Ruang Lingkup Ekonomi Pembangunan

ekonomi-pembangunan
toko buku kuliah
Bagikan

Ruang Lingkup Ekonomi pembangunan – salah satu cabang ilmu yang kini masih tetap dipelajari karena peran dan tujuannya adalah pembangunan ekonomi. Sebagai negara maju, tentu saja masih sangat terus mengembangkan dunia pembangunan ekonomi maju agar tidak menjadi Negara berkembang. Jelas, inginnya setiap tahun semakin lebih baik. Apalagi jika mengingat Indonesia sebagai negara yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) besar dan potensi yang luar biasa.

Ekonomi pembangunan salah satu cabang ilmu yang kini masih tetap dipelajari karena peran dan tujuannya adalah pembangunan ekonomi. Bukan hanya fokus meningkatkan pendapatan secara nasional, tetapi juga mampu bisa menyejahterakan masyarakat itu sendiri. Karena pernah terjadi pembangunan ekonomi yang hanya mengejar target secara nasional, hingga melupakan perekonomian tingkat paling bawah, dalam hal ini pelaku ekonomi masyarakat.

Sebagai negara maju, tentu saja masih sangat terus mengembangkan dunia pembangunan ekonomi maju agar lebih maju dan lebih baik dari tahun ke tahun. Mengingat Negara berkembang seperti Indonesia memiliki permasalahan ekonomi yang sangat pelik. Seperti yang kita lihat, sebagai Negara kepualauan, semakin banyak permasalahan dibidang ekonomi yang tidak kunjung usai.

Karena alasan di atas pula, justru keberagaman yang dimiliki, satu sisi juga menjadi peluang untuk meningkatkan pembangunan ekonomi. Karena sebagai Negara kepuauan, pastinya memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDA) yang beragam dan unik.

Keunikan-keunikan inilah yang hendak ditonjolkan dan menjadi peluang. Nah, mengulas buku ekonomi pembangunan di atas, kesempatan kali ini akan diulas lebih lengkap. Kamu bisa terus mengikuti ulasan di sini. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Ruang Lingkup Ekonomi Pembangunan

Buku Ekonomi pembangunan memiliki cakupan yang lebih luas. Tidak hanya mengupas dunia ekonomi saja, tetpai juga politik, pertumbuhan material, yang lekat dengan ekonomi tradisional. Jadi ekonomi tradisional ilmu ekonomi yang fokus mengembangkan sumber produktif langka lebih murah, efisien dan sifatnya dapat dikembangkan secara terus menerus.
Ilmu ekonomi tradisional ada pula yang menyebutnya dengan aliran ekonomi klasik dan neoklasik, dimana dulu di Amerika dan Inggris sering diajarkan ilmu ekonomi tradisional ini.

Ulasan lebih luas dari ekonomi tradisional adalah ekonomi politik. Ekonomi politik cakupan yang diurusi adalah ekonomi dibidang politik dan untuk sumber-sumber produktif langka. Pada prinsipnya, hubungan politik dan ekonomi ini menekankan pada kekuasaan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Ruang lingkup ekonomi pembangunan juga meliputi ilmu ekonomi pembangunan. ilmu ekonomi pembangunan tidak hanya mengurus mekanisme perekonomian, tetapi juga mengurus tentang institusional dan sosial. Cakupan luasnya pun mulai dari swasta hingga pemerintah. Inti kinerjanya adalah menciptakan perbaikan yang cepat, luas dalam kehidupan masyarakat miskin, kurang pendidikan dll.

Nah, bagaimana dengan perkembangan perekonomian di Indonesia? Dibandingkan tahun-tahun yang lalu, tentu saja sekarang lebih baik dibandingkan dulu. Coba bayangkan ketika masa Soeharto, perekonomian kita belum banyak yang mandiri. Belum ada pelaku UKM atau UMKM. Sedangkan sekarang, semakin banyak pelaku bisnis yang lahir dengan kreativitas yang melahirkan keuntungan. Jadi tidak hanya menguntungkan masyarakat itu sendiri, tetapi juga mengurangi pengangguran karena sudah bisa hidup mandiri.

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Dahulu, pertumbuhan dan pembanguan ekonomi sebelum perang duania kedua, sekitar dekade 1950 sampai 1960-an mengarahkan pada pertumbuhan produksi nasional. Dimana pada waktu itu pertumbuhan ekonomi nasional ditandai dengan kenaikan GNP yang sifatnya lebih bersifat ekonomis. GNP kepanjangan dari Gross National Product atau yang disebut dengan produk nasional bruto. Hasilnya, pertumbuhan yang dimaksud tidak memecahkan masalah pembangunan. Masyarakat tetap tidak mengalami perubahan taraf hidup mereka.

Tidak hanya itu, pertumbuhan ekonomi kala itu justru menimbulkan kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin. Pembangunan yang berorientasi pada GNP tidak memecahkan permasalahan pembangunan. Pertumbuhan yang tinggi juga tidak dapat dijadikan perbaikan distribusi pendpatan di kalangan masyarakat. Akhirnya disadari bahwa pembangunan itu sifatnya luas, tidak sekedar mencapai GNP per tahun saja. Tetapi juga memikirkan kegiatan yang fokus mengembangkan kegiatan ekonomi untuk masyarakatnya.

Pembangunan ekonomi pada dasarnya sebagai peningkatan pendapatan per kapita masyarakat melebihi pertumbuhan dari GDP dari tingkat pertumbuhan penduduk. Sedangkan perkembangan Gross Domesti Product (GDP) yang disertai oleh perombakan dan modernisasi struktur ekonominya.

Secara singkat, pembangunan ekonomi memiliki cakupan lebih luas terhadap tatanan ekonomi masyarakat secara menyuluruh.
Pembangunan ekonomi akan terus bergerak, dan terus berproses. Proses transformasi yang dapat dilakukan melalui perubahan struktural. Pertumbuhan ekonomi berpokok pada proses peningkatan produksi barang dan jasa dalam kegiatan ekonomi masyarakat negara bersangkutan.

Pendapatan Nasional dan Pendapatan Per Kapita

Ekonomi pembangunan pastinya juga mengulas tentang pendapatan nasional dan pendapatan per kapita. Istilah pendapatan nasional adalah nilai produksi baik barang atau jasa yang dihasilkan oleh negara dalam kurun waktu setahun. Nah, setidaknya ada tiga metode produksi untuk melakukan perhitungannya nih. Pertama metode pengeluaran dan metode pendapatan dan metode produksi.

Untuk metode produksi baru dapat dihitung secara nasional ketika nilai produksi barang jasa yang dihasilkan setiap sektor di periode tertentu. Padahal ada banyak sektor, diantarannya sektor pertanian, pertambangan, industri pengolahan, penggalian, listrik, bangunan, komunikasi, perdagangan dan tentu saja masih banyak sector lainnya. Setidaknya ada sekitar 11 sektor yang dapat dikembangkan dalam ekonomi pembangunan. Nah, untuk ulasan lebih lanjutnya, bisa dipelajari di dalam bukunya langsung.

Ekonomi pembangunan pada dasarnya memiliki nilai pendapatan nasional yang dibagi menjadi dua faktor. Yaitu faktor perubahan tingkat kegiatan ekonomi dan perubahan harga-harga. Jadi, dapat dituliskan bahwa pertumbuhan perekonomian itu mengalami peningkatan ekonomi apabila yang dicapai lebih tinggi dari waktu sebleumnya, dan ini tahun-tahun berikutnya juga akan terus bertambah besar.

Pendapatan per kapita yang kini mencoba distabilkan. Misalnya memberikan wadah bagi para pelaku UKM dan UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka. Semakin banyak pelaku di bidang ekonomi, semakin baik pertumbuhan perekonomian dalam pertahun. Jadi, prinsip sekarang diubah dengan cara meningkatkan pendaptan perkapita untuk mencapai pendapatan nasional, bukan dari nasional untuk perkapita, karena akan ditakutkan terjadi kesenjangan seperti yang diulas di bab sebelumnya.

Rekomendasi Buku ekonomi Pembangunan

Nah, bagi kamu yang sekarang sedang binggung mencari buku ekonomi pembangunan. Kami ada satu rekomendasi buku karya Christea Frisdiantara dan Imam Mukhlis yang berjudul “Ekonomi Pembangunan Sebuah Kajian Teoritis dan Empiris“.

Jadi buku terbitan Deepublish ini mengulas tentang dinamika pembangunan ekonomi yang memanfaatkan berbagai sumber daya dan kebijakan, demi mencapai kesejahteraan masyarakat. Barangkali kamu salah satu mahasiswa yang keesulitan mencari buku pegangan ini bukan? Sekarang kamu tidak perlu binggung, harga bukunya pun terbilang terjangkau, hanya 104.000 saja.

Buku ekonomi pembangunan mengulas konsep ekonomi yang mengimplementasikan dalam pembangunan. buku setebal 174 halaman ini memang buku yang didedikasikan untuk mahasiswa yang sedang mempelajari tentang ekonomi pembangunan. Jadi di dalam buku ini bentuk dari kajian teoritis dan empiris, sehingga dari segi isi, lebih aplikatif.

Meskipun buku ini diperuntukan untuk mahasiswa, bukan berarti buku ini tertutup untuk dibaca orang umum. Buku ini tetap terbuka dipelajari oleh umum. Dan mungkin salah satunya adalah kamu yang memang penasaran tentang pembahasan dan kajian pembangunan ekonomi saat ini di Indonesia. Nah, kamu bisa langsung pesan di sini.

Itulah ulasan ruang lingkup ekonomi pembangunan yang semoga memberikan wawasan dan pengetahuan baru buat kamu. Semoga pula rekomendasi buku tersebut juga bisa memberikan kemudahan kamu yang pusing ingin membeli buku ekonomi pembangunan yang seperti apa.

Nah, semoga ulasan ruang lingkup ekonomi pembangunan ini bermanfaat dan memberikan pemahaman. Siapa tahu kamu salah satu menteri ekonomi di masa yang akan datang.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang