fbpx

Review Buku Sistem Informasi: Analisis dan Perancangannya

review buku analisis perancangan sistem informasi

Review Buku Sistem Informasi – Analisis dan perancangan sistem informasi adalah buku yang wajib kamu baca. Terutama buat kamu mahasiswa yang sedang melakukan magang, membuat laporan proyek ataupun tengah membuat skripsi. Buku karya Maniah dan Dini Hamidin dikemas lebih tersistematis dan lengkap. Tentu saja, penyampaian menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami.

Buat kamu nih yang ingin mendapatkan buku ini, kamu bisa dapatkan koleksinya di sini. Atau buat kamu yang penasaran dengan isi bukunya, saya akan mengajak kamu spoiler terlebih dahulu. Berikut ulasan tentang review buku sistem informasi.

Review Buku Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Analisis Sistem Informasi 

Buat kamu nih yang belum tahu apa dan bagaimana cara membuat laporan, tentu saja kamu harus memahami, menguasai terlebih dahulu poin-poin apa saja yang akan dipelajari. Salah satunya menguasai dan mengenali tentang konsep dasar sistem informasi. Diambil dari kata sistem, yang berarti kumpulan dari elemen-elemen beruta data, jaringan kerja yang saling berhubungan, teknologi, SDM dan lain sebagainya. Di sana ada urutan kegiatan dalam prosedur yang digunakan untuk menjelaskan apa yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakannya dan kapan mengerjakannya.

Pada prinsipnya, sebuah sistem harus memenuhi syarat minimum yang memiliki 3 unsur pembentuk sistem, terdiri dari input, proses dan output. Kata informasi atau information life cycle adalah pengelolaan informasi melalui proses menjadi penggunaan untuk mengetahui kapan harus diformulasikan, dirasionalisasi dan kapan informasi itu digunakan atau dibuang. Nah, di sinilah ada yang namannya manajemen siklus hidup informasi yang meliputi beberapa poin, yang tentu saja hanya bisa kamu baca ulasannya langsung di bukunya.

Lihat buku-buku yang lain dalam kategori : Buku Sains dan Teknologi

Analisis Kebutuhan Pemakai

Buku analisis dan perancangan sistem informasi menyinggung tentang analisis kebutuhan pemakai. Di bab ini analisis kebutuhan diawali dengan melakukan analisis terhadap sistem lama yang menjelaskan hasil pengamatan terhadap sistem lama yang akan dikembangkan menjadi sistem baru. Tentu saja tujuannya untuk membuat sistem I nformasi.

Jadi buat kamu nih yang sedang mencari penggunaan sistem, kamu akan mempelajarinya di sini. Setidaknya di sinilah penggunaan sistem informasi digunakan dan membantu kamu melakukan identifikasi. Misalnya, untuk mengetahui siapa user yang sesuai dengan kebutuhan sistem. Adapun trik dan cara mengidentifikasi user, semua di ulas dan diulik tuntas di sini.

Analisis kebutuhan sistem

jika di atas menyinggung analisis kebutuhan pemakai, maka di sini ada analisis kebutuhan sistem. Analisis kebutuhan sistem adalah kondisi atau kemampuan yang harus dipenuhi oleh sistem sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh pemakai. Ada tiga sistem yang diinginkan pemakai, pertama kebutuhan informasi, kebutuhan aplikasi atau proses pengelolaan data. Dimana pengelolaan data inilah yang diharapkan akan mendapatkan informasi yang dicari. Ketiga, membuat kebutuhan perangkat keras.

Buku analisis dan perancangan sistem informasi ini juga akan akan memperkenalkan tentang pemodelan sistem, yang merupakan alat komunikasi visual untuk mendapatkan gambaran dengan lebih jelas lagi. Tentu saja karena di sii yang dibahas adalah pemodelan sistem, maka sistem yang digambarkan juga nyata.

Lalu, apa saja sih bentuk pemodelan yang akan kamu pelajari di sana. Ada dua pemodelan sistem, yang disebut dengan pemodelan sistem terstruktur, yang berbentuk data flow diagram/DFD dan IDEF0 dll. Ada juga yang namannya pemodelan sistem berorientasi objek yang dapat berupa unified modeling language/UML. Dari kedua perangkat pemodelan sistem tersebut, kamu bisa dapatkan informasinya di sana.

Pemodelan Data

Review buku sistem informasi yang mengupas tentang perancangan sistem, maka kamu juga akan belajar tentang pemodelan data. Pemodelan data ada beberapa bentuk, salah satunya kamus data (KD). Manfaat kamus data berfungsi untuk membantu pelaku sistem untuk memahami aplikasi secara detail, kamus data mereorganisasi semua elemen data yang digunakan dalam sistem dengan presisi yang sedemikian rupa pemakaiannya. Termasuk dalam menganalisis sistem.

Barangkali kamu masih belum tahu dan paham apa itu kamus data dan bagaimana cara penulisannya? Nah di sini kamu akan diajarkan bagaimana kamu bisa menghasilkan kamus data dan bagaimana cara penyimpanannya. Selain kamus data, ada juga entity relationshio diagram (ER-Diagram), dimana ER diagram ini juga sering digunakan untuk mentransformasikan data-data yang ditemui. Kemudian dituliskan dalam bentuk notasi, notasi inilah yang dijadikan sebagai perangkat konseptual menjadi diagram data yang dikenal dengan diagram entity relationship.

Sedikit menyinggung tentang ER-Diagram, memiliki dua komponen pembentuk. Pertama yang disebut dengan entitas dan kedua adalah relasi. Nah, apa itu entitas dan relasi? Kamu bisa pelajari ulasannya di sana.

Spesifikasi proses

Memang ada banyak sekali ulasan di dalam analisis dan perancangan sistem informasi satu ini. Di sana kamu juga akan belajar tentang spesifikasi proses mendefinisikan apa yang harus dikerjakan untuk merubah input menjadi output. Spesifikasi proses juga memberikan gambaran detail kebijakan bisnis user yang dibawa oleh setiap lingkaran.

Di sini kamu juga akan belajar tentang logika proses dalam spesifikasi proses menggunakan structured English (SE), flowchart, decision table, pre/post condition dan diagram nassi-shneiderman. Nah, dari beberapa poin tersebut, akan dibahas secara lengkap di buku terbitan Deepublish ini.

Detail Buku : 

Buku Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Pengarang Maniah, dkk
Kategori Buku Ajar
Bidang Ilmu Sains dan Teknologi
ISBN 978-602-401-799-6
Halaman xii, 111 hlm
Harga 88.500
Ketersediaan Pesan Dulu

Semoga artikel tentang review buku sistem informasi ini berguna ya buat kalian semua.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Baca Juga :