan menggunakan kamus. Karena sudah dapat dipastikan kamu di sana juga akan menemukan banyak kosakata asing. Jika perlu, catat setiap kosa kata asing dan terjemahkan di coretan buku. Maka dengan alamiah, secara tekun kamu pun akan mahir dengan sendirinya.

4. Mencatat Kosakata Baru

Tips mudah belajar bahasa Inggris yang selanjutnya adalah mencatat kosakata baru yang kamu temukan. Jadi selesai membaca, mendengarkan musik atau seusai menonton film berbahasa inggris. Maka kamu perlu mencatat kosakata baru dan asing. Kemudian hafal kosakata dan arti tersebut. Pastikan kosakata yang kamu catat adalah kosakata yang belum kamu pahami. Jika ada kosakata yang sudah familiar dan sudah kamu ketahui, kamu tidak perlu melakukannya lagi.

5. Mencoba Menulis Dalam Bahasa Inggris

Tips mudah belajar bahasa inggris yang selanjutnya adalah lakukan tes kemampuan. Jika sebelumnya kamu sudah mempelajari pelafalan bahasa inggris lewat nonton film dan mendengar musik. Kemudian sudah memperbanyak kosakata. Maka langkah selanjutnya adalah, mencoba untuk menulis menggunakan kalimat inggris.

Tulislah kalimat sederhana dan mudah menggunakan bahasa inggris. Cara ini juga akan memudahkan kamu untuk lebih familiar dan akrab menggunakan bahasa Inggris lo. Tidak percaya? Kamu bisa mencoba dan mempraktekannya sendiri.

6. Praktek Berbahasa Inggris

Selain mempraktekan bahasa inggris dengan menulis, kamu bisa mencobanya dengan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jika masih malu dan tidak percaya diri berbahasa menggunakan bahasa Inggris, kamu tetap bisa melatih menggunakan bahasa. Misalnya berlatih berbicara di depan cermin. Setidaknya dengan cara ini akan membantu kamu belajar melafalkan bahasa Inggris lebih mahir.

7. Berteman Dengan Bule atau Mahir Bahasa Asing

Tips mudah belajar bahasa inggris yang bisa kamu coba yang lain adalah berteman dengan orang asing. Sebenarnya tidak harus berteman dengan orang asing. Tetapi berteman dengan orang Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa asing mahir. Haruskah begitu? Sebenarnya juga tidak harus. Itu hanya salah satu cara saja.

Membangun pertemanan dengan beberapa orang yang pandai berbahasa asing tentu saja lebih efektif. Karena kamu bisa mencoba mengajak berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Kelebihan lain, saat berkomunikasi ada bahasa yang kurang, kamu biisa meminta masukan dan diajarkan kalimat yang baik dan benar bagaimana.

Kelebihan lain dari belajar berkomunikasi dengan teman menggunakan bahasa asing. Semisal kamu melakukan dialog yang salah dan kurang, kamu pun tidak terlalu malu setengah mati. Karena kamu pun berkomunikasi dengan teman sendiri. Salah pun bisa dimaklumi. Lain cerita jika misal berbicara langsung di depan umum, kemudian mengalami kesalahan ucap, pastinya malu setengah mati bukan.

Berteman dengan orang asing dalam hal ini dua konteks. Konteks pertemanan secara langsung, dan pertemanan di media sosial. Berteman di media sosial juga hampir mirip saat kamu belajar bahasa inggris lewat membaca buku luar atau menonton film. Setidaknya kamu akan belajar mengasah kemampuan bahasa kamu lewat media sosial. Misal lewat chat, komen status dan lain sebagainya.

8. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

kursus bahasa inggris

Tips mudah belajar bahasa inggris yang langsung di tangani atau dibimbing langsung oleh tim. Yaitu mengikuti kursus kelas bahasa inggris. Memang saat mengikuti kelas ini, kamu harus rela mengeluarkan uang untuk membayar tutor. Bagaimanapun juga lembaga kursus, pastinya akan menarik biaya bukan. Kelebihan mengikuti kursus, kamu dapat belajar lebih intens. Saat kamu tidak tahu, bisa langsung bertanya dan tentu saja bisa langsung dijawab atau dijelaskan.

Mengikuti kursus kelas bahasa inggris ini cocok buat kamu nih yang tengah mempersiapkan mengikuti ujian toeffel dan ujian masuk universitas. Nah buat kamu nih yang ingin belajar bahasa inggris konteksnya bukan untuk keperluan akademis, dan hanya agar bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, maka bisa menggunakan tips mudah belajar bahasa inggris yang ada di bagian atas.

Tips mudah belajar bahasa inggris dengan cara kursus cocok buat kamu yang hasil akhirnya lebih formal. Misalnya ingin mendapatkan sertifikat kursus bahasa inggris, ingin mendapatkan hasil ujian toefel yang lebih baik dan akan melamar mahasiswa di Luar Negeri (LN). Jadi perlu dilihat dulu konteks dan tujuan kamu ingin belajar bahasa Inggris untuk keperluan apa.

9. Ubah Bahasa di Gadget dengan Bahasa Inggris

Setiap gadget seperti smartphone sampai komputer memiliki bahasa yang bisa kita atur, untuk membantu kita dalam belajar bahasa inggris kita bisa mengaturnya agar dalam mode bahasa inggris.

Dengan begitu, kita akan sedikit terbiasa dengan kata-kata dalam bahasa inggris. Kata-kata seperi nama-nama hari, jam, emergency call, search, reorder dan masih banyak lagi.

10. Buat Chalange dengan diri sendiri

Kita bisa berbahasa inggris karena paham dan hafal terhadap kosa-kata atau vocabulary. Semakin banyak kata yang dihafal tentu akan semakin baik, untuk menghafalnya ada berbagai cara yang bisa kita lakukan. Tips menghafal kosa kata berikut ini mungkin bisa membantu kalian :

Chalange pertama :

  • Hafalkan 5 kata dalam sehari, kata bisa diperoleh dari membaca buku, artikel atau berita dalam bahasa inggris.
  • Bisa ditulis dalam kertas/note/smartphone atau semacamnya.
  • Hafalkan kembali setelah 1 minggu, agar tidak lupa.

Chalange kedua : 

  • Baca satu artikel perhari dalam bahasa inggris. Artikel bisa didapat dari berita atau majalah luar negeri.

Kamu juga bisa membuat chalange yang lain, sekreatif kamu dan semampu kamu juga.

11. Manfaatkan Internet dan YouTube

Selain dengan kursus yang berbayar, ada alternatif lain untuk belajar bahasa inggris yaitu dengan menonton video di YouTube. Banyak kok channel-channel yang membatu semua orang memahami bahasa inggris.

Agar semakin lancar, kamu bisa memilih channel yang langsung dikelola oleh orang luar seperti channelnya englishclass 101. Dalam chanel tersebut akan ada video yang membahas kata per kata, selain itu juga ada tutorial untuk membuat kalimat past tense, present tense dan masih banyak lagi.

12. Beli Buku Belajar Bahasa Inggris

buku belajar bahasa inggris

Jika kamu termasuk orang yang irit quota sehingga tidak bisa untuk menonton video di YouTube, kamu bisa melihat panduannya melalui buku-buku belajar bahasa inggris.

Banyak kok toko-toko online yang telah menjual buku bahasa inggris. Salah satunya adalah di toko deepublish. Kamu bisa lihat dalam kategori : Buku Belajar Bahasa Inggris.

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang tips mudah belajar bahasa Inggris. Dari beberapa tips di atas apakah kamu sudah merasa menjalankannya? Tetapi masih belum mendapatkan dampak yang signifikan dan belum memberikan perubahan? Tenang, bisa jadi ada yang salah dan keliru dengan cara yang kamu lakukan.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mempraktekan tips mudah belajar bahasa inggris yaitu kedisiplinan. Membangun disiplin diri itu poin penting. Selain disiplin, butuh konsistensi yang perlu kamu hamami pula. Karena tanpa dua hal tersebut, apa yang akan dicapai akan sia-sia. Tentu saja memakan waktu yang cukup lama, agar bisa mahir berbasa inggris.

Bahkan mempelajari bahasa inggris secara teori dan kosakata saja belum cukup. Butuh praktek secara lisan agar pesan dan pengucapan bahasa yang kamu lakukan mahir. Seperti yang kamu tahu, untuk membiasakan mahir bahasa inggris memang butuh partner atau pasangan berkomunikasi  yang lebih lancar. Jika tidak ada, kamu bisa berlatih berbicara lantang di depan cermin. (Irukawa elisa)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang