fbpx
flash sale toko buku online deepublish

5 Tips Menjadi Mahasiswa Universitas Terbuka

tips menjadi mahasiswa universitas terbuka
toko buku kuliah

5 Tips Menjadi Mahasiswa Universitas Terbuka – Mencari tempat kuliah yang secara waktu bisa fleksibel? Dengan kualitas lulusan yang baik? Atau barangkali kamu sudah memiliki incaran perguruan tinggi yang akan kamu bidik nih? nah pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang tips menjadi mahasiswa universitas terbuka.

Buat kamu nih yang sudah memiliki niatan belajar di UT, ada beberapa tips menjadi mahasiswa universitas terbuka di sana loh. Tentu saja, untuk bisa menjadi mahasiswa di sana bukanlah perkara yang mudah. Penasaran bukan, seperti apa dan bagaimana. Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

5 Tips Menjadi Mahasiswa Universitas Terbuka

1. Mendaftarkan Diri

Tips menjadi mahasiswa universitas terbuka yang pertama pastinya kamu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Lakukan pendaftaran agar proses dan segala sesuatunya tercatat. Pokoknya jangan sampai telah mendaftarkan diri. Karena jika telat mendaftar sebagai mahasiswa, akan di tutup. Saat ditutup, kamu pun harus menunggu tahun ajaran tahun depan.

Terutama buat kamu yang ingin mendaftarkan diri menjadi mahasiswa menggunakan beasiswa, maka kamu harus mempersiapkan jauh-jauh hari. Pokoknya jangan sampai terlambat deh. Karena banyak kasus, karena efek menyepelekan, dan menunda nanti-nanti, hasilnya pun akirnya semua peluang sudah ditutup. Jika sudah seperti ini, pastinya akan disayangkan bukan.

2. Mengikuti Ujian Tes Masuk

Tips menjadi mahasiswa universitas terbuka yang kedua adalah mengikuti ujian tes masuk. Terutama untuk kamu yang mendaftarkan diri dengan cara ujian tes masuk. Pastikan kamu sudah belajar sebelumnya. Mungkin bagi kamu yang baru lulus SMA/K/MA tidak terlalu kaget dan tidak harus belajar begitu keras.

Akan beda cerita jika kamu sudah mangkrak, sudah dua tahun lulus SMA/K/MA dan memutuskan untuk mengikuti ujian masuk. Maka akan dipastikan bahwa kamu harus belajar dan membaca buku pelajaran dari awal. Meskipun tidak semua yang kamu pelajari dijamin keluar, setidaknya dengan belajar akan membantu kamu meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam mengikuti tes ujian masuk.

Tips menjadi mahasiswa universitas terbuka terwujud, datang waktu lebih awal sebelum tes dimulai. Datang lebih awal bisa membuat kamu melihat situasi dan kondisi dan memberikan gambaran apa yang akan kamu kerjakan nantinya loh. Sangat di hindari datang telat saat ujian, agar tidak menjadi catatan dalam proses penilaian.

Kamu pun juga bisa mengikuti dengan jalur lain, misalnya jalur beasiswa dan masih banyak lagi. Pastikan untuk peralatan atau alat tes juga sudah lengkap. Karena ujian tes pun kita tidak tahu, apakah ujian tersebut dikerjakan menggunakan bolpoin, pensil atau sifatnya komputerais. Maka kamu pun perlu spoiler terkait dengan ujian tes masuk satu ini.

Baca juga : 5 Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi

3. Menemukan gaya belajar yang sesuai

Tips yang ketiga adalah rajin belajar. Memang tidak semua orang bisa konsisten rajin belajar. Membicarakan belajar, belajar tidak selalu mamakan waktu yang berjam-jam loh. Belajar sebentar pun bisa efektif jika memang itu cara yang tepat.

Maka dari itu, buat kamu nih yang memang ingin belajar, pastikan karakteristik kamu nih. apakah kamu tipe orang yang mudah menerima informasi dengan gaya apa dan bagaimana. Ada yang lebih cepat belajar ketika mendengarkan saja, ada juga tipe orang yang harus membaca secara visualnya dan masih banyak lagi. Gaya belajar semacam inilah yang harusnya kamu kuasai agar proses belajar kamu lebih efektif dan lebih efisien.

Atau jangan-jangan kamu tipe orang yang malas belajar? Nah buat kamu yang malas belajar, tetapi juga tetap ingin kuliah dan menjadi berprestasi memang sepertinya susah. Karena saat memutuskan ingin kuliah, itu sama saja kamu sudah memutuskan untuk siap berkompetisi dan belajar secara akademis.

Jadi, buat kamu yang memiliki kemampuan non akademik, tidak ada salahnya kamu pun mengambil jurusan atau menjadi mahasiswa di jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Sehingga tidak salah jurusan dan semacamnya. Setidaknya, kamu menjadi lebih hidup dan tidak terkesan memaksakan diri.

tips menjadi mahasiswa terbuka

4. Rajin Mempelajari Modul

Tips menjadi mahasiswa universitas terbuka yang tidak boleh kamu tinggalkan adalah rajin mempelajari modul. Sebagai universitas terbuka, dari segi modul dan kurikulum pastinya kamu akan mempelejari tentang modul. Dimana modul inilah yang menjadi cakupan pembahasan yang akan kamu pelajari nantinya loh.

Sebagai salah satu universitas yang cukup diminati, universitas satu ini sebenarnya tidak berpangku pada modul saja loh. Tetapi masih ada modul-modul yang bervariasi yang akan kamu dalami pada nantinya. Kelebihan kuliah di universitas terbuka, kamu bisa kuliah sambil bekerja.

Jadi universitas satu ini membuka peluang dan membuka kesempatan bagi karyawan yang ingin belajar lagi. Di sana pun kamu juga bisa mengambil kelas khusus karyawan, sehingga waktu bekerja pun tidak terganggu. Kelas khusus karyawan bisa dijalankan di hari sabtu dan minggu secara full day. Atau bisa juga dengan alternative cara lain. Misalnya mengambil kelas malam, dimana kamu bisa kuliah di jam malam.

Tetapi memang tips menjadi mahasiswa universitas terbuka adalah mempelajari modul, karena cara ini cara untuk memahami dan mendalami pembahasan. Yang nantinya akan dibahas di bab berikut.

Baca juga : 6 Tips Skripsi Tepat Waktu Yang Harus Kalian Coba

5. Membuat Resume/modul

Tips yang selanjutnya adalah buat resume atau modul. Jadi setelah dari awal diberikan modul, maka langkah selanjutnya kamu bisa langsung merangkum sambil mempelajari secara keseluruhan.

Sebenarnya pemberian modul setiap kali mengikuti kelas di Universitas Proklamasi sebenarnya memudahkan. Memudahkan dalam kamu mencari referensi. Jadi dengan pemberian modul dari dosen, kamu pun sebenarnya tidak perlu repot mencari referensi dan pedoman dari sumber lain, yang selalu meribetkan.

Kita cukup belajar dan merangkum modul yang ada dan cukup bermodalkan kedisiplinan dan rajin membaca, maka semuanya pun akan berjalan dengan lancar. Nah, terkait tips menjadi mahasiswa universitas terbuka agar berprestasi, saat merangkum atau meresume kamu bisa menambahkan corat-coret di dalam buku tersebut.

Coretan bisa menggunakan pensil warna, bisa diberi dengan pensil stabile. Nah buat kamu yang tidak rela dengan bukumu terkena corat coret, kamu pun bisa mensiati dengan mencorat-coret di kertas stiky note. Sehingga buku modul kamu tetap bersih dan rapi tentu saja.

Baca juga : Cara Menjadi Dosen: Syarat, Tugas dan Gaji Dosen

Itulah beberapa tips menjadi mahasiswa universitas terbuka buat kamu. Semoga dengan penjabaran tips-tips di atas memudahkan kamu lebih menyenangkan dan lebih menantang. Nah, buat kamu yang sekarang sudah terlanjur pendaftaran ditutup, kamu tidak perlu khawatir. Karena tahun depan kamu bisa mendaftar dari awal.

Khusus buat kamu seorang karyawan terdorong ingin kuliah kembali pun bisa tetap kuliah. Khusus para pekerja, kamu bisa mengambil kelas karyawan, yang bisa diajarkan di kelas malam dan hari sabtu minggu. Nah, jika kamu sudah siap dan niat, maka cukup jalani dan bersungguh-sungguh. Semoga dengan tips menjadi mahasiswa universitas terbuka ini bermanfaat dan memberikan harapan baru pada masa depan kamu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang