Strategi Pemasaran Online Untuk UMKM

strategi pemasaran online untuk UMKM
toko buku kuliah

Kondisi UMKM di Indonesia

Strategi Pemasaran Online – UMKM dapat dijadikan tumpuan harapan perekonomian di Indonesia lebih maju. Disebut-sebut bahwa UMKM sebagai pilar terpenting, karena mampu berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% dengan jumlah UMKM mencapai 64,2 juta. KOntribusi UMKM terhadap PDB jika dirupiahkan, kurang lebih mencapai 8.473,89 triliun rupiah. 

Ternyata untuk bisa sampai di titik ini, tidaklah mudah. butuh perjuangan dan proses yang panjang. Perkembangan UMKM setiap tahunnya semakin mendapat perhatian, tidak seperti dahulu, yang dipandang sebelah mata. Kini UMKM tidak hanya berkontribusi terhadap PDB tetapi juga berkontribusi terhadap perekonomian, menyerap tenaga kerja dan mampu menghimpun investasi paling besar dibandingkan dengan perusahaan dari luar.

Setelah melihat perkembangan dan potensi UMKM di Indonesia, mungkin ada yang belum tahu apa sih UMKM? UMKM kepanjangan dari Usaha Kecil dan Menengan. Dimana usaha UMKM ini memiliki andil besar dan kekuatan yang mendasar bagi perekonomian di Indonesia. 

Apalagi di era sulit seperti sekarang, dimana banyak pembatasan keluar masuk barang dagang dari dan ke Indonesia. Saat pembatasan akses dibatasi seperti inilah, pelaku UMKM menjadi satu-satunya tumpuan dan harapan. 

Pelaku usaha UMKM salah satu usaha yang tidak mengalami dampak aturan dengan negara-negara luar. Hal ini karena UMKM berdiri sendiri, dijalankan oleh masyarakat di dalam negeri. Bahkan, saat terjadi krisis sekalipun, mereka tidak mengalami dampak yang signifikan.

Apa Itu UMKM

Banyak yang bertanya tentang apa pengertian UMKM sih? UMKM kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Berikut ada beberapa pengertian UMKM menurut para ahli, lembaga ataupun menurut undang-undang. 

1. UU No 20 Tahun 2008 Tentang UMKM Pasal 1 

Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan atau badan usaha perorangan yang memiliki kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam UU tersebut. 

2. Badan Pusat Statistik 

Berbeda dengan pendapat Badan Pusat statistik (BPS) yang mengartikan UMKM sebagai kuantitas tenaga kerja. Dimana usaha kecil adalah usaha yang memiliki jumlah tenaga kerja 5 sampai 19 orang. Untuk usaha menengah memiliki jumlah tenaga kerja 20 orang sampai 99 orang. 

3. Tulus Tambunan 

UMKM adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri yang berjalan dibidang sektor perekonomian. UMKM bisa didirikan secara perseorangan ataupun dalam bentuk badan usaha. 

4. Keputusan Presiden RI No. 99 Tahun 1998 

Usaha Kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. 

Konsep Pertumbuhan Ekonomi UMKM

Jika di prolog sudah disinggung tentang PDB dan pengertian UMKM, ada yang tidak kalah penting yang kamu tahu, yaitu tentang konsep pertumbuhan ekonomi UMKM.  Pertumbuhan ekonomi UMKM di Indonesia diukur berdasarkan pada peningkatan kapasitas produksi. Dimana peningkatan produksi tersebut bertujuan untuk mencapai penambahan output. 

Pertumbuhan ekonomi dapat diukur menggunakan Produk Domestik Bruto atau PDB. Ada juga yang mengukur dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dimiliki di sebuah wilayah.  Pertumbuhan perekonomian dapat pula diartikan sebagai bentuk kenaikan output per kapita dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa pendapat para ahli tentang pertumbuhan ekonomi UMKM. 

1. Rahardjo Adisasmita 

Setidaknya ada tiga aspek yang dapat digunakan untuk mengukur terjadi tidaknya pertumbuhan ekonomi, sebagai berikut. 

  • Proses
  • Output Per Kapita
  • jangka Panjang 

Dari ketiga aspek tersebut, memudahkan kita untuk melihat perekonomian yang tengah berkembang, dan dapat melihat pergerakan atau perubahan jika terjadi. termasuk juga dapat digunakan untuk melihat apakah  terjadi tekanan, perubahan dan perkembangan. 

2. Robinson tarigan 

Berbeda dengan pendapat Robinson Tarigan yang mengartikan bahwa pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan output agregat. Output agregat dapat pula diartikan sebagai pendapatan riil. Terkait dengan perhitungannya, umumnya dihitung berdasarkan hitungan per kapita atau dalam jangka waktu tertentu. Disebutkan pula bahwa pertumbuhan ekonomi sebagai proses perubahan situasi perekonomian di sebuah negara. perubahan yang dimaksud adalah perubahan ke arah positif. 

3. Todaro dan Smith 

Berbeda dengan Todaro dan Smith yang mendefinisikan pertumbuhan ekonomi sebagai upaya peningkatan produktivitas perekonomian secara continue dan terintegrasi sepanjang masa. Dari hasil tersebut, diharapkan mampu menghasilkan pendapatan atau output nasional yang lebih lancar. 

Todaro dan Smith menyebutkan ada empat faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi disebuah negara, yaitu sebagai berikut

  • Akumulasi modal 
  • Pertumbuhan Penduduk 
  • kemajuan Teknologi

4. Amri Amir 

Pengembangan ekonomi atau pertumbuhan ekonomi menurut Amri Amir sebagai proses atau upaya pemerintah daerah dan masyarakat mengoptimalkan sumber daya yang sudah ada. Kemudian mereka membentuk pola kemitraan yang saling terintegrasi antara masyarakat, pelaku UMKM dan pemerintah. Sehingga menciptakan peluang atau pekerjaan baru dan mampu merangsang perkembangan kegiatan ekonomi dalam wilayah tertentu.

Klasifikasi UMKM

Dalam pemasaran online untuk UMKM, pastinya juga harus lebih tau siapa pesaingnya. Nah, untuk itu, perlu juga mengelompokkan diri termasuk usaha mikro, kecil atau menangah.

Nah, untuk itu. Kenalan dulu tentang pengertian dan klasifikasi UMKM. Yap, UMKM itu sendiri memiliki beberapa bentuk atau klasifikasi, yang meliputi usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah dan usaha besar. berikut ulasan lengkapnya. 

1. Usaha Mikro 

Dikatakan sebagai usaha mikro atau usaha kecil apabila perusahaan memenuhi kriteria penghasilan atau memiliki kekayaan bersih maksimal lima puluh juta rupiah (Rp. 50.000.000,-), belum terhitung tanah, bangunan untuk usaha. Adapun kriteria lain dari usaha mikro, apabila memiliki penjualan tahunan paling banyak tiga ratus juta rupiah (Rp. 300.000.000,-).  Tidak hanya berhenti disitu saja, hanya memiliki satu sampai orang karyawan yang dipekerjakan.

2. Usaha Kecil 

Syarat usaha kecil apabila usaha tersebut dibangun secara mandiri yang didirikan secara mandiri maupun dalam bentuk badan usaha. Dikatakan sebagai usaha kecil apabila memiliki karyawan sejumlah 5-19 karyawan, dengan kekayaan bersih sebanyak Rp 50.000.000,00 – Rp 500.000.000,00 belum termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.  Adapun syarat lain, yaitu memiliki perolehan penjualan per tahun Rp 300.000.000,00 – Rp 2.500.000.000,00. 

3. Usaha Menengah 

Sementara syarat usaha menengah apabila badan usaha tersebut bisa mempekerjakan minimal 20 orang sampai 99 orang. Dikatakan usaha menengah apabila memiliki kekayaan bersih per tahun Rp 500.000.000,00 – Rp. 10.000.000.000,00 belum termasuk bangunan dan tanah. Dengan hasil penjualan tahunan mampu menghasilkan Rp 2.500.000.000,00 – Rp. 50.000.000.000,00 

4. Usaha Besar 

Dikatakan usaha besar, apabila mendapatkan asset lebih dari Rp 10 Miliar, belum termasuk tanah dan bangunan. Angka yang cukup besar, dan tentu saja jumlah tenaga kerja yang diberdayakan sudah banyak. Dikatakan sebagai usaha besar apabila memiliki omset sebanyak Rp 50 Miliar per tahun.  Ini salah satu jumlah yang luar biasa besar. 

Tips Cara Memasarkan Produk UMKM Di Media Digital 

Setelah di bab sebelumnya sudah mengulas tentang UMKM, konsep dan klasifikasi UMKM, masuk di bab terakhir, yaitu tips cara memasarkan produk UMKM di Media Digital. Seperti yang kamu tahu bahwa media digital kini sedang banyak dilirik dan digandrungi. Apa saja sih? Sebagai berikut ulasannya. 

A. Media Sosial 

Menjalankan bisnis UMKM di era digital seperti sekarang lebih mudah, menguntungkan dan tentu saja lebih menjanjikan karena hanya menggunakan pemasaran online saja sudah bisa jualan. Namun, perlu juga namanya dioptimasi. Nah, ada beberapa hal penting nih jika kamu ingin memasarkan produk UMKM di media digital, sebagai berikut. 

1. Memilih Media Sosial Yang Sesuai Dengan Target Audiens 

Berbicara tentang media sosial, ada banyak macamnya. Media sosial memiliki jangkauan yang sangat luas. Media sosial terdiri dari facebook, Instagram, Whatsapp, twitter, tiktok dan masih banyak lagi. 

Dari banyak media sosial yang ditawarkan di jejaring internet, kamu hanya memiliki satu saja yang ingin difokuskan. Jika memiliki tenaga lebih, bisa juga mengambil lebih dari satu media sosial. Pilihlah platform media sosial yang paling kamu kuasai, dan paling banyak diikuti oleh orang. 

2. Membuat Postingan Pengenalan Produk Detail 

Setelah menentukan satu pilihan media sosial. Maka langkah selanjutnya membuat konsep postingan. Kenapa harus dikonsep? Bagaimana jika asal update? Postingan yang menarik perlu dibuat konsep terlebih dahulu, agar terlihat lebih menarik. 

Jika produk UMKM yang ingin anda publish adalah produk baru. Maka penting sekali membuat postingan yang memberikan pengenalan produk. Berikan pengenalan produk sedetail mungkin, agar calon konsumen tidak bertanya-tanya. Jika perlu, buat pengenalan produk semenarik mungkin agar menarik perhatian calon konsumen. 

3. Optimasi Judul Dan Deskripsi 

Agar promosi kamu menarik, jangan lupa melakukan optimasi judul dan deskripsi yang pro dengan SEO. Pastikan menuliskan judul di halaman artikel (deskripsi produk), Pastikan apa yang dideskripsikan sesuai dengan judul, jangan melenceng. Ada hal penting lain, misal Di dalam judul dan deskripsi memiliki kata kunci dan pilih kalimat yang singkat, padat dan jelas.

4. Copywriting & Konten Yang Menarik 

Pokok utama pemasaran online adalah terkait bagaimana cara mengemas skata-kata dalam sebuah konten yang menarik dan dapat menggugah yang melihat.

Salah satunya terkait tentang mendiskripsikan produk. Merasa kesulitan membuat deskripsi yang menarik untuk pengenalan produk? Jika iya, kamu bisa mempelajari ilmu copywriting. Copywriting sebagai strategi membuat kalimat yang menarik, padat dan tentu saja mengiring audience untuk melakukan tindakan seperti membeli produk kamu, atau melakukan klik pada iklan kamu. 

Baca penjelasan lengkap dan contoh Panduan Membuat Copywriting yang Menarik

5. Promosikan (Share & Ads)

Langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Di era digitalisasi seperti sekarang, promosi dapat dilakukan dengan mencantumkan di ads. Jika ingin menggunakan jalur ads, kamu akan dituntut untuk membayar sejumlah uang. Uang yang dikeluarkan tergantung jangkauan dan berapa lama iklan yang ingin kamu tayangkan. 

Pondok Djawara Deepublish

Jika tidak memiliki uang, ada cara gratis. Yaitu dengan cara organik. Misalnya cukup melakukan share copywriting ke ke semua platform media sosial yang kamu jalankan. Hasilnya, jangkauannya terbatas, tetapi cara share ini bisa dicoba. Jika kamu memiliki relasi yang banyak, maka hanya dengan share saja akan tetap menjanjikan. 

B. Mesin Pencari 

Tips cara memasarkan produk UMKM di media sosial, perhatikan cara kerja mesin pencari. Berbicara tentang mesin pencari kamu bisa menggunakan website dan SEM.  Ada yang asing dengan dua hal ini? yuks kita ulik sedikit di bawah. 

1. Punya Website 

Jika kamu memiliki website, maka bisa juga menarik copywriting atau iklan di website. Ternyata website termasuk media sosial. Selama ini website sering diartikan sebagai platform sendiri. Keberadaan dan peranan dari website untuk menunjang performa iklan produk sama-sama efektif. 

Website sebenarnya ada yang berbayar dan gratis. Jadi buat kamu yang tidak memiliki cukup uang, bisa lo memanfaatkan web gratis seperti lewat blogger dan masih banyak lagi. Meski gratis, memiliki fungsi yang sama. Hanya saja sesuatu yang gratis sifatnya dibatasi. 

2. SEM & SEO

Pernah dengar SEM? Mungkin ada yang masih asing. SEM kepanjangan dari Search Engine Marketing. SEM lebih diperuntukan untuk penawaran produk yang dijual belikan.  SEM trik pemasangan iklan dengan cara membayar. Google Ads memang cara cepat untuk mengenalkan produk yang ingin ditawarkan di mesin pencari.

Sementara SEO kepanjangan dari search Engine Optimization yang fokus pada optimasi konten. Kelebihannya, tidak berbayar alias gratis. Kelemahannya, jangkauannya terbatas pada jangkauan kata kunci yang kita targetkan. Namun, SEO menjadi salah satu investasi pemasaran online yang sangat mahal namun juga perlu waktu lama untuk mendapatkanya.

Kelebihan SEM, karena berbayar, jangkauannya bisa diperluas lagi dan menyasar lebih banyak audience. Buat yang masih pemula, SEM kurang disarankan. Lebih disarankan buat yang  memiliki usaha barang ataupun jasa. 

C. Youtube 

Cara memasarkan produk UMKM di digital marketing yang gratis adalah dengan menjalankan youtube channel. Bagaimana jika tidak ada waktu mengurus youtube channel, apakah masih bisa melakukan iklan produk? Jawabannya masih. Kamu bisa lakukan cara ini. 

1. Content Review 

Membuat content review produk. Saat membuat konten review produk di youtube, ada beberapa catatan penting yang perlu kamu hindari, agar customer tidak ilfil. 

  1. Tidak Percaya Diri
  2. Kualitas video asal-asalan
  3. Jangan kelamaan intro, langsung ke inti
  4. Hindari review bohong 
  5. Membuat review berdasarkan konsep

2. Kolaborasi Dengan Influencer 

Buat yang tidak ada waktu mengurus youtube, maka kamu bisa bekerjasama dengan youtuber yang sudah memiliki banyak subscriber. Atau bisa juga berkolaborasi dengan influencer youtube. Cara ini terbukti dapat meningkatkan hasil penjualan produk kamu.

Agar efektif, sebelum berkolaborasi, pastikan untuk melihat segmentasi influencer tersebut. Apakah memang potensial,  apakah banyak viewnya, apakah banyak subcribenya. Jangan tertipu pada jumlah subscribe, karena jumlah subscribe bisa saja pasif karena dibelikan. 

D. Email Marketing

Ada juga cara lain pemasaran online yang bisa kamu coba nih. Yaitu dengan memanfaatkan email marketing. Kamu bisa membuat konsep copywriting. Jika perlu, buat penjelasan dan pengenalan singkat tentang produk kamu. tampilkan manfaat dan keuntungannya. Kemudian, kirim melalui email.  Meskipun cara ini tergolong sepele, hasilnya cukup menarik dan menjanjikan. Tidak ada salahnya cara ini kamu coba. 

E. Whatsapp Business 

Jaman sekarang, siapa sih yang tidak tahu Whatsapp? Pasti semua sudah menggunakannya. Kini WA business ada fitur katalog yang membantumu dalam pemasaran online karena 2dapat diisi dengan produk-produk yang Anda jual loh. Jadi kamu tidak perlu lagi memposting produk satu persatu. Arahkan saja mereka ke katalog yang sudah kamu buat. 

Kelebihan menggunakan WA business bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Tidak hanya konsumen kalangan millennial, tetapi konsumen kalangan lama pun bisa menggunakan WA. Dengan kata lain, jangkauannya lebih luas lagi. 

Itulah beberapa tips dan cara pemasaran online untuk UMKM. Buat kamu yang ingin mendalami lebih tentang copywriting, bisa di spoiler di artikel sebelumnya. Semoga sedikit pembahasan ini bermanfaat.

Rekomendasi Buku Pemasaran UMKM Go Digital

Penulis : Irukawa Elisa

Editor : Yusuf Abdhul

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang