fbpx

5 Tips Merekrut Reseller Agar Bisnismu Semakin Besar

tips merekrut reseller

Tips Merekrut Reseller – Anda seorang supplier yang membutuhkan tenaga reseller? Jika Iya, Anda bisa mengikuti ulasan bagaimana cara merekrut reseller untuk usaha Anda berikut ini.

Merekrut reseller akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan total omset atau penjualan perusahaan, reseller juga akan membantu Anda dalam mencapai target yang telah ditentukan. Karena apa? Karena reseller akan membantu Anda secara langsung dalam menjual produk yang Anda miliki.

Ketika kamu merekrut reseller, memang profit margin per itemmu akan menurun. Namun jika kamu sudah memiliki banyak reseller, total profitmu akan meningkat tajam, reseller itu juga yang akan menjaga produkmu tetap laku sehingga rasio perputara persediaan kamu akan meningkat.

Gimana menarik bukan untuk memiliki reseller itu? Walaupun kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan dari para reseller, kamu juga akan mendapatkan tugas baru. Kamu perlu memikirkan tentang pengelolaan reseller mulai dari pembagian komisi, memberikan edukasi pada reseller dan melayani mereka sebagai reseller.

Jika Anda adalah pemiliki olshop, mungkin saatnya kamu merekrut reseller untuk meningkatkan omsetmu dan mengembangkan bisnismu. Kamu pengen tapi bingung caranya? Tenang di artikel ini akan dibahas tentang cara merekrut reseller kok, langsung aja deh yak :

5 Tips Merekrut Reseller Agar Bisnismu Semakin Besar

1. Membuat list Keuntungan Gabung Menjadi Reseller

Masih binggung bagaimana carannya? Anda bisa membuat kolom kelebihan dan keuntungan yang akan diperoleh jika bergabung menjadi reseller. Setidaknya dengan cara memberikan kelebihan bergabung menjadi tim reseller Anda, maka peluang pun juga semakin besar.

Lantas, bagaimana cara menonjolkan keuntungan yang akan diberikan kepada tim Reseller Anda? Caranya mudah. Misal dengan memberikan komisi produk yang tinggi untuk reseller. Termasuk memberikan kemudahan bagi mereka, dalam hal pemesanan stok barang ataupun repeat order. Hal penting lain yang tidak kalah penting, berikan pengarahan bagai reseller pemula, agar bisa terarah.

2. Membuat Poster

Kamu mungkin merasakan kesulitan menyebarkan informasi tentang peluang menjadi reseller bukan? Jika iya, sebenarnya tidak hanya kamu saja yang mengalami keluhan serupa. Ada banyak orang-orang di luar sana juga mengalami kesulitan. Sebenarnya menghadapi masalah seperti ini bisa diinisiatifi dengan beberapa trik.

Salah satunya dengan membuat poster. Jika menyebarkan peluang reseller lewat media sosial dan website masih kurang efektif, tidak ada salahnya Anda juga membuat poster offline. Fungsinya untuk mengjangkau banyak elemen. Sebenarnya bisa juga dengan menyebarkan informasi tersebut ke media sosial milik penyedia jasa iklan. Apalagi saat ini banyak iklan berbayar untuk disebarkan sesuai dengan jangkauan yang diinginkan.

3. Memanfaatkan Sumber Daya Manusia Terdekat

Ketika kita memiliki usaha, apalagi jika usaha tersebut masih pemula tidak ada salahnya untuk menawarkan program reseller buku untuk teman-teman terdekat. Karena tidak dapat dipungkiri, justru orang-orang terdekat lebih banyak yang tertarik. Memanfaatkan orang terdekat yang membutuhkan jauh lebih bermanfaat.

Dari sisi kedekatan, dapat membangun kepercayaan, lebih yakin. Karena orang yang tergabung adalah orang-orang yang sebenarnya sudah kita kenal. Dari segi koordinasi produk yang dijual pun juga lebih baik.

4. Merekrut pelanggan?

Jika Anda memiliki produk baru yang memiliki stok banyak, sebenarnya Anda bisa menawarkan program reseller ke calon pelanggan lama. Ini sah sah saja. Pertanyannya adalah, apakah pelanggan akan menerimanya? Tentu jawabannya ada yang menerima dan menolak.

Beri peluang konsumen yang ingin tergabung. Setidaknya cara-cara seperti ini pulalah sebagai ajang untuk membangun jaringan. Tawarkan bonus atau program yang menguntungkan bagi anggota reseller. Bisa juga Anda memberikan bonus kepada pelanggan yang bisa mengajak pelanggan baru beli produk ditempatmu. Cara ini juga tidak ada salahnya untuk dicoba.

5. Mau coba Sistem Rekrutmen Reseller?

Ingin mencoba bagaimana merekrut reseller dalam jumlah banyak untuk usaha pertama Anda? Sebenarnya bisa melakukannya. Anda bisa menggunakan system pembagian. Misal Anda ingin menargetkan 100 reseller. Maka Bisa mencari anggota dari media sosial sebanyak 25 calon reseller.

Kemudian mengambil di 20 pelanggan lama yang berminat, sisanya bisa dicari lewat facebook, instagram atau lewat media lain, yang bisa Anda acak. Jika kamu merasa belum percaya diri, tidak ada salahnya jika Anda hanya menargetkan sedikit reseller. Karena memang target sebenarnya tergantung kesanggupan dan kemampuan sang pemilik usaha.

Jadi Anda bisa kepo data pengguna di medsos. Catat email dan ponsel yang telah ditulis di profil. Kemudian Anda bisi kirimkan pesan penawaran gabung menjadi reseller. MEmang semua data yang kita dapatkan tidak semuanya tertarik menjadi anggota, tetapi setidaknya ada yang tertarik.

6. Luangkan Waktu Untuk Mentraining Reseller

Tidak ada salahnya Anda memberikan training kepada anggota reseller yang tidak tahu ilmu marketing.  Memang kelihatannya sepele, namun cara ini lebih efektif meningkatkan penjualan secara tidak langsung. Anggota reseller pun juga merasa diuntungkan, karena mereka pun akhirnya mendapatkan skill untuk menjual produk.

Itulah artikel tentang tips merekrut reseller untuk menunjang penjualan Anda. Apakah Anda ingin segera mempraktekkannya? Kamu bisa langsung mencobanya. Atau Anda ingin bergabung bersama kami, menjadi reseller buku yang gratis dan menguntungkan.

Ingin Jadi Reseller? Gabung bersama kami, kami memberi kesempatan seluas-luasnya untuk kalian yang ingin bergabung bersama reseller-reseller sukses kami. Untuk bergabung bisa kunjungi link berikut : Program Reseller Buku

Oleh : Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang