fbpx

Review Buku: Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAI

review buku implementasi pendekatan saintifik

Review Buku: Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAI – Kamu seorang tenaga pendidik atau guru? Membicarakan tentang guru atau pendidik. Salah satu kemampuan dan keahlian profesionalisme utama yang harus dimilii oleh para pendidik adalah kemampuan bidang pendidikan dan keguruan, khususnya terkait dengan strategi pembelajaran.

Sebagai seorang pendidik, hendaknya dapat mengoptimalkan potensi anak didik. Tentu saja juga bisa menjadikan anak didik mampu merencanakan, menganalisa, menyimpulkan masalah yang dihadapi. Guru merupakan faktor yang terpenting di tangan gurulah sebenarnya letak keberhasilan pembelaajran. Serta bertanggungjawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan seluruh potensinya, baik potensi akfektif, potensi, kognitif, maupun potensi psikomotorik.

Mensoal tentang implementasi pendekatakan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama islam, buku karya Bekti Taufiq Ari Wibowo ini pilihan tepat. Ada beberapa poin dan bab yang akan dipelajari dalam buku terbitan deepublish. Apa saja? Berikut cuplikannya.

Makna Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)

Buku Implementasi Pendekatan

Beli Sekarang

Sebagai permulaan pada bab ini, kamu akan diantarkan mempelajari pengertian implementasi dan pendekatan saintifik itu apa dan bagaimana saja sih. Tidak hanya itu saja, kamu pun juga akan mempelajari apa yang namannya landasan hukum dan pembelajaran pendidikan islam berdasarkan kurikulum 2013.

Penerapan kurikulum 2013 memerlukan perubahan paradigm pembelajaran, dimana peserta didik dilatih untuk belajar mengobservasi, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, menganalisis data dan mengkomunikasikan hasil belajar yang disebut pendekatan saintifik. Pendekatan ini perlu dilakukan untuk mendapat mengembangkan kemampuan peserta didik untuk belajar mandiri dan berpikir kreatif.

1. Landasan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)

Tahukah kamu jika tujuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik didasarkan pada keunggulan pendekatan. Beberapa tujuan tersebut untuk meningkatkan kemampuan intelektual, khususnya kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Termasuk pula untuk membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik.

Tidak hanya itu saja, penting pula membantun kondisi pembelajaran dimana siswa merasa bahwa belajar itu merupakan kebutuhan. Tidak hanya itu saja loh, ternyata sekaligus juga dapat untuk melatih siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide khususnya dalam menulis artikel ilmiah.

2. Komponen dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran PAI

Buku terbitan Deepublish tentu saja memiliki komponen pembelajaran pendidikan agama islam. Dimana komponen tersebut melitpu tujuan, peserta didik, tenaga pendidikan, kurikulum, strategi dan metode. Tanpa adannya komponen tersebut, maka sulit rasannya menciptakan pendekatan saintifik pembelajaran pendidikan agama islam.

SElain mengulas beberapa komponen, juga terdapat beberapa faktor. Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen utama yang saling berpengaruh dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam. Komponen tersebut adalah kondisi pembelajaran pendidikan agama, metode pembelajaran pendidikan agama dan hasil pembelajaran dan terakhir hasil pembelajaran pendidikan agama.

3. Penilaian Saintifik Dalam Pembelajaran

Buku implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama islam pun juga akan menunjukan bagaimana penilaian saintifik dalam kurikulum 2013. Seperti yang kita tahu bahwa setiap kurikulum yang diberlakukan memiliki aturan main yang berbeda. Di bab ini kita pun nantinya akan mulai mempelajari beberapa bentuk penilaian.

Ada model rapor, petunjuk teknik pengelolaan nilai dan tentu saja masih banyak lagi. Termasuk pula akan dipaparkan hasil output implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI itu seperti apa dan bagaimana. Semua di ulas tuntas di bab ini.

4. Implementasi pendidikan saintifik dalam pembelajaran di SMP

Di dalam bab implementasi pendidikan saintifik dalam pembelajaran SMP dibagi menjadi beberapa bagian. Ada bagian perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, refleksi, dan peniaian. Tentu saja masing-masing akan dipaparkan dan dijelaskan lebih lengkap dan komprehensif.

Kelebihan buku ini kamu tidak hanya mempelajari tentang implementasi pada beberapa matapelajaran agama islam saja. Tetapi juga ada implementasi pada pelajaran seperti fiqih, sejarah kebudayaan islam dan masih banyak lagi, yang ada kaitannya dengan pendidikan agama islam.

5. Upaya guru pendidikan agama islam dalam impelementasi pembelajaran saintifik

Tidak dapat dipungkiri jika keberadaan guru sangat berpengaruh dan menentukan kualitas anak didiknya. Nah, di bab inilah akan du ulas pula tentang peran guru pendidikan agama islam dan pengerrtian upaya guru pendidikan agama islam seperti apa dan bagaimana.

Tidak dapat dipungkiri jika kepribadian guru pendidikan agama islam memiliki pengaruh yang penting dalam dunia pendidikan. Nah, akan di ulas pula persyaratan menjadi guru pendidikan agama islam yang tepat bagaimana, mengingat dalam merekrut guru tidak boleh asal pilih, ada syarat dan ketentuan yang memenuhi kriteria. Ada lagi, terdapat tugas dan tanggungjawab guru pendidikan agama islam yang perlu di kuasai pula oleh para pendidikan.

Nah, itulah beberapa bentuk implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Buat kamu yang ingin endapatkan buku terbitan Deepublish pun caranya pun mudah, cukup pesan website deepublish.. dijamin dari segi harga dan kualitas tidak kalah keren dengan yang lain. 

Baca juga review buku yang lain seperti :

1. Review Buku: Antara Technopreneurship dan Pengusaha Muda Sukses
2. Butuh Tips Membaca? Baca Buku Kiat-kiat Membaca dan Penerapannya
3. Sekilas Profesi ATC Pesawat Terbang : Behind The Scene Aviation Safety

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah