VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Teknik Evaluasi Pembelajaran Untuk Guru (Review Buku)

toko buku kuliah

Review Buku Ke-16: Teknik Evaluasi Pembelajaran – Teknik evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah yang mungkin sekarang sedang kamu pelajari. Latar belakang Ajat Rukajat menulis buku mata pelajaran ini karena berhadap bisa membantu mahasiswa atau pendidik lebih mudah memahami mata pelajaran yang tengah diampu.

Mengulas tentang prinsip evaluasi pembelajaran, memang ada banyak sekali poin yang akan akan dipelajari. Sebelum fokus lebih lanjut, evaluasi dapat diartikan sebagai proses penggambaran, pemberian informasi yang sangat bermanfaat. Bermanfaat karena dari evaluasi, akan mempengaruhi pembuatan keputusan dan membuat alternative keputusan.

Jadi teknik evaluasi pembelajaran ini memang memiliki banyak prinsip, konsep, kriteria, kisi-kisi dan masih banyak lagi tentunya. Berikut sedikit ulasan dari toko buku online deepublish, semoga bermanfaat dan menjawab apa yang kamu cari.

Prinsip Evaluasi Pembelajaran

Prinsip evaluasi pembelajaran dibagi menjadi dua prinsip. Pertama prinsip umum yang wajib memenuhi beberapa elemen penampilan. Yaitu memperhatikan kevalidan, berkelanjutan, menyeluruh, bermakna, adil, objektif, terbuka, ikhlas, praktis, dapat dicatat dan akurat.

Kedua, prinsip khusus. Prinsip khusus juga dibagi menjadi dua, yaitu memperhatikan jenis penilaian yang digunakan apakah memungkinkan untuk menimbulkan kesempatan terbaik dan maksimal bagi pelajar, atau sebaliknya. Dari sudut pandang guru, juga dapat dilihat apakah mampu melaksanakan prosedur penilaian dan pencatatan secara tepat prestasi dan kemampuan serta hasil belajar yang dicapai peserta didik.

Karakteristik Evaluasi Pembelajaran

Buku setebal 161 ini juga membongkar karaktertistik dan fungsi evaluasi pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Setidaknya ada beberapa karakteristik penting. Karakteristik yang seperti apa sajakah itu? misal memiliki implikasi tidak langsung terhadap siswa yang di evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan dengan beberapa aspek, misalya aspek keterampilan, penampilan dan lainnya.

Adapun karakteristik penting yang juga harus diperhatikan dalam melakukan evaluasi pembelajaran, yaitu memiliki sifat kebermaknaan realtif, dimana hasil penilaian tergantung pada tolak ukur yang digunakan oleh guru. Selain menguasai karakteristik evaluasi, di sana juga mengarahkan kamu untuk melakukan syarat dan tujuan evaluasi juga.

Pada prinsipnya, dalam melakukan evaluasi, seorang pendidik setidaknya memahami tujuan evaluasi dalam mengajar, yaitu menilai ketercapaian tujuan, mengukur macam-macam aspek belajar yang berariasi, sebagai sarana mengetahui apa yang ingin sis ketahui, memotivasi belajar siswa, menyediakan informasi untuk tujuan bimbingan konseling dan masih banyak lagi.

Kriteria Evaluasi Pembelajaran

Kriteria evaluasi adalah mengatur tentang bagaimana menentukan peringkat kondisi nilai. Dimana agar data yang diperoleh dapat dipahami oleh oranglain dan bermakna dalam mengambil keputusan dalam rangka menentukan kebijakan lebih lanjut. Adapun kriteraia evaluasi pembelajaran yang memenuhi standar.

Pertama, memiliki validitas, yang dapat diartikan bahwa penilaian berdasarkan objektivitas, sesuai dengan apa yang di ukur. Kedua, memiliki reliabilitas. Realibilitas adalah alat evaluasi yang dapat menunjukkan ketetapan hasil. Jadi, subjek yang akan di tes akan mendapatkan skor yang sama bila di tes kembali dengan alat uji yang sama. ketika, efisiensi, ekonomis, norma, direction dan interst.

Nah, di bab ini, kamu pun akan belajar langkah penyusunan evaluasi pembelajaran juga loh. Dimana, dalam menyusun langkah-langkah tersebut, kamu perlu mentnukant ujual evaluasi terlebih dahulu, kemudian membuat penyususnan kisi-kisi soal, review dan rivisi soal dan masih banyak lagi tentunya. Nah, lebih detail tentang kisi-kisi tes dan nontes, akan di bahas di bab berbeda.

Baca juga : Metode dan Model Pembelajaran

Menyusun Instrumen Nontes

Evaluasi pembelajaran yang sering banyak dikeluhan adalah saat menyusun instrument nontes. Teknis nontes adalah alat penilaian yang dipergunakan untuk mendapatkan informasi tertentu tentang kondisi peserta tes. Penilaian nontes menurut Hasyim dilakukan dengan mengukur kemampuan siswa secara langsung dengan tugas riil dalam proses pembelajaran.

Tujuan dari penilaian non tes ini sebenarnya mendapatkan informasi yang berkaitan dengan evaluasi belajar dari ranah sikap hidup dan keterampilan. Di dalam buku ini menyebutkan bahwa cara efektif dalam melakukan penilaian dapat dilakukan dengan cara menerima, merespons, menilai atau memaknai, mengorganisasi dan karakterisasi dengan nilai yang kompleks.

Nah, di sini kamu juga akan diarahkan bagaimana teknik penyusunan nontes. Teknik penyusunan nontes seringkali menggunakan metode pengamatan dan wawancara. Nah, di sini juga akan dipaparkan trik dan tips menggunakan dua teknis tersebut, untuk mendukung evaluasi pembelajaran yang lebih baik.

Di bab penyusunan instrument nontes ini sebenarnya memiliki porsi pembahasan yang lebih banyak dibandingkan di bab-bab lain. Krena di sini kamu juga akan belajar tentang self assessmen, jurnal, penugasan, portofolio dan masih pastinya masih banyak.

Baca juga : Metode Active Learning Untuk Dosen & Guru

Pengembangan Instrumen Nontes

Evaluasi pembelajaran di bab pengembangan instrument nontes lebih sering digunakan untuk mengetahui kualitas proses dan produk dari pekerjaan yang berkaitan dengan domain afektif. Bentuk domain afektif dalam hal ini bisa berbentuk motivasi, sikap, bakat dan minat.

Nah, dari domain afektif inilah yang nantinya kamu akan belajar cara membaca sikap dengan cara melihat tingkah laku dengan teknik, metode dan pola khusus tentunya. Dan disini seorang pendidik perlu mengetahui norma yang ada pada peserta didik, selama di lingkungan sekolah. Nah, disinilah seorang guru mampu bersikap ketika menemukan peserta didik yang bersikap negative.

Dalam melakukan pengukuran sikap inilah, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan oleh pendidik. Yaitu amati kognisi, afeksi dan konasi peserta didik saat mersikap atau bertindak aneh atau tidak sesuai pada umumnya.

Detail Buku

Buku Teknik Evaluasi Pembelajaran

Judul buku : Buku Teknik Evaluasi Pembelajaran

Pengarang Ajat Rukajat
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISBN 978-602-475-817-2
Ukuran 14 x 20 cm
Halaman X, 161 hlm
Harga Rp 72.000
Tahun Terbit 2018

Dapatkan bukunya segera >> Beli Buku Teknik Evaluasi Pembelajaran

Terimakasih sudah membaca artikel review buku ini sampai selesai, lihat juga buku-buku yang lain dengan kategori buku keguruan dan ilmu pendidikan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang