fbpx

Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

10 Tips Meningkatkan Minat Baca Anak

meningkatkan minat baca anak

Tips Meningkatkan Minat Baca Anak – Tips meningkatkan minat baca anak ternyata menjadi tantangan tersendiri untuk pengiat literasi. Kenapa? Alasannya sederhana, terutama anak-anak millennial. Lebih banyak anak yang suka bermain games daripada bermain dengan temannya di luar rumah. Lebih banyak anak yang lebih senang menonton televise daripada membaca buku diperpustakaan ataupun ke perpustakaan keliling.

Padahal kita tahu, kesadaran literasi di Indonesia peringkat kedua dari belakang. Ini tentu memprihatinkan. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada cara sama sekali. Nyatannya, sekarang masih banyak pengiat literasi yang terus memperkenalkan baca tulis sejak dini. Tidak segan-segan, mereka pun juga tidak bosan untuk berbagi tips meningkatkan minat baca anak.

Barangkali kamu juga ingin berpartisipasi untuk memperkenalkan literasi pada anak-anak? Atau mungkin kamu sekarang punya anak-anak dan ingin kamu didik sadar literasi sejak kecil.

Tenang, karena artikel kali ini akan berbagi tips meningkatkan minat baca anak sedini mungkin dengan cara yang mudah terjangkau dan ramah anak. Jika Anda sedang mencari buku bisa melihat koleksi buku kami di Toko Buku Online Deepublish. Langsung saja kita simak ulasannya sebagai berikut.

10 Tips Meningkatkan Minat Baca Anak

1. Kenalkan Buku Sejak Balita

Tips meningkatkan minat baca anak ternyata tidak instans. Apalagi jika yang ingin dibiasakan membaca adalah anak-anak yang sudah terkena candu games dan yang mengenal gadget. Buat kamu nih yang masih memiliki balita, tidak ada salahnya untuk mengenalkan buku sedini mungkin. Orangtua yang sejak kecil mengenalkan buku, ketika menginjak usia TK dan SD, si anak terpola untuk tertarik dan menikmati buku.

Ketika orangtua sejak kecil membiarkan memberikan ponsel. Maka, seiring balita beranjak mamsuki usia TK dan SD, anak cenderung lebih rewel dan merengek ingin bermain ponsel. Jika tidak dituruti, anak akan protes dengan cara menangis, marah berlebihan hingga hiperaktif. Dari hasil observasi kecil-kecilan, anak cenderung akan bermain games dan kecanduan. Padahal dari pihak orangtua sejak awal tidak memperkenalkan games.

Berbeda sikap anak yang sedini mungkin dikenalkan dengan dunia buku. Anak cenderung lebih senang melihat cerita bergambar, komik ataupun cerita bergambar di buku-buku. Dari segi perkembangan otak, anak yang senang membaca sejak kecil juga lebih aktif. Memiliki perbendaharaan bahasa dan tentu saja lebih cepat bisa membaca, dibandingkan yang lain.

2. Awali Dengan Membacakan Dongeng

Tips meningkatkan minat baca pada anak yang kedua adalah dengan membiasakan membacakan dogeng. Orangtua yang membiasakan diri untuk membacakan dongeng sebelum tidur, jauh lebih baik. Ketika anak dibacakan sebuah dongeng, system syaraf otak anak akan terkoneksi dengan sel saraf yang lain, sehingga daya imajinasi anak jauh lebih aktif. Dibandingkan dengan anak yang tidak dibiasakan dibacakan dogeng.

Tips meningkatkan minat baca anak dengan cara membacakan dongeng sebelum tidur juga sangat baik. Kenapa demikian? Karena saat anak ngantuk dan tidur, maka kondisi otak anak berada di gelombang alfa. Di sinilah segala informasi yang masuk ke dalam otak akan masuk kea lam bawah sadar. Pikiran alam bawah sadar itu sifatnya lugu. Maksudnya adalah, segala informasi baik itu informasi positif, negatif ataupun bohong dan benar semuanya dianggap fakta dan benar.

Satu hal yang perlu digaris bawahi terkait pengaruh membacakan dongeng. Jadi, informasi yang masuk ke dalam alam bawah sadar 88% akan mendominasi tindakan anak. Sisannya pikiran sadar. Oleh sebab itu, bagi kamu, tips meningkatkan minat baca anak dengan mendongeng harus benar-benar memilih cerita yang memiliki pesan moral yang positif.

Sebagai orangtua yang konteksnya masih dalam rangka memperkenalkan minat baca anak. Pilihlah buku cerita yang menggunakan bahasa positif, mudah dipahami. Karena penggunaan bahasa pada cerita itu penting.  Bagaimanapun juga, bahasa adalah cerminan dari kita. Jika kita menggunakan bahasa negative, tidak heran dan kaget jika anak dalam berkomunikasi juga menggunakan bahasa negative. Begitupun ketika membacakan buku cerita. Ingat, pemikiran anak-anak itu masih lugu.

Ingat paragraph sebelumnya bahwa segala informasi yang baik, benar, salah, positif dan negative dianggap benar semua. Contoh yang mungkin bisa kamu lihat dari anak-anak dilingkungan rumah. Coba amati anak-anak yang kecanduan games atau ponsel, pasti dari segi bahasa mereka cenderung asal dan kasar bukan?

3. Beri Hadiah Dengan Memberikan Buku 

Tips meningkatkan minat baca anak yang ketiga adalah dengan selalu memberikan hadiah berupa buku. Nah biasannya hadiah itu diberikan saat moment-moment tertentu saja bukan. Misal saat ulang tahun, saat juara kelas atau saat mengikuti kompetisi dan memperoleh nominasi. Pastinya anak-anak akan meminta hadiah dari kita bukan? Ini kesempatan kita untuk memberikan hadiah buku.

Mungkin akan muncul pertanyaan dan keluhan begini. Gimana dong anak saya tidak mau di kado buku, maunya mainan robot, HP dsb. Nah, sebagai orangtua harus kreatif. Sebut saja anak meminta hadiah robot. Kita bisa belikan buku yang berisi gambar bercerita tentang robot. Mungkin awalnya anak akan menolak. Sebagai orangtua, coba ceritakan hal yang menarik kenapa hadiah buku robot daripada robotnya.

Misalnya, dijelaskan dengan buku robot, kita bisa membaca cerita imajinasi atau petualangan robot yang sudah ditulis di buku tersebut. Atau dengan buku tersebut, bisa membuatnya lebih kreatif. Intinya, tergantung masing-masing orangtua mempengaruhi anak. Atau bisa juga lo, membelikan buku mewaernai robot. Nah, anak akan mendapatkan hadiah lagi jika bisa mewarnai robot tersebut. Memang membentuk anak memiliki minat baca di usia 6 tahun lebih itu memang sedikit susah. Dibandingkan membiasakan sejak masih kecil.

4. Sering Kunjungi Keperpustakaan yang Memiliki Program Menarik

Tips meningkatkan minat baca anak yang selanjutnya adalah mengajak mereka ke perpustakaan. Lo kok perpustakaan? Emang anak tidak bosan? Tunggu dulu. Setiap kota pasti memiliki perpustakaan desa atau perpustakaan kota bukan? Kalo di Jogja, ada perpustakan daerah yang super asyik, yang disebut dengan perpustakaan Grahatama.

Kenapa asyik? Karena di perpustakaan ini ada banyak tawaran. Jadi tidak menawarkan perpustakaan dengan setumpuk dan sederet-deret buku. Di perpustakaan ini menawarkan beberapa pilihan spot. Misal ada spot untuk duduk santai dan ngobrol diruang tengah yang juga outdoor.

Nah, jika anak kamu ingin hiburan, juga ada pemutaran film animasi 2D secara gratis loh. Tentu saja ada ruang perpustakaan untuk balita dibagian bawah, yang lokasinya di desain khusus, lebih menarik.

Jadi perpustakaan itu bukan sesuatu yang menyeramkan. Justru menjadi hal yang asyik dan menyenangkan bagi anak-anak. Karena ke perpustakaan tidak selalu membaca, tetapi juga bisa menonton juga. Masih di Jogja, ada juga banyak komunitas yang penduli dengan minat baca. Salah satunya komunitas buku pangkuningratan.

Setiap sabtu atau minggu pagi, selalu datang ke Lapangan Denggung Sleman menggunakan motor kecil yang berisi koleksi buku-buku anak. Agar tidak terkesan kaku, tips meningkat minat baca anak versi mereka pun unik. Misalnya dengan memberikan hadiah, mengadakan lomba, dan dengan bermain-main.

anak-membaca-buku

5. Beri Contoh

Nasihat terbaik adalah teladan / pelajaran, jadi jika pengen anak gemar membaca bisa dimulai dengan memberi contoh kepada anak. Jadi bisa dimulai dengan menunjukan kepada anak bahwa kita sebagai orang tua suka membaca.

Tidak harus membaca buku kok, bisa juga membaca majalah, koran ataupun surat kabar. Yang terpenting buat kesan bahwa manfaat membaca buku itu sangat besar dan menyenangkan.

6. Belikan Buku Yang Menarik

Sudah sewajarnya anak menyukai sesuatu yang menarik, warna-warni dan lebih suka dengan gambar daripada tulisan. Maka cobalah untuk memberikan kepada anak buku-buku yang menarik, banyak warna dan ada permainannya dalam buku tersebut.

Ada kan buku-buku yang ada permainannya, seperti menggambar, kuis, atau permainan yang lain.

7. Ciptakan Ruang Baca Yang Menarik

Ruang baca anak sedikit berbeda memang, karena pasti lebih butuh desain interior yang lebih berwarna dan anak-anak banget. Tambahkan juga beberapa permainan untuk mengatasi jika anak bosan membaca, jadi selain membaca bisa juga kan bermain, he he.

8. Manfaatkan Gadget

Gadget bisa menjadi ancaman dan bisa juga menjadi penolong, tergantung kita yang memanfaatkannya. Untuk meningkatkan minat baca anak bisa menggunakan gadget, caranya dengan melihat video-video yang mengajak anak untuk membaca.

Kalau tidak dalam bentuk video, bisa juga dalam bentuk gambar. Tapi orang tua juga harus bijak, jangan sampai justru anak jadi kecanduan gadget. Orang tua harus punya aturan, kapan anak boleh main gadget dan kapan harus lepas dari gadget.

9. Buku Ajaib

Mungkin masih jarang orang yang tahu tentang buku ajaib, yang perlu Anda tahu itu bukan buku yang bisa bicara atau bergerak dengan sendirinya ya.

Tapi buku ajaib yang bukan buku biasa, buku ini bisa dikombinasikan dengan gadget. Sehingga ketika gadget diarahkan ke arah bukunya, maka akan muncul video di gadget yang menjelaskan tentang isi buku tersebut. Selengkapnya bisa coba search di YouTube aja deh.

10. Buat Group

Anak biasanya lebih cepat merasa jenuh apabila hanya sendirian, maka solusinya adalah carikan teman. Kita bisa mengajak tetangga kita yang memiliki anak kecil juga untuk sama-sama meningkatkan minat baca anak.

Nah, itulah tips meningkatkan minat baca anak yang bisa kamu coba. Jadi tidak harus memaksakan anak membaca terus di rumah. Kita pun bisa mengajak anak-anak jalan-jalan ke tempat-tempat ruang terbuka, dan di sana tetap ada sudut yang memberikan ruang untuk membaca buku. Bagaimanapun juga, jiwa seorang anak pastinya juga ingin bermain kedunia luar, tidak melulu di dalam rumah dan belajar dan belajar.

Bagaimana dengan tips meningkatkan minat baca anak? Masih saja kelelahan ingin membentuk anak menjadi kutu buku? Mungkin Anda juga perlu peka terhadap potensi dan bakat anak. Agar lebih mudah mengatur. Sekian, dan semoga ulasan artikel ini bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang “Tips Meningkatkan Minat Baca Anak”, baca juga artikel lain yang lebih menarik lagi :

  1. 6 Penulis Terkenal di Indonesia Yang Inspiratif
  2. 5 Fakta Menarik tentang Hari Anak

Semoga bermanfaat terimakasih. Kontributor : Irukawa Elisa

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan