fbpx

(Review Buku) Penuntun Praktikum Bioteknologi

penuntun-praktikum-bioteknologi

Penuntun praktikum bioteknologi – Apakah kamu sekarang tengah melakukan penelitian? Khususnya penelitian tentang biologi molekuler? Nah, artikel ini sangat pas buat kamu baca. Karena akan mengulas tentang kajian bioteknologi, yang mempelajari teknik analisis biologi molekuler. Bagi lulusan biologi pasti nya sudah asing lagi dengan istilah dan sebutan ini bukan?

Pada ulasan kali ini memang tidak akan mengulas lebih dalam, karena kamu bisa membaca lebih lengkap dan tuntas dibuku karya Endik Deni Nugroho, S.Pd., M.Pd. dengan judul Penuntun praktikum Bioteknologi. Jadi buku ini dibuat berdasarkan kebutuan panduan praktis penggunaan teknik biologi molekuler.

Buku terbitan Deepublish juga menyinggung bahwa tkenik biologi molekukler meliputi beberapa hal, diantarannya isolasi DNA secara manual dan modern. Tentu saja dari cara pengujian kualitas dan kuantitas isolate DNA yang diperoleh. Sebagai tambahan catatan bahwa, syarat pembaca buku ini adalah mereka yang sudah menempuh matakuliah biokimia, biologi sel, genetika, reproduksi materi genetic, ekspresi materi genetic, dan perubahan materi genetik.

Sebenarnya aturan tersebut berfungsi agar pembaca lebih mudah memahami pesan dan maksud dari pembahasan ini. Mempelajari lebih dalam tentang buku ini, buku yang ditulis bersama rekannya, Dwi Anggorowati Rahayu, S.Si., M.Si. juga mengulas beberapa sub materi yang sebenarnya sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut adalah review sedikit tentang isi buku ini.

(Review Buku) Penuntun Praktikum Bioteknologi

Buku Penuntun Praktikum Bioteknologi
Cara Pembuatan Yogurt Buah
Siapa yang tidak mengenal yogurt? Pasti hampir semuanya mengenal jenis camilan sehat satu ini. Meskipun di pasaran sudah banyak ditemui produk ini, ternyata masih sedikit orang yang tahu cara pembuatannya loh. Siapa yang menyangka juga jika cemilan ini dibuat dari hasil fermentasi susu dengan bantuan bakteri asam laktat (BAL).

Jadi di dalam buku bioteknologi ini menyampaiakan bahwa yoghurt ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Misalnya, baik untuk mengatur saluran pencernaan, antikanker, antidiare, meningkatkan pertumbuhan, membantu penderita lactose intolerance dan mengatur kadar kolesterol dalam darah. Jadi, memang dari manfaatnya sudah tidak diragukan lagi.
Nah, buku setebal 133 halaman ini juga memberikan cara pembuatan yougurt, yang juga dapat dijadikan sebagai lab percobaan bagi para masiswa.

Pembuatan Tempe Aneka Rasa – Penuntun praktikum bioteknologi
Bagi orang desa, mungkin yogurt tidak begitu akrab di lidah di telinga mereka. Namun ketika disebutkan tempe, orang-orang desa sudah dapat dijamin mengenal dan tahu bahan makanan yang kaya gizi satu ini. Bahan makanan tempe ini pada dasarnya, proses pembuatannya juga dilakukan secara fermentasi.

Fermentasi ini menggunakan biji kedelai atau bahan lain yang mengandung protein tinggi. Misal, bisa menggunakan jenis rhizopus oligosporus, Rh. Stolonifer dan lain-lain. Selain menggunakan biji-bijian, juga menggunakan ragi tape, yang berfungsi sebagai fermentasi.

Proses pembuatan tempe ini termasuk upaya penanaman mikroba jenis jamur rhizopur SP pada media kedelai, sehingga terjadi proses fermentasi kedelai oleh ragi. Dari hasil fermentasi inilah yang menyebabkan tekstur kedelai menjadi lebih lunak, akibat teruraianya protin yang terkandung dalam kedelai menjadi sederhana, sehingga memiliki daya cerna lebih baik dibandingkan produk pangan dari kedelai yang tidak melalui proses fermentasi.

Pembuatan Tape Singkong
Bahan makanan yang juga akrab di kalangan masyarakat desa adalah tape, terutama tape singkong. Tahukah kamu jika tapie singkong yang telah difermentasi juga. Pembuatai tape ini secara teknis dibuat menggunakan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas bersih.

Secara pembuatannya, ada dua teknik pembuatan tape. Pertama akan menghasilkan tape biasa yang memiliki tekstur lunak dan basah. Adapun tape kering, yang rasanya lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan. Nah, di dalam buku penuntun praktikum bioteknologi ini juga menyantumkan trik dan cara pembuatan yang bisa kamu coba juga.

Isolasi DNA Sederhana  
Nah, bagi kamu kuliah di jurusan biologi, pasti juga tidak asing dengan istilah isolasi DNA sederhana ini. Di bab ini, Endik dan Dwi menyinggung tentang ekstraksi DNA yang merupakan serangkaian proses memisahkan DNA dari komponen sel lainnya. DNA dalam hal ini adalah Asam Deoksiribosa, yang merupakan tempat penyimpanan informasi genetic. Dimana, setiap sel memiliki DNA yang bersifat herediter pada seluruh sistem kehidupan.

Berbicara tentang DNA, ternyata tidak hanya dimiliki oleh manusia saja, tetapi juga dimiliki oleh tumbuhan dan hewan. Berbicara tentang cara isolasi DNA, ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara mutakhir dan dengan cara sederhana atau konvensional. Nah, di bab isolasi DNA Sederhana inilah kamu nantinya juga akan diajarkan tentang apa dan bagaimana proses prakteknya.

Nah dari beberapa paparan di atas, buku tentang praktik bioteknologi ini juga mengulas bab terkait. Seperti mengulas juga tentang pengenalan bahan kimia, bagaimana isolasi DNA Modern terjadi, hingga mengulas Uji Kuantitatif dan Kualitatif DNA.

Buku Penuntun praktikum bioteknologi salah satu buku referensi yang cocok kamu baca. Khususnya kamu yang kuliah di jurusan biologi dan fokus dibidang Bioteknologi. Mengintip lagi isi buku yang diterbitkan Deepublish pertamakali 2018 lalu ini juga menuangkan tentang polymerase chain reaction (PCR), bioinformatika dan aplikasinya dan analisis data sekuen DNA. Disertai juga dengan teknik ELISA dan DNA Forensik.

Nah, bagi kamu juga nih yang sedang mencari-cari ilmu tentang analisis protein dan teknik isolasi juga dibahas di buku ini. Termasuk juga membahas teknik DNA rekombinan. Nah, inilah beberapa ulasan tentang Penuntun praktikum bioteknologi, tentang buku bioteknologi. Semoga ulasan dan penjelasan ini bermanfaat.

Beli bukunya disini >> Buku Penuntun Praktikum Bioteknologi

 

Judul : Buku Penuntun Praktikum Bioteknologi

Penulis : Endik Deni Nugroho dan Dwi Anggrowati Rahayu

Bidang Ilmu : Sains dan Teknologi

ISBN : 978-602-401-182-6

Ukuran : 20 x 29 cm

Harga : Rp 104.500

Tahun Terbit : 2017

 

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *