fbpx
flash sale toko buku online deepublish

Tips Menjadi Reseller Buku yang Dipercaya Konsumen

tips-menjadi-reseller
toko buku kuliah

Tips menjadi reseller buku yang dipercaya konsumen – Tantangan saat jadi reseller adalah banyak pesaing yang saling sikut. Tidak hanya itu, banyak juga yang membuat komentar dan review negative agar usaha reseller kamu tidak dilirik calon konsumen. Belum lagi faktor lain, misal faktor produk kurang baik, pelayanan kurang ramah dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali, akan dibahas tips menjadi reseller yang dipercaya konsumen itu seperti apa sih? Tentu saja ini harus kamu kuasai, agar usaha kamu laris manis. Nah, untuk mempersingkat waktu dan tidak bertele-tele. Langsung saja kita simak ulasannya sebagai berikut.

Tips Menjadi Reseller Buku yang Dipercaya Konsumen

1. Menguasai teknologi Informasi

Tips menjadi reseller yang dipercaya konsumen yang paling fundamental bagi seorang reseller adalah menguasai teknologi dengan baik dan benar. Kini teknologi digital sudah menjadi bagian hidup. Hampir semua orang tidak lepas menggunakan kecanggihan teknologi satu ini. Wajar jika banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi canggih untuk berjualan dagangan mereka.

Berbicara berjualan online, teknologi juga ada marketplace menjamur. Menjamurnya marketplace memberikan peluang bagi pelaku reseller untuk membangun usaha bisnismu nih. Apalagi untuk bisa bergabung menjadi bagian di dalamnya sekarang sangat mudah. Tinggal daftar, dan tinggal upload produk. Semua gratis. Ibarat pasar, kamus udah memiliki toko, tinggal memajang produk yang kamu jual. Setelah itu tinggal menunggu calon pembeli saja.

Bagaimana dengan peluang dan pangsa pasar jaualan produk di marketplace? Tenang, tips menjadi reseller yang dipercaya konsumen sudah banyak yang tergabung di marketplace. Dari segi pangsa pasar, masih terbuka lebar. Mengingat masyarakat saat ini lebih memilih memilih tawaran yang lebih praktis. Salah satunya dengan cara membeli via online. Konsumen bermodal ponsel, kemudian pesan, transfer, barang sudah diantarkan dan pembeli tinggal menikmati.

Kamu sebagai reseller juga diuntungkan. Karena kamu tinggal merespons pemesanan, setelah uang ditransfer, kamu tinggal packing produk dan kirim ke lokasi pembeli. Jadi, peluang ini masih sangat terbuka lebar. Tidak ada salahnya jika Anda berjualan di marketplace. Nah, selanjutnya masuk ke materi Tips menjadi reseller yang dipercaya konsumen. Berikut tips yang bisa kamu terapkan loh.

2. Menyediakan Produk Berkualitas Dan Memiliki Daya Saing

Karena konteks dalam hal ini adalah berjualan, maka jika kamu ingin menjual sebuah produk, maka perhatikan kualitas produk yang kamu jual. Pastikan bahwa produk yang tersebut jual benar-benar bagus, tidak cacat atau pun tidak rusak. Karena produk jelek, tentu akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Padahal kita tahu bahwa kepuasan pelanggan itu hal yang paling mendasar dan penentu usaha dagang kita ke depannya.

Dalam buku ekonomi, kita akan diajarkan ilmu pelayanan prima. Nah, menjadi reseller yang dipercaya konsumen inilah yang perlu kamu pegang. Bentuk pelayanan prima itu seperti apa sih? Sebenarnya sepele loh. Misal chat dibalas cepat, pelayanan ramah dan murah senyum. Karena ini konteknya tidak secara langsung, maka ramah saja sudah cukup. Jadi memang hindari marah atau sensi ya.

Jadi memang produk yang berkualitas saja tidak cukup seperti itu. Produk yang dijual juga penting memiliki daya saing. Produk yang memiliki daya saing, sudah pasti juga akan menjadi perhatian. Sebagai salah satu contoh, pengrajin gerabah di Kasongan, Bantul. Di sana banyak pengrajin, dan di sana pun harga yang ditawarkan juga bersaing, sehingga calon pembeli pun menjadi lebih bersemangat. Dari segi kualitas, produk mereka juga terbaik.

3. Menampilkan Visual dan Deskripsi Yang Lebih Menarik

Hal yang selama ini sering dianggap sederhana dan sepele adalah menampilkan visual produk dan deskripsi produk yang kurang menarik. Salah satu kunci menarik calon pembeli adalah menampilkan visual yang menarik. Visual dalam hal ini bisa berbentuk foto yang menarik. Nah, jika lokasi jualan kamu ada di instagram, bisa juga lo membuat menggunakan video, biar lebih greget calon konsumen.

Karena visual penting, maka tidak heran jika banyak orang yang menyempatkan diri belajar memotret produk. Karena ini berkaitan dan bertujuan untuk meningkatkan hasil penjualan. Seperti disinggung di atas, selain visual, calon pembeli juga akan tertarik dengan caption atau deskripsi produk.

Deskripsi produk juga sering dianggap sepele bagi pelaku marketing pemula. Padahal, deskripsi produk ini pulalah yang dapat menentukan orang tersebut memutuskan untuk membeli atau tidak membeli. Maka, ada trik khusus dalam membuat caption. Misalnya, membuat caption dengan copywriting, bisa dengan cara soft selling atau hard selling. Ulasan lebi lanjut, akan kita bahas dikesempatan lain ya.

Adapun manfaat dari menampilkan visual dan deskripsi produk, yaitu untuk menyamakan persepsi antara visual dan keterangan yang ditawarkan kamu sebagai penjual nih. Jadi, jangan anggap semua konsumen itu bodoh. Jadi buatlah secerdas mungkin, karena calon konsumen jauh lebih teliti terhadap kelemahan dan kelebihan dari produk yang Anda jual sebelum mereka beli. Karena mereka pasti akan mencari tahut erlebih dahulu.

4. Harga terjangkau

Tips menjadi reseller yang dipercaya konsumen adalah memasang harga terjangkau. Terutama bagi kamu nih yang berjualan di aplikasi marketplace, penting banget memperhatikan harga jual produk. Agar tidak salah menentukan harga jual, tidak ada salahnya kamu mencari tahu dan kepo-kepo terlebih dahulu harga pasar di beberapa marketplace.

Misalnya, kamu perlu survey harga di bukalapak, tokopedia hingga ke shopee. Kemudian kamu ambil harga tengah. Kenapa harus survey? Karena setiap beda marketplace, harga yang ditawarkan pun macam-macam. Jadi, jangan sampai harga yang kamu tawarkan terlalu mahal atau terlalu rendah. Jadi daripada salah, lebih baik lakukan survey terlebih dahulu.

5. Menguasai Produk yang Kamu Jual

Tips menjadi reseller yang dipercaya konsumen yang terakhir adalah, kamu wajib menguasai produk yang kamu jual. Jadi, ketika ada calon pembeli, biasannya mereka akan banyak pertanya dari A sampai Z. Nah, kamu sebagai penjual juga harus cerdas dan bisa menjelaskan pertanyaan secara softselling, agar dia yakin dan manteb membeli produk kamu.

Tapi bukan berarti respons yang kamu berikan terkesan memaksa untuk membeli. Hindari kalimat atau ajakan seperti ini. karena boro-boro akan membeli, malah kabur. Tentu saja kamu tidak ingin calon konsumen kabur begitu saja bukan. Penguasaan produk dalam hal ini tidak hanya menguasai ukuran, jenis atau genre, tapi sampai kelemahan dan kelebihannya.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi kamu yang ingin terjun di dunia reseller, pilih produk yang sesuai dan tepat. Sebagai saran saja sih, hindari menjual produk yang sifatnya makanan. Kenapa? Karena makanan itu memiliki tanggal kadaluarsa. Sayang kan kamu sudah beli banyak, akhirnya tidak laku sebelum tanggal batas akhir.

Jika bisa, pilih produk yang sifatnya tidak mudah basi dan awet bertahun-tahun. Salah satunya adalah menjadi reseller buku ajar atau buku pendidikan di Deepbulish. Ini jawaban yang tepat, kenapa? Karena buku tidak memiliki tanggal kadaluar. Untungnya, buku selalu dibutuhkan karena digunakan sebagai materi pembelajaran. Dengan kata lain, banyak calon pembeli yang akan mencari produk ini.

Itulah lima Tips menjadi reseller yang dipercaya konsumen. Semakin konsumen percaya dengan produk kamu, maka kamu pun juga akan mendapatkan keuntungannya menjadi reseller. Karena kamu akan merasakan untung berlimpah, hanya bermodal menjual dan menawarkan saja. Tidak perlu sibuk dan capek meproduksi produk. Tinggal calling, produk pun sudah disiapkan.

Baca juga : 12 Langkah Membangun Bisnis Buku Online

Bagaimana dengan ulasan Tips menjadi reseller yang dipercaya konsumen apakah sudah membatu semangat kamu untuk action? Atau masih binggung ingin bagiamana cara bergabung menjadi reseller? Tenang! Jika soal binggung ingin gabung menjadi reseller, kamu bisa loh mendaftarkan diri menjadi tim reseller buku kita, dijamin tidak akan nyesel deh. Pendaftaran gratis lagi!. Tunggu apalagi, segera gabung. Informasi lebih lanjut bisa dilihat disini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :