VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Review Buku Farmasi : Karakterisasi Sedian Cair Farmasi

karakterisasi sediaan farmasi cair
toko buku kuliah

Karakterisasi sedian cair farmasi salah satu cabang ilmu yang menarik dipelajari. Sayangnya tidak banyak orang yang tertarik terjun langsung mempelajari ilmu satu ini. Nah, berbicara tentang buku famasi, kamu akan mempelajari pokok bahasan. Penasaran bukan apa saja sih bahasannya?

Buat kamu yang kebetulan mengambil jurusan ini, kamu bisa dapatkan buku karya Nasrul Wathoni dkk dengan judul buku karakterisasi sediaan cair farmasi, fenomena permukaan dan antar muka. Langsung kita intip isi bukunya mengulas apa saja sih, cekidot.

Review Buku Farmasi : Karakterisasi Sedian Cair Farmasi

Buku Karakterisasi Sediaan Cair Farmasi

Fenomena permukaan dan antarmuka

Ada yang masih binggung tentang antarmuka? Memang binggung jika tidak diketahui subjeknya apa. Jika subjeknya adalah antarmuka wujud cair, pastinya kamu sudah tidak asing lagi. Dalam wujud cair,g aya kohesif antara molekul yang berdampingan terbina dengan baik. Molekul-molekul di dalam curah cairan dikelilingi oleh molekul yang memiliki gaya tarik yang seimbang.

Hanya saja molekul-molekul pada permukaan hanya dapat membina gaya tarik kohesif dengan molekul air yang terletak di bawah dan disampingnya. Molekul dipermukaan inilah yang bisa menimbulkan gaya tarik adhesif. Di bab pertama ini, kamu tidak hanya mempelajari antarmuka cair saja loh. Tetapi juga akan mempelajari tentang energi bebas permukaan.

Nah, buat kamu yang dikampus sering bersinggungan dengan penelitian permukaan dan antar muka. Barangkali kamu pernah bersinggungan dengan kapiler. Nah, di bab ini akan menjelaskan metode kenaikan kapiler itu bagaimana sekaligus akan menyinggung tentang tensiometer dunouy. Barangkali kamu masih asing dengan istilah ini? kamu bisa baca langsung ulasan dan pembahasannya di buku terbitan Deepublish.

Khusus buat kamu yang juga bergumul dengan penelitian laboratorium, kelistirikan dan eksperimen larutan, semuanya akan di ulas di bab ini. di halaman 33 misalnya, akan dijabarkan tentang sifat listrik antar muka, ada pula yang akan mengupas pengaruh elektrolit dan masih banyak lagi.

Sistem Dispersi

Pernah mendengar istilah sistem dispersi? Istilah ini terdiri dari zat fase terdispersi dan fase dalam. Di mana sistem ini tersebar di dalam zat lain. Ada zat medium disperi, fase luar dan fase kontinu. Ukuran zat terdispersi berkisar dari partikel yang berdimensi atom dan molekul sampai dengan partikel yang ukurannya dalam miliimeter.

Di dalam buku karya Nasrul Wathoni disebutkan bahwa penggolongan sistem disperse berdasarkan garis tengah partikel rata-rata zat yang terdispersi. Setidaknya ada tiga golongan berdasarkan penggolongan ukuran, yaitu disperse molecular, disperse kasar dan disperse koloidal. Nah, di bab ini juga akan perlihatkan penggolongan sistem disperse menurut ukuran partikelnya juga loh.

Di bab sistem disperse tidak hanya berhenti di situ saja. Kamu juga akan mempelajari tentang ukurand an bentuk partikel koloidal, penerapan farmasetis dari koloid dan jenis sistem koloidal. Barangkali kamu juga pernah bersinggungan dengan istilah koloid liofilik, nah di bab ini akan di ulas tuntas dan lugas juga.

Atau kamu sedang mencari ulasan tentang sedimentasi partikel terflokulasi? Di sini juga di bahas. Termasuk pula akan dibahas tentang apa itu flokulasi terkontrol, flokulasi dalam pembawa terstruktur, pembuatan suspense, stabilitas fisis suspense, emulsi dan masih banyak lagi teori dan pemaran.

Baca : (Review Buku) Farmasi Klinik : Tanggung Jawab Bekerja di Farmasi Klinik

Asas Reologi

Asas reologi pada buku karakterisasi sediaan cair farmasi diambil dari bahasa Yunani, yaitu Rhea (mengalir) dan logos (ilmu). Umumnya, reologi bidang farmasi sering diterapkan dibidang formulasi dan analisis produk farmasi. Biasannya sering digunakan pada produk emulsi, salut tablet, pasta dan supositoria.

Reologi juga berkaitan dengan kolaborasi campuran dan aliran bahan-bahan, pengemasan wadah juga loh. Seperti untuk botol. Reologi dari suatu produk tertentu yang konsistensinya dapat berkisar mulai daric air, setengah padat sampai dengan padat. Semuanya dapat memberikan pengaruh terhadap daya terima pasen, ketersediaan hayati dan kestabilan fisik.

Sifaat reologi sistem farmasetis ternyata juga dapat mempengaruhi pemilihan peralatan untuk proses produksi. Sedangkan kesalahan dalam pemilihan peralatan, akan memberikan hasil yang kurang diharapkan. Paling tidak ditinjau dari karakteristik alirannya.

Nah, di bab asas reologi ini, kamu juga akan mempelajari tentang beberapa sub bab. Seperti sistem newton, hukum aliran newton, sistem non-newton hingga mempelajari tentang aliran. Mulai dari aliran plastik, aliran pseudoplastik hingga aliran dilatan.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mempelajari apa itu tiksotropi. Nah, di sana ada tiksotropi negative dan tiksotropi dalam formulasi. Bahkan ada pula viscometer putar juga loh. Nah, di bab akhir, kamu juga akan masuk di bab kinetika.

Dimana di bab ini kamu pun juga akan mempelajari tentang suspense, orde reaksi, teori tumbukan klasik, teori status transisi, katalisasi dan kinetika itu sendiri. Pokoknya semua diulas tuntas hanya di sini.

Tertarik ingin mendapatkan koleksi buku dari Penerbit Deepublish satu ini? kamu bisa langsung pesan dan dapatkan di toko buku online deepublish.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang