fbpx

(Review Buku) Pengantar Keamanan Pangan Untuk Industry Pangan

review-buku-pengantar-keamanan-pangan-min

Pengantar Keamanan Pangan Untuk Industry Pangan – Tahun 2015 mulai diberlakukan ASEAN Free Trade Area (AFTA). Dimana industry makanan Indonesia tidak hanya persaingan yang ketat, tetapi juga terancam persaingannya. Kenapa, karena ada masa arus produk-produk makanan dari berbagai Negara masuk ke dalam negeri.

Peluang pasar sebagai kunci dalam menghadapisegala bentuk persaingan, salah satunya adalah keamanan produk pangan. Ada yang dianggap mampu mencegah ancaman keamanan pangan, yaitu HACCP. Selain mencegah system keamanan pangan, ternyata HACCP juga dapat digunakan untuk menghindari serta mengendalikan berbagai macam ancaman tersebut.

Sebagai tambahan informasi bahwa salah satu ancaman system keamanan pangan salah satunya ada budaya. Nah, berbicara tentang keamanan pangan, barangkali kamu tengah mencari informasi lebih lengkap terkait seluk beluknya. Maka, Kamu bisa membaca buku berjudul pengantar keamanan pangan untuk industri pangan.

Buku yang ditulis oleh Ir. Ingrid S Surono, M.Sc., Ph.D. , Ir. Agus Sudibyo, M.Si. dan Ir. Priyo Waspodo, M.Sc. ini menyampaikan menggunakan bahasa yang lebih menarik dan asyik. Di dalam bukunya, ia pun mengulas tentang bidang pangan dan produk pangan yang kompleks dan beragam. Jadi, dari satu jenis produk satu dengan produk yang lainnya bervariasi.

Sebagai gambaran ulasan, buku ini tidak hanya mengulas sejarah singkat keamanan pangan saja. Tetapi juga mengulas beberapa faktor lain yang mempengaruhi. Diantarannya terkait dengan sumber bahaya, system keamanan pangan, pengendalian bakteri pathogen hingga pengendalian pes. Dan tentu saja masih banyak hal lain-lainnya. Untuk lebih jelas, berikut beberapa ringkasan atau gambaran singkat terkait tentang keamanan pangan di Indonesia kini dan nanti.

Ringkasan Buku Pengantar Keamanan Pangan Untuk Industry Pangan

Buku Pengantar Keamanan

Sumber Bahaya
Berbicara tentang keamanan pangan, siapa yang berfikiran bahwa kekhawatiran dan kecemasan selain persaingan pasar adalah kasus keracunan makanan. Ternyata, keracunan makanan ini sudah banyak dialami oleh banyak Negara, tidak hanya Indonesia. Di Amerika saja ditemukan ada 48 juta kasus keracunan yang menimbulkan 128.000 orang di rawat di Rumah sakit. Sedangkan ada sekitar 3.000 orang yang keracunan berakhir pada kematian. Di Negara berkembang, kasus keracunan di tahun 1998, ada sekitar 1,8 juta anak meninggal dunia akibat diare yang karena makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan bakteri.

Dari data 2008 juga terjadi di Cina, ada 53.000 anak mengalami sakit ginjal akut dan 4 anak dilaporkan meninggal dunia akibat mengkonsumsi susu yang tercampur dengan melamin-melamin. Bahkan, sekelas Jepang pun juga mengalami kerajunan juga. Dengan kata lain, sumber bahaya pada keamanan pangan masih perlu dan sangat ditingkatkan. Karena dampak yang ditimbulkan sebenarnya tidak membicarakan tentang keracunan saja, tetapi sebenarnya secara ekonomis juga merugikan Negara.

Ancamanan terhadap keamanan bahan pangan dan produk makanan olahan bisa juga bisa berbentuk ancaman biologi, kimia dan fisik. Tentunya, juga masih banyak lagi sumber bahaya yang diulas di dalam buku ini.

System Keamanan Pangan
System keamanan pangan dapat diartikan sebagai system yang terbilang besar dan luas. Secara makro, system keamanan pangan dapat mencakup aspek yang lebih luas dan rumit. Sedangkan system keamanan pada tingkat mikro dalam lingkup aplikasi di Industri pengolahan makan, dimanan system keamanan panagn dapat dibilang luas dan rumit karena keragaman sifat bahan baku dan jenis produk olahan yang beragam.

Sebenarnya system keamanan pangan tidak hanya terkait makanannya saja. Tetapi juga terhadap disiplin keilmuan yang lainnya, seperti teknologi pengolahan, pengetahuan bahan, kimia, manajemen produksi, mikrobiologi, dan toksikologi.

Pengendalian Bakteri Patogen
Sebagai bentuk dan upaya pengendalian terhadap ancaman keamanan pangan, maka butuh pengendalian. Nah, dalam hal ini adalah pengendalian bakteri patogen. Jadi, jenis bakteri satu ini dapat menyebabkan penyakit pada manusia, tetapi juga bisa menyerang pada hewan, tanaman dan ungags. Termasuk pula kasus keracunan, juga disebabkan oleh patogen. Di dalam bahan makanan secara umum memiliki kondisi kehidupan, pertumbuhan dna kematian bakteri patogen itu akan berkembang dan hidup. Ada 4 faktor yang mempengaruhi kematian bakteri patogen, yaitu karena suhu, aktivitas air, keasamanan pH dan komposisi atmosfir. Dari keempat faktor inilah yang sebenarnya dapat dilakukan untuk membunuh unsur bakteri dan patogen-patogen berbahaya tersebut.

Pengendalian Pes
Pengendalian pes atau bisa disebut juga dengan pest control. Pengendalian pes pada keamanan pangan ini sebernarnya terkait dengan sanitasi pangan. Misal, masuknya pes (penganggu) seperti kecoa, tikus, lalat, semut dan burung dsb. Ada banyak penganggu makanan yang butuh control . Maka, wajar jika di pabrik sanitasi itu penting. Berbicara tentang penganggu, penganggu yang disebutkan di atas tadi adalah penganggu yang segera dihilangkan.

Dari beberapa poin di atas juga mengulas tentang pengendalian kapang dan mikotoksin, apa itu, ulasan lebih lengkap dapat membaca langsung bukunya. Buku yang diterbitkan Deepublish pada tahun 2016 yang lalu ini mengulas lebih tuntas lagi. Misal, di dalam juga mengulas tentang hygiene dan sanitasi, keterlacakan, pelabelan dan informasi untuk keamanan konsumen dan mengulas pengukuran dan kalibrasi.

Jika kamu mencari informasi tentang audit dan sertifikasi system HACCP pun juga di bab terakhir diulas lho. Di sana tidak hanya memaparkan peranan audit system, tetapi juga pengelolaan, pelaksanaan, pelaporan dan proses sertifikasi HACCP itu sendiri.

Buku yang dikhususkan untuk mahasiswa dan untuk umum ini pada sangat cocok dan pas untuk Anda miliki. Karena di dalam buku ini memaparkan banyak sekali informasi tambahan yang belum pernah kit abaca sebelumnya.

Beli buku disini >> Buku Pengantar Keamanan Pangan untuk Industri Pangan

Kamu juga dapat menonton reviewnya di YouTube kami :

Terimakasih sudah membaca (Review Buku) Pengantar Keamanan Pangan Untuk Industry Pangan, kamu dapat membaca review buku yang lain :

1. (Review Buku) Tentang Panduan Lengkap Google Drive dan Google Apps
2. (Review Buku) Farmasi Klinik: Tanggung Jawab Bekerja di Farmasi Klinik

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat yaa !

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga :