fbpx

(Review) Buku Supply Chain Management (SCM)

review buku supply chain management

Fungsi supply chain management (SCM) adalah merencanakan, mengatur, mengkoordinasi dn mengontrol semua aktivitas supply chain. Buku yang ditulis oleh Muhammad Arif akan memuat bahasan tentang konsep, pelaksanaan, fungsi, pengembangan distribusi, analisis inventori, pembelian dan procurement dari Supply Chain Management.

Supply chain adalah pengelolaan berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh bahan mentah. Kemudian masuk proses selanjutnya menjadi produk dalam proses. Setelah produk dalam proses selesai, barulah menjadi produk jadi, sebelum akhirnya diterukan pengiriman dan distribusi. Supply chain akan bersinggungan dengan aliran material, informasi, uang dan jasa, dari pemasok melalui pabrik-pabrik, warehousing akhirnya pelanggan.

Review Buku Supply Chain Management (SCM)

Buat kamu yang mungkin mengambil mata kuliah ini, maka buku manajemen ini pun pilihan buku yang pas dan cocok. Karena kamu akan diantarkan seluk beluk dunia SCM.

1. Seberapa Penting Supply Chain Management untuk Mahasiswa?

Memang tidak semua orang tahu istilah SCM satu ini. jadi, SCM mengutamakan arus barang antar perusahaan dari hulu ke hilir (dari perusahaan ke toko). Pastinya di tahap sini akan melibatkan supplier sampai dengan pelanggan. Dengan kata lain, SCM masih berkaitan dengan siklus yang lengkap ari bahan mentah dari para supplier, ke kegiatan operasional di perusahaan, sebelum akhirnya berlanjut ke distribusi sampai konsumen.

SCM menjadi dasar pemikiran bahwa untuk fokus pada pengurangan ketidakefektifan dan mengoptimalkan nilai pada rantai pasokan yang berkaitan. Jadi SCM ini sangat penting bagi mahasiswa. Karena akan mengajak mahasiswa mengasah kemampuan dalam mengelola rantai pasokan dalam menciptakan siste manufaktur yang efisiend an efektif.

Tidak hanya itu, setiap mahasiswa juga akan diajarkan tentang prosedur yang sistematis dalam mengelola kegaitan dalam memperoleh bahan mentah. Belum lagi soal pengiriman, sistem distribusi dan masih banyak lagi deh yang akan kamu pelajari di sini.

Baca juga : Rekomendasi Buku Sistem Informasi Manajemen

2. Fungsi SUpply Chain Management Bagi Perusahaan

Fungsi SCM adalah meningkatkan kepercayaan dan kolaborasi diantara rekanan, rantai pasok dan meningkatkan investaris dan kejelasan percetapan inventori. Secara garis besar manajemen berperan untuk membagi ke dalam tiga hal, yaitu distribusi, jejaring dan perencanaan kapasitas.

Adapun fungsi dari SCM bagi perusahaan fokus pada kepuasan pelanggan, meningkatkan pendapatan, menurunkan biaya, pemanfaatan asset semakin tinggi, meningkatkan laba dan membesarkan perusahaan.

3. Prinsip SCM Bagi Manager Perusahaan

Hal yang tidak kalah penting pula, kamu juga perlu mengetahui prinsip-prinsip SCM. Menurut Britt dan Frave, ada tujuh prinsip SCM yang berperan bisa membantu manajer dalam merumuskan strategi pelaksanaan.

Ketujuan prinsip tersebut pertama, memperhatikan segmentasi pelanggan berdasarkan kebutuhanya. Kedua, sesuaikan jaringan logistic untuk melayani kebutuhan pelanggan yang berbeda. Ketiga, dengarkan sinyal pasar dan jadikan itu sebagai dasar dalam perencanaan kebutuhan, sehingga bisa menghasilkan ramalan yang konsisten dan alokasi sumber daya yang optimal.

Keempat, lakukan diferensiasi produk pada titik yang lebih dekat dengan konsumen dan percepat konversinya di sepanjang rantai pasok. Kelima, jangan lupa untuk mengelola sumber pasokan secara strategis untuk mengurangi ongkor kepemilikan dari material maupun jasa. Keenam, kembangkan strategi teknologi untuk keseluruhan rantai pasok yang mendukung pengambilan keputusan berhirarki serta berikan gambaran yang jelas dari aliran produk, jasa dan informasi.

Prinsip SCM terakhir adalah, lakukan pengukuran kerja untuk sebuah rantai pasok secara keseluruhan dengan maksud untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen akhir.

Baca juga : Rekomendasi Buku Manajemen SDM

4. Analisis Inventori

Membicarakan tentang inventori, kamu pasti tidak asing lagi bukan. Setiap perusahaan pastinya juga memiliki inventori. Terutama untuk perusahaan niaga dan industri. Inventari atau persediaan merupakan salah satu jenis aktiva lancar yang jumlahnya cukup besar dalam suatu perusahaan. Persediaan itu sendiri merupakan faktor penting yang melancarkan operasi perusahaan.

Persediaan dapat diartikan sebagai investasi, dari mana keuntungan itu bisa diharapkan melalui penjualan di kemudian hari. Itu sebabnya banyak perusahaan sejumlah minimal persediaan dipertahankan untuk menjamin kontinuitas dan stabilitas penjualannya.

Buku setebal 189 halaman akan menerangkan pula tiga bentuk persediaan perusahaan yang patut kamu tahu nih. Apa sajakah itu? pertama persedian bahan mentah, termasuk pula barang setengah jadi juga termasuk di poin ini loh. Kedua, persediaan barang dalam proses, ketiga persediaan barang jadi.

Membicarakan inventori, di halaman 128 kamu juga akan diperkenalkan bagaimana teknik pengelolaan dan perhitungannya. Tentu saja dengan rumus dan ulasan paling lengkap.

Baca juga : Ciri-ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

5. Keterkaitan E-Businees dengan SCM

Supplay chain management (SCM) terkait juga dengan e-bussiness. Dimana e-business menunjkan gejala positif. Apalagi dengan adannya dukungan teknologi saat ini. perkembangan yang sangat pesat dari sistem internet beserta perangkat keras dan lunaknya dewasa ini sebagai communication channel, yang telah memberikan kontribusi besa pada perubahan mendasar dalam hal economics of information sistem.

Setiap perusahaan industri akan dihadapkan pada masalah transportasi bahan (material handling). Jadi perusahaan dituntut untuk memindahan bahand ari satu tempat proses produksi ke tempat proses produk yang lain. Maka dibutuhkan yang namannya transportasi. Tentu saja jarak satu dengan yang lain membutuhkan bahan bakar bukan. Bahan bakar inilah yang juga harus diperhitungkan untuk dijadikan beban dalam menentukan biaya atau harga jual produk.

Detail Buku Supply Chain Management : 

Buku Supply Chain Management

Pengarang Muhammad Arif
Institusi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
Kategori Buku Ajar
Bidang Ilmu Teknik
ISBN 978-602-453-737-1
Ukuran 14×20 cm
Halaman xviii, 189 hlm
Tahun Terbit  2018

Nah di sinilah nantinya e-business dengan SCM akan bekolaborasi. Buat kamu yang penasaran, bisa langsung saja membaca ulasannya dan buku supply chain management ini bisa di dapatkan di toko buku online deepublish. Semoga ulasan ini bermanfaat ya, terimakasih..

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang