VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Pengertian Teks Berita: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis dan Contoh

teks-berita
toko buku kuliah

Pengertian Teks Berita – Jika menyebut kata teks berita, kira-kira apa yang pertama kali melintas dalam pikiran? Kebanyakan akan langsung memberikan siaran berita di stasiun televisi kesayangan, atau mungkin lari ke teks di koran yang umumnya berisi berita terkini. 

Tidak salah memang, karena setiap penyampaian berita atau informasi terkini memang dilakukan dengan teknik paragraf berita tersebut. Namun, sudahkah kamu mengetahui pengertian dan mungkin seluk beluk lain dari paragraf berita? Jika belum, maka bisa menyimak penjelasan di bawah ini. 

Pengertian Teks Berita 

Teks berita adalah suatu laporan yang berisi suatu berita atau peristiwa yang kemudian memiliki nilai jurnalistik dan memiliki nilai berita. Definisi ini dikemukakan oleh Herman RN melalui buku yang berjudul Jurnalistik Praktis. Selain yang disampaikan oleh Jerman RN, masih banyak ahli yang kemudian memaparkan definisi paragraf berita. 

Meskipun secara kalimat sedikit berbeda namun artinya tetap sama, yakni sebuah teks atau laporan yang memaparkan suatu berita dan peristiwa. Melalui pengertian di atas bisa diketahui bahwa tidak semua berita dan peristiwa bisa dijadikan sebagai berita. Mengapa? Sebab tidak semua kejadian yang ada di sekitar kita punya nilai jurnalistik dan berita. 

Jika berita adalah suatu informasi terkini mengenai suatu kejadian, apakah kamu yang sudah makan tiga kali sehari termasuk topik berita yang punya nilai jurnalistik? Suatu kejadian atau peristiwa baru diangkat menjadi berita dan dituangkan ke dalam teks berita ketika memang “layak” untuk disebut sebagai berita. 

Yakni memaparkan suatu peristiwa penting, yang kemudian mempengaruhi kehidupan banyak orang atau bahkan dunia. Selai itu itu juga menjadi informasi yang dianggap menarik oleh mata publik. Sehingga aktivitas kamu yang makan tiga kali sehari tidak memenuhi kriteria tersebut, kecuali jika yang melakukannya adalah artis seperti Raisa atau lainnya. 

Ciri-Ciri Teks Berita

Supaya bisa membedakan berita dan peristiwa mana yang bisa diangkat menjadi topik berita. Maka kenali betul ciri-ciri dari paragraf berita itu sendiri, yaitu: 

  • Teks berisi berita yang memang aktual terjadi di lapangan, sehingga bukan termasuk opini, karangan, maupun gagasan penulis tersebut. 
  • Judul dalam teks atau paragraf berita mewakili keseluruhan isi paragraf atau teks tersebut. 
  • Menggunakan bahasa yang efektif sehingga mudah untuk dipahami, lengkap, efektif, dan juga mampu memikat pembacanya. 
  • Peristiwa yang dituangkan ke dalam teks berita disampaikan secara urut atau kronologis, sehingga pembaca bisa mengetahui peristiwa tersebut dari awal kejadian sampai akhir dengan detail. 
  • Data yang disampaikan atau ditulis di dalam paragraf berita disajikan dengan lengkap, sesuai juga dengan konteks, dan kemudian bisa dibuktikan kebenarannya oleh para pembaca itu sendiri. 
  • Beberapa paragraf berita memiliki atau mengandung kebenaran berlapis, kebenaran berlapis adalah kebenaran yang terus mengalami perubahan dengan cepat, yakni antara menit ke sekian sampai ke sekian bisa berbeda. Contohnya adalah berita mengenai update jumlah pasien Covid-19 dan juga quick count saat terjadi pemilu. 
  • Menyampaikan waktu, tempat, dan sumber secara valid. 
  • Selalu memuat unsur 5W + 1 H (who, where, when, what, why, dan juga how).

Struktur Teks Berita yang Benar 

Jenis atau bentuk dari teks berita memang ada beberapa namun dari segi struktur biasanya sama. Yakni: 

1. Orientasi Berita

Bagian atau struktur pertama di dalam paragraf berita adalah orientasi berita yang kemudian disebut juga sebagai bagian pembuka. Pada bagian ini penulis akan sedikit menjelaskan suatu peristiwa, sehingga pembaca bisa mengetahui informasi apa yang akan dibaca di dalam teks bagian selanjutnya. 

2. Peristiwa 

Bagian kedua adalah peristiwa, dimana penulis akan memaparkan peristiwa sedetail dan selengkap mungkin dan disajikan secara kronologis atau urut. Penyampaian berita dalam bentuk teks harus sudah terverifikasi sehingga dipastikan kebenarannya valid. Sehingga tidak akan menyebabkan miskomunikasi dan disinformasi. 

3. Sumber Berita 

Bagian berikutnya adalah mencantumkan atau menyebutkan sumber berita, yang umumnya berasal dari proses wawancara dan reportase. Sumber berita ini sendiri meliputi siaran pers, narasumber, para ahli, laporan, data statistik, surat, dan berbagai dokumen resmi.

Baca : Contoh Teks Eksplanasi

Jenis Teks Berita 

Jenis teks berita kemudian ada beberapa, dan menurut (Romli, 2014: 11-12) jenis berita adalah sebagai berikut: 

1. Berita Langsung

Jenis berita yang pertama adalah berita langsung, yakni jenis berita yang waktu terjadinya suatu peristiwa dengan proses penggalian data dan pelaporan terbilang berdekatan. Sehingga media yang menyajikan berita langsung akan diberi label selalu menyajikan berita yang up to date

2. Berita Mendalam 

Jenis kedua adalah berita mendalam yang juga akrab disebut dengan istilah depth news. Jenis berita satu ini adalah jenis berita yang di dalamnya memaparkan suatu kejadian atau peristiwa yang terbilang berat. Dikatakan berat adalah dilihat dari segi fakta, penggalian data, dan juga dampak dari peristiwa yang diangkat berita tersebut. 

3. Berita Pendapat 

Jenis berita selanjutnya adalah berita pendapat, istilah lain untuk menyebut teks berita jenis ini adalah opinion news. Jadi, sesuai dengan namanya jenis berita satu ini selain berisi pemaparan suatu peristiwa juga ditambahkan opini penulis atau sudut pandang dari pihak penulis secara pribadi. 

Selain itu, opini yang dicantumkan di dalam berita biasanya juga berasal dari narasumber atau ahli yang diwawancarai. Sehingga dalam teks tersebut memaparkan opini narasumber yang dilihat dari sudut pandangnya. Masyarakat yang membaca teks tersebut kemudian bisa berpikir lebih netral. 

4. Berita Interpretatif 

Berita interpretatif atau interpretative news juga menjadi salah satu jenis dari berita secara umum. Definisinya adalah jenis berita langsung yang kemudian diberi tambahan komentar maupun penilaian dari pihak reporter yang meliput berita tersebut. 

Selain dari reporter, kadangkala jenis berita ini juga memaparkan penilaian atau opini dari seorang narasumber. Beberapa orang menyebut berita jenis ini dengan istilah berita gabungan, sebab berisi fakta sekaligus opini. 

5. Berita Investigasi 

Berikutnya adalah berita investigasi, dan memang sesuai dengan namanya berita ini memaparkan hasil investigasi. Maksudnya adalah berita tersebut disusun dari sebuah peristiwa yang kemudian ditelusuri secara lebih mendalam. Sehingga didapatkan data-data yang mendalam dan lengkap. 

Semua data ini akan memperkuat fakta dan bahkan membantu memecahkan suatu kasus yang diangkat menjadi berita. Kebanyakan berita yang dikembangkan dengan teknik ini adalah berita mengenai tindak kejahatan. Sehingga penulis atau reporter bisa mengikuti perkembangan investigasinya oleh pihak berwajib.

Baca : Contoh Teks Deskripsi

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Selain memiliki beragam jenis, tata bahasa atau kaidah kebahasaan di dalam teks berita juga bersifat khas. Artinya, jenis tata bahasa yang digunakan tidak akan dijumpai di dalam teks jenis lainnya. Meskipun beberapa kaidah mungkin juga bisa ditemukan di teks lain, namun tidak sepenuhnya sama. 

Adapun kaidah kebahasaan dalam penulisan paragraf berita yang memaparkan suatu peristiwa adalah: 

1. Menggunakan Verba Transitif 

Kaidah yang pertama dari teks berita adalah penggunaan verba transitif. Yakni jenis kata kerja yang bentuknya bisa diubah antara pasif dan aktif. Sehingga saat ditulis dalam bentuk pasif maka bisa diubah ke bentuk aktif, begitu juga sebaliknya. 

2. Memakai Verba Pewarta 

Berikutnya adalah penggunaan verba pewarta, yakni kata kerja yang menunjukan adanya suatu percakapan. Misalnya penggunaan kata kerja: ujar, disampaikan oleh, tutur, pungkas, gagas, dan lain sebagainya. 

3. Menggunakan Adverbia 

Paragraf berita juga menggunakan adverbia, yakni kata yang menunjukan keterangan tempat, waktu, suasana, dan juga cara. 

4. Menggunakan Konjungsi 

Paragraf berita juga menggunakan konjungsi atau kata hubung seperti kata dan, atau, lalu, kemudian, serta, dan lain-lain. 

5. Memakai Kutipan Langsung dan Tidak Langsung 

Dalam penulisan  teks berita juga menggunakan kutipan langsung maupun tidak langsung. Kutipan langsung diapit oleh tanda petik dan kutipan tidak langsung tanpa tanda petik yang diungkapkan kembali oleh penulis dengan bahasa sendiri. Kutipan ini digunakan untuk menyampaikan hasil wawancara dengan narasumber. 

6. Menggunakan Bahasa Baku, Netral, dan Objektif 

Bahasa yang digunakan dalam penyusunan paragraf berita adalah bahasa baku. Selain itu juga dibuat singkat, padat, lugas, jelas, dan komunikatif. 

7. Menggunakan Bahasa Denotatif 

Bahasa yang digunakan dalam penyusunan teks berisi berita juga memakai bahasa denotatif atau memiliki makna sebenarnya. Sehingga tidak boleh memakai kata yang nantinya menjadi ambigu dan menimbulkan kesalahpahaman.

Baca : Teks Eksposisi

Contoh Teks Berita 

Harga Emas Dunia Melesat ke Level Tertinggi, Imbas Stimulus AS 

Harga emas dunia mengalami kenaikan yang tinggi, bahkan melesat di level tertinggi sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini didorong oleh banyaknya stimulasi fiskal yang dilakukan Amerika Serikat guna memerangi melemahnya perekonomian sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Sementara itu, pelemahan Dolar AS kemudian memberi dukungan lebih lanjut.

Mengutip dari CNBC, Rabu (9/12/2020) diketahui bahwa harga emas di pasar spot mengalami kenaikan sampai 0.4 persen menjadi 1.871,65 Dolar AS per ounce. Sebelumnya harga emas menyentuh angka 1.875,07 Dolar AS per ounce. Angka ini merupakan angka tertinggi sejak 23 November 2020 lalu.

Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat ditutup di angka 1.874,90 Dolar AS per ounce yang artinya menguat sampai 0.5 persen. Meningkatkan daya tarik emas bagi pemegang mata uang jenis lain, Indeks Dolar mencoba menahan penurunannya.

Melonjaknya angka pasien positif Covid-19, pada pekan ini Kongres Amerika akan memberikan hak suaranya terkait RUU pendanaan. Hak suara ini tidak diberikan secara langsung untuk memberi waktu yang cukup bagi anggota parlemen lain agar bisa membentuk kesepakatan yang tepat terkait bantuan Covid-19.

Emas yang selama ini dianggap sebagai pelindung nilai mata uang terhadap inflasi. Melambung tinggi hingga menyentuh angka 23 persen sejauh ini. Pemilik emas kemudian diuntungkan dengan situasi ini. Apalagi di masa sulit seperti sekarang, suku bunga perbankan mendekati nol dan resiko inflasi mengalami kenaikan.

Sehingga bisa mendorong terjadinya stimulus besar-besaran secara global. Sementara itu logam jenis lainnya juga mengalami perubahan harga. Beberapa mengalami kenaikan dan beberapa lagi mengalami penurunan.

Perak sendiri termasuk logam yang pada pekan ini mengalami kenaikan, yakni mencapai 0.6 persen dibanding pekan sebelumnya. Sedangkan untuk paladium mengalami penurunan hingga 0.7 persen dibanding beberapa pekan sebelumnya. 

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dan mendalam mengenai Teks Berita, baik itu secara pengertian, ciri-ciri teks yang bisa dikatakan sebagai teks berita, jenis-jenisnya yang wajib untuk dipahami sebelum menulis, struktur hingga kaidah kebahasaan teks berita agar kamu menjadi seorang jurnalis yang profesional.

Baca juga :

Kontributor: (Pujiati)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang