VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Review Buku Geografi: Sistem Informasi Geografi dan Pengindraan Jauh

sistem informasi geografi
toko buku kuliah

Review Buku GeografiSistem informasi geografi dan penginderaan jauh sebenarnya buku yang mengulas banyak hal. Dede Prabowo Wiguna, sebagai penulis buku sengaja mengemas buku ini dengan menarik. Ia sengaja mengonsep dan menjawab permasalahan yang pernah ditemui, kemudian dijawab.

Jadi buku berjudul sistem informasi geografi dan penginderaan ada yang mengupas apa sih kecenderungan atau tren. Kemudian mengidentifikasi kejadian atau fenomena pada lokasi geografis tertentu. memodelkan dan memprediksi atau proses yang terus akan berevolusi. Adapun banyak bahasan lainnya.]

Review Buku Geografi : Sistem Informasi Geografi

Buat kamu nih yang mengambi jurusan psikologi dan ingin mempelajari lebih dari sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, bisa dapatkan bukunya di sini. Nah, tentu kamu penasaran buku terbitan Deepbulish ini mengulas tentang apa sih? Langsung saja intip poin yang akan di pelajari di dalam buku ini.

Analisis Perubahan Penutup Lahan

Di bab pertama penulis mengulas tentang analisis perubahan penutup lahan. Objek penelitian mengambil di daerah Propinsi Aceh. Dari hasil penemuan penulis, ditemui bahwa terjadi degradasi sumber daya alam dan lingkungan hidup akibat laju konversi lahan hutan menjadi lahan perkebunan dan pertanian yang tergolong tinggi.

Terjadi kerusahan lahan akibat penebangan hutan dan pertambangan liar. Sehingga menyebabkan kerusahan di kawasan aliran sungai. Potensi bencana banjir pun sudah hal yang pasti. Menurut World Agroforestry Centre menyampaikan bahwa dasawarsa terakhir mengalami perubahan tutupan lahan. Terjadi penebangan dan pembukaan hutan serta pembakaran ahan gambut menjadi perhatian hingga internasional loh.

Pembukaan lahan dan pembakaran lahan gambut menyumbang tingkat emisi gas rumah kaca yang terbesar. Dalam rangka meminimalisir hal tersebut, maka perlu analisis menggunakan ArcGIS. Apa itu ArcGIS, kamu bisa dapatkan cara dan penangannya dengan membaca langsung di buku karya Deepublish.

Analisis Keruangan ArcGIS untuk Pengembangan Kawasan Pemukiman

Buat kamu nih yang sedang mengalami kasus dan permasalahan pengembangan kawasan pemukiman. Kamu bisa pelajari di bab ini. Jadi buku berjudul sistem informasi geografi dan penginderaan jauh akan menyinggung dan mengupas lengkap tentang permasalahan dan solusi pengembangan kawasan permukiman menggunan analisis ArcGIS.

Di bab ini kamu akan belajar

Di bab kedua dalam buku sistem informasi geografi dan penginderaan jauh menyinggung tentang kesesuian lahan. Apakah lahan tersebut dapat digunakan untuk tujuan tertentu atau karena hal lain. Dalam kasus pengembangan kawasan pemukiman butuh klasifikasi dengan metode pembobotan.

Ada beberapa kriteria kawasan untuk pemukiman di kota dan di desai, penting dan wajib memperhatikan tujuh hal penting. Pertama kesesuaian lahan dengan teknologi yang ada. Kedua, ketersediaan air terjamin. Ketiga lokasi terkait dengan kawasan permukiman yang ada.

Keempat, tidak terletak di kawasan lindung, kawasan pertanian lahan, kawasan hutan produksi. Kelima, penting pule memperhatikan lokasi kawasan tersebut apakah rawan terhadap bencana atau aman-aman saja. Keenam, memiliki akses menuju pusat kegiatan masyarakt di luar kawasan. Terakhir memperhatikan kelengkapan sarana, prasarana dan utilitas.

Klasifikasi Menggunakan Envi untuk Klasifikasi Penutupan ahan

Buku geografi dan penginderaan jauh cocok buat kamu yang sedang mengerjakan skripsi. Karena buku ini lebih fokus pada kasus yang pernah ditemui di lapangan. Salah satu kasus lain yang bisa kamu coba adalah kasus tentang analisis keruangan menggunakan envi untuk klasifikasi penutup lahan di kabupaten Banyumas.

Kasus yang ditemukan ini didasarkan pada citera satelit adalah solusi yang bisa digunakan untuk membantu mengklasifikasi penutup lahan dengan teknik klasifikasi unsupervised. Klasifikasi ini erat kaitannya dengan algoritma yang meneliti piksel dalam gambar dan agregatnya menjadi beberapa kelas berdasarkan nilai pengelompokan.

Buat kamu yang paham tentang ilmu sistem informasi geografi dan penginderaan jauh pasti sudah tidak asing dengan istilah klasifikasi unsupervised, dimana dari hasil pengelompokan akan menghasilkan kelas spectral. Di sinilah kamu bisa menggunakan algoritma dan menggabungkan kepekaan terhadap citra “tekstur” sebagai dasar menetapkan cluster. Di bab ini kamu juga akan dipaparkan metode klasifikasinya bagaimana dan seperti apa. Tertarik, bisa langsung dapatkan ilmunya di sini.

Mengukur Distribusi dan Kerapatan

Di bab ini, buku sistem informasi geografi dan penginderaan jauh ini akan gmengulas bagaimana cara mengukur distribusi dan kerapatan vegetasi di kabupaten Banyumas. Setidaknya di sinilah kamu tidak hanya mempelajari dasar teori tentang pertanyaan tentang apa yang terjadi pada suatu lokasi tertentu. Dimana lokasi dapat di deskripsikan dengan berbagai cara.

Nah, kamu di sini kamu pun juga akan diperkenalkan moetde normalized difference vegetation index (NDVI). Di sini kamu akan dijelaskan komplit langkah dan cara penyajian dan cara mengukur distribusi kerapatan.

Analisis Menguru Suhu Permukaan Tanah Menggunakan Envi

Saat mempelajari sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kamu pasti kamu juga akan melakukan pengukuran suhu permukaan tanah. Nah, di buku ini juga ada studi kasus yang bisa kamu pelajari dan diambil pelajaran. Dimana penulis menggunakan land suface themperature (LST).

LST ini disebut sebagai parameter kunci keseimbangan energy pada permukaan bumi dan merupakan variabel klimatologis utama dalam mengendalikan transfer energy, baik itu energy gelombang panjang atau atmosfer.

Di bab ini kamu juga akan belajar proses cara pengukuran permukaan tanah menggunakan citra landsat. Nah, buat kamu nih yang ingin mempelajari dan menguasai, kamu bisa mempelajari ilmunya hanya di sini. Dijamin harga terjangkau dan ramah kantong.

Detail Buku

Buku Sistem Informasi Geografi

Pengarang Dede Prabowo Wiguna
Institusi
Kategori Buku Ajar
Bidang Ilmu Geografi
ISBN 978-602-401-169-7
Ukuran 14×20 cm
Halaman xii, 138 hlm
Harga Rp. 68.500
Ketersediaan Pesan Dulu
Tahun Terbit  2017

Beli bukunya sekarang >> Buku Sistem Informasi Geografi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang