fbpx

5 Tips Laris Jualan Di Facebook Marketplace

tips jualan di facebook

Tips Jualan di Facebook Marketplace – Apakah kamu pengguna Facebook aktif? Jika iya, kamu pasti tahu jika Facebook memiliki fitur aplikasi baru dan menarik yaitu fitur facebook marketplace. Fitur ini termasuk baru di facebook, namun begitu sudah banyak orang yang memanfaatkannya untuk jual beli produk.

Produk-produk yang paling ramai di facebook marketplace ini seperti pakaian, sepatu, tas, helm, handphone, perabotan rumah tangga bahkan mobil dan rumah juga ada yang menawarkan.

Sekilas Tentang Facebook Marketplace

facebook-marketplace

Dilansir dari Facebook.com, fitur marketplace kini hadir di aplikasi facebook yang bisa digunakan oleh pengguna untuk jual beli barang. Dan menariknya kamu dapat menjual barang dalam kondisi apapun disini, jadi tidak melulu harus barang baru, barang bekas pun bisa dijual dimarketplace ini.

Seperti marketplace lainnya, di Facebook ini juga dibuat secara sederhana dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna mencari barang yang akan dibeli seperti filter harga, jenis barang, dan hebatnya akan disesuaikan dengan lokasi terdekat denganmu.

Khusus pengguna smartphone, Facebook marketplace bisa diinstall atau dengan cara memperbarui aplikasi di smartphone Anda. Bagi pelaku yang memiliki merek dagang, Facebook marketplace tentu sangat membantu dan bermanfaat. Bagi pengguna Facebook juga bermanfaat lho, minimal bisa dijadikan sebagai hiburan semata.

Tips Jualan di Facebook Marketplace

Jualan di Facebook memang bisa dilakukan di group jual beli, fanspage atau bahkan melalui facebook ads. Selain cara itu bisa juga dilakukan melalui marketplace. Berikut adalah beberapa tips jualan barang di Facebook melalui marketplace :

1. Kenali Jenis Produk/Jasa Anda

Kamu punya produk yang akan di jual? Bisa produk jasa maupun produk barang. Produk jasa dan barang yang Anda tawarkan tentu akan laris apabila ada pembelinya. Begitupun dengan pembeli, umumnya pembeli akan beli karena mereka butuh.

Ketika menawarkan produk jualan di Facebook marketplace, Anda akan mendapati beberapa pilihan jenis produk yang akan dijual. Misal produk untuk item kendaraan, rumah, perkebunan dll. Disini, penting sekali mengetahui jenis produk yang akan dijual.

Product knowladge harus dikuasi oleh seller, bagaimana jika tidak? Repot, bagaimana bisa mempromosikan barang tanpa tahu barang yang akan dipromosikan apalagi nanti juga akan repot pada saat ditanya-tanya oleh calon pembeli barang.

2. Sertakan Foto Produk Terbaik

Cara yang tidak kalah penting ketika menawarkan produk Facebook marketplace adalah menyertakan foto. Sertakan foto produk yang terbaik. Ambil foto lebih dari satu sudut pandang. Semakin banyak sudut pandang yang difoto, semakin baik. Sebagai catatan yang dianggap sepele tapi penting, gunakan realpict. Karena jika menggunakan foto mengambil di Google, takut dapat menimbulkan masalah hak cipta, atau konsumen merasa tertipu. Karena beda dengan foto yang tercantum dengan produk aslinya.

Kamu bisa cari-cari di internet tentang bagaimana membuat foto produk agar menarik dan memikat calon konsumen agar membeli produkmu.

3. Buat Harga Yang Competitive

Terkait pencantuman harga, memang dilema. Apalagi jika dijual secara online. Kita banyak menemukan penjual yang sengaja menawarkan produk, tetapi tidak disertai dengan harganya bukan? Nah, ternyata cukup banyak calon pembeli yang merasa jengkel dengan model penawaran penjualan seperti ini.

Menariknya, bagi penjual tidak menyantumkan harga menurut beberapa pelaku penjual produk, ternyata lebih menyederhanakan pembeli. Pembeli cukup melihat harga, jika pas dan cocok akan segera dibeli. Jika tidak sesuai, maka tidak akan dibeli.

Nah, jika anda salah satu penjual yang tidak ingin mencantumkan harga, Anda harus berbesar hati untuk mau berbagi Info harga nih. Karena di Facebook marketplace wajib mencantumkan harganya. Nah bagaimana? Kamu ingin menjual produk dengan keputusan seperti apa? Semua kembali pada keputusan Anda.

Selain wajib menampilkan harga, agar memikat pembeli kamu juga bisa memanfaatkan fitur potongan harga. Pasti deh, produkmu akan langsung dilirik oleh calon pembeli.

4. Share Juga ke Group Biar Ram

Selain ke marketplace, kamu juga bisa share ke group untuk meningkatkan reach produkmu. Tips jualan produk di facebook dengan share di group harus kalian perhatikan, salah satunya adalah tempat kalian mengshare produk.

Pastikan kamu share ke grup yang selaras. Misal produk Anda tentang buku, maka Anda bisa share produk anda ke jual beli buku. Jangan sampai salah kamar, karena postingan Anda tidak akan berpengaruh dan justru akan di hapus oleh admin, karena tidak sesuai dengan tema.

5. Menyantumkan lokasi

Ketika memasarkan produk di Facebook marketplace, kita akan dihadapkan untuk mengisi target lokasi. Disinilah menyantumkan lokasi daerah Anda. Fungsinya untuk menjangkau penjualan. Membantu menyasar pembeli sesuai dengan target yang diinginkan, dengan kata lain produkmu akan dilihat oleh orang yang berada di sekitar lokasimu. Sebenarnya menyantumkan lokasi juga bisa menguntungkan dan melemahkan.

Menguntungkanya ketika kita membuka marketplace di Facebook, kita bisa melihat pesaing. Sebaliknya, kita pun bisa dilihat oleh pesaing yang juga berjualan di tempat yang tidak jauh dengan kita. Intinya, ada positif dan negatif.

Tips jualan di Facebook Marketplace di atas bisa kalian coba, semoga aja fitur gratis ini dapat membantu kalian dalam menjual produk. Selamat mencoba ya guys !

Penulis : Elisa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *