Review Buku Dasar Jurnalistik Televisi

dasar jurnalistik televisi
toko buku kuliah

Review Buku Dasar Jurnalistik Televisi – Barangkali kamu salah satu orang yang tertarik ingin bekerja di jurnalistik? Jika iya, maka kamu perlu dan wajib mengetahui dasar-dasar jurnalistik terlebih dahulu. Mengingat menjadi jurnalistik itu memiliki macem-macem konsentrasi, misal konsentrasi si surat kabar, tabloid, radio dan televisi.

Nah, buat kamu nih yang ingin dan tertarik ingin mengerti dasar-dasar jurnalistik televisi, wajib membaca buku karya Syaiful Halim. Penulis mengemas buku ini tidak terlalu teoritis. Dari segi bahas apun di tulis menggunakan bahasa yang ringan, mudah dipahami dan pastinya lebih mudah ditangkap maksud pesannya.

Model gaya penyampaiannya menggunakan sistem narasi. Jadi pembaca bisa betul merasakan dan mahami lebih intens. Nah, terkait pembahasan dan materi yang akan kamu pelajari pun ada banyak hal. Tentu saja dasar-dasar jurnalistik televise tidak saya tuliskan semuanya di sartikel ini. hanya sebagian kecil saja yang akan saya tuliskan di sini. Penasaran bukan, langsung saja, cek berikut ini :

Review Buku Dasar Jurnalistik Televisi

Buku Dasar-Dasar Jurnalistik

Terror Media televisi

Buat kamu nih yang memang memiliki passion di dunia jurnalistik modal awal hanyalah keberanian melawan sebuah tantangan. Itu sebabnya penulis menegaskan bahwa media televisi memiliki keperkasaan yang luar biasa untuk menghadirkan kekinian dan keralitasan sebuah peristiwa atau pendapat. Media pula dapat memberikan pengaruh yang besar bagi khalayak.

Di bab pertama dalam buku dasar-dasar jurnalistik televisi ini memang menarik. Karena mengajak pembaca mengetahui kasus menara kembar WTC di Amerika serikat di hantam pesawat yang dikendalikan oleh orang-orang yang dilabelkan media barat sebagai teroris. Di poin dan bab inilah kamu bisa membaca secara lengkap dan lebih detail lagi.

Dari ulasan di bab satu, daya tarik buku ini sudah bisa kamu nikmati. Karena penulis memberikan teori berdasarkan dengan kasus yang sedang terjadi. Sehingga pesan yang akan kamu dapatkan pun lebih terasa lagi. Jadi kamu akan mempelajari dasar jurnalistik berdasarkan dengan kasus-kasus hangat yang pernah terjadi.

Beli Juga : Buku Aktivis Jurnalistik Sekolah

Jurnalistik Televisi

Memang dasar-dasar jurnalistik televisi tidak akan habis hanya satu pokok bahasan saja. Tetapi banyak ulasan yang bisa kita angkat. Misalnya ada tentang fenomena berita, dan media televisi itu seperti apa dan bagaimana. Termasuk pula akan mengulas jurnalis televisi.

Salah satu ciri yang tidak kalah diperhatikan bagi para jurnalis tetevisi adalah adalah jurnalis yang memiliki wawasan, multi terampil, kreatif, berdedikasi terhadap profesi, akan menajalani pekerjannya secara professional. ia akan selalu istiqomah menapakai profesinya dalam kerangka kreativitas dan dedikasi berlabelkan idealism.

Di bab inilah, kamu akan sedikit berkenalan sejarah profesi wartawan. Ternyata profesi wartawan sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Coba, sudah berapa puluh tahun? Ternyata sudah cukup lama keberadaannya. Nah di sinilah mulai dibongkar trik, ilmu di dunia jurnalistik.

Seorang jurnalistik itu ternyata tidak hanya bermental baja dan pantang menyerah. Tetapi juga harus mampu membangun kontak, merencanakan pengumplan bahan, memilih dan memilah data, mencari narasumber dan mampu membasa situasi lingkungan di lapangan juga loh.
Naskah berita televisi

Dasar-dasar jurnalistik televise yang tidak kalah penting adalah mampu membuat naskah. Tahukah kamu jika jurnalisme televise bukan hanya berisikan cerita tentang kemegahan tapi juga kerumitan. Selain berurutan dengan teknologi, menurut penulis dunia ini juga memiliki bahasa dan aturan-aturan tersendiri. Terlebih dalam penulisan naskah berita televisi.

Maka dari itu, dibutuhkan yang namannya teknis penulisan berita. Penulis buku satu ini membongkar rahasianya. Ia menegaskan bahwa proses penyusunan fakta dengan struktur piramida terbalik. Adari judul, dateline atau byline, teras berita, hingga tubuh berita. Maka naskah berita televise harus dipahami bentuk dan format berita. Bagiamanapun juga naskah berita televise bukan sekedar untuk disunting, tapi untuk produser program, video editing hingga news anchor.

Nah di bab ini kamu pun akan mulai mempelajari format berita dan rincian. Jadi kamu akan diperkenalkan pembuatan slug, title, reporoter, cameramen, program, anchor, lead dan date. Pokoknya di sana akan dikupas secara singkat namun tuntas.

Lihat juga : Buku Keterampilan Pers Dan Jurnalistik Berwawasan Jender

Kuasai Teknik reportasi Dengan Buku Ini

Dasar-dasar jurnlistik televisi yang wajib kamu tahu adalah menguasai teknik reportase. Jadi tugas seorang jurnalis adalah mencari, mengumpulkan, memilih, memilah, dan menuliskan bahan-bahan berita menjadi naskah berita. Artinya, ia memang orang yang mendapat mandate atau kepercayaan untuk mendatangi dan mengolah sumber bahan berita.

Karena saat melakukan reportase sering terjadi banyak masalah. Mimsalnya lokasi peliputan, maka ada tiga cara yang harus dilakukan seorang jurnalis. Pertama dengan cara mandiri, semi embedded dan embedded. Syaiful halim menegaskan bahwa konteks kode etik jurnalistik tetap menjunjung nilai kredibilitas, objektivitas dan kemandirian.

Sebenarnya ada banyak sekali bab yang akan kamu pelajari di bab ini. misallnya tentang pemilihan bahasa, reportase dibidang HUKRIM, SOSBUD, POLKAM/EKBIS dan ropertase secara live. Nah, di sini pun kamu juga akan mempelajari pula tentang reportasi di balik konflik juga. Pokoknya keseruan menjadi jurnalis akan kamu rasakan tantangan yang akan kamu peroleh.

Nah, semoga ulasan tentang dasar-dasar jurnalistik televisi ini bermanfaat. buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku ini, kamu bisa dapatkan semuanya hanya di toko buku online deepublish.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang