fbpx

Sekilas Profesi ATC Pesawat Terbang : Behind The Scene Aviation Safety

review buku behind the scenne
toko buku kuliah

Sekilas Profesi ATC Pesawat Terbang : Behind The Scene aviation safety – Buku behind the scene karya Lalu Muhammad Saleh merupakan buku kajian ATC tentang aspek psikologis, derajat kesehatan, produktivitas dan kualitas hidup di tempat kerja. Barangkali ada yang belum tahu apa itu ATC?

ATC atau lebih akrab kita dengar dengan Air traffic controllers yang merupakan profesi penting di dunia penerbangan. Profesi ATC pesawat terbang merupakan manajer pilot dalam memandu pesawat dari awal sampai akhir. ATC itu sendiri tidak sepopuler pilot, karena tugas mereka dibalik layar dunia penerbangan. Meskipun demikian, tugas mereka juga sama-sama vital. Tugasnya adalah menentukan posisi pesawat di darat maupun di udara, termasuk pula mengatur jarak antara perasawat.

Sekilas Profesi ATC Pesawaat Terbang

Buat kamu yang tertarik berkecimpung di dunia penerbangan. Buku ini sangat direkomendasikan. Pokok pembahasan buku tidak hanya mengulas tentang aspek psikologi, tetapi juga akan memaparkan safety performance, safety performance, beban kerja, produktivitas, derajat kesehatan dan kualitas hidup ATC itu sendiri. Pokok segala permasalahan di dunia penerbangan yang melibatkan semua actor, akan di ulas hanya di sini.

Membicarakan permasalahan di dunia penerbangan, apa sih permasalahan, ternyata masalah karena melibatkan banyak sektor. Banyaknya keterlibatan inilah dibutuhkan kerjasama. Tugas seorang ATC pesawat terbang itu sendiri pun juga memiliki aspek yang harus di perhatikan.

Misalnya memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja yang masih jarang di bahas di dunia penerbangan. Misalnya pun dijelaskan, hanya untuk kalangan mereka saja. Di dalam profesi ATC pesawat terbang ada yang namannya K3 penerbangan. Dimana aspek keselamatan ini memberikan pengaruh memperbaiki kualitas sumber daya manusia agar tidak terkena penyakit akibat kerja, kecelakaan kerja hingga risiko kerja.

Pembelajaran bab yang akan kamu pelajari tidak sekedar tentang behind the scene aviation safety saja. Tetapi juga akan mengulas beberapa poin sebagai berikut.

Beban Kerja Profesi (ACT) Air Traffic Controller Pesawat Terbang

Peningkatan kebutuhan transportasi udara oleh public kian meningkat seiring tekanan komersial dan teknologi, yang berdampak pada peningkatan aktivitas aircraft handling di bandara. Jika dilakukan pengecekan data terkait jumlah penerbangan di dunia flightradar24.com secara online, maka akan ditemukan database penerbangan online terbesar dengan informasi sekitar lebih 500.000 pesawat, 150 penerbangan, 7.000 banda dan 1.0000 maskapai penerbangan dan data tersebut diperbarui secara real time.

Nah di bab ini juga akan membahas dan mengulas tentang keruwetan dan kesibukan dunia penerbangan. Meskipun tampak biasa saja, siapa yang menyangka jika lalu lintas pesawat terbang di langit Indonesia dan Negara asia cukup padat. Nah, kamu bia membaca lebih lengkap ulasannya di bukunya langsung.

Safety Perfomance Profesi ATC Pesawat Terbang

Pentingnya mengutamakan perilaku selamat di lingkungan kerja mampu membawa pekerja menjadi lebih sehat dan produktif dalm bekerja. Tingkat keselamatan yang tinggi adalah hasil dari interaksi yang kompleks antara desain yang baik, dan kolaborasi operai dan kinerja manusia yang handal.

Temuan statistic oleh Eurostat pada 28 negara anggota yang tergabung dalam uni eroa, diketahui jumlah total accident di tempat kerja 2014 ada 3.176.650 orang dengan perkiraan rasioa antara non –fatal accidents dan fatal accidents yakni 850:1. Secara rinci, jumlah kasus pada laki-laki ada 2.183.494 orang. tentu saja ada masih banyak data-data penting lainnya, yang akan dibahas di buku ini.

Permasalahan lain pada safety performance juga perlu memperhatikan faktor langsung yang akan dirasakan dari beban sektor. Dari beban sektor yang ingin mempertimbangkan mengambil perubahan dalam penerbangan horizontal dan vertical pada pesawat terbang dalam periode waktu yang sama disebut kepadatan. Dimana kepadatan inilah yang akan mempengaruhi petugas merasakan kesulitan pada situasi yang sama pesaawat konvergen.

Baca juga : Butuh Tips Membaca? Baca Buku Kiat-kiat Membaca dan Penerapannya

Work Environment (Lingkungan Kerja) Profesi ATC Pesawat Terbang

Istilah work environment akan mengulas tentang kinerja profesi ATC pesawat terbang di menara kontrol atau menara pengawas. Jika para kontroler bekerja digedung perkantoran yang aman dan mereka sering bekerja di ruang semidark. Pesawat yang dikendalikan muncul sebagai titik cahaya yang bergerak melintasi rute.

Nampak pada radar yang dipantai. Adapun ketentuan atas ruangan semidark ini di implementasikan di ruangan kerja yang karena ruangan yang terang akan membuat kontroler sulit menahan titik cahaya pada radar.

Kesalahan dalam operasional pelayanan oleh human performance kemungkinan dapat terjadi akibat kesalahan pengelolaan tugas yang tidak tepat, penilaian professional yang tidak diinginkan dan keterampilan praktis tidak tingkat terlatih tidak diberikan tiap saat.

Buku setebal 245 ini juga akan mengulas tentang hazard dan risiko psikologis, derajat kesehatan, produktivitas ATC, kualitas hidup pekerj adan iklim kerja. Semuanya yang diulas segala sesuatu masih berkaitan dengan Air Traffic Controller. Meskipun tugasnya melakukan pemantauan transportasi penerbangan, ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Buat kamu yang ingin mempelajari lebih lengkap buku behind the scene, kamu bisa dapatkan di instagram Gudang Buku atau langsung di websitenye di www.penerbitbukudeepublish.com

Detail Buku :

Buku Man Behind
Buku Behind The Scene Aviation Safaty
Pengarang Lalu Muhammad Saleh
Bidang Ilmu Kesehatan
ISBN 978- 602-453-688-6
Halaman x, 269 hlm
HargaRp 88.500
Terbit 2018


Terimakasih sudah membaca review buku di atas. Baca juga review buku yang lain :

  1. Review Buku : Progress Report di Era Industri 4.0
  2. Buku Anak Elektro : Dasar Listrik dan Elektronika
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah