Logo Baru April

Strategi Pembelajaran Atletik: Fungsi dan Tujuan

Review Buku Strategi Pembelajaran Ateltik
toko buku kuliah
Bagikan

Ingin menjadi seorang atletik yang bisa mengikuti ajang pertandingan dan olimpiade, sampai bisa mengharumkan nama bangsa? Mengapa tidak. Kamu bisa mewujudkan. Tentu saja untuk bisa mewujudkan hal itu, butuh persiapan, dan ilmu pengetahuan tentang atletik.

Pengertian Atletik 

Kata atletik sebenarnya merujuk pada cabang olahraga yang meliputi banyak bentuknya. Termasuk jalan-jalan, lari hingga melompat. Atletik mulai dikenal di Indonesia sejak tahun  1930 saat masih di jajah Belanda. Mereka pulalah yang memperkenalkan atletik sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah, hingga akhirnya sampai saat ini kita pun mengenalnya.

Sebelumnya, kita sudah bahas mengenai atletik mulai dari sejarah, pengertian sampai cabang olahraga atletik secara lengkap. Silakan dibaca pada artikel: Sejarah dan Macam Olahraga Atletik.

Fungsi dan Tujuan

Seorang atletik apalagi khususnya untuk siswa yang ingin menekuni olahraga atletik, maka pembelajaran atletik ini sangat penting. Tujuan utama pembelajaran atletik, yaitu membantu siswa memperbaiki kualitas kesehatan dan kesegaran jasmani terutama dengan memahami dan mempraktikkan keterampilan gerak dasar dalam atletik.

Ternyata menjadi seorang atletik itu tidak sekedar bisa berlari, atau melompat. Tetapi juga ada dasar teknik dan strategi yang harus dikuasai. Buat kamu yang ingin mendalami lebih dalam, buku karya Fransiskus Sales yang berjudul Strategi Pembelajaran Atletik inilah jawabannya.

Di buku ini akan diulas secara lengkap dan mendalam dasar-dasar jalan cepat. Ternyata jalan cepat itupun ada dua fase, yaitu fase topang tunggal dan fase topang ganda. Jika dipelajari lebih dalam lagi, keduanya masih memiliki strategi yang lebih spesifik, yang bisa kamu temukan jika membaca buku ini. 

Tidak hanya mengulas tentang jalan cepat, buku ini juga akan mengulas tentang dasar-dasar lari. Lari merupakan nomor yang disebut sebagai nonteknik, yang merupakan aktivitas alami yang sederhana. Ternyata lari tidak sesederhana yang dibayangkan. Ada penekanan kecepatan dan daya tahan yang ditentukan oleh jarak lomba. 

Ada lari yang diawali dengan start jongkok pada lari sprint, pergantian tongkat pada lari estafet dan adanya rintangan dalam lari gawang dan halang rintang. Dimana semuanya menuntut persiapan teknik yang maksimal dan prima. Lantas apa saja dan bagaimana teknik tersebut? kamu bisa temukan juga di buku terbitan deepublish satu ini. 

Promo Skripsian

Di bab keempat, penulis akan memaparkan secara lengkap tentang dasar-dasar lompat. Olahraga lompat adalah upaya untuk memaksimalkan ukuran jarak mencapai tinggi lompatan anak atau atlet. Dalam lompat jangkit, bertujuan untuk memaksimalkan jarak dari tiga lompatan yang berurutan. Sementara lompat tinggi galah, atlet dibantu menggunakan galah. 

Berbicara tentang dasar-dasar lompat, ada aspek yang disebut aspek biomekanika. Setidaknya ada tiga jarak dan tinggi lompatan yang dijadikan sebagai parameter. Yaitu kecepatan saat bertolak, sudut tumpuan dan tinggi titik pusat massa saat bertolak. 

Ketiga parameter tersebut mampu mempengaruhi kecepatan, bertumpu dan sudut tolakan yang sangat penting. tinggi titik pusat massa ditentukan pula oleh tinggi badan atlet, meskipun ini dipengaruhi oleh posisi pada saat bertumpu, kecepatan bertolak dan sudut tumpuan adalah hasil dari gerakan sebelum dan selama bertolak. Sehingga tolakan sangat penting untuk semua nomor lompat. 

Daftar Reseller

Nah, di buku ini pun akan diulas lengkap struktur gerakan gerakan, permainan games yang menggunakan lompatan. Oh iya, olahraga lompat ini ternyata ada banyak sekali variasi dan macamnya loh. ada lompat jauh, lompat tinggi, lompat jangkit dan masih banyak lagi. 

Tidak berhenti di situ, ada satu cabang atletik yang tidak kalah menarik diikuti saat olimpiade dalam ajang internasional. Yaitu olahraga melempar. Ada gerakan dasar yang harus diperhatikan ketika hendak melempar, yaitu persiapan, pembentukan momentum, pengantar /pelepasan atau pemulihan. Saat melempar, ada yang disebut dengan aspek biomekanika. 

Aspek biomekanika ditentukan oleh jarak yang ditempuh benda yang dilemparkan  ditentukan oleh tiga parameter penting bagi atlet dan pelatih. Yaitu tinggi, kecepatan dan sudut.

Sementara untuk lempar cakram dan lembing ada kualitas aerodinamik alat, faktor-faktor lingkungan dingin dan kepadatan udara karena relative lembab. Buku ini sangat direkomendasikan buat siapapun, yang memiliki mimpi menjadi atletik.

Cocok juga digunakan untuk mahasiswa yang mengambil jurusan olahraga. Buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku ini, bisa langsung pesan di website resmi di www.penerbitbukudeepublish.com.

Judul BukuStrategi Pembelajaran Atletik 
PenulisFransiskus Sales 
PenerbitDeepublish
Jumlah Halamanxii, 136 halaman
Ukuran15.5 x 23 cm 
ISBN978-623-02-3969-4
Cetakan PertamaJanuari, 2022

Beli Buku Strategi Pembelajaran Atletik

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :