Logo Baru April

Term of Payment: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contoh

Term of payment adalah
toko buku kuliah
Bagikan

Dalam transaksi jual beli tak akan terhindarkan dari term of payment. Apa itu Term of Payment? Berikut pengertian, tujuan, jenis dan contoh yang sebaiknya penjual dan pembeli pahami.

Jual beli di era digitalisasi memang semakin beragam. Ada banyak metode dan istilah-istilah baru. Mungkin untuk kalangan generasi z dan kaum millenial tidak mengalami kesulitan dengan istilah dan munculnya terobosan terbaru tentang teknologi. 

Namun tidak semua orang bisa mengejar. Nah, mungkin kamu salah satu yang ingin mencari tahu tentang istilah digital yang disebut term of payment (top). Bagi yang suka menjalankan jual beli secara daring, pasti tidak asing dengan istilah ini. Nah, untuk mengetahui jawaban lengkapnya, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga: Etika Bisnis Islam

Apa Itu Term of Payment

Term of payment adalah pembayaran termin. Jika tidak tahu tentang pembayaran termin, maka punya sinonim lain yaitu metode pembayaran tempo yang dilakukan secara berjangka. Umumnya sistem pembayaran Term of payment ini hanya untuk pelanggan yang memiliki akun bisnis. Lama pembayaran berjangka bervariasi. Umumnya pembeli setelah mendapatkan invoice, selama 14 hari sudah dapat melakukan pembayaran.

Term of payment tidak hanya diterapkan untuk jual beli saja. Tetapi dalam dunia bisnis juga sering diterapkan oleh perusahaan. Sayangnya metode ini kurang ramah bagi masyarakat menengah ke bawah. Sebaliknya familiar bagi kalangan pebisnis dan pelaku ekonomi menengah atas.

Tujuan dan Manfaat Adanya Term of Payment

Tidak dapat dipungkiri jika term of payment saat ini semakin banyak. Sementara tidak semua masyarakat mampu mengetahui ilmu akan hal ini. Namun bagi konsumen yang biasa berbelanja online, pastinya tidak asing lagi dengan metode pembayaran tunai, check/giro perusahaan, bank transfer, e-payment, kartu kredit yang banyak ragamnya seperti kartu debit, master, visa dll. 

Ternyata dari semua term on payment yang ada saat ini memiliki tujuan, sebagai berikut. 

1. Cost Control untuk Perusahaan 

Disadari atau tidak, kehadiran TOP mampu menjadi cash flow yang cukup terkendali dengan baik, dan perusahaan mendapatkan untung dari sana. Menariknya lagi, tidak hanya pihak perusahaan yang mendapatkan untung tersebut, tetapi juga pembeli juga merasakan keuntungan. 

Daftar Open Reseller

2. Alasan Untuk Berbelanja 

Jika diamati, terkadang harga tidak selalu menjadi alasan seorang konsumen berbelanja di toko kita. Tetapi bisa karena sistem pembayaran yang sesuai dengan calon konsumen juga menjadi pertimbangan utama bagi konsumen.

Itulah dua tujuan dan manfaat dari term of payment. Mungkin kamu merasakan manfaat  dan tujuan lain? Boleh tuliskan di kolom komentar. 

Jenis-Jenis Term Of Payment

Term of payment memiliki beberapa macam, yang meliputi beberapa metode berikut. 

1. Cash Before Delivery (CBD)

Metode cash before delivery adalah metode yang diperuntukan untuk pembeli membayar produk yang sudah dipesan. Jadi konsumen melakukan pembayaran di awal, sekalipun barang belum diterimanya. Setelah bukti pembayaran disampaikan, barang akan dikirimkan. Karena tingkat risiko penyelewengan lebih tinggi dilakukan oleh si penjual, maka untuk jenis top cbd ini lebih sering diterapkan untuk jual beli barang yang harganya tidak mahal.

2. Cash on Delivery (COD)

Jenis COD adalah istilah yang paling familiar didengar oleh banyak kalangan masyarakat. COD kepanjangan dari Cash on Delivery, sesuai dengan nama nya jika COD adalah sistem pembayaran yang mengharuskan bertemu secara langsung untuk melakukan pembayaran. Jadi pihak penjual atau kurir mengirimkan barang. Barulah konsumen baru akan membayar secara cash (secara langsung)

3. NET D Days

Salah satu metode term of payment ada yang namanya net d Days. Jadi maksud dari metode pembayaran ini pembeli akan membayarkan maksimal di hari barang itu diterima. Contoh, net 11 days, yang dapat diartikan bahwa pembeli wajib membayar secara penuh dalam waktu 11 hari. Dimana di hari ke sebelah itulah diestimasikan barang sudah sampai dan diterima.

promo merdeka belanja

4. NET EOM D Days

Ada juga yang disebut dengan sistem EOM atau Net End of Month yang merupakan metode pembayaran yang wajib dibayarkan di akhir bulan. Jadi setiap akhir bulan sebagai hari jatuh tempo.

Itulah jenis-jenis term of payment. Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita sering berhadapan dan sudah mempraktekannya. Hanya saja sebagian dari kita tidak tahu istilah dan sebutannya.

Contoh Surat Term Of Payment

Mungkin ada diantara kamu yang penasaran, seperti apa sih bentuk term of payment. Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu tentang contoh surat term of payment, berikut saya tuliskan beberapa contoh yang bersumber dari sederet.com

1. Contoh surat term of payment 1 

March 28st 2019
Sherlock Holmes
221B Baker Street
London, NW1 6XE

Dear Mr. Holmes,This letter is to follow up regarding the overdue payment of $1000 for the invoice no 444XZ19. Please be aware that, according to our payment terms, you will be charged late fees if the payment is not made within 21 days of invoice. We request you to make the payment before April 4th 2019 to avoid additional charges.

Please contact us within three days should you be interested to make the payment in installment. We would be happy to help you out. Feel free to notify us if you have queries concerning the payment.

Yours sincerely,John Watson
Collection manager of Lestrade Inc.

2. Contoh surat term of payment 2

28 Maret 2019
Kepada Yth. Sherlock Holmes
221B Baker Street
London, NW1 6XE

Dengan Hormat,Kami mengacu pada surat yang telah kami kirimkan kepada Anda pada tanggal 21 Maret 2019 tentang pembayaran yang belum dibayar. Surat tersebut menyangkut faktur nomer 444XZ19 dengan jumlah $1000 untuk pembayaran sekotak peralatan detektif.Kami ingin memberitahu Anda bahwa jumlah tagihan Anda sekarang telah meningkat karena Anda gagal dalam menyelesaikan pembayaran dalam waktu 10 hari terhitung dari tanggal yang tertera dalam faktur. Kami lampirkan salinan faktur dan detail pembayaran yang harus Anda selesaikan segera.

Kami akan menghargai tindakan cepat Anda dalam menangani masalah ini. Mohon hubungi kami apabila Anda memiliki pertanyaan.

Hormat kami,John Watson
Manajer penagihan Lestrade Inc.Itulah beberapa contoh surat late payment reminder atau pengingat pembayaran yang telat dalam bahasa Inggris. Semoga contoh-contoh tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

Itulah dua contoh surat term of payment yang mengacu pada format luar. Kamu pun sebenarnya juga bisa membuat term of payment sendiri. Semoga dari contoh di atas memberikan gambaran bentuk term of payment itu seperti apa. 

Semoga sedikit ulasan ini tidak sekedar memberikan wawasan tentang jenis-jenis term of payment. Tetapi juga mengetahui tentang tujuan dan manfaat dari term of payment. Siapa tahu ada diantara kamu yang ingin merintis sebuah bisnis. Tidak masalah memulai bisnis dari kecil dan mulai menerapkan metode ini. 

Siapa tahu kamu adalah calon masa depan yang membantu pemerintah mengurangi pengangguran dan bisa mempekerjakan karyawan bekerja.  (Irukawa Elisa)

Baca Juga Artikel Penting Berikut

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

[newsletter_signup_form id=1]
Baca Juga :

Promo Merdeka Reseller
Gratis Biaya Pendaftaran

Kerja sampingan mudah dan tidak memotong waktu, omset jutaan per bulan

hanya s.d. 17 Agustus 2022