fbpx
flash sale toko buku deepublish

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Passion

tips memilih jurusan kuliah
toko buku kuliah

Tips memilih jurusan kuliah – Siapa sih yang nggak semangat masuk kuliah? Rasanya, ini salah satu momen penting dimana julukan tidak lagi menjadi siswa, melainkan mahasiswa. Tentu ada perbedaan antara saat berada di sekolah dan bangku kuliah. Perbedaan paling ketara adalah pilihan jurusan. 

Ya, jika di sekolah umumnya hanya ada jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Di perguruan tinggi terdapat banyak pilihan jurusan yang bisa kamu pilih sesuai minat Anda. Nah, bagi kalian yang sudah menemukan minat jurusan tertentu, pastinya akan lebih mudah memilih jurusan kuliah. Tapi bagaimana jika Anda belum punya pandangan terkait jurusan dan cita-cita apa yang ingin kamu raih? Ini adalah sebuah masalah. 

Sebab waktu kuliah S1, bukan waktu yang sebentar. Normalnya kamu akan menghabiskan waktu 3,5 tahun hingga 4 tahun untuk menyelesaikan satu program studi. Selain itu, topik yang dibahas pun tidak seperti sekolah menengah atas yang masih general.

Di bangku kuliah kamu akan membahas banyak topik yang lebih rinci tentang ilmu sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Pertanyaan, bagaimana tips memilih jurusan kuliah yang tepat bagi siswa SMA/SMK?

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Passion 

Jangan khawatir, melalui artikel ini, kami akan  membantumu supaya dapat memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat Anda. 

1. Pahami Ketertarikan, Nilai, Minat, dan Kemampuanmu

Sebelum kamu memilih jurusan, pahami dahulu bahwa ada banyak jurusan kuliah yang tersebar di perguruan tinggi di dunia.  Maka dari itu hal pertama yang harus kamu tanyakan ke dirimu adalah: “jurusan apa yang tepat untuk saya” bukan, jurusan apa yang harus saya pilih.”

Langkah pertama tips memilih jurusan kuliah adalah memahami sendiri bidang studi yang penting bagi dirimu. Ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori umum, yang akan kita bahas satu per satu. 

a. Pilih jurusan sesuai kemampuan

Kemampuan adalah apa yang dapat kamu lakukan, secara umum. Memahami bidang dan keterampilan apa apa yang kamu kuasai adalah cara yang bagus untuk memulai proses eliminasi saat memilih jurusan universitas.

b. Pilih jurusan berdasarkan nilai 

Tips memilih jurusan kuliah berdasarkan keyakinanmu biasanya akan menghasilkan pekerjaan yang lebih bermanfaat dan membesarkan hati.

c. Pilih jurusan berdasarkan minat 

Minatmu adalah cara yang bagus untuk menentukan jurusan mana yang akan dipilih di perguruan tinggi. Maksudnya, jika kamu suka melakukan sesuatu, mengapa tidak dipelajari lebih dalam lagi?

d. Pilih sesuai passion

Secara umum passion hanyalah mirip dengan ketertarikan belaka tapi lebih kuat. Tapi jangan diremehkan. Passion adalah bidang minat yang dalam. Passion adalah gabungan antara nilai dan kemampuan dirimu menjadi sesuatu yang menjadi hasrat yang membara seumur hidup.

Mengikuti passionmu, apa pun itu, adalah salah satu tips memilih jurusan kuliah terbaik, dan umumnya memiliki sedikit tebakan di kemudian hari. 

Baca juga : 10+ Perlengkapan Kuliah Mahasiswa Baru Saat Pandemi

2. Tentukan Tujuan

Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya yakni dengan cari tujuanmu. Ini adalah sesuatu yang bahkan tidak dipikirkan oleh banyak siswa. Perguruan tinggi hanyalah “langkah berikutnya” bagi banyak orang. Tetapi ketika memilih jurusan, kamu perlu mengartikulasikan apa tujuan Anda untuk kuliah.

Jika itu untuk mendapatkan pekerjaan tertentu (atau hanya untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan), maka itu adalah tempat untuk memulai. Jika tujuan Anda lebih pada garis, “Cari tahu apa yang ingin saya lakukan dalam hidup,” maka itu akan lebih keren. Karena kamu berpikir tidak hanya untuk menyelesaikan kuliah saja, tapi berpikir “dengan kuliah, saya bisa menjadi apa ya?”

Setelah kamu memiliki tujuan umum, kamu dapat mengambil langkah-langkah dari sana untuk mengetahui jurusan tertentu yang akan membantumu mencapai tujuan tersebut.

Baca juga : Syarat Lulus S1 Berapa SKS? Kuliah Hanya 5 Semester

3. Bicaralah dengan Siswa dan Profesor yang Lebih Tua

Memilih jurusan itu seperti wawancara kerja. Kamu bisa berbicara dengan banyak perusahaan (departemen) yang berbeda untuk menemukan yang cocok untuk dirimu, sementara perusahaan juga mencoba memutuskan apakah kamu cocok untuk mereka.

Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah penting juga untuk bertemu dengan mahasiswa dan profesor dari jurusan yang kamu minati. Lagi pula, jika kamu tidak suka bergaul dengan para dosen dan mahasiswa dari suatu jurusan, kamu mungkin tidak boleh mengambil jurusan subjek tersebut.

Ditambah lagi, berbicara dengan siswa dari jurusan tertentu akan memberikan pandangan berbeda tanpa filter tentang seperti apa jurusan itu. Jika kamu bertanya pada dosen, mungkin mereka akan cenderung mempromosikan jurusan mereka sendiri (bagaimanapun, lebih banyak siswa berarti lebih banyak dana), jadi pikiran tentang apa yang mereka katakan. Tetapi jika kamu bertanya pada alumni atau kakak angkatan yang lebih tua di sana, kamu akan mendapatkan jawaban jujur dari mereka. 

Terakhir, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan penasihat. Di sini kamu dapat bertanya pada guru BK maupun orang tuamu. Jadi pastikan untuk memanfaatkan pengalaman mereka. 

Baca juga : Apa Itu IPK, IPS, KHS, dan Cumlaude – Mahasiswa Baru Wajib Tahu

4. Lakukan Riset

Langkah keempat tips memilih jurusan kuliah dapat dengan melakukan riset jurusan. Pada tahap ini setidaknya kamu sudah memiliki pandangan jurusan apa yang sesuai dengan minatmu. Jika sudah, maka saatnya menentukan perguruan tinggi mana yang ada jurusan tersebut. 

Buatlah daftar beberapa jurusan yang menarik minatmu dan juga yang paling mendekati. Pertimbangkanlah setiap pilihan yang ada dalam daftar. Setelah kamu review baik-baik, kamu bisa mencoret jurusan yang sekiranya tidak sesuai denganmu. Nah, setelah itu, tersisalah jurusan yang mungkin sesuai dengan preferensi. Jangan lupa, kamu juga harus mencari tahu kualitas jurusan tersebut di universitas yang akan kamu tuju.

5. Berapa Potensi Jurusan Pilihanmu Terhadap Masa Depan Karier

Tidak dapat disangkal bahwa beberapa karier menghasilkan lebih banyak uang daripada yang lain, baik sebagai gaji awal maupun gaji rata-rata.

Itu berarti beberapa pilihan jurusan lebih berharga daripada yang lain, dan karena perguruan tinggi seharusnya menjadi investasi, memikirkan tentang gaji impian adalah yang hal yang paling penting juga. Toh salah satu tujuan kuliah kan supaya mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari jenjang karir kan? 

Jurusan dalam mata pelajaran STEM, pemerintahan, statistik dan ekonomi umumnya menghasilkan gaji awal yang lebih tinggi untuk sarjana. Ini karena pasar kerja saat ini sedang mencari profesional bisnis yang berkualifikasi tinggi di bidang ini.

Jurusan seperti bahasa Inggris, antropologi, sosiologi, dan sejarah seni cenderung menghasilkan gaji awal yang lebih rendah; gelar sarjana seringkali menghasilkan gaji yang lebih tinggi, yang berarti lebih banyak sekolah dan lebih banyak investasi di perguruan tinggi.

Baca juga : KRS Adalah, Ini Pengertian dan Persiapan Sebelum KRS-an

Ada banyak situs, seperti Payscale, yang dapat membantumu menghitung gaji awal sesuai dengan jurusan dan jalur karir yang akan kamu pilih.

Namun, harap diingat bahwa kebahagiaanmu juga sangat penting, jadi jangan memilih karir yang akan memberimu gaji tahunan yang besar tetapi membuat kamu merasa tertekan dan tidak bahagia dengan profesi yang kamu jalani. Ingat juga poin awal, sesuaikan dengan minat, passion, dan kemampuan. Jika semua berjalan seiringan, percayalah uang yang akan mengikutimu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang