Logo Baru April

Buku Hukum Dagang: Review Buku

Buku Hukum Dagang Suatu Pengantar
toko buku kuliah
Bagikan

Buku hukum dagang ini membahas banyak sekali materi yang lengkap, yaitu mengenai perusahaan dan pekerjaan, urusan dan kekayaan perusahaan, pengusaha dan pembantu pengusaha, bentuk usaha bukan badan hukum serta berbadan hukum, BUMN, BUMD dan masih banyak lagi.

Hukum datang hadir tidak baru-baru ini saja. ternyata hukum dagang memiliki sejarah panjang. Menariknya, hukum dagang sudah ada sejak masa penjajahan oleh bangsa Belanda.  Tidak berhenti sampai disitu saja, hukum dagang sudah ada sejak zaman Romawi. 

Bangsa romawi adalah bangsa yang maju dan berkembang. Dari segi hukum pun, hukum dagang sudah ada. Dimana dulu disebut dengan corpus iuris civilis. Berbicara tentang hukum dagang, kamu yang mengambil jurusan hukum pasti akan mempelajari hal ini. 

Nah, ada satu bacaan buku yang sangat direkomendasikan. Khususnya buat kamu yang ingin mempelajari hukum di dunia perdagangan. Buku ini berjudul Hukum Dagang, terbitan Deepublish yang di editori oleh Retno Widyani dan ditulis oleh beberapa penulis seperti Endang Sutrisno, Ali Rahman Diky Dikrurahman, Gusti Yosi Andri Deni Yusuf Permana. 

Di buku ini kita akan berkenalan lebih dekat tentang perjalanan hukum dagang. Akan membahas pula tentang pengertian pengusaha, badan hukum, badan usaha, kewajiban pembukuan, bentuk badan usaha dan UMKM dan masih banyak lagi. 

Ketika kita mempelajari tentang hukum dagang, memfokuskan pada hubungan hukum para pihak yang melakukan aktivitas dalam menjalankan perusahaan. Hukum dagang pada dasarnya bagian dari hukum perdata yang secara khusus mengatur hal-hal di berbagai bidang usaha yang berkaitan dengan perikatan serta hak kewajiban yang ditimbulkan akibat perjanjian. 

Hukum dagang mengkaji dalam hukum dagang hanya pendekatan secara mikro yaitu antara para pihak yang melakukan aktivitas di dunia usaha. 

Di buku ini juga akan disinggung objek hukum dagang sama dengan objek hukum perdata, yaitu segala benda atau hak yang dapat dimiliki oleh subjek hukum. Bedanya adalah objek hukum dagang harus dapat diperdagangkan atau diusahakan untuk mencari keuntungan. Namun ada beberapa benda yang tidak dapat dijadikan objek hukum dagang, seperti benda-benda yang dilarang oleh ketentuan hukum atau undang-undangan dan tanah wakaf, karena tidak dapat diperjualbelikan. 

Buku setebal 75 halaman tidak hanya mengulas tentang hukum dagang. Tetapi juga akan mengulas tentang perusahaan dan penguasa. Setidaknya disini kamu akan diajak mempelajari pengertian badan usaha. Badan usaha adalah secara teoritis diartikan sebagai kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. 

Di dalam badan usaha, ada dua istilah yang akan sering kita dengar. Yaitu perusahaan, yang merupakan tempat dimana badan usaha merupakan suatu lembaga yang mengelola faktor-faktor produksi. 

Adapun ciri-ciri dari badan usaha, yaitu melakukan kegiatan usaha dapat memberikan suatu kegunaan, baik bagi badan usaha itu sendiri, pihak lain atau masyarakat luas. Adapun ciri lain, seperti bertujuan mendirikan badan usaha untuk memperoleh keuntungan, membutuhkan modal, dan tenaga kerja dan masih banyak lagi yang akan disebutkan secara gamblang di buku ini. 

Disamping membahas tentang hukum dagang, buku ajar satu ini juga akan mengulas wajib daftar perusahaan. Jadi setiap perusahaan wajib mendaftarkan. Di bab ini akan diulas secara lengkap berdasarkan undang-undang yang mengatur akan pendaftaran ini. 

Di sini, nantinya kamu juga akan berkenalan dengan regulasi tentang perseroan terbatas. Dimana didalamnya akan meliputi tentang dinamika perubahan regulasi dan perbatasan tentang pertanggungjawaban terbatas. DI bab akhirnyakan mengulas tentang badan usaha tidak berbadan hukum. Nah, di sini kamu akan mempelajari terkait tentang istilah persekutuan perdata dan persekutuan firma.

Buku ini sangat direkomendasikan buat kamu yang mengambil jurusan hukum. Cocok juga dibaca buat kamu yang ingin mempelajari tentang dunia usaha dan menjalankan bisnis. Terutama tentang bagaimana aturan mendaftarkan usaha bisnis yang akan dijalankan. Kelebihan buku ini, dikemas menggunakan bahasa yang menarik, mudah dipahami. Buat kamu yang ingin mendapatkan buku ini, bisa langsung melakukan pemesanan di sini.

BagianSpesifikasi Buku
Judul  BukuHukum Dagang 
Penerbit BukuDeepublish
PengarangSuwardi, S.H., M.H.
ISBN978-602-401-101-7
Halaman209
HargaRp 113.000
Link PembelianBeli Buku
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :