fbpx

(Review Buku) Tentang Panduan Lengkap Google Drive dan Google Apps

review-buku-panduan-google-drive

Panduan Google Drive dan Google Apps – Kecanggihan teknologi sudah dianggap hal lumrah dan hal yang umum. Bahkan, kini sudah banyak orang yang melek teknologi, khususnya penggunaan media sosial. Sedangkan hal-hal seperti google drive, ternyata belum banyak orang tahu.

Google drive sering dimanfaatkan sebagai media penyimpanan online. Jadi data-data yang kamu miliki, bisa disimpan di google drive. Keuntungannya, dimanapun dan kapanmu, bisa dibuka. Tidak hanya itu, google drive juga dapat digunakan untuk mengirim file yang terlalu besar.

Manfaat google drive dapat langsung tersinkronisasi pada folder komputer, laptop ataupun smartphnone. Tidak hanya itu, bagi kamu yang kegiatannya mobile, kamu dapat melakukan editing menggunakan google aplikasi seperti pengolahan kata, form ataupun presentasi. Keuntungan yang paling banyak disenangai dari google drive, memiliki ruang penyimpanan yang sangat besar.

Nah, jika kamu tertarik ingin mempelajari. Kamu bisa membaca buku tutorial google drive dan google apps karangan Ifan Prihandi, M.Kom. Cara pembuatannya pun sangat sederhana dan mudah, seperti apa? Simak ulasan berikut.

Buku Tutorial Google Drive

Cara membuat google drive

Cara membuat google drive sangat mudah. Kamu cukup masuk di browser chrome. Pastikan kamu pun juga sudah memiliki email terlebih dahulu. Untuk browser chrome kamu bisa langsung mengunduh ke website penyedia.

Langkah pertama, masuk ke alamat email kamu nih. Nanti disisi kanan atas, akan muncul banyak sekali pilihan. Oh iya, emal yang digunakan adalah email dari gmail, bukan dari yahoo. Setelah muncul banyak pilihan, kamu bisa pilih drive, dan sejurus kemudian laman komputer akan mengarahkan ke google drive.

Langkah kedua, seringkali akan muncul pop up google drive, nah di sini kamu bisa tekan tanda silang. Kemudian kamu bisa lanjut fokus di panel sebelah kiri yang terdiri dari new, my drive, computer dan lain-lain.
Langkah ketiga, barulah kamu bisa ‘create’ sebuah folder terlebih dahulu, kemudian klik sekali button new dan pilih new folder. Di sinilah kamu bisa menuliskan nama sesuka hati kamu. Misal, kamu akan menamai folder tersebut dengan “panduan google drive”.

Langkah keempat, setelah masuk di langkah ini, kamu bisa klik folder “panduan google drive” dua kali, dan kamu pun akan masuk di dalamnya. Di sinilah kamu bisa menambahkan file-file yang kamu ingin simpan loh. Nah, jika file sudah ditambahkan ke dalam folder, kemudian klik sekali button create dan pilih file upload.

Langkah kelima, google drive pun akan mengarahkan kita untuk masuk ke dalam penyimpanan internal di dalam komputer. Dan kamu bisa memilih file mana saja, kemudian klik file dan klik open. Setelah di klik, kamu pun akan secara otomatis akan diarahkan ke folder “panduan google drive” yang sudah kamu pilih.

Buku setebal 84 halaman ini sebenarnya mengulas lebih detail seluk beluk tentang google drive. Di dalam buku ini juga mengulas bagaimana cara menghilangkan pemberitahuan, yang juga bisa kamu baca langsung di sini.

Fitur Pada Google Drive
Data yang belum diolah maupun yang sudah diolah, dapat ditempatkan ke media penyimpanan digital di google drive. Penyimpanan di google drive inilah dapat dijadikan sebagai solusi share file dengan cepat dan mudah.

Berbicara tentang google drive, ternyata tidak banyak yang tahu bahwa juga dapat digunakan untuk melakukan pencadangan file, foto, video dan masih banyak bentuk file lainnya. Nah, seiring berjalannya waktu, pencadangan google drive juga digunakan untuk mencadangkan riwayat chat whatsApp. Tentu saja, para pengguna tidak lagi pusing lagi kehabisan ruang untuk mencadangkan file data WA.

Manfaat Google Drive
Buku yang diterbitkan Deepublish pada tahun 2017 memang lebih menjelaskan ke teknis dan cara pengoperasian. Sesuai judulnya, panduan google drive dan google apps. Cocok buat kamu nih yang masih tidak tahu bagaimana cara membuatnya.

Nah, sebelum membuat dan mepelajari panduan google drive, kamu juga perlu tahu nih apa saja sih fakta aplikasi yang ada di google drive? Simak ulasan berikut.

a. Privasi dan Hak
seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa google drive sebagai penyimpanan data secara online. Nah, terobosan ini adalah salah satu cara google memberikan privasi dan hak kepada pengguna, agar lebih fleksibel dan memudahkan hidup.

b. translate otomatis
Manfaat dari google drive ini adalah dapat dimanfaatkan untuk menstranslate secara langsung bahasa asing yang tidak kita pahami.

c. Mampu mengkonvert data
Fitur yang memudahkan kerja kita dari google drive adalah, disediakan fasilitas convert data. Jadi, kamu bisa langsung megkonververt data PDF ke text, atau sebaliknya. Caranya pun juga realatif mudah, semua sudah ada panduan perintahnya.

d. revision History
Nah, ini sangat membantu bagi kamu yang mobile dan sering melakukan pekerjaan di jalan. Jadi, google drive memiliki revision history, yaitu fitur yang bertanggungjawab untuk melihat histori revisi yang pernah kamu edit. Nah, tidak hanya itu, ternyata revision history juga dapat dilakukan restore dokumen sesuai dengan tanggal modifikasinya.

Nah, dari beberapa ulasan di atas, tentu saja kamu sudah tahu manfaat google drive, dan siapa tahu kamu langsung tertarik ingin membuatnya. Tetapi binggung bagaimana caranya? Kamu bisa langsung dapatkan di sini, karena secara teknis. Dijamin anti gagal, karena disertai contoh screenshoot.

Beli bukunya disini >> Buku Tutorial Google Drive Dan Google Apps

Lihat juga review di channel Youtube kami :

Terimakasih sudah membaca artikel (Review Buku) Tentang Panduan Lengkap Google Drive dan Google Apps, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak review-review buku yang lain dapat membaca artikel berikut ini :

1. (Review Buku) Penuntun Praktikum Bioteknologi
2. (Review Buku) Farmasi Klinik : Tanggung Jawab Bekerja di Farmasi Klinik

Lagi mencari buku untuk dibaca? Langsung saja beli buku di website kami. Beli buku lebih murah langsung dari penerbitnya. Lihat katalognya di : bukudeepublish.com.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Baca Juga :