VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Tips Manajemen Waktu

tips manajemen waktu
toko buku kuliah

23 Tips Manajemen Waktu Agar Menjadi Orang Sukses – Orang bilang waktu adalah harta yang paling berharga karena berapapun harta yang kita miliki, atau sehebat apapun kita, setinggi apapun jabatan kita tidak akan pernah bisa untuk membeli waktu yang telah terlewati.

Untuk itu sangat penting bagi kita memanfaatkan waktu yang telah Tuhan berikan kepada kita. Misalnya dengan menggunakan waktu sebaik-baiknya dan meninggalkan kegiatan yang tidak ada gunanya.

Di dunia ini seringkali kita menemuka dua tipe orang yang saling berlawanan seperti ada yang terlalu selow alias nganggur, ada juga yang terlalu sibuk sampai-sampai tidak punya waktu untuk mandi.

Mana yang benar diantara kedua orang itu? Dua-duanya menurut kami kurang bagus karena ada kata terlalu di depannya. Orang yang terlalu nganggur berarti kurang bijak dalam mengatur waktunya, sampai-sampai waktunya terbuang sia-sia.

Begitu juga dengan yang terlalu sibuk, berarti kurang pandai dalam menentukan skala prioritas dan membagi waktunya.

Pengertian dan Pentingnya Manajemen Waktu

Setiap orang memiliki waktu yang sama dalam 1 hari, yakni 24 jam. Tapi masing-masing orang bisa berbeda pencapaiannya. Misal saja di suatu daerah di usia 25 tahun sudah bisa menjadi pengusaha yang sangat sukses dengan penghasilan milyaran rupiah, di sisi lain ada juga orang yang usia 25 tahun tapi masih sibuk berurusan dengan skripsi. Lalu perbedaan keduanya apa?

Padahal sama-sama diberi waktu 24 jam. Perbedaannya adalah pada manajemen waktu. Orang pertama yang sukses pandai untuk mengatur waktunya, sehingga dapat memanfaatkan setiap detiknya sebagai hal yang bermanfaat baginya. Berbeda dengan orang kedua, yang mungkin saja terlalu banyak bermain-main sampai lupa bahwa dia masih ada tanggungan kuliah. Lalu apa yang dimaksud dengan manajemen waktu?

Manajemen waktu adalah sebuah keterampilan dalam merencanakan, mengatur, melakukan segala aktivitas di dalam waktu yang telah dimilikinya dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

Keterampilan dalam manajemen waktu sangat diperlukan, terutama mereka yang memiliki masalahnya dengan waktu seperti terlalu sibuk maupun terlalu selow. Keterampilan ini harus kita asah terus, tidak cukup dengan membaca buku manajemen saja. Mengapa sih kita perlu melakukan time management?

Waktu yang terbatas menjadi salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan, karena waktu tidak dapat diputar kembali. Apa yang kita lakukan tidak dapat diulang dalam waktu yang sama. Terlalu banyak kisah orang gagal mencapai cita-cita karena tidak mempertimbangkan keterbatasan waktu yang dimiliki.

Waktu yang sedikit ini perlulah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pemanfaatan waktu yang cerdas ini dapat dilakukan dengan meningkatkan produktivitas kita sebagai pribadi yang ingin sukses pada segala bidang.

Disitulah pentingnya manajemen waktu, agar kita dapat memanfaatkan waktu yang Tuhan berikan kepada kita dengan sebaik-baiknya. Dengan harapan kita menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat.

Tips Manajemen Waktu Agar Jadi Orang Sukses

Mungkin beberapa tips dibawah ini dapat membantu kalian dalam mengatur dan memanfaatkan waktu. Semoga dapat bermanfaat :

1. Buat Skala Prioritas

tips manajemen waktu

Skala prioritas adalah ukuran kebutuhan/kegiatan/pekerjaan atau hal apapun yang tersusun dalam daftar/list berdasarkan tingkat urgenitas (kepentingan) dimulai dari yang paling penting sampai yang tidak penting dan bisa untuk ditinggalkan.

Membuat skala prioritas akan sangat membantu kita dalam mengatur waktu, karena kita bisa membuang kegiatan-kegiatan yang tidak penting dan memprioritaskan pekerjaan yang paling penting dan harus didahulukan.

Skala prioritas akan membiasakan kita untuk hidup teratur, dan tidak menyia-nyiakan waktu. Apalagi ketika kita sudah menjadi orang yang sukses atau orang yang penting, pasti akan sibuk dan memiliki banyak sekali kegiatan bukan? Kita harus dapat mengukur, mana yang itu penting dan mana yang tidak.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyusun skala prioritas  :

  • Buat daftar pekerjaan Anda.
  • Ukur tingkat kepentingannya (urgensi) bisa dilihat dari apa yang di dapat, dengan siapa, lama tidaknya, kapan waktunya.
  • Pertimbangkan apakah pekerjaan tersebut dapat digabung dengan pekerjaan lain atau tidak.

2. Sesibuk apapun jangan lupakan Istirahat

jangan lupa istirahat

Setiap manusia membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh yang sudah seharian bekerja, tanpa istirahat manusia akan merasa kelelahan bahkan bisa membuat sakit yang tentunya akan menganggu aktivitas kita selanjutnya.

Untuk itulah sesibuk apapun kita, sebanyak apapun aktivitas kita jangan sampai melupakan istirahat. Minimal sediakan waktu tidur 4-5 jam untuk setiap harinya.

Kenapa tidak 8 jam perhari? Tidur 8 jam itu terlalu lama untuk orang dewasa, itu diperuntukkan untuk anak-anak di masa pertumbuhan. Terlalu banyak tidur justru bisa membuat kita semakin malas dan lelah.

Dengan istirahat yang cukup diharapkan kita memiliki badan yang sehat dan fit, sehingga kita bisa melakukan segala aktivitas dengan maksimal.

3. Tentukan Batas Waktu Maksimal

Tips manajemen waktu yang selanjutnya adalah dengan menentukan batas waktu. Tujuannya agar kita tidak terlena dengan satu pekerjaan saja, dan kita lebih terpacu untuk mengerjakan sebuah tugas dengan cepat.

Menentukan batas waktu sama saja dengan mengukur kemampuan kita, kira-kira dengan kemampuan yang saya miliki dapat mengerjakan tugas tersebut berapa lama? bisakah dimaksimalkan lagi?

4. Berusaha Disiplin dan Tepat Waktu

tips manajemen waktu - disiplin
Ilustrasi tips manajamen waktu

Disiplin dapat diartikan sebagai tindakan menaati dan patuh terhadap nilai-nilai/peraturan yang berlaku dan disepakati. Sementara itu melakukan sesuatu dengan tepat waktu adalah bagian dari disiplin.

Disiplin akan mengajarkan kita untuk menghargai waktu, tidak menunda-nunda dan melakukan sesuatu sesuai dengan semestinya.

Sementara itu ketidakkedisiplinan membuat kita kehilangan waktu, di cap sebagai orang yang tidak disiplin/pemalas, dan tentu akan mempengaruhi aktivitas selanjutnya.

Dalam tips manajemen waktu, kedisiplinan adalah salah satu kunci sukses kita dalam mengalokasikan waktu yang kita miliki. Bahkan ada juga quotes bagus yang menyatakan

“Disiplin waktu adalah kunci untuk meraih kesuksesan”

Bukan hanya kesuksesan setiap orang, tapi kedisiplinan juga akan menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. Tak heran apabila semua instansi menuntut karyawannya untuk disiplin dan berangkat kerja tepat waktu.

Contoh beberapa sikap disiplin :

  • Bertemu klien sesuai dengan perjanjian.
  • Berangkat kuliah tepat waktu.
  • Tidak suka terlambat
  • Sholat di awal waktu.

5. Cari Cara Yang Lebih Cepat

Ketika kita melakukan sebuah tugas dalam waktu yang cukup lama, kita harus mengevaluasinya kira-kira apa yang membuat lama? apakah memang pekerjaannya? atau karena alatnya kita masih jadul?

Pertanyaannya apakah masih bisa di optimalkan? Misalnya dengan mencari cara lain yang lebih cepat dan efektif, sebagai contoh ketika kita harus transfer uang.

Awalnya kita harus ke bank untuk membayar secara langsung, tentu itu antri bukan. Terus ada ATM yang lumayan mempersingkat waktu. Tapi itu masih belum efektif karena kita harus pergi ke atmnya.

Sekarang sudah ada internet dan mobile banking yang memungkinkan transaksi dimana saja dan kapan saja, tentu saja selama saldo masih ada.

Di atas adalah contoh bagaimana cara kita mengerjakan sesuatu mempengaruhi berapa lama suatu pekerjaan akan selesai, semakin kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada semakin cepat selesainya.

Ketika sebuah pekerjaan sudah selesai, kita dapat menyelesaikan pekerjaan lain. Disitulah pentingnya manajemen waktu yang baik.

6. Tinggalkan Hal-hal Yang Tidak Bermanfaat

Tips manajemen waktu yang ke-6 adalah dengan meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Apa sih pentingnya? Tentu saja kamu akan lebih memiliki waktu luang lagi, yang bisa kamu gunakan untuk aktivitas lain yang lebih berfaedah.

Contoh-contoh kegiatan yang tidak bermanfaat itu seperti apa? Kegiatan yang tidak membuat diri kita menjadi lebih baik, artinya kegiatan itu tidak memberi manfaat apapun. Apalagi kegiatan yang merusak, harus segera kita tinggalkan. Contohnya apa saja, seperti bermain game berjam-jam, menonton televisi seharian, nonton film seharian, tidur terlalu lama, menggosip, bermain tiktok dan masih banyak lagi.

Apakah tidak boleh melakukan aktivitas seperti di atas? Boleh-boleh saja, asalkan itu tidak berlebihan. Nonton film munkin baik jika tujuannya untuk mencari hiburan, tapi kalau nonton filmnya seharian sampai kita lupa tanggung jawab apakah bisa disebut dengan baik?

7. Tips Manajemen Waktu dengan Bekerja Cerdas

tips manajemen waktu bekerja cerdas

Banyak motivator yang mengatakan kita harus bekerja keras untuk meraih kesuksesan, yaa itu benar. Tapi tidak melulu tepat, kerja keras bukan berarti kita kerja mati-matian secara fisik. Tapi kerja keras timbul pada semangat yang membara.

Di era teknologi yang serba maju seperti ini, kerja cerdas lebih diperlukan. Kerja cerdas adalah bekerja sesuai dengan porsi dan prioritasnya, memanfaatkan teknologi untuk efisiensi. Pada kerja cerdas, lamanya waktu pekerjaan tidak menjamin kualitas.

Dengan teknologi kita bisa mempercepat tanpa harus menurunkan kualitas yang ada. Jika dulu banyak pabrik menggunakan manusia, di era industri 4.0 ini banyak pekerja manusia yang digantikan oleh robot. Hasilnya? Lebih cepat dengan kualitas yang lebih baik dan seragam.

Kerja cerdas akan mempersingkat waktu, dan memberikan kita kesempatan yang lebih besar untuk melakukan aktivitas yang lain.

Disitulah pentingnya manajemen waktu dengan kerja cerdas, tapi tentu saja juga harus disertai dengan semangat kerja keras.

8. Buat Planning Mingguan

Tips manajemen waktu yang ke-8 adalah dengan membuat planning mingguan. Planning yang jelas membuat kita tahu apa yang harus dikerjakan dan yang tidak perlu dikerjakan.

Anda bisa menggunakan google calender atau bisa juga dengan kalender manual. Tapi akan lebih terbantu dengan google calender, karena kamu bisa cek kapan saja melalui smartphone yang kamu miliki.

9. Buat Planning Harian

Selain planning mingguan, untuk lebih detailnya kamu bisa buat planning harian. Planning harian ditulis satu hari sebelumnya, atau menjelang tidur kamu harus mikirin besok mau ngapaian aja yaa. Tentu saja dengan mengacu pada planning mingguan.

Sebagai contoh planning mingguanmu di hari Senin adalah ke luar kota, maka planning harian di beberapa hari sebelumnya adalah tentang persiapan sebelum ke luar kota. Dan di luar kota kamu mau ngapaian aja? Yang penting jangan sampai ada waktumu yang terbuang sia-sia.

10. Tulis Pekerjaan Yang Sudah Selesai

Menulis pekerjaan yang sudah selesai dapat kita gunakan sebagai langkah untuk mengevaluasi setiap pekerjaan yang baru kita kerjakan. Termasuk waktu yang kita perlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut, ketika terlalu lama tentu butuh evaluasi yang lebih mendalam lagi.

Selain itu juga untuk menghindari kita melupakan sebuah pekerjaan, dan mengerjakan ulang sesuatu yang telah dikerjakan.

Tips Manajemen Waktu Seperti Yang Orang Sukses Lakukan

tips manajemen waktu

11. Gunakan Google Calender

Memanajemen waktu sama saja mengalokasikan waktu kedalam aktivitas-aktivitas yang bermanfaat. Kita tidak bisa mengatur waktu hanya dalam pikiran tanpa dicatat, pastinya akan lupa. Untuk itu kita butuh kalender agar lebih memudahkan dalam melakukan perencanaan, terlebih lagi saat ini ada teknologi yang memudahkan kita. Sebut saja google calender.

Salah satu produk miliki google ini selain sebagai planner gratis, juga sebagai pengingat gratis pada saat hari H-nya. Sehingga selama smartphone kita hidup, pasti ada notifikasinya yang mencegah kita lupa akan rencana kita jauh-jauh hari.

12. Tips Manajemen Waktu: Belajar Berkata Tidak

Tips manajemen waktu yang ke-12 adalah bisa untuk menolak ajakan yang kurang berfaedah. Orang sukses memiliki jaringan yang luas, tidak heran apabila sering diajak klien atau pebisnis lain untuk berdiskusi masalah pekerjaan. Cuman apabila memang sedang sibuk-sibuknya, orang tersebut harus bisa untuk berkata “tidak”. Minimal bisa untuk menunda di lain hari jika pertemuan itu penting.

Begitu juga dengan kita, ketika kita diajak untuk bersenang-senang yang tidak berfaedah kita harus bisa untuk menolaknya. Apalagi jika kita memiliki urusan yang lebih urgen dari itu.

13. Bangun Lebih Pagi

Kamu pernah ngga sih mencoba mencari perbedaannya antara bangun pagi dan bangun siang? Jika belum pernah, coba deh rasakan perbedaannya.

Sejauh yang pernah admin rasakan, bangun lebih pagi akan membuat 1 hari kita terasa lebih panjang. Bagaimana tidak? Jika bangun siang kita beraktivitas dimulai dari jam 08.00, tapi kalau bangun pagi kita memulainya ya lebih pagi bisa jam 05.00.

Maka dari itulah kita akan lebih leluasa dalam mengalokasikan waktu yang kita miliki. Ditambah lagi, bangun pagi ternyata juga membuat kita lebih bersemangat lagi dalam melakukan aktivitas selama hari itu.

14. Manfaatkan Waktu Luang

Cara manajemen waktu yang selanjutnya adalah manfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat. Pernah ngga sih kamu merasa gabut? merasa tidak punya kegiatan yang akan dilakukan? Nahh, itu artinya kamu memiliki waktu luang.

Manajemen waktu yang baik adalah dapat memanfaatkan waktu luang tersebut dengan kegiatan yang bermanfaat, terlebih lagi aktivitas yang produktif dan dapat menghasilkan keuntungan/uang.

Berikut ini adalah beberapa tips manajemen waktu berupa kegiatan yang bisa kita lakukan pada saat waktu luang :

– Membaca buku.
– Olahraga
– Mencari ilmu baru
– Berkumpul bersama keluarga
– Berdiskusi dengan rekan lain

15. Manfaatkan Waktu Menunggu

Sebuah lagu dari Zivillia Band mengatakan “Menunggu sesuatu yang sangat menyebalkan bagiku.. “. Sudah-sudah jangan diterusin nyanyinya, lanjut bacanya yaa..

Kita tiap harinya pasti ada waktu untuk menunggu seperti menunggu dosen datang, ketika di restoran menunggu pesanan datang, menunggu bang ojol bawa makanan, menunggu panggilan antrian, menunggu jodoh datang, ehhh pokoknya banyak lah.

Menunggu memang menjadi sesuatu yang terkadang membuat kita bosan, bete dan merusak mood. Apalagi ketika menunggu seseorang yang sudah kita ajan janjian, janjiannya jam berapa datangnya jam berapa? Membuat bete banget kan?

Nah daripada kita bete karena kelamaan menunggu kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk sesuatu yang bermanfaat seperti membaca buku, menulis, membuat ide-ide baru, sampai mengerjakan tugas selanjutnya. Intinya dalam tips manajemen waktu yang ke 15 ini, jangan biarkan waktu menunggumu itu terbuang sia-sia.

16. Audit dan Evaluasi Seminggu Sekali

Audit berarti kita mengevaluasi kegiatan-kegiatan kita selama 1 minggu, beberapa pertanyaan di bawah ini mungkin akan membantu kalian, sehingga akan lebih mensukseskan dalam memanajemen waktu.

  • Kegiatan apa saja yang kalian lakukan?
  • Berapa jam waktu yang telah kalian gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat?
  • Berapa jam waktu yang telah kalian gunakan untuk hal-hal yang tidak berfaedah?
  • Apakah kalian termasuk orang yang banyak tidurnya?
  • Dalam seminggu kegiatan apa saja yang paling banyak menguras waktu?
  • Apakah terdapat kegiatan yang bisa dipersingkat lama pengerjaannya?

17. Manfaatkan Teknologi – Tips Manajemen Waktu

Tips manajemen waktu yang ke-17 adalah dengan memanfaatkan teknologi. Kita tahu bahwa kecanggihan teknologi akan terus berkembang dan meningkat, dengan adanya itu manusia cukup terbantu dalam melaksanakan kepentingannya. Sebagai contoh dengan adanya kendaraan, manusia yang sebelumnya hanya bisa naik sepeda, berjalan kaki atau menaiki kuda sekarang bisa menggunakan kendaraan bermotor yang tentu saja lebih cepat untuk sampai ke tujuannya.

Begitu juga dengan kasus yang lain, teknologi membawa dampak positif yang akan mempersingkat waktu pengerjaan manusia. Dengan begitu kita bisa melakukan hal lain dengan sisa-sisa waktu yang kita miliki. Akan menjadi nilai plus dalam manajemen waktu bukan?

Pemanfaatan teknologi ini juga harus didukung dengan kamampuan sumber daya manusianya dalam mengoperasikannya, untuk itu setiap diri kita diharuskan untuk terus belajar dan jangan sampai gaptek (gagap teknologi).

18. Kurangi Menggunakan HP/TV

kurangi menonton televisi

Bermain HP dan menonton televisi (TV) kadang membuat kita lupa diri, mungkin karena itu menyenangkan kali ya. Padahal jika kita mau kita bisa menggantikan aktivitas tersebut dengan yang lebih berfaedah.

Walaupun begitu bukan berarti kita dilarang untuk bermain HP dan TV, hanya saja waktunya dikurangi. Kamu bisa menggantinya dengan membaca buku, menulis, atau mengerjakan tugas-tugas kuliahmu.

19. Milikilah Mentor

Cara manajemen waktu yang ke-19 adalah dengan belajar ke guru/mentor. Mentor akan membantumu cara mengatur waktu berdasarkan pengalamannya, kamu akan dibimbing dan diberikan arahan bagaimana seharusnya kamu memanfaatkan waktu-waktumu.

Atau jika kamu merasa bingung, kami juga bisa bertanya langsung kepada mereka. Kamu juga bisa menggali info sebanyak-banyaknya tentang cara mentormu memanfaatkan waktunya sampai bisa sesukses saat ini.

20. Pelajari Orang Yang Menginspirasimu

Hampir sama dengan memiliki mentor, bedanya ini tidak langsung berhubungan dengan kita. Kita yang inisiatif mencari tahu bagaimana inspirator kita memanfaatkan waktu. Bisa melalui google, youtube, atau orang terdekatnya.

Tokoh yang menginspirasimu ini juga akan membuka pikiranmu, memotivasimu secara tidak langsung. Biasanya orang seperti ini akan senang berbagi kesuksesan dan pengalaman.

Carilah orang-orang yang sukses entah itu dari Indonesia maupun dari luar negerti seperti bill gates, mark zuckeberg, soekarno, albert einstein dan lain-lain.

21. Belanja Online – Tips Manajemen Waktu

Tips manajemen waktu yang ke 21 adalah dengan belanja online. Belanja merupakan kegiatan yang mengasyikkan, namun terkadang belanja juga memakan waktu yang cukup banyak. Bisa sampai 2 – 5 jam waktu kita terbuan untuk berbelanja, belum lagi di jalan.

Maka dari itu bagi orang sukses yang sibuk, sepertinya akan lebih baik kalau berbelanja online, selain lebih menghemat waktu juga lebih praktis.

22. Jangan Suka Begadang Karena Tugas

Begadang sah-sah saja apabila memang diperlukan, tapi beda cerita ketika sukanya begadang. Artinya menjadi kebiasaan yang justru membuat kebiasaan buruk yang lain seperti telat bangun pagi, kalau siang mengantuk dan kerja yang tidak produktif.

Kalau masalah mau mengerjakan tugas sampai begadang, itu berarti manajemen waktunya masih kurang bagus. Mengapa tidak dikerjakan di siang hari? Mengapa tidak dikerjakan jauh-jauh hari? Kan harusnya ketika kita tahu tugas tersebut butuh waktu yang lama, kita juga harus mensiapkannya jauh-jauh hari bukan? Agar tidak membuat kita begadang dan gegabah takut tidak selesai.

23. Cara Manajemen Waktu dengan Baca Buku

Membaca buku adalah salah satu cara untuk menambah wawasan yang kita miliki, hanya saja kita sering malas karena memang tidak dibiasakan membaca sejak kecil.

Nah, jika kamu punya waktu yang berlebih apalagi masih muda mending kamu gunakan untuk membaca buku. Kamu bisa mentargetkan, harus 1 buku dalam 1 minggu atau 2 minggu. Siapkan juga budget untuk membeli bukunya.

Kamu bisa membeli buku di toko buku online yang saat ini bisa kita temukan dengan mudah.

Semoga artikel tentang tips manajemen waktu di atas dapat bermanfaat untuk kita semua ya. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga tahu info menariknya.

Kontributor : Rahmad Hidayat

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang