VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Siasat Perubahan Hidup

Siasat Perubahan Hidup
toko buku kuliah

Bicara perubahan, mungkin kebanyakan orang yang telah berada dalam zona nyaman pasti akan menolak dengan adanya sebuah perubahan. Bahkan orang yang telah berada dalam zona nyaman akan selalu mempertahankannya dan bahkan akan selalu merasa takut untuk keluar, bahkan untuk memikirkan keluar dalam zona nyaman itu adalah sesuatu yang sangat mengerikan. banyak pikiran-pikiran yang bahkan sangat membuat ketakutan akan hal-hal yang belum terjadi dan hal tersebut membuat banyak sekali pertimbangan. Di dalam buku tersebut ceritakan terdapat 4 tokoh yang memiliki perbedaan sifat. Sniff mampu mencium adanya perubahan dengan cepat, Scurry yang segera mengambil keputusan, Hem yang menolak serta mengingkati adanya perubahan karena takut perubahan akan mendatangkan sesuatu yang buruk. dan Haw akan mencoba beradaptasi ketika ada perubahan yang lebih baik. Secara singkat, diceritakan ke-4 tokoh tersebut masuk dalam sebuah labirin dan setiap hari mencari adanya “cheese”. Hingga suatu ketika menemukan tumpukan “Cheese” dalam sebuah tempat di labirin yaitu “station C” setiap pagi, haw dan hem berlari ke dalam labirin menuju station C, dengan semangat yang sama setiap paginya, hingga suatu ketika Hem dan Haw memindahkan rumah mereka di dekat station C, karena dekat degan “cheese” haw dan hem mulai menikmati tumpukan “cheese” yang sangat banyak di station C hingga mereka terbuai oleh keadaan tersebut dan menggantungkan diri pada station C. Namun, suatu ketika Scurry dan Sniff menyadari bahwa “cheese” tersebut mulai semakin menipis, mengetahui keadaan tersebut Scurry dan Sniff mulai berlari lagi ke dalam labirin karena mereka sadar bahwa keadaan semacam ini hanya akan berlangsung sementara. Namun berbeda dengan Haw dan Hem, mereka masih saja tetap tinggal di station C, tanpa menyadari adanya perubahan tersebut. hingga saatnya mereka menyadarinya ternyata “Cheese” di station C sudah habis. Dalam keadaan tersebut haw dan hem tidak langsung berlari ke labirin, namun mereka justu masih berharap besok/lusa akan ada keajaiban bahwa “Cheese” tersebut kembali di Station C. Lama penantian mereka tak kunjung terwujud, dan persediaan keju semaki menipis membuat banyak ketakutan dan kekhawatiran muncul.

Hari berganti Hari bahkan Haw dan Hem masih saja berharap di Station C. Hingga terus berhayal bahwa mereka sedang menikmati “Cheese”nya kembali. Bahkan karena itu Haw dan Hem mulai berpikir dan ada kemungkinan bahwa “Cheese” itu mungkin ada di balik tembok, lalu dengan keyakinan tersebut Haw dan Hem mulai menggali, namun tidak juga ditemukan “Cheese” didalamnya. hingga suatu ketika hal ini menjadi sia-sia dan Haw mulai menyadari adanya perbedaan besar antara aktivitas dan produktivitas.

setelah hal itu Haw mulai ingin berlari ke dalam labirin kembali mencari-cari “Cheese” di lorong-lorong labirin, meski Hem terus saja beekata bahwa di luar sana gelap dan ada bahaya yang menanti. Namun kadang kala, sesuatu itu berubah dan mereka tidak akan pernah sama lagi. itulah hidup! bertekad dari itu Haw mulai memberanikan diri menelusuri kembali labirin dan jalan-jalan yang baru. Berpetualang seperti dahulu meski Haw tidak akan pernah tau apa yang akan menantinya di depan sana, namun 1 hal yang Haw pahami, bahwa rasa takut tak akan berguna jika terlalu takut sehingga Anda tidak berani melakukan apapun. bahkan saat Haw meninggalkan rasa takut di Belakang, maka kebebasanlah yang dirasakan. hingga akhirnya setelahh melewati lorong-lorong labirin, dan Haw melawan rasa takutnya, Haw menemukan limpahan Cheese baru di Station lain, yaitu di Station N. Dan disana Haw berjumpa dengan Sniff dan Scurry. Jika saja Haw lebih awal menyadari perubahan disekelilingnya pasti akan lebih mudah untuk menjalaninya. Namun, bagi Hem lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. dan Haw berharap Hem menyadarinya dan segera keluar dari Station C dan mulai memasuki labirin. Haw pun mulai belajar dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukannya, yaitu :

  1. perubahan selalu terjadi
  2. antisipasi perubahan yang ada
  3. perhatikan perubahan
  4. sesuaikan diri dengan cepat
  5. berubah
  6. menikmati perubahan
  7. bersiaplah bereubah denan cepat dan menikmatinya lagi dan lagi

Ya, perubahan akan selalu terjadi baik itu diharapkan ataupun tidak, maka yakinlah bahwa keyakinan lama tidak akan membawa Anda ke dalam sesuatu yang baru dan bahkan hal tersebut mungkin akan lebih baik. keyakinan baru membentuk perilaku baru. saat adanya perubahan keyakinan, maka tindakan pun juga berubah. sesuaikan diri dengan cepat, perhatikan perubahan-perubahan yang ada di sekeliling, dan nikmati perubahan-perubahan yang terjadi. [Teti Sri Wahyuni]

 

Referensi:

Johnson, Spencer. Who Moved My Cheese?: Cara Cerdas Menyiasati Perubahan Dalam Hidup dan Pekerjaan. Elex Media Komputindo

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang