fbpx
flash sale toko buku deepublish

Surat Keterangan Aktif Kuliah: Fungsi, Cara Mendapatkan dan Contohnya

contoh surat keterangan aktif kuliah
toko buku kuliah

Contoh dan Syarat Mendapatkan Surat Keterangan Aktif Kuliah – Kuliah memang dunia formal yang segala sesuatunya harus administrative. Salah satunya perihal masalah surat menyurat.

Tidak heran jika banyak program yang menyertakan surat keterangan aktif kuliah. Lantas apa saja sih yang sering mensyaratkan surat ini? Misal ketika kamu sedang melamar atau mengikut lomba, mengajukan beasiswa dan masih banyak lagi. Memang kelihatan tidak begitu penting, tetapi untuk administrative bagi mereka, ini sangat penting loh. 

Memang surat keterangan aktif kuliah ini sering menjadi prasyarat untuk semacam lomba, mengajukan beasiswa, baik beasiswa ke luar negeri maupun di dalam negeri. Ada pula yang digunakan untuk mengurus cuti kuliah dan banyak pula yang digunakan sebagai syarat pertukaran pelajar. Nah, buat kamu yang bingung gimana cara mendapatkan surat keterangan aktif kuliah, kamu bisa simak ulasan berikut. 

Fungsi Surat Keterangan Aktif Kuliah 

Contoh surat keterangan aktif kuliah
Sumber gambar : slideshare.net

Sesuai dengan nama nya, surat keterangan aktif kuliah adalah surat pengantar yang menyatakan bahwa kamu seorang mahasiswa aktif di salah satu perguruan tinggi, yang sedang mengambil jurusan tertentu di perguruan tinggi tersebut. Dilihat dari segi fungsi, ternyata suratini dapat digunakan untuk beberapa fungsi sebagai berikut. 

1. Mengurus Beasiswa 

Syarat yang sering meminta surat keterangan aktif kuliah adalah program beasiswa. Jadi buat kamu yang ingin mengajukan beasiswa, pasti wajib menyertakan surat ini. Jadi pihak penyelenggara beasiswa meminta surat keterangan ini dipergunakan untuk data sekaligus sebagai kroscek, apakah benar kamu mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi tersebut?

Mengingat sekarang ada banyak sekali beasiswa. Dimana biasiswa tersebut hanya akan memberikan ke perguruan tinggi yang sudah bekerjasama. Jika belum bekerjasama, maka tidak akan masuk dalam kualifikasi pengajuan beasiswa. Jadi, pastikan saat memilih beasiswa pun juga harus selektif. 

2. Pengajuan cuti

Surat keterangan aktif kuliah tidak hanya dibutuhkan untuk pengajuan beasiswa saja. Tetapi juga dapat digunakan untuk pengajuan cuti. Biasanya pengajuan cuti kuliah dipengaruhi oleh banyak faktor, ada yang karena kuliah sambil bekerja dan harus tugas selama setahun, maka terpaksa mengajukan cuti kuliah. Ada pula yang mengajukan cuti dengan alasan tidak memiliki biaya, banyak. 

Nah, kamu salah satu mahasiswa tipe mana nih? Apapun itu, pastikan untuk tetap lanjut kuliah sampai titik penghabisan dan sampai lulus ya. Karena kamu pasti bisa. 

3. Melakukan studi banding atau pertukaran pelajar 

Kasus lain yang sering ditemukan dan meminta surat keterangan aktif kuliah adalah untuk kepentingan studi banding atau pertukaran pelajar. Hayo, di sini siapa yang ingin pertukaran pelajar? Pastinya akan seru mengikuti pertukaran pelajar. Apalagi jika pertukaran pelajar tersebut antar Negara. Wah, tambah menantang. 

Memang pertukaran pelajar tidak selalu ke luar negeri. Banyak pula yang cuma ke pulau seberang. Surat keterangan aktif kuliah untuk kepentingan studio banding dan pertukaran pelajar untuk memastikan, bahwa kamu adalah mahasiswa di sana. 

Baca juga : 10 Cara Menjadi Moderator Presentasi Kuliah Yang Baik

Cara Mendapatkan Surat Keterangan Kuliah

Buat mahasiswa baru masih bingung bagaimana cara mendapatkan surat keterangan ini. Caranya mudah kok. Kamu cukup datang ke bagian Tata Usaha di Jurusan kamu.

Kemudian tanya saja syarat-syaratnya apa saja. Secara umum (karena setiap perguruan tinggi atau fakultas memiliki caranya sendiri-sendiri) hanya menuliskan data diri yang meliputi nama lengkap, jurusan, nomor induk mahasiswa, nama orang tua dan alasan atau keperluan surat tersebut dibuat untuk apa. 

Surat pun akan segera diproses dan dicetak. Karena surat ini resmi dan sah dari pihak kampus, tentu saja ada nama dekan yang menyatakan kamu adalah seorang mahasiswa aktif. Sebagai bentuk legalitas atau keabsahan, maka diberi cap dari pihak kampus.

Baca juga : Apa Itu IPK, IPS, KHS, dan Cumlaude – Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Contoh Surat Keterangan Aktif Kuliah dan Beasiswa

Format penulisan surat keterangan ini memang bermacam-macam model dan bentuknya. Tetapi secara garis besar dan tujuannya sama. Berikut beberapa contoh surat keterangan aktif kuliah. 

Contoh 1: Surat Keterangan aktif Kuliah 

UNIVERSITAS MAJU LANCAR
FAKULTAS TEKNIK

Alamat Jalan Tentara Pelajar No 01 Yogyakarta Telp (0274) 3939757 Fax (0274) 46827346 email majulancar@gmail.com


SURAT KETERANGAN MASIH KULIAH
Nomor: /UN27.9/KM/2020

Nama : Ultima Ganjar
NIP : 01984736587342
Pangkat/Golongan : (Isi golongan yang sesuai)
Jabatan : Wakil Dekan

Dengan ini menyatakan bahwa:
Nama : Fauzi Farhan
NIM : 0129847547336
Tempat, tanggal lahir : Sleman, 22 Oktober 1999

Adalah benar-benar mahasiswa fakultas SS Universitas XX:
Jurusan : Teknik
Tingkat/Semester : IV
Pada Tahun Pelajaran : 2010

Dan bahwa orangtua/wali tersebut adalah:
Nama : Sudarso
NIP/Buku Pemb.
Pensiun No. : 99957263540
Pangkat/Gol. Ruang
Gaji Pensiun Dari : diisi sesuai gaji pensiunan
Instansi : Isi instansi bapak Sudarso

Keterangan : Mahasiswa tersebut adalah benar-benar menjadi tanggungan orangtua/walil dan belum menikah.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan apabila di kemudian hari, surat pernyataan ini ternyata tidak benar yang mengakibatkan kerugian negara republik Indonesia, maka yang bersangkutan bersedia Menanggung Kerugian.

Yogyakarta, 24 September 2020
Universitas XX
Dekan FMIPA XX

Nama Terang
NIP….

Contoh 2: surat ketarngan aktif kuliah untuk mengajukan beasiswa 

Universitas SS
Fakultas Psikologi
Alamat: Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta Telp (0274) 3918429, Fax (0341) 0294853


SURAT KETERANGAN TIDAK DALAM PROSES DAN ATAU MENERIMA BEASISWA DARI SPONSOR/PIHAK LAI
No: /UN29.39.3/KM/2015

Yang bertandatangan dibawah ini:
Nama : Sudarso
NIP : 112244395756
Pangkat/Golongan : Pembina
Jabatan : Wakil Dekan Kemahasiswaan

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:
Nama : Novia Intan
NIM : 10992746591
Tempat/Tgl Lahir : Yogyakarta, 19 September 1993
Fakultas : Psikologi
jurusan/Program Studi : Psikologi
Semester : IV
Alamat : Modorokan, yogyakarta
No. Hp : 08274529264528
Email : noviaintan@gmail.com

Mahasiswa tersebut di atas sepanjang pengetahuan/penelitian kami tidak pernah menerima beasiswa dari pihak lain.
Demikian surat keterangan kepada yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 24 September 2020
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

Nama Terang
NIP

Itulah beberapa model dan contoh surat keterangan aktif kuliah. Buat kamu yang ingin membuat surat ini, sebenarnya tidak perlu pusing tujuh keliling. Karena bagian TU di beberapa perguruan tinggi sudah akan membuatkannya.

Petugas umumnya hanya meminda data-data yang dibutuhkan, kemudian tinggal print. Kamu cukup menunggu cantik sambil mainan HP, surat pun jadi dan bisa kamu lampirkan.

Semoga sedikit pemaparan ini bermanfaat. Buat kamu yang sedang mengajukan beasiswa, semoga lulus, buat yang tidak lolos, bisa coba mengajukan beasiswa yang lain, siapa tahu ada yang lolos.

Buat kamu yang cuti kuliah, semoga segera kembali kuliah, sayang bukan jika tidak dilanjutkan sampai selesai. Nah buat kamu yang menjalankan pertukaran pelajar, selamat, karena sesuatu yang istimewa bisa berkesempatan pertukaran pelajar. Tidak semua orang memiliki kesempatan emas seperti itu. 

Baca juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit, Ada Acara, Tugas

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang