fbpx

6 Tips Menjual Buku Di Instagram Agar Laris Manis

tips menjual buku di instagram

Tips menjual buku di instagram sebenarnya tidak ribet dan sulit loh. Nggak percaya? Atau mungkin kamu justru tidak pernah berpikiran untuk menjual buku di instagram sama sekali? Sayang jika tidak memanfaatkan fitur yang ditawarkan dan bisa kita gunakan secara gratis. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.

Dari sekian banyak media sosial yang sudah kita kenal sekarang. Memang instagramlah yang paling banyak digunakan untuk anak muda. Tentu saja ini sasaran empuk yang bisa kita maksimalkan untuk mendapatkan keuntungan, misal berjualan di buku di instagram.

Kenapa gairah berjualan di Instagram besar? Mungkin karena menekankan pada visual produk. Visual dalam hal ini adalah jepretan dan bidikan foto. Jika bidikan foto kamu menarik, pasti langsung deh membuat orang teratarik membaca bagian caption. Nah, dikesempatan kali ini akan kita bahas tips menjual buku di instagram.

6 Tips Menjual Buku Di Instagram

Tentu saja ini cocok kamu yang sekarang sedang bergabung menjadi reseller dan menjualkan produk. Agar tidak menyita banyak waktu, langsung saja berikut keenam tips yang wajib kamu coba agar dapat untung besar.

1. Tentukan Konsep

tips jualan di instagram

Tips menjual buku di instagram yang pertama adalah menentukan konsep. Penting membuat konsep, hal ini yang saya lakukan ketika saya mencoba membranding diri. Saya membranding diri dengan cara membuat konsep feed instagram lebih enak dilihat. Setidaknya berawal dari enak dilihat, orang pun tertarik ingin membaca captionnya.

Hal seperti inilah yang juga bisa diterapkan buat kamu yang ingin membuat produk. Memang membuat konsep itu tidak selalu dalam bentuk feed di Instagram. Kamu juga bisa kok membuat konsep dengan cara lain. Prinsipnya adalah tergantung kreativitas masing-masing orang. Misalnya membuat konsep dibagian metode pengambilan foto gambar produk. karena konteksnya adalah menjual buku, kamu bisa loh membuat konsep buku yang unik dan beda daripada yang lainnya.

2. Potret Produk Semenarik Mungkin

tips jualan buku di instagram

Memotret produk secara menarik mungkin bagi sebagian pengguna instagram tidak begitu diperhatikan, padahal inilah tips menjual buku di instagram yang terpenting. Saat memotret produk, poin dasarnya adalah memiliki seni. Seperti disinggung sebelumnya bahwa hasil jepretan yang menarik, akan mendorong pengguna instagram untuk melihat ke caption.
Jadi, seni memotret juga harus kamu kuasai loh.

Di sini kita bisa memposisikan diri sebagai seorang seni lukis, saat kita melukis dan hasilnya bagus, orang yang melihat seni dipameran langsung akan melihat siapa sih pelukisnya? Sebaliknya, jika hasil lukisan jelek, orang sudah tidak tertarik dan melengos melihat karya yang lebih menarik. Begitupun saat kita hendak memotret produk.

Mungkin dari sini akan muncul pembelaan dan alasan, bagaimana jika tidak memiliki kamera? Kan tidak bisa melakukan pemotretan produk! ah ini juga hanya alasan saja. Memotret produk yang kece dan keren tidak harus menggunakan kemera mahal kok. Kita tetap bisa memotret produk menggunakan kamera ponsel. Nyatannya, banyak kok yang juga melakukan cara-cara seperti ini. Hasil jepretannya pun juga tidak kalah menarik dari hasil jepretan kamera sungguhan.

Apalagi sekarang industry 4.0. Saat kamu tidak bisa caranya gimana, kamu bisa langsung mencari di google ataupun youtube, masalah pun kelar. Gratis lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk belajar. Sekarang hidup semakin mudah, tidak seperti dahulu. Belajar harus benar-benar langsung dengan sang empu.

3. Menggunakan Hashtag

Kamu pasti sudah tidak asing dengan hashtag bukan? Kamu juga mungkin sudah biasa menggunakan hashtag di setiap postingan kamu. Nah, buat kamu yang belum mengetahui apa sih fungsi dari menggunakan hashtag? Jadi hashtag ini berfungsi untuk meningkatkan ketertarikan orang lain yang mencari postingan kamu lewat hashtag.

Contoh, kamu menjual buku pendidikan. Maka saat memasang hashtag buku pendidikan, ketika orang lain mengetik di pencarian, postinganmu juga akan muncul dipencarian mereka. Semakin banyak yang mencari, semakin banyak orang yang melihat postinganmu. Tips menjual buku di instagram menggunakan hashtag juga tidak boleh sembarangan hestag. Sebisa mungkin, hashtag disesuaikan dengan tema dari foto dan caption.

Jika foto dan hashtagtidak berkorelasi dengan hashtag, akan mempengaruhi minat dan klik. Contoh sederhana, saat kita masuk di pencarian youtube. Kita mencari tentang tutorial menanam, tapi hasil pencarian menunjukan ada yang masak-masak, jelas orang tidak akan mengklik thumbnail masakan dan melewatinya begitu saja. Hal ini terjadi karena hashtag tidak sesuai dengan kata kunci pencarian, dan ini berlaku juga untuk instagram.

Baca juga : Tips Jualan Online Via Sosial Media

4. Rajin Share

share setelah posting

Tips menjual buku di instagram adalah rajin share setelah diposting. Misal, bisa di share ke media sosial lain yang kamu miliki. Misal di twitter atau di facebook. Membicarakan share di facebook, sekarang facebook juga memiliki fitur marketplace, yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual produk buku di sana juga loh.

Kembali lagi ke Instagram, kamu juga bisa memberikan tag pada produk buku yang dijual. fungsi melakukan tag adalah memperkenalkan produk ke khalayak lain. setidaknya cara ini juga efektif meningkatkan pengunjung. Sebagai catatan penting, saat hendak mengetag, pastikan untuk tidak memberikan tag terlalu banyak. Cukup tag tiga sampai lima orang saja. Terlalu banyak yang ditag ditakutkan akan menimbulkan ketidaknyamanan, dan bisa bisa akun kita dianggap spam.

5. Memberikan Harga Spesial

diskon buku murah

Tips menjual buku di instagram yang bisa kamu coba adalah berikan harga spesial untuk bukumu. Misalnya memberikan harga spesial dengan cara memberikan diskon buku, memberikan harga promo atau memberikan bonus setiap pembelian tertentu.

Seberapa penting sih memberikan harga spesial? Tentu saja penting, pemberian harga spesial didukung dengan marketing yang baik, mampu meningkatkan branding produk kamu. Orang yang tidak kenal toko buku online kamu, pun jadi kenal dan menjadi langganan. Orang yang menjadi langganan kita bisa karena harganya yang murah, bisa juga karena pelayanan kita yang memberikan kenyamanan untuk mereka.

Jadi harga spesial hanya salah satu trik dan ilmu marketing. Nah, jika kamu punya ide dan trobosan baru yang mirip, sebenarnya juga bisa dipraktekan. Siapa tahu cara kamu jauh lebih baik dan lebih menarik.

6. Lakukan Penjualan Secara Soft Selling

Jika di tips menjual buku di instagram sudah dijelaskan seni memotret untuk menarik calon konsumen, maka langkah selanjutnya seni membuat penjualan produk secara tidak langsung. Soft selling di sini bisa kita buat dengan membuat kalimat dibagian caption. Buat kalimat yang sifatnya menarik agar calon pembeli semakin mantab membeli produkmu.

Calon pembeli akan tertarik dan langsung memberi bisa karena ada diskon besar, dan diskon tersebut hanya berlaku sehari saja. Intinya, di sinilah seni memperkenalkan dan mempengaruhi calon pembeli agar mengarah membeli produk kita. Tentu saja dengan cara tidak langsung. Ada juga yang menggunakan cara to the point, yang disebut dengan hard selling.

Itulah tips menjual buku di instagram yang sebenarnya bisa kamu coba dan dipraktekan loh. Apakah kamu berhasil? Atau tidak ada perubahan sama sekali? Catatan terpenting buat kamu yang seminggu daganganmu sepi, kamu tetap lanjutkan dan tetap aktif produktif menjual. Karena bisa jadi itu karena belum banyak orang yang mengenal toko buku online kamu.

Coba perhatikan, orang yang laris manis, karena mereka tetap dan koknsisten. Meskipun tidak laku, tetap menjual buku-bukunya. Jika masih tidak laku juga, kamu bisa mendaftar di marketplace. Jadi bukan alasan untuk berhenti. Apalagi sekarang mendaftarkan diri di marketplace sangat mudah dan gratis. Syaratnya pun juga tidak terlalu rumit. Jadi jangan putus asa, tetap konsisten. Semoga tips menjual buku di instagram ini bermanfaat.

Baca juga : Tips Laris Jualan di Facebook Marketplace

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Baca Juga :