Logo Baru April

Tugas Sales Marketing dan Gaji [Lengkap]

tugas sales marketing
toko buku kuliah
Bagikan

Tugas sales marketing merupakan salah satu bagian penting dalam penjualan untuk dimiliki oleh suatu perusahaan atau unit usaha. Terlebih untuk unit usaha yang bergerak di bidang penjualan barang. Beberapa orang mungkin mengetahui bagian ini secara terpisah, yaitu bagian sales tersendiri dan bagian marketing tersendiri.

Namun sebenarnya sales dan marketing merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan. Secara sederhana, pekerjaan seorang sales marketing adalah untuk mempromosikan dan menjual barang.

Padahal, seorang sales marketing juga harus memiliki berbagai keterampilan, terutama dalam public speaking dan menyusun strategi. Lalu, apa saja tugas seorang sales marketing? Berikut ini adalah berbagai penjelasan mengenai seorang sales marketing.

Banyak yang menganggap kalau pekerjaan sales marketing dalam sebuah perusahaan atau unit usaha adalah untuk mempromosikan dan menjual barang hasil produksi perusahaan saja. Jika dijabarkan secara lengkap, pengertian dari sales marketing adalah pekerjaan yang tugasnya untuk menjual maupun mempromosikan barang, yang disertai dengan argumen serta deskripsi yang jelas mengenai barang tersebut.

Dilihat dari pengertian sales marketing tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa seorang sales marketing harus mempunyai kemampuan public speaking yang baik. Kemampuan public speaking yang baik ini akan berguna saat mereka mempromosikan dan menjual barang.

Kemampuan public speaking yang baik nantinya akan dapat menarik calon pembeli dan memperlihatkan bahwa seorang sales marketing benar-benar mengerti akan barang yang dijualnya. Hal ini membuat calon pembeli lebih percaya dan yakin saat akan membeli barang yang ditawarkan.

Secara garis besar, tugas dari seorang sales marketing adalah mencari konsumen atau calon pembeli untuk barang yang diproduksi atau dijual oleh perusahaan tempatnya bekerja. Selain mencari dan menawarkan barang ke konsumen atau pembeli, sales marketing juga memiliki tugas lain yang masih berhubungan dengan penjualan barang. Beberapa tugas lain dari sales marketing adalah mencari target pasar, menyusun strategi penjualan, hingga melakukan berbagai analisa untuk penjualan.

Apa Itu Sales Marketing

Agar lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan sales marketing, sebaiknya kita memahami satu persatu, apa yang dimaksud dengan sales dan marketing. Pada sebuah perusahaan, sales dapat diartikan sebagai bagian di perusahaan dengan tugas untuk menjual produk dengan harga yang sudah ditentukan.

Sedangkan marketing merupakan keseluruhan dari sistem kegiatan bisnis, yang meliputi perencanaan produk, menentukan harga, promosi produk, hingga proses pendistribusian barang. Berdasarkan definisi keduanya, maka sales dan marketing dapat dibedakan menjadi sales yang berfokus di bagian penjualan dan berhubungan langsung dengan konsumen atau pembeli, sedangkan marketing adalah penyusunan berbagai strategi untuk penjualan barang.

Daftar Open Reseller

Namun, ada juga istilah sales marketing. Sebenarnya, apa itu sales marketing?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagian sales dan marketing memiliki perbedaan tugas kerja yang berbeda-beda. Inilah sebabnya, dalam sebuah perusahaan atau unit usaha, bagian sales dan marketing saling terpisah. Namun di beberapa perusahaan, dua bagian ini menjadi satu, yaitu bagian sales marketing.

Sales marketing dalam sebuah perusahaan atau unit usaha berarti adalah bagian yang bertugas untuk mengatur strategi penjualan, analisa pasar, hingga melakukan penjualan langsung ke calon pembeli. Hal ini berarti, seorang sales marketing harus memiliki berbagai kemampuan untuk memenuhi syarat sebagai seorang sales marketing.

Pekerjaan dan Tugas Sales Marketing

tugas sales marketing produk
Tugas Sales Marketing Produk

Sebagai seorang sales marketing, maka ada berbagai pekerjaan dan tugas yang harus dilaksanakan, sesuai dengan pekerjaannya, antara lain.

1. Mencari Target Pasar

Pekerjaan dan tugas pertama dari seorang sales marketing adalah untuk mencari target pasar. Mencari target pasar ini merupakan tugas utama dari seorang sales marketing, sebab target pasar atau target pembeli yang tepat akan mempengaruhi penjualan yang dilakukannya.

Seorang sales marketing juga memiliki target penjualan setiap bulannya, yaitu berapa banyak barang yang mampu dijual ke konsumen atau pembeli. Maka dari itu, mencari target pasar yang tepat merupakan hal yang penting dilakukan sebagai tugas seorang sales marketing.

promo 8.8

2. Menawarkan Produk untuk Dijual

Setelah menemukan target pasar yang tepat untuk penjualan barang yang harus dijualnya, tugas lain dari seorang sales marketing adalah untuk menawarkan produk yang dijual. Pada tugas inilah kemampuan public speaking dan product knowledge atau pengetahuan akan produk yang dijual harus digunakan oleh seorang sales marketing.

Saat menawarkan produk kepada calon pembeli, seorang sales marketing harus mampu meyakinkan calon pembeli mengenai barang yang dijualnya. Kemampuan public speaking ini juga harus dibarengi dengan pengetahuan sales marketing mengenai produk yang dijualnya. Pengetahuan ini penting, agar calon pembeli yakin untuk membeli barang yang dijual.

3. Mendata Hasil Penjualan dan Profit

Mendata hasil penjualan dan profit atau melakukan rekap data penjualan juga merupakan tugas dari seorang sales marketing. Data hasil penjualan dan profit ini nantinya akan berpengaruh pada analisa pasar serta strategi penjualan yang harus dilakukan berikutnya.

4. Menyusun Strategi Selling

Tugas keempat dari seorang sales marketing adalah menyusun strategi selling atau strategi penjualan. Strategi selling ini akan digunakan oleh sales marketing untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Strategi selling disusun atau dibuat berdasarkan hasil evaluasi kinerja dan penjualan.

5. Menggerakkan dan Mengelola Tim Solid

Agar dapat bekerja dengan maksimal, bagian sales marketing akan bekerja dalam tim, mulai dari menyusun strategi, melakukan penjualan, hingga melakukan analisa dan evaluasi kinerja. maka dari itu, menggerakkan dan mengelola tim solid juga menjadi salah satu tugas dan pekerjaan dari sales marketing. Tim yang solid akan berpengaruh pada kinerja sales marketing dalam proses pemasaran dan promosi produk.

6. Analisis Pesaing

Setiap usaha atau bisnis tentu akan memiliki pesaing. Melakukan analisis pesaing juga merupakan tugas dari sales marketing. Tujuan dilakukannya analisis pesaing adalah mengetahui bagaimana cara pesaing dalam melakukan penjualan, agar nantinya perusahaan tidak kalah saing dengan perusahaan lain. Salah satu caranya adalah dengan mengubah strategi selling.

7. Analisis Pasar dan Trend

Selain analisis pesaing, melakukan analisis pasar dan trend juga merupakan tugas penting dari seorang sales marketing. Analisis pasar dan tren ini penting dilakukan karena akan memengaruhi berbagai hal dalam penjualan. Misalnya seperti memengaruhi target pasar, hingga memengaruhi strategi selling yang harus dibuat dan dilakukan.

Syarat Menjadi Sales Marketing

Seorang sales marketing akan selalu menghadapi calon pembeli setiap harinya. Maka, untuk menjadi sales marketing harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
  2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  3. Memiliki kemampuan negosiasi
  4. Mampu mengatasi dan menghadapi penolakan
  5. Memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan empati yang tinggi
  6. Cepat belajar dan memiliki product knowledge yang baik

Baca juga pengertian mengenai apa itu sales canvasser?

Rata-Rata Gaji Sales Marketing

Menjadi sales marketing saat ini bisa dikatakan sebagai sebuah pekerjaan yang cukup menjanjikan. Sebab, rata-rata gaji sales marketing cukup tinggi. Rata-rata gaji sales marketing dapat berkisar antara Rp 4.000.000 sampai dengan Rp 8.000.000 per bulan.

Namun besaran gaji ini akan berbeda-beda nominalnya, tergantung dari berbagai faktor. Berbagai faktor ini seperti posisi jabatan, wilayah bekerja, besarnya UMR dan UMK, perusahaan tempat bekerja, tunjangan, serta bonus yang didapatkan dari penjualan.

Setiap perusahaan tentu akan memiliki besaran gaji untuk karyawannya, termasuk perbedaan fasilitas dan tunjangan untuk setiap posisi yang berbeda. Jika ingin mendapatkan gaji yang cukup besar, calon sales marketing bisa melakukan negosiasi gaji dengan pihak personalia atau HRD.

Baca juga: Mengenal Personal Selling

(Penulis: Tyas Wening)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022