VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Sakit: Karunia Allah yang Sering Terlupakan

sakit karunia allah
toko buku kuliah

Sakit: Karunia Allah yang Sering Terlupakan – Sakit pasti menjadi hal tidak mengenakkan bagi kita. Allah berfirman di dalam Al Quran bahwa manusia itu mempunyai naluri alami untuk mengeluh ketika sedang susah dan cenderung sombong ketika senang. Mama Dedeh di dalam acara pengajian pagi Jumat, 25 September ini memberikan gambaran bahwa justru sakit itu merupakan karunia yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya.

Sakit yang diberikan oleh Allah kepada manusia ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada hambanya karena dengan merasakan sakit maka manusia akan menyadari bahwa kehidupannya ada yang menggenggam. Dengan merasakan ketidakberdayaan di tengah rasa sakit itu maka manusia akan mengingat siapa yang Maha Kuasa.

Sakit yang kita rasakan bisa menjadi penghapus dosa ketika kita melakukan muhasabah (merenung dan instrospeksi diri), meminta ampunan kepada Allah atas dosa-dosa kita dan bertaubat, serta berdzikir. Namun ketika kita berkeluh kesah atas sakit yang dirasakan, maka Allah akan mengembalikan dosa kita ketika sakit yang ada pada diri kita diangkat oleh Allah. Mama Dedeh menasehati kita untuk tidak gampang mengeluh dengan rasa sakit yang kita rasakan.

Di saat kondisi kita yang sedang sakit, selain kita minta kesembuhan kepada Allah, kita juga wajib berikhtiar untuk kesembuhan kita. Niat menjadi salah satu hal krusial karena dengan beroptimis bisa sembuh, berperan sebesar 50 % proses penyembuhan itu sendiri.

Mengurus orang yang sedang itu juga merupakan tantangan besar karena ketika seseorang sakit maka ia cenderung merasakan “post power syndrome” atau “powerless”, ketika ia sehat ia bisa melakukan banyak hal namun ketika sakit ia cenderung merasa tidak berdaya. Kondisi psikis seperti ini tentu akan membuat emosinya menjadi tidak stabil, cenderung mudah marah, dan tidak rasional. Sehingga mengurus orang yang sedang sakit pun menjadi lading ibadah bagi mereka yang sabar dalam melakukannya.

Seiring bertambahnya usia maka daya tahan tubuh semakin berkurang dan orang akan cenderung mudah sakit. Allah pun menjadikan sakit di usia tua ini sebagai kesempatan untuk menghapuskan dosa yang dilakukan ketika masa yang lebih muda, produktif, dan powerful. Allah memberikan kesempatan penghapusan dosa sebelum datangnya kematian. Masya Allah, sungguh besar kasih sayang-Nya kepada manusia.

Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang mau menerima musibah di dalam kehidupan kami karena itulah masa Engkau memberikan kesempatan kami untuk lebih mendekat kepada Engkau. Kuatkanlah kami dan berikan kesabaran dalam menghadapinya, serta jangan jadikan kami orang yang lemah. Aamiin.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ditulis oleh: Dyah Puspo Mukti

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang