fbpx
flash sale toko buku online deepublish

6 Tips Memilih Buku Skripsi Yang Tepat Untuk Mahasiswa

tips memilih buku skripsi
toko buku kuliah

Tips Memilih Buku Skripsi Untuk Mahasiswa – Siapa sih yang nggak tahu soal skripsi? Jika kamu mahasiswa tingkat akhir pasti akan melewati fase ini sebelum mendapatkan gelar kelulusan. Menulis skripsi ini terkadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Mereka menganggap menulis itu sulit, apalagi jika harus berhadapan dengan dosen pembimbing. 

Menulis skripsi sebenarnya hampir sama dengan menulis jurnal ilmiah. Harus tertata dan memiliki sub bab yang jelas. Tentunya harus ada pula referensi di dalamnya. Sehingga apa yang kita tulis dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu memilih buku referensi skripsi ini tidak boleh sembarangan. Kamu harus tahu sumber-sumber buku mana yang tepat dan menunjang teori pada topik penelitian skripsimu. 

Biasanya kamu akan banyak menggunakan referensi buku dibagian bab dua. Yang mana kamu diharuskan menulis rumusan teori yang menunjang topik penelitianmu. Jika kamu mengalami kendala tersebut, maka membaca artikel ini adalah pilihan yang tepat. Pada artikel ini kami akan membagikan tips memilih buku skripsi untukmu. Simak baik-baik, semoga membantu. 

Tips Memilih Buku Skripsi Yang Tepat untuk Mahasiswa

1. Sumber Buku Non Fiksi

Tips memilih buku skripsi. Skripsi adalah sebuah karya ilmiah. Karya yang dituliskan berdasarkan data penelitian. Maka sudah seharusnya kita menggunakan referensi buku non fiksi untuk menyusunnya. 

Buku non fiksi merupakan buku  buku yang berisikan kejadian sebenarnya yang disampaikan menurut pendapat/opini/kajian penulis. Contoh buku non fiksi yaitu buku pelajaran,buku paket , esai, jurnal, dokumenter, biografi dan laporan ilmiah (makalah, skripsi, tesis, dll).

Ciri-ciri buku non fiksi:

  • Biasa nya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan , artikel , feature, skripsi , tesis, disertasi , makalah , dsb.
  • Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi, berusaha menarik dan menggugah nalar (pikiran) pembaca.
  • Bahasa bersifat denotatif dan menunjuk pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.

Tips memilih buku skripsi berupa buku non fiksi yang terdapat data akurat berupa fakta-fakta. Nah fakta-fakta ini didapatkan tidak bisa hanya dari opini belaka. Kamu harus cermat dalam mencari buku skripsi. Jangan sampai referensi yang kamu gunakan tidak dapat dipertanggungjawabkan faktanya. 

Anda bisa menemukan berbagai buku skripsi di Toko Buku Deepublish. Di toko ini merupakan gudangnya buku-buku referensi untuk membuat skripsi, karena hampir 90% buku yang dijual adalah buku-buku untuk mahasiswa. Untuk mencari bukunya bisa kunjungi : Toko Buku Deepublish

2. Memanfaatkan Search Engine : Google Scholar

Tips memilih buku skripsi, kamu dapat memanfaatkan search engine google. Keuntungan mencari referensi buku skripsi dengan google scholar adalah hasil pencarian dapat dipastikan merupakan suatu jurnal ilmiah. Kadang, ada saja mahasiswa yang bingung membedakan suatu jurnal atau bukan.

Sayangnya, tidak semua jurnal hasil pencarian dari google scholar dapat kita unduh. Terkadang, kita harus membayar untuk memperoleh jurnal itu. Kalau sudah begini, pilihannya ada dua membeli atau mencari referensi lain. Tentu sebagai penulis pemula ingin modal serendah-rendahnya, maka mencari referensi sejenis yang tidak berbayar adalah pilihan tentunya.

Dari sekian banyak search engine, Google sedikit lebih unggul dibandingkan dengan search engine yang lain. Biasanya ketika pertama mulai melakukan pencarian, kita akan ketikkan http://www.google.com di address bar browser internet.

Trus kita ketikkan beberapa kata kunci. Enter. Google menampilkan sekian banyak daftar link-link yang sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan. Sayangnya sebagian besar link-link itu tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut ini ada sedikit trik agar Google menampilkan daftar yang lebih sesuai dengan kebutuhan kita.

Gunakan Beberapa Kata Kunci yang Spesifik dalam Bahasa Inggris

Misalkan kita tertarik dengan topik tentang bioethanol. Kalau kita ketikkan satu kata, maka akan ada ribuan daftar yang sebagian besar tidak relevan dengan keinginan kita. Sebaiknya gunakan kata kunci yang lebih banyak dan spesifik.

Sebagai contoh: bioethanol biomassa lignocellulose process technology. Agar Google menyortir lagi, kita dapat memanfaatkan fasilitas – search within result yang ada di bagian bawah. Klik link ini, lalu ketikkan kata kunci lain yang lebih spesifik. Sebagai contoh: sugarcane bagasse.

Penggunaan bahasa inggris lebih direkomendasikan sebab sebagian besar literature tersedia dalam bahasa Inggris. Literatur dalam bahasa Indonesia sangat sedikit dan paling susah dicari. Ejaan harus benar, tetapi tidak perlu khawatir, karena biasanya Google akan memberikan ejaan yang benar.

Kalau kita tertarik dengan file-file dengan ekstensi khusus, umumnya dokumen. Dokumen yang umum dipakai di internet adalah pdf, sebagian ada yang pake doc (MS Word) atau ods untuk OpenOffice.

Agar Google menampilkan file-file dengan ekstensi tersebut, kita dapat menambahkan parameter khusus pada kotak pencarian. Tambahkan parameter berikut ini: filetype:pdf. Ganti pdf dengan doc atau ods sesuai kebutuhan Kamu. Google akan menampilkan daftar link file dengan ekstensi pdf.

3.  Mencari Buku Via Google Books

Tips memilih buku skripsi selanjutnya adalah mencari buku via Google Books. Tidak ada salahnya kok jika kamu mengambil referensi dari karya orang lain, asalkan kamu mencantumkan dalam daftar pustaka supaya tidak dianggap plagiat. 

Kamu dapat membaca review suatu buku di situs Google Books. Keuntungannya adalah kita dapat membaca dan melihat sebagian isi dari suatu buku. Bahkan kita bisa mencari beberapa kata kunci berbeda dalam suatu buku.

Misal, kita ingin mencari hubungan antara pelarut dan senyawa yang sesuai untuk proses ekstraksi.Di dalam buku fisik/ebook agak sulit mencari dua kata sekaligus yang tidak berurutan. Sementara melalui fitur pencarian di google book, bisa.

Semua halaman dengan kata kunci yang kita masukkan akan ditampilkan. Menjadi lebih mudah bukan? Ada pula ebook tertentu yang berupa gambar sehingga kita tidak dapat memanfaatkan fitur pencarian (Ctrl F). 

Baca juga : Kalimat Pembuka Sidang Skripsi dan Tips Agar Sidang Lancar

4. Mengunduh Scribd

Tips memilih buku skripsi juga bisa dengan Scribd. Banyak yang tidak tahu bagaimana cara mendownload via Scribd, padahal cukup mudah. Kalian harus log in (bisa menggunakan akun facebook) kemudian mengunggah file terlebih dahulu dan barulah kalian bisa mengunduh suatu file dari situs ini. Jadi sistemnya barter ya. Banyak buku bahkan bisa ditemukan di situs seperti 4shared. Jangan lupa, bergabunglah dengan kelompok tertentu atau web yang menyediakan buku-buku literatur kuliah.

Banyak pula blog-blog mahasiswa (luar dan dalam negeri) yang menyediakan link untuk mengunduh referensi materi yang sesuai dengan tema skripsimu. Kamu juga dapat mengunjungi beberapa situs yang memang menyediakan buku-buku referensi secara gratis.

5. Manfaatkan Wikipedia

Wikipedia merupakan salah satu gudang ilmu yang luar biasa sekali. Coba kunjungi situs Wikipedia dan cari topik-topik yang kamu inginkan. Di bagian bawah biasanya dicantumkan juga daftar link dan daftar referensi. Kita bisa ikuti link-link ini, karena seringkali ada link-link yang bermanfaat sekali.

Baca juga : Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5

6. Lihat dan Pelajari Daftar Pustaka dari Skripsi yang Sejenis dengan Penelitian

Catat daftar pustaka dari skripsi penelitian terdahulu. Disana kamu bisa melihat buku-buku manajemen apa saja yang digunakan oleh skripsi terdahulu. Buku-buku yang sudah pernah digunakan biasanya bisa digunakan lagi untuk penelitian kamu.

Jika tahun terbitan sudah relatif lama, sebaiknya dicari buku edisi atau cetakan terbarunya. Kamu bisa meminta bantuan atau meminta pendapat dari dosen kamu jika bingung untuk menentukan buku yang akan digunakan.

Baca juga : Halaman Persembahan Skripsi Yang Menyentuh Tetapi Juga Gokil!

Uraian di atas merupakan langkah untuk mencari sumber referensi tips memilih buku skripsi. Jangan pernah takut salah atau menyerah dengan penelitian yang kamu buat. Jika kamu belum mendapatkan jawaban yang kamu tanyakan melalui artikel ini, kamu juga bisa langsung bertanya pada teman-teman yang sudah berpengalaman dalam menulis skripsi. Selamat menulis skripsi!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang