Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

Tata Tertib dan Peraturan Perpustakaan (Gratis Download)

peraturan perpustakaan

Tata Tertib dan Peraturan Perpustakaan – Apakah kamu hobi membaca? Nah buat kamu nih yang hobi membaca paling senang membaca buku-buku di perpustakaan. Biasannya, perpustakaan mana saja yang sering kamu kunjungi?

Memang peraturan perpustakaan di masing-masing daerah berbeda-beda. Namun, sebagian besar, syarat utamannya sama. Nah, pada kesempatan kali ini akan di ulas tata tertib dan peraturan perpustakaan pada umumnya. Langsung saja, berikut adalah ulasannya :

Peraturan Perpustakaan Untuk Tamu dan Anggota

Pengunjung Tamu

Peraturan di perpustakaan memang akan dibagi menjadi beberapa kategorisasi. Ada pengunjung tamu, dan anggota. Nah, biasannya buat para tamu atau pengunjung, di bagian depan pintu masuk akan disediakan layar komputer nih. Di layar komputer tersebut diisi.

Tidak perlu khawatir, karena form isian hanya tinggal kamu tekan dan pilih saja. Biasannya di pintu gerbang utama ada satpam atau petugas perpustakaan kok. Jadi, jika binggung dan malu, bisa langsung di tanyakan.

Pengunjung anggota

Peraturan di perpustakaan khusus yang sudah menjadi anggota, umumnya di layar monitor ada pilihannya. Nah, di sana kamu bisa memasukan no kartu anggota perpustakaan. Setelah itu barulah boleh masuk.

Terkait pembuatan kartu anggota perpustakaan, setiap perpustakaan memang memiliki aturan sendiri-sendiri loh. Misalnya di perpustakaan grhatama di yogyakarta, bagi yang ingin mendaftarkan menjadi anggota cukup kartu pelajar/mahasiswa atau ktp saja. Dalam waktu tidak sampai 1 jam, kartumu bisa kamu ambil dan jadi deh anggota di sana.

Tata Tertib dan Peraturan Perpustakaan

Nah, peraturan dan tata tertib ini hampir sebagian besar perpustakaan memberlakukannya. Berikut adalah ulasannya :

1. Dilarang membawa tas/jaket ke dalam ruangan perpustakaan

Pertama, pengunjung/anggota dilarang membawa tas atau jaket ke dalam ruangan perpustakaan. Kalo kamu membawa tas, dan barang-barang, kamu bisa menitipkan barang tersebut. Kamu bisa ke resepsionis atau petugas dibagian depan, saat kita mengisi buku tamu/pengunjung. Maka kamu akan diberi kunci rak penitipan barang. Nah, buat yang diberi kunci rak, biasannya untuk perpustakaan daerah, kota dan perpustakaan pusat.

2. Dilarang Makan dan minum di Perpustakaan

Kedua, pengunjung/anggota dilarang makan dan minum di dalam ruan baca. Masak iya makan di perpustakaan, kan tidak etis aja. Nah, buat para perokok nih, saat di ruang baca juga dilarang merokok. Ingat, karena di sana banyak elemen orang yang bisa jadi anti rokok. Umumnya pula, ruangan perpustakaan di desain dengan ber-AC.

3. Setiap pengunjung wajib menjaga ketenangan, keamanan dan ketertiban

Ketiga, menjaga ketenangan, keamanan dan ketertiban. Jadi, jangan sekali-sekali membuat teriakan, bisa dijamin akan dipelototi seisi pengunjung perpustakaan.

4. Dilarang Memawa Buku Keluar dari Perpustakaan Tanpa Ijin/Peminjaman

Keempat, sudah jelas di larang mencuri atau membawa buku tanpa ijin. Jika ingin meminjam buku, kamu bisa lapor ke petugas agar dilakukan pencatatan. Nah, terkait peminjaman, akan di bahas di sub bab berikutnya.
terakhir, datanglah ke perpustakaan di jam pelayanan. Masak iya kamu akan datang ke perpustakaan saat tutup. Kan tidak lucu juga. Kecuali datang ke sana ingin menemani satpam penjaga, wkwk.

Baca : Contoh Buku Peminjaman Perpustakaan + Download

Peraturan Peminjaman dan Pengembalian Buku

Aturan di perpustakaan yang wajib kamu tahu terkait dengan mekanisme peminjaman dan pengembalian buku. Banyak yang belum tahu mekanismenya. Berikut ulasannya.

1. Aturan Peminjaman Buku

Peraturan di perpustakaan untuk peminjam buku tentu saja sudah terdaftar menjadi anggota terlebih dahulu. Barulah bisa meminjam buku yang kamu pilih. Nah, terkait jumlah buku yang bisa dipinjam bawa pulang maksimal dua buah buku. Umumnya lebih dari dua buku tidak boleh.

Buku yang belum dikembalikan melebih batas waktu, maka belum boleh meminjam buku baru, sebelum buku lama dikembalikan terlebih dahulu. Bagi yang terlambat, akan dikenakan denda. Nah terkait dengan denda, setiap masing-masing perpustakaan memiliki kebijakan jumlah nominal berbeda-beda. Ada yang di denda seharinya rp 500,- ada pula yang per harinya di denda rp 300,- jadi tergantung masing-masing perpustakaan.

Peraturan di perpustakaan bagi peminjam buku, akan diinput ke komputer agar pencatatanya terintegrasi dengan koleksi yang ada di perpusakaan. Buku yang kamu pinjam akan diberi tanda di lembar khusus, yang telah disiapkan oleh pihak perpustakaan.

2. Pengembalian Buku

Pengembalian buku di setorkan ke pihak petugas sambil menyerahkan kartu anggota. Petugaspun akan melakukan scan barcode pada buku yang kamu pinjam. Jika pengembalian buku terlambat, kamu hanya cukup membayar dendanya saja. Maka pengembalian buku pun selesai.

Peraturan Perpustakaan Resmi

Tata Tertib dan Peraturan Perpustakaan Selamat datang di Perpustakaan Deepublish. Kami selaku pengelola akan berusaha sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan. Berikut ini adalah peraturan perpustakaan yang berlaku dan wajib kita taati di Perpustakaan ini :
1. Kunjungan

a. Sebelum memasuki perpustakaan, absensi terlebih dahulu menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa.

b. Letakkan tas, jaket, dan helm di tempat yang telah disediakan. Barang-barang berharga seperti dompet, handphone dan laptop sebaiknya di bawa. Kehilangan bukan tanggung jawab kami.

c. Dilarang menyobek dan mencoret-coret isi buku.

d. Dilarang merokok di dalam Perpustakaan.

e. Dilarang makan di dalam Perpustakaan.

f. Mencuri atau membawa tanpa seijin petugas atau menyobek koleksi (dikenakan sanksi dari petugas perpustakaan)

g. Jagalah ketenangan dan kebersihan Perpustakaan.

h. Setelah selesai membaca, kembalikan buku pada meja yang telah disediakan. i.  Sebelum meninggalkan perpustakaan, cek barang bawaan Anda. Jangan sampai ada yang tertinggal di perpustakaan.

2. Jam Layanan

a. Senin s.d. Kamis : 08.00 s.d. 15.30 WIB

b. Jum’at  : 08.00 s.d. 14.00 WIB

c. Sabtu : 08.00 s.d. 14.00 WIB  

3.  Peminjaman

a.  Buku

·Gunakan KTM untuk meminjam buku

. ·            Maksimal jumlah peminjaman 2 eksemplar buku

·            Waktu peminjaman buku 2 minggu

·            Perpanjangan waktu pinjaman dapat dilakukan 2 kali (@2 minggu) secara online.

·            Keterlambatan pengembalian akan dikenai sanksi denda

·            Denda Rp 200,00/hari/eksemplar

b.         Tugas Akhir/Skripsi/ ·            Koleksi skripsi tidak dapat dipinjamkan, hanya dapat dibaca di ruang perpustakaan

4. Pengembalian Buku

a. Mahasiswa memperlihatkan kartu anggota / KTM.

b. Pastikan buku dalam kondisi yang baik, dan serahkan ke petugas perpustakaan. Demikian peraturan ini kami buat untuk kita taati bersama. Terimakasih. Pengelola Perpustakaan Ttd

Download dalam bentuk doc.Tata Tertib dan Peraturan Perpustakaan

Itulah sekilas info peraturan di persputakaan. Semoga dengan ulasan ini membuat kamu tidak perlu lagi takut datang ke perpustakaan. Sebenarnya jika masih binggung dan takut, kamu bisa bertanya ke petugas di sana loh.

Dijamin, mereka pun senang menjawab dan mengarahkan pengunjung yang baru datang. Tidak percaya? kamu bisa coba datang di salah satu perpustakaan dekat tinggal kamu.

Kamu pengelola perpustakaan yang sedang membutuhkan bahan pustaka? Kami siap membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan bahan pustaka, dapatkan diskon dan harga terbaik dari kami. Lihat selengkapnya di : Pengadaan Bahan Pustaka

pengadaan bahan pustaka

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan