VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

13 Situs Tempat Mencari Referensi Karya Ilmiah dan Jurnal

tempat mencari jurnal ilmiah dan jurnal
toko buku kuliah

13 Situs Tempat Mencari Referensi Karya Ilmiah dan jurnal – Karya ilmiah dan kuliah adalah dua hal yang tidak terpisah. Membicarakan kuliah tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya karya ilmiah sebab setiap tulisan dan pemikiran harus bersifat ilmiah. Artinya dapat dipertanggungjawabkan dan dibuktikan secara ilmu pengetahuan.

Sebagai mahasiswa, kamu pasti sering `kan menulis karya ilmiah? Biasanya dosen memberikan tugas berupa artikel ilmiah, esai, makalah, hingga proyek. Semua tugas tersebut harus memenuhi kaidah ilmu pengetahuan.

Penulisan harus berdasarkan landasan teori yang jelas dan data yang dipakai pun harus akurat. Untuk menulis karya ilmiah untuk tugas kuliah, mahasiswa perlu referensi. Sehingga tulisannya punya dasar argumen yang kuat dan dapat bertanggung jawab.

Biasanya kamu referensi di situs apa saja? Intip yuk 13 situs tempat mencari referensi karya tulis ilmiah! Makin banyak situs referensi yang bisa kamu rujuk.

Apa Itu Karya Tulis Ilmiah?

tempat mencari referensi karya ilmiah

Sebelum mengulas 13 situs tempat mencari referensi karya tulis ilmiah, kita bahas dulu mengenai karya tulis ilmiah. Memahami definisi karya tulis ilmiah akan memudahkan kamu untuk menulis karya tulis ilmiah nantinya. Sehingga kamu tidak kebingungan lagi apa itu karya tulis ilmiah.

Disebut karya tulis ilmiah karena jenis tulisan ini berbeda dengan tulisan lain terutama tulisan sastra seperti puisi, cerpen, dan novel. Karya tulis ilmiah dibuat dengan memperhatikan kaidah keilmuan. Tulisan tersebut harus memenuhi kaidah tertentu sehingga bisa disebut ilmiah. Nah, dapat dikatakan ilmiah apabila memiliki ciri-ciri berikut ini!

  1. Kritis
  2. Logis
  3. Obyektif
  4. Konseptual
  5. Empiris

Jadi, dapat disimpulkan bahwa karya tulis ilmiah adalah tulisan membahas sesuatu untuk memecahkan permasalahan dengan berlandaskan teori dan metode ilmiah. Tulisan ini dibuat berdasarkan data dan fakta. Penulisannya pun tidak sembarangan.

Harus memenuhi kaidah penulisan secara runtut dan sistematis. Selain itu penulisannya pun harus menggunakan bahasa baku. Contoh karya tulis ilmiah adalah laporan penelitian, makalah, esai, artikel, skripsi, tesis, dan disertasi. 

Struktur Penulisan Karya Ilmiah

Struktur penulisan karya ilmiah umumnya meliputi:

  1. Judul
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Pendahuluan: latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian
  5. Landasan Teori: dasar teori, kerangka pemikiran, hipotesis
  6. Metodologi Penelitian; metode penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, teknik analisis data
  7. Pembahasan: hasil penelitian, analisis data, pembahasan
  8. Penutup: kesimpulan dan saran, rekomendasi
  9. Daftar Pustaka
  10. Lampiran

Sudah tahu `kan bedanya karya tulis ilmiah dan karya tulis lainnya? Sekarang kita bahas mengenai situs tempat mencari referensi karya tulis ilmiah. Dalam penulisan karya tulis ilmiah agar dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi kaidah ilmiah maka harus berlandaskan teori dan argumen yang jelas.

Landasan tersebut kamu dapatkan dengan cara merujuk tulisan lain yang dijadikan referensi. Sehingga karya tulis ilmiah yang kamu buat punya dasar yang jelas dan kuat karena didukung oleh referensi. Bukan hanya opini semata.

Mencari referensi itu gampang-susah. Kadang tampak gampang tapi sebenarnya juga tidak mudah. Kalau tidak hati-hati kita bisa saja salah dalam mencari referensi sehingga referensi yang didapatkan tidak akurat.

Untuk menghindari kesalahan semacam itu, inilah 13 situs tempat mencari referensi karya tulis ilmiah yang bisa kamu gunakan. 13 situs ini merupakan situs terpercaya yang menyediakan jurnal, tesis, disertasi, skripsi, atau jenis karya tulis ilmiah lainnya.

13 Situs Tempat Mencari Referensi Karya Tulis Ilmiah

Kini nggak perlu bingung lagi cari referensi. Situs-istu berikut ini menyediakan karya ilmiah yang bisa kamu jadikan rujukan untuk penulisan karya ilmiah. Situs-situs ini menyediakan jurnal nasional dan internasional.

1. E-Resources Perpusnas

perpustakaan nasional

Di Indonesia, ada Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Situs yang dikelola pemerintah ini terbilang lengkap dn mudah diakses. Situs ini mempunyai jutaan koleksi yang bisa diakses oleh pengguna. Tidak perlu datang langsung ke Perpusnas, kamu juga bisa mengakses koleksinya melalui internet.

Selain bahan bacaan seperti buku, Perpusnas memiliki koleksi jurnal online baik dari nasional maupun internasional. Perpusnas juga mempunya digital library yang berisi jurnal berbayar. Namun tidak perlu khawatir, jurnal berbayar tersebut sudah ditanggung oleh pemerintah sehingga masyarakat bisa mengakses dan menggunakannya secara gratis. 

Tertarik menggunakan situs perpusnas? Kunjungi saja di e-resources.perpusnas.go.id.

Kamu harus mendaftar diri dulu, ya. Tanpa harus mendatangi Perpusnas di Jakarta, kamu bisa mendaftarkan diri secara online dengan cara:

  1. Mengunjungi situs resmi perpusnas (keanggotaan.perpusnas.go.id)
  2. Mengisi identitas diri
  3. Tunggu dan dan dapatkan kode registrasi atau nomor anggota

Setelah melewati langkah tersebut, kamu sudah bisa mengakses perpusnas secara online. Selamat mengeksplorasi isi perpusnas dan temukan referensi yang kamu butuhkan.

2. Google Scholar

Selanjutnya adalah Google Scholar. Situs pasti familiar di kalangan dosen dan mahasiswa. Di sini kamu bisa menemukan artikel jurnal-jurnal baik nasional maupun internasional. Situs jurnal internasional ini dikelola langsung oleh Google.

Penggunaannya pun sangat mudah. Kamu tinggal memasukkan kata kunci ke dalam kolom pencarian di situs Google Scholar. Kemudian artikel jurnal akan bermunculan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Setelah itu kamu bisa memilih tipe file PDF agar jurnal ilmiah yang kamu inginkan dapat diunduh dalam bentuk PDF.

Situs ini gratis. Jadi kamu bisa mendapatkan referensi tanpa mengeluarkan biaya. Mudah `kan? Selamat mencoba!

3. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

lipi tempat mencari penelitian

Tempat para ilmuwan Indonesia, LIPI. Lembaga ini berada di bawah naungan pemerintah. Lembaga ini melakukan penelitian di berbagai bidang. Nah, hasil dari penelitian tersebut juga ditulis dalam bentuk artikel jurnal. Bahkan LIPI mempunyai jurnal tersendiri dan tersedia secara gratis.

Jurnal LIPI terdiri dari banyak topik mulai dari jurnal teknik, jurnal kimia, jurnal biologi, dm lainnya. Kamu bisa mengakses jurnal tersebut melalui jurnal.lipi.go.id.

4. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

doaj tempat mencari artikel ilmiah

Situs lainnya yang kerap dirujuk oleh dosen dan mahasiswa adalah DOAJ. Situs jurnal internasional ini sama seperti situs-situs sebelumnya yakni dapat diakses secara gratis. KAmu bisa mengunduh artikel jurnal yang diperlukan tanpa pungutan biaya.

Cara mengakses jurnal di DOAJ juga terbilang mudah, yaitu:

  1. Kunjungi situs daoj.org
  2. Masukkan kata kunci di kolom pencarian
  3. Pilih jurnal yang direkomendasikan

Baca juga : 7 Jenis Metodologi Penelitian dan Pengertiannya

5. Library Genesis

library genesis tempat mencari jurnal ilmiah

Library Genesis menjadi salah satu andalan mahasiswa ketika mencari referensi. Situs ini menyediakan jurnal yang cukup lengkap. Apalagi situs ini tidak hanya menyediakan jurnal tapi juga artikel, komik, dan e-book. Semua bisa diakses dan diunduh secara gratis. 

6. Science Direct

science direct mencari jurnal

Akademisi di bidang kesehatan dan teknik biasanya merujuk situs ini. Namun bila mencari jurnal di bidang ilmu sosial, kamu juga bisa mengunjungi situs ini. Science Direct tergolong situs yang sering dikunjungi oleh akademisi. Kamu bisa mengunjunginya melalui sciencedirect.com.

Jurnal-jurnal yang dipublikasikan di situs ini terbagi menjadi dua yakni berbayar dan gratis. Kamu bisa mengunduh jurnal yang gratis di bagian open access. Selain jurnal, situs ini juga menyediakan artikel dan buku. Dijamin referensimu makin banyak!

7. ResearchGate

researchgate tempat mencari jurnal ilmiah

ResearchGate adalah situs penyedia jurnal sekaligus ruang berkumpulnya peneliti. Para peneliti membentuk komunitas online melalui situs ini. Mereka bisa mengunggah jurnal dan saling memberikan request jurnal secara gratis.

Kamu bisa mengakses situs ini melalui researchgate.net. Perbedaan situs ini dengan situ lainnya adalah untuk mengakses situs ini kamu harus menggunakan email kampus. Jadi kamu bisa ke bagian IT kampus untuk meminta email student yang bisa dipakai untuk akses ResearchGate.

8. IJER (International Journal of Education and Research)

international journal of education and research

Situs ini mungkin kurang familiar di kalangan mahasiswa. Namun situs ini bisa menjadi salah satu situs yang dirujuk untuk mendapatkan referensi. Selain menyediakan jurnal, situs ini juga mereview jurnal penelitian yang dikeluarkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications).

Situs ini menyediakan jurnal yang open access. Jadi kamu bisa mengaksesnya secara gratis. IJER akan sangat membantu kamu dalam menulis karya tulis ilmiah untuk kebutuhan perkuliahan. Selain mahasiswa dan dosen, IJER juga bermanfaat untuk para peneliti dan praktisi.

9. JSTOR

jstor - tempat mencari jurnal ilmiah

JSTOR merupakan situs terpercaya dan cukup kredibel selama ini. Tak sedikit dosen yang menyarankan mahasiswa untuk mengakses JSTOR. Alasannya, situs jurnal internasional ini menyediakan jurnal baru dan lama. JSTOR sudah 15 tahunan menyediakan jurnal. ‘

Kelebihan lainnya, situs ini sudah terkurasi dengan baik, Jadi ketika mengakses situs ini, kamu akan menemukan jurnal-jurnal yang sudah disortir. Sehingga kamu bisa lebih mudah menemukan jurnal yang dibutuhkan untuk menulis karya ilmiah. Kamu bisa mengunjungi JSTOR di jstor.org.

10. SAGE Journal

Pernah mendengar SAGE Journal? Atau mungkin pernah mengaksesnya?

SAGE Journal cukup sering dipakai oleh akademisi. Coba sesekali perhatikan jurnal yang kamu baca, bisa jadi jurnal tersebut dipublikasikan melalui situs SAGE Journal. Untuk mengakses situ ini, kamu bisa memilih tiga pilihan yakni sebagai akun personal, akun komunitas, atau akun institusi.

Dosen juga biasanya mengakses situs ini untuk mencari bahan yang bisa digunakan untuk mengajar. Isi situs ini cukup lengkap mulai dari topik politik dan pemerintahan, hubungan internasional, sastra, pendidikan, kesehatan, dan psikologi. Sehingga tidak mengherankan bila jurnal-jurnal kuliah yang kamu baca terutama yang berhubungan dengan topik di atas adalah publikasi dari SAGE Journal.

11. Oxford Journal

oxford-academix-journals

Oxford Journal yang dikelola oleh Oxford University bisa menjadi alternatif lain. Kamu bisa menemukan jurnal-jurnal yang sesuai dengan topik karya tulis ilmiah yang akan kamu tulis. Kamu bisa mendapatkan jurnal internasional di situs Oxford University.

12. Jurnal Cambridge

cambridge core tempat mencari karya ilmiah

Selanjutnya adalah Jurnal Cambridge. Kamu mencari jurnal internasional dan dari penulis dengan beragam latar belakang? Maka Jurnal Cambridge adalah jawabannya.

Melansir keepo.me, situs ini mempunyai kelebihan dalam hal kelengkapan dan kemudahan pencarian. Sehingga tidak mengejutkan bila situs ini menjadi salah satu situs penyedia jurnal internasional terbaik. 

13. Microsoft Academic

Situs ini barangkali masih sangat awan di telinga kamu. Situs ini memang belum cukup dikenal di kalangan akademisi. Akan tetapi situs ini bisa menjadi rujukan yang tepat untuk menemukan referensi karya tulis ilmiah. Situs ini adalah Microsoft Academic.

Situs ini bisa diakses dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu ketikkan kata kunci dan menyempitkan pencarian berdasarkan nama penulis, tahun terbit, sumber jurnal, atau subyek studi. Setelah itu kamu tinggal memilih jurnal yang sesuai.

Sekarang menulis tugas kuliah, skripsi, tesis, atau disertasi menjadi mudah karena situs-situs tersebut menyediakan referensi karya tulis ilmiah. Kamu tidak perlu bingung mencari referensi.

Kontributor: Ana Widiawati

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang