fbpx
Tempat Para Reseller Belajar Jualan buku

Tips Jualan: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Instagram

tips jualan di instagram

Tips Jualan: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Instagram – Dewasa ini instagram menjadi salah satu platform media sosial yang kerap digunakan untuk memasarkan produk secara online. Mengapa instagram? Instagram menawarkan banyak fitur yang dapat dipakai untuk bersosialisasi sekaligus ajang untuk memamerkan produk. 

Media sosial berbasis gambar dan video singkat ini sangat efektif untuk menarik perhatian para penggunanya dengan menggunakan gambar dan video unik.

Gambar-gambar yang unik dan menarik yang diunggah di Instagram bisa memanjakan mata para pengguna Instagram sehingga mereka bisa berlama-lama melihat berbagai gambar dan video di sana. Seperti prinsip orang berbisnis, di mana ada keramaian maka di sana ada peluang usaha yang menguntungkan.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Instagram

Tips jualan di instagram tidak lepas dari beberapa alasan mengapa harus instagram? Supaya kamu semakin yakin untuk mulai berjualan online di instagram, berikut ini alasannya. 

1. Memiliki Jumlah Pengguna Aktif yang Banyak 

Media sosial berbasis gambar dan video singkat ini sangat efektif untuk menarik perhatian para penggunanya dengan menggunakan gambar dan video unik. Gambar-gambar yang unik dan menarik yang diunggah di Instagram bisa memanjakan mata para pengguna Instagram sehingga mereka bisa berlama-lama melihat berbagai gambar dan video di sana. Seperti prinsip orang berbisnis, di mana ada keramaian maka di sana ada peluang usaha yang menguntungkan. 

2. Efektif untuk Branding

Penting untuk mengenalkan branding sebuah produk. Istilahnya mau seperti apa produkmu ingin dikenal. Semakin “branding” kuat, semakin besar peluang bisnismu yang berkembang. Jadi, ciptakanlah “branding” kamu dengan semenarik mungkin. Dan yang pasti mudah untuk dikenali dan diingat. Buat nama akun yang bagus, unik dan mudah diingat.

Misalnya, kamu ingin dikenal sebagai seorang entrepreneur, maka “branding” yang harus dibangun seperti membuat konten-konten tentang bisnis, menuliskan kalimat-kalimat yang memotivasi Kamu untuk berbisnis dan sebagainya.

Nah, ini juga berlaku untuk “branding” produk milikmu. Misalnya, kamu menjual produk custom, maka “branding” yang harus dibangun seperti membuat nama akun yang berhubungan dengan produkmu, memasang hashtag khusus, tagline khusus, penataan feed yang rapi dan sebagainya.

Baca juga : Panduan Reseller #2 : Bagaimana Memilih Nama Brand Toko Yang Baik?

3. Mudah Digunakan dan Fiturnya Lengkap

Tips jualan di instagram yang patut dicoba adalah karena mereka membuat aplikasi yang mudah dipakai dan memiliki banyak fitur pendukung. Selain upload foto dan video, Kamu juga dapat menggunakan IG TV jika menginginkan konten durasi lama. Kamu juga bisa menggunakan story live untuk menyapa pengikut instagram kamu. Setidaknya ada beberapa fitur ini yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten: 

  • Editing Gambar – Untuk mempercantik foto kamu, kamu bisa menggunakan beberapa fitur editing gambar di Instagram, seperti filter, contrast, brightness, atau multiple gambar maupun video Kamu.
  • InstaStory – Instastory merupakan video singkat atau gambar yang bisa kamu bisa gunakan untuk memberikan informasi mengenai produk Kamu, sharing kegiatan usaha Kamu dan sebagainya.
  • IGTV – Fitur IGTV ini didesain khusus untuk pengguna yang ingin membuat video dengan durasi yang panjang. Konsepnya pun diadaptasi oleh Youtube. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini sebagai media Kamu dalam berbisnis.
  • TAG – Fitur untuk mengetahui akun-akun yang menautkan Kamu dengan akun mereka. Contohnya, yaitu ketika followers Kamu membeli produk Kamu dan mereka mempostingnya lalu men-tag ke akun Kamu.
  • Hashtag – Fitur ini mempermudah Kamu untuk mencari akun-akun yang ingin Kamu kunjungi. Caranya dengan menggunakan kolom pencarian hashtag. Dan didalam bisnis Kamu, Kamu dapat menggunakan hashtag yang berhubungan dengan produk Kamu. Misalnya Kamu menjual sepatu, Kamu bisa menggunakan hashtag. #sepatu, #sepatumurah, #sepatupria, #sepatuwanita, #sepatukeren dan lain-lain.
  • Multi Account – Jika kamu punya lebih dari satu aplikasi Instagram. Yaitu menggunakan fitur multiple account. Cara menggunakannya sangat mudah. Fitur ini dibuat khusus untuk kamu yang ingin menggunakan lebih dari satu akun. Apalagi untuk kamu seorang pebisnis, pastinya fitur ini sangat membantu. Jadi, kamu tidak perlu mencampuradukan Instagram pribadi dengan akun bisnis milikmu.
  • Multiple Posts –Jika kamu tidak bisa memilih foto terbaik mana yang akan diposting, kamu bisa kok mengunggah semua foto yang menjadi favoritmu dalam satu postingan dan caption yang sama. Fitur Multiple Posts akan menyelamatkan kamu dari kebingungan ini! Kamu bisa mengunggah gambar dari berbagai sudut dan menunjukkan portofolio Kamu tanpa melakukan spamming ke siapa pun.
  • Tombol ‘Simpan’ –Lihat tombol kecil di pojok kanan bawah di atas unggahan Instagram milikmu? Ya, itu adalah tombol simpan yang fungsinya harus benar-benar kamu promosikan! Beritahu pengikut kamu untuk melewati kesulitan mereka ketika menggeser berbagai gambar. Sekarang, mereka bisa menyimpan inspirasi buku favorit mereka dengan mengetuk tombol simpan untuk menyimpan gambar yang mereka suka ke dalam folder yang telah tersedia atau membuat folder baru. Jika kamu menggunakan akun bisnis di Instagram, kamu dapat melacak jumlah berapa kali gambarmu telah disimpan oleh klien potensial!

4. Daftar Gratis dan Jangkauan Tinggi!

Tips jualan di instagram memang dinilai efektif karena memang biayanya yang murah. Pada awal pembuatan akun, kamu tidak perlu membayar ke instagram alias gratis. Kamu dapat langsung menggunakan semua fasilitas yang ada untuk berjualan. Meski begitu, yang namanya jualan kan ingin dikenal, jika mengumpulkan konten saja mungkin jangkauan produk itu tidak terlalu besar. Maka di sini instagram menawarkan program iklan. Nah, kalau ini memang berbayar. 

Jangkauan dan target market akan mempengaruhi seberapa banyak biaya yang akan dihabiskan. Setidaknya ada empat keunggulan dari penggunakan iklan instagram: 

Berikut merupakan keunggulan Instagram Ads adalah sebagai berikut:

  • Bentuk iklan di Instagram Ads terlihat hampir sama seperti postingan foto atau video biasa. Sehingga, hal tersebut tidak memberi kesan yang agresif seperti tipe Ads pada platform lain.
  • Di Instagram juga memiliki sistem targeting yang sama seperti Facebook. Hal ini memungkinkan Kamu sebagai penggunanya untuk memperoleh informasi penargetan yang spesifik, seperti lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, minat, dan lain-lain.
  • Instagram Ads menyediakan beberapa variasi format Ads yang beragam seperti gambar, video, atau carousell.
  • Instagram Ads juga memberi ajakan kepada para followers untuk membantu kamu dalam meningkatkan engagement, seperti dengan klik tombol follow, mengunjungi website, atau men-download aplikasi pada Instagram Ads.

Baca juga : 7 Rahasia Sukses Cara Meningkatkan Penjualan Buku

5. Jualan di Instagram itu Efektif

Jika kamu berpikir jualan harus selalu menjaga toko, kini bisnis online mengubah semua mindset tersebut. Memulai bisnis instagram, modal kamu hanya smartphone saja lho. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk sewa tempat, bayar karyawan, beli komputer atau laptop dan sebagainya.  

Cukup duduk manis dirumah, dan jalankan bisnismu dengan gadget yang kamu punya. Kamu bisa menjalankan bisnis milikmu dimana saja dan kapan saja. Selain itu, kelebihan Instagram untuk bisnis adalah keefektifan dalam menentukan target pasar. Kamu bisa dengan mudah menentukan siapa saja target pasar kamu. Misalnya, produk apa yang kamu jual, untuk kalangan kelas apa, dari usia berapa sampai berapa dan sebagainya.

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

belum Menjadi Reseller Deepublish?

ambil peluang besarmu sekarang

daftar reseller