fbpx
promo toko buku online

Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5

sistematika penulisan skripsi
toko buku kuliah

5 Sistematika Penulisan Skripsi Dari Bab 1 sampai Bab 5 – Kamu seorang mahasiswa akhir semester? Jika iya, pasti sedang sibuk dan pusing menyelesaikan skripsi bukan? Membicarakan tentang skripsi pasti akan membicarakan yang namannya sistematika penulisan skripsi. Ternyata banyak orang yang tidak tahu sistematika penulisan skripsi itu seperti apa dan bagaimana. 

Nah, pada kesempatan kali ini kamu tidak lagi pusing dan binggung. Karena saya akan mengulas sistematika penulisan skripsi untuk memudahkan kamu dalam membuat kerangka penelitian. Umumnya sistematika penulisan ini sebagai jembatan atau kontrol penelitian yang akan kamu kerjakan. Itu sebabnya dibagi menjadi beberapa bab, diantarannya sebagai berikut. 

Sistematika Penulisan Skripsi

Secara umum sistematika penulisan skripsi adalah sebagai berikut :

Halaman Judul
Halaman Persetujuan
Halaman Pengesahan
Halaman Motto
Halaman Persembahan
Halaman Pernyataan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
Halaman Abstrak

Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

Bab II Landasan Teori
A. Kajian Pustaka
B. Kajian Pustaka Tentang Objek Penelitian
C. Hasil Penelitian Terdahulu
D. Kerangka Penelitian
E. Hipotesis

BAB III Metode Penelitian
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Jenis Penelitian
C. Subyek Penelitian
D. Prosedur Penelitian
E. Teknik Pengumpulan data
F. Validitas Data
G. Teknik Analisis Data
H. Instrumen Penelitian
I. Indikator Pencapaian

Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan

Bab V Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Implikasi
C. Saran

Daftar Pustaka

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian.

Sistematika penulisan skripsi
Sistematika penulisan skripsi
Sistematika Skripsi
Sistematika Skripsi

Sistematika Penulisan Skripsi – BAB I Pendahuluan 

Ketika mengerjakan penelitian, tentu saja hasil penelitian kamu tidak langsung dilaporkan begitu saja bukan? Ada yang namannya pendahuluan untuk mengerjakan hasil yang diteliti.

Nah, di dalam Pendahuluan juga dapat diartikan sebagai pengantar dari karya tulis dan jawaban atas penelitian yang sedang dikerjakan. Isi dari pendahuluan itu sendiri memuat latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan dari penelitian itu sendiri, yang akan di ulas sebagai berikut.

1. Latar belakang penelitian 

Barangkali ada yang masih binggung isi latar belakang penelitian skripsi itu apa saja sih? Latar belakang dalam skripsi wajib ada. Karena keberadaan latar belakang sebagai dasar pemahaman yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Secara garis besar, latar belakang mencakupi dua kondisi, yaitu kondisi ideal dan kondisi faktual. Sifat latar belakang juga wajib memberikan solusi yang disampaikan secara rasional.

2. Rumusan Masalah 

Rumusan masalah dalam skripsi dapat diartikan sebagai pertanyaan singkat yang dituliskan di awal pembukaan karya tulis. Di rumusan ini pulalah salah satu tempat untuk menyampaikan hal yang paling krusial dari sebuah penelitian. Arti singkat dari rumusan masalah adalah pernyataan yang nanti akan dijawab di dalam penelitian yang akan diangkat.

3. Tujuan penelitian 

Tujuan penelitian dalam skripsi sebagai media untuk membuat pernyataan bahwa penulis melaporkan hasil dari penelitian. Tujuan penelitian salah satu tujuan untuk memaparkan gagasan inti yang telah ditemukan oleh penulis. Meskipun gagasan dari penulis, tetap ditulis tetap memperahatikan relevansi dan korelasi.

4. Manfaat penelitian 

Manfaat penelitian dalam skripsi sebagai problem solving atas masalah yang sedang dihadapi. Dimana penelitian yang dilakukan menyikap permasalahan yang sedah ada. Jadi bukan membuat-buat masalah untuk diteliti, melainkan mengurangi masalah dan melahirkan solusi. 

Sistematika Penulisan Skripsi – BAB II Kajian Pustaka dan Kerangka Pemikiran 

Di bab dua dalam sistematika penulisan skripsi ada empat hal yang wajib ada. Salah satunya ada kajian pustaka, kajian pustaka tentang objek penelitian, kerangka pemikiran, perspektif pekerjaan sosial tentang penelitian.

1. Kajian Pustaka 

Kajian pustaka adalah daftar referensi yang meliputi tesis, skripsi, jurnal papers, laboratory manual, karya ilmiah, artikel ataupun hand outs. Dari referensi yang diambil tersebut, wajib hukumnya menyantumkan identitas rujukan tersebut. Terkait penulisan kajian pustaka itu sendiri wajib ditulis secara teratur dan berurutan. serta sesuai dengan abjad.

2. Kajian Pustaka Tentang Obyek Penelitian 

Nah, kajian pusatka tentang objek penelitian ini lebih fokus dan menekankan pada objek penelitian yang diangkat. Tentu saja objek penelitian setiap jurusan memiliki tujuannya fokus lebih spesifik yang berbeda-beda. 

3. Kerangka Pemikiran 

Kerangka pemikiran ini juga penting dibuat jika ingin skripsi lancar. Jadi peneliti harus menentukan atau membuat outline tema apa yang akan diteliti. Menentukan siapa sampelnya, dimana lokasinya dan sistem kerja nanti juga akan seperti apa. 

Sistematika Penulisan Skripsi – BAB III Metode Penelitian 

Sistematika penulisan skripsi yang ketiga adalah metode penelitian. Saat mengerjakan skripsi, akan dihadapkan pada dua pilihan metode penelitian. Ada metode penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang sifatnya subjektif dari penulis. umumnya juga akan memakan waktu lebih lama. Sedangkan penelitian kuantitatif dalam sistem penulisan skripsi sifatnya objektif. Waktu penelitian bisa di desain oleh si peneliti itu sendiri. 

Di metode penelitian pada sistematika penulisan skripsi juga wajib terdapat teknik penelitian. Teknik penelitian memiliki beberapa bentuk. ada yang bisa dilakukan dengan angket (kuesioner), observasi, wawancara, dokumentasi dan masih banyak lagi. 

Metode penelitian juga akan mengulas tentang sampling, sampel, unit analisis dan populasi. Saat menjalankan penelitian di lapangan, tidak dapat dipungkiri bahwa perlu yang namannya teknik pengumpulan data dan instrument pengumpulan data bukan? Nah, dua hal ini juga harus dilaporkan di bab metode penelitian. Disertai dengan analisis data dan jangan lupa pula untuk menyantumkan lokasi dan waktu penelitian. 

Baca juga : Apa Itu Metodologi Penelitian? Jenis, Contoh dan Kegunaannya

Sistematika Penulisan Skripsi –  Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan 

Sistematika penulisan skripsi wajib untuk melaporkan hasil penelitian, disertai dengan pembahasan yang lengkap. 

1. Hasil Penelitian 

Sistematika penulisan skripsi di bab empat, berisikan tentang hasil penelitian. Jadi apa yang diperoleh di lapangan, maka itulah yang dilaporkan. Di sini pulalah, penelitia membahas sedetail dan sejelas mungkin. 

Terkait dengan teknik penyajian, ada tiga cara, yaitu penyajian tekstual, penyajian tabular dan penyajian grafik. Penyajian tekstual, peneliti mendeskripsikan sedetail mungkin, dan diupayakan secara singkat. Berbeda lagi dengan penyajian tabular berbentuk tabel dan grafik.

2. Pembahasan 

Akan berbeda lagi ketika kamu hendak melaporkan dibagian pembahasan. Di bab pembahasan lebih mengulas secara teoritik dari hasil penelitian. Jika peneliti ingin fokus menonjolkan aspek teoritis, maka penulis membandingkan dan membandingkan premis-premis yang mendukung hipotesis dengan fakta dan realitas yang sudah ada. 

Jika ingin tidak fokus secara teoritis. Bisa pula fokus pada aspek metodologis. Bisa pula kamu menjelaskan fenomene menggunakan asumsi ilmiah, yang tetap sesuai dengan logis.

Bab V Kesimpulan

Dibagian akhir adalah kesimpulan. Sistematika penulisan skripsi dibab kesimpulan peneliti wajib membuat kesimpulan dari hasil penelitian. Kesimpulan tidak perlu ditulis secara panjang lebar. Cukup ditulis secara singkat, padat dan jelas. Selain kesimpulan, juga perlu yang namannya plan of treatment

Sistematika Penulisan Skripsi – Daftar Pustaka 

Sistematika penulisan skripsi tidak selesai begitu saja. masih ada satu poin dasar yang wajib ada dalam membuat skripsi. Yaitu menyertakan daftar pustaka. Daftar pustaka sebagai lembar untuk menuliskan identitas sumber referensi yang sudah diguanakan dalam menjalankan penelitian. 

Terkait teknis penulisan daftar pusatka pun juga memiliki aturan tersendiri. Nah, unsur penting dalam penulisan daftar pustaka, terdiri dari nama penulis, tahun, judul referensi yang digunakan, kota penerbit dan lokasi penerbit. 

Dari ulasan sistematika penulisan skripsi di atas sebenarnya menulis skripsi bukan sesuatu yang sulit. Hal yang sulit dalam menjalankan skripsi, justru ketika terjun di lapangan dan ketika mengolah data statistic. Belum jika terdapat kendala di lapangan.

Apapun itu ujian dalam menjelankan skripsi, semoga ulasan ini banyak membantu segera menyelesaikan skripsi. 

Butuh Buku sebagai sumber referensi skripsi? Dapatkan hanya di Deepublish. Toko Buku Kuliah Terlengkap.

Baca juga panduan skripsi yang lain :

1. Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi Disertai Contohnya
2. 6 Manfaat Penelitian Skripsi Yang Wajib Kamu Tahu
3. Cara Mengatur Margin Skripsi Di Microsoft Word

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah