fbpx
flash sale toko buku deepublish

Tips Membaca Buku Secara Cepat dan Efisien

tips-membaca-buku
toko buku kuliah

Tips membaca buku – tidak semua orang memiliki kesenangan membaca buku. Jangankan membaca, baru memulai membaca satu lembar saja ada yang sudah mengantuk. Padahal, membaca itu kebutuhan dan kebiasaan yang sering dilakukan.

Membaca sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari kita. Salah satu contoh konkritnya ketika kita sekolah. Dari SD sampai SMA kita akan dihadapkan untuk membaca. Apalagi bagi kamu yang ingin juara satu di kelas, juga dituntut untuk bisa membaca.

Tidak hanya dibangku sekolah, di bangku Perguruan Tinggi pun juga demikian. Membaca menjadi sumber pengetahuan. Nah, pada artikel kali ini akan mengulas tips membaca buku cepat, yang kamu bisa coba loh. Siapa tahu, bisa membantu kamu dalam belajar. Langsung aja, yuk kita simak !

Tips Membaca Buku Secara Cepat dan Efisien

1.  Cek Daftar Isi
Tips membaca buku yang pertama dan paling utama yang bisa kamu coba. Kamu bisa dengan membaca bagian daftar isi. Di bagian daftar isi inilah kamu bisa melihat secara keseluruhan buku yang diulas di sana. Dari daftar isi pula, kamu juga bisa melihat topik dan tema yang akan di bahas.

Tidak hanya itu, manfaat membaca daftar isi juga membantu kamu menilai secara sekilas, apakah isi buku itu saling berkesinambungan atau tidak. Membaca daftar isi ini sering dimanfaatkan untuk pihak editor ketika menyeleksi naskah yang masuk dari penulis juga loh. Tentu saja, tips membaca buku seperti ini juga bisa kamu gunakan.

Jadi, sebenarnya ketika kamu sedang di toko buku dan ingin membeli sebuah buku, tentu saja tidak mungkin kamu membaca semuanya buku? Nah, agar tidak menyesal memilih buku, kamu bisa membuka sampel buku yang sudah dibuka segel dan dilihat daftar isinya. Meski sekilas, itu sedikit membantu kamu membaca sebagian besar isi buku.

2. Baca Sinopsis
Selain mengecek daftar isi, tips membaca buku yang kedua yang sama pentingnya agar cepat melihat keseluruhan buku. Yaitu dengna membaca sinopsis. Sinopsis umumnya berada di bagian paling belakang sampul buku. Jika dibagian belakang tidak ada, biasannya di halaman terakhir buku. Jadi, kamu memang harus membuka-buku buku tersebut untuk bisa melihat sinopsisnya.

Synopsis memang sengaja di buat oleh penulis untuk mencuplik isi buku tersebut. meski sekilas, memang isi buku mengambarkan secara keseluruhan atau secara garis besarnya saja. Itu sebabnya, para editor buku juga menjadikan synopsis sebagai tips membaca buku secara cepat juga.

Memang tidak semua orang tahu cara membaca buku cepat dengan dua poin di atas. Nah, tips membaca buku cepat ini memang lebih efektif diterapkan ketika kita hendak membeli buku di toko buku. Kenapa? Karena kita tidak mungkin bisa menerawang buku hanya dengan melihat judulnya saja bukan? Salah satu cara menjawab rasa penasaran kita dengan mengulik bagian dalam. Tentu saja saat membeli buku, kita membaca semua isi buku bukan? Maka cukup dengan membaca daftar isi dan sinopsis pun sudah cukup.

3. Baca bagian Pendahuluan/Latar belakang Buku
Ada tips membaca buku secara cepat yang lain, yang juga bisa kamu jadikan alternative saat memilih buku. Yaitu membaca bagian pendahuluan dan latar belakang buku. Memang, tidak semua buku ada bab latar belakang dan pendahuluan. Oleh karena itu, ini hanya sebagai alternatif pilihannya saja.

Terutama buku-buku pendidikan, banyak yang terdapat pendahuluan atau latar belakang penulisan buku. Lokasinya berada dibagian sampul depan. Di beberapa jenis buku motivasi juga terkadang ada bagian ini. Sedangkan untuk novel atau karya fiksi, jarang sekali ditemukan.

Meskipun tidak ada pendahuluan atau latar belakang, hampir semua buku ada daftar isi dan synopsis. Karena ini sebagai prasarat utama dalam penyusunan buku, yang tentunya dapat kamu manfaatkan agar bisa membaca buku secara tepat.

4. Tulis Ringkasan
Dari beberapa tips membaca buku di atas, tentu saja kamu sudah mendapatkan buku pilihan kamu bukan? Ketika buku sudah di beli. Waktunya membaca buku tersebut. Nah, berbicara tentang membaca buku nih, salah satu penyebab membca buku terlalu lama ketika kita lupa dengan pembahasan yang tadi sempet dibaca.

Akibat lupa, akhirnya kita harus membuka ke belakang dan membaca ulang buku tersebut. sehingga memakan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, ada tips membaca buku yang bisa kamu coba. Yaitu dengan menulis ringkasan. Setiap ada kalimat atau kata, atau mungkin ketika kamu menemukan ilmu yang berkesan, kamu bisa langsung menulis dan membuat ringkasan.

Kita sadar bahwa setiap orang memiliki kemampuan belajar berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan mengingat nama dengan baik, ada pula yang kurang adlam mengingat hal baru setiap kali membaca. Jadi, prisnip dasar tips membaca buku adalah, kenali diri sendiri. Kamu termasuk tipe yang seperti apa. Apakah tipe pembaca yang cepat tanggap atau sebaliknya.

Nah, bagi yang merasa kesulitan dalam belajar, salah satu caranya dengan membuat ringkasan. Keuntungan membuat ringkasan tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga melatih kemampuan otak untuk menuliskannya. Ketika kita mencatat di selembar kertas, otak kita semakin lebih mudah mengingat loh.

Keuntungan lagi menulis ringkasan adalah, suatu ketika ketika kita mengerjakan tugas soal, atau menemukan kasus. Kita ingat pernah membaca. Kemudian ketika kita membuka lagi, kita akan lebih mudah menemukan catatan ringkasan tersebut. Nah, ada cara agar kamu bisa seperti ini. Yaitu dengan menuliskan setiap ringkasan di stikynote, kemudian ditempelkan di bab yang kamu ringkas. Dengna kata lain kamu sudah memberikan tanda memudahkan kamu menemukan.

5. Beri Tanda
Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa, tips menulis membaca buku agar cepat dengan cara memberi tanda stikynote di ulasan isi buku. Cara ini pula yang sering saya lakukan. Dan hasilnya? Tentu saja lebih berkesan. Memang buku akan terlihat lebih tebal, karena dibagian buku banyak tempelen stikynote. Tetapi, jujur saya merasa senang dan merasa dimudahkan saat saya ingin kembali mencari informasi.

Hal yang saya sukai saat membaca dengan memberi tanda adalah, buku yang say abaca jadi lebih berwarna warni. Terkadang dalam ulasan buku, ada banyak sekali tema dan bab yang mengulas tentang tema tertentu. Tentu saja, kita butuh waktu untuk menemukan bab ulasan yang kita cari. Nah, kita akan lebih cepat apabila setiap ulasan tema yang kita tertarik, kemudian di tempel stikynote di bagian pojok buku, dan menuliskan tema dasar. Sampai berderet-deret dengan warna stikynote warna-warni.

Misal, saya membaca buku tentang psikologi sosial. Di dalam buku mengulas banyak sekali tema. Mulai dari emosi, kognitif, percintaan, dll. Maka, tema-tema tersebut, yang lokasinya acak, sengaja saya tulis dan saya tempel. Sehingga, ketika sewaktu-waktu saya menulis tentang emosi seseorang, saya tinggal ambil buku di rak, kemudian lihat tempelen stikynote yang menonjol dan bertuliskan emosi. Dan, saya tinggal membacanya.

Nah, itulah tips membaca buku secara cepat, yang bisa kamu coba dan kamu praktekan. Semoga dari ulasan di atas, membantu kamu dalam memanfaatkan waktu. Atau bagi kamu yang tidak suka membaca. Tidak perlu memaksakan diri untuk membaca kok.

Tips membaca buku bagi kamu yang tidak suka membaca, bisa diawali dari membaca buku yang kamu minati. Jika tidak suka membaca buku sekolah, bisa kamu latih dengan membaca komik misalnya. Kemudian ketika kamu merasa bosan, kamu bisa juga lo membaca tentang kesenanganmu tentang sepak bola misalnya. Nah, caranya bisa membaca majalah khusus sepak bola.

Jadi, membaca itu tidak selalu harus membaca buku yang diwajibkan. Kamu bisa membaca buku apapun. Prinsipnya adalah, biasakan diri agar otak kita terstimulus dengan ilmu-ilmu baru. Semoga tips membaca buku ini bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca artikel Tips Membaca Buku Secara Cepat dan Efisien, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang membaca buku dapat membaca artikel berikut ini :

  1. 10 Manfaat Membaca Buku Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Lagi mencari buku untuk dibaca? Langsung saja beli buku di website kami. Beli buku lebih murah langsung dari penerbitnya. Lihat katalognya di : bukudeepublish.com.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang