5 Rekomendasi Buku Tentang Korupsi

buku tentang korupsi
toko buku kuliah

5 Rekomendasi Buku Tentang Korupsi – Korupsi memang salah satu penyakit yang paling meresahkan bagi masyarakat pada umumnya. Bahkan banyak buku tentang korupsi berseliweran, agar memberikan efek jera dan memberikan edukasi kepada pembaca terhadap bahaya korupsi. Tapi hasilnya pun tidak signifikan, terkesan adem ayem.

Sampai-sampai di tatanan pemerintah dibuatlah lembaga yang mengurus korupsi yang diwadahi dalam bentuk KPK. Hasilnya? Lumayan tampak. Satu persatu korupsi kelas kakap hingga kelas paus mulai di incar. Nah, pada kesempatan kali ini tidak akan mengulas tentang tindakan KPK yang menyapu para pencuri kelas wahid ini.

Tetapi saya akan merekomendasikan buku tentang korupsi yang cocok buat kamu yang tertarik terjun di dunia politik dan hukum. Apa saja sih buku-buku tersebut? langsung saja berikut rekomendasi buku yang tidak kalah keren dan wajib kamu baca dan pelajari.

5 Rekomendasi Buku Tentang Korupsi

1. Perbuatan Dianggap Korupsi Beserta Penjelasannya

Buku Perbuatan Dianggap

Buku tentang korupsi yang kpertama buku karya M. Jusly Penus Sagala. Buku berjudul perbuatan adianggap korupsi beserta penjalasan ini sangat cocok buat pemula, yang tidak tahu. Dalam kehidupan sehari-hari, kadang kita melakukan sesuatu hal. Dan ternyata hal tersebut bisa dikategorikan tindakan korupsi. Nah, dengna membaca buku ini setidaknya akan tahu apa saja dikatakan korupsi dan bagaimana menindaklanjutinya.

Buku yang diterbitan Deepublish ini diterbitkan dengan maksud dan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan pemahaman terkait tindak korupsi. Setidaknya di buku ini kamu pun juga akan mempelajari tentang pasal-pasal yang termasuk tindak pidana. Menyinggung tentang tindak pidana menurut Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang menyebutkan bahwa dengan strafbaarfeit (tindak pidana) menjelaskan tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan tindakan pidana. misalnya dengan delik, itu apa dan masih banyak hal tentu saja.

Detail Buku :

Pengarang M. Jusly Penus Sagala
Institusi Universitas Sisingamangaraja XII
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Hukum
ISBN 978-623-209-695-0
Ukuran 17.5×25 cm
Halaman viii, 189 hlm
Harga Rp 107.000
Tahun  2019

2. Auditor dalam Perkara Korupsi di Indonesia Berbasis Nilai Keadilan

Buku Auditor dalam Perkara

Buku tentang korupsi yang tidak kalah kece adalah buku aditor dalam perkara korupsi di indonesi berbasis nilai keadilan karya Sarbudin Panjaitan. Buku ini akan membukakan pikiran pikiran kita tentang dunia hukum. Ada banyak pelajaran yang akan kamu pelajari di sana. Diantarannya adalah mempelajari tentang pelaksanaan tugas dan wewenang bpkp dalam melakukan audit. Karena konteknya adalah korupsi, maka audit dilakaukan oleh perkara korupsi yang ada di Indonesia. Di bab ini akan banyak sekali pelajaran dan masukan baru tentang audit, dimana ilmu audit ini tidak banyak orang tahu dan memahami loh.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mengulik tentang kelemahan pelaksanaan tugas dan wewenang bkpi dalam melakukan audit terhadap perkara korupsi. Bagaimanapun juga, pasti ada sisi kelemahan dan kelebihan yang patut diperhatikan dan dipelajari pula untuk mahasiswa yang tertarik di dunia ini.

Kelebihan buku ini dikemas lebih menarik. DIsampaikan menggunakan bahasa yang lebih menyenangkan, meski pembahasannya serius. Bisa dibilang buku Buku tentang korupsi ini juga lengkap dari segi pembahasannya.

Detail Buku : 

Pengarang Sarbudin Panjaitan
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Hukum
ISBN 978-602-475-752-6
Ukuran 15.5×23 cm
Halaman xii, 240 hlm
Harga Rp.121.500
Tahun Terbit  2018

3. Fenomena korupsi dari sudut pandang epidemiologi

Buku Fenomena Korupsi

Buku tentang korupsi dari sudut pandang lain juga ada pembahasannya. Salah satunya karya Maharso dan tommy Sujarwadi yang mengambil fokus korupsi berdasarkan epidemmiologi. Nah, barangkali kamu masih binggung apa itu epidemiologi, kamu pun bisa mengenal langsung di buku ini. Korupsi memang sebagai musuh bersabama. Itu sebabnya ada ungkapan menarik yang berbunyi untuk memenangi peperangan harus mengenal lawan dan mengenali diri sendiri terlabih dahulu. ungkapan ini sangat penting, agar tahu celah dan kelemahan lawan.

Berlaku juga dalam menyikat koruptor yang kini semakin menjadi-jadi. Butuh strategi untuk memberantas dan merancangnya. Ada banyak bentuk korupsi, barangkali kamu sebenarnya masih binggung bagaimana cara membuatnya. Hal-hal yang termasuk korupsi adalah segala cara untuk memperkaya diri sendiri dengan cara melawan hukum. Tindakan korupsi juga bisa karena menerima suap dari orang tertentu dengan tujuan tertentu. Tentunya masih banyak lagi ulasan tentang dunia perkorupsian, yang semuanya akan di ulas tuntas di sini.

Buku tentang korupsi satu ini juga akan membedah perkembangan korupsi yang kini sudah mulai menggurita. Dimana korupsi menjadi sebuah fenomena sekaligus sebagai budaya bagi kalangan elit politik, yang sudah menjadi penyakit yang membahayakan. Oleh sebab itu, di bab akhir pun akan dibedar sudut pandag korupsi dari kacamata epidemiologi.

Detail Buku : 

Pengarang Maharso & Tomy Sujarwadi
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Sosial dan Politik
ISBN 978-602-475-326-9
Ukuran 14×20 cm
Halaman xii, 148 hlm
Harga Rp 70.000
Ketersediaan Pesan Dulu
 Terbit  2018

4. Korupsi, Bukan Budaya Tetapi Penyakit

Buku Korupsi, Bukan Budaya tetapi Penyakit

Rekomendasi Buku tentang korupsi dari perspektif yang lebih menarik adalah karya Syahroni, Maharso dan Tomy Sujarwadi. Bisa dikatakan buku ini lebih kritis dan mengelitik, terutama bagi para pelakunya. Buku yang dikemas tebal 274 halaman ini akan membangun perspektif bahwa korupsi sebagai penyakit yang membahayakan.

Selain karena tindakannya bertentangan dengan kaidah umum yang berlaku di masyarakat, sekaligus sebagai pengeret hak-hak rakyat. Ironisnya, semakin canggih teknologi semakin cerdas pula para pemain korupsi itu sendiri. Ironisnya lagi, pelakunya adalah orang-orang yang secara finansialpun sudah cukup mapan dan dari lulusan pun juga orang-orang berpendidikan.

Buku tentang korupsi ini juga akan menyinggung dan memberikan contoh tentang kasus Bank Century yang melibatkan banyak tokoh-tokoh tersohor. Sehingga KPK sendiri pun mengalami kesulitan dalam membersihkan penyakit kelas kakap ini. Menurut saya, buku ini lebih atraktif, karena pemahaman teoritis atau yang sifatnya ilmu tinggi mampu dikemas dengan bahasa yang lebih mudah diterima.

Ia mampu memberikan analogi sederhana sehingga bisa memberikan pemahaman secara tepat sasaran. Seperti yang disampaikan oleh penulis bahwa korupsi diibatkan penyakit kanker, yang tidak kunjung sembuh sekaligus tidak memberikan harapan kesembuhan. Untuk sembuh dibutuhkan pengobatan secara komprehensif agar seluruh level moral dan psikologis terjawab dan tuntas.

Detail Buku :

Pengarang Syahroni, Maharso, dan Tomy Sujarwadi
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Sosial dan Politik
ISBN 978- 602-453-414-1
Ukuran 14×20 cm
Halaman xii, 274 hlm
Harga Rp 89.500
Terbit  2018

 

5. Perspektif Korupsi dari Akar Penyebabnya

Buku Perspektif Korupsi

Menjawab persoalan terkait tentang jalan keluar dan pemberantasan korupsi pun dijawab di buku lain. Buku tersebut berjudul Perspektif Korupsi dari akar penyebabnya, karya Hariawan Bihamding. Buku setebal 303 halaman akan membongkar konsep perilaku dari para perilaku koruptor. Selain itu, di buku ini juga akan membuka anatomi dan kalsifikasi korupsi itu sendiri serta modus dan faktor apa yang mendorong mereka terus meneruskan aksi pintar mencuri aset negara.

Buku ini memang lebih fokus pada perilaku koruptif sebagai vierus di pemerintahan yang sifatnya menular. Jika tidak memiliki pendirian teguh, maka akan terpapar dan terkan virus korupsi itu juga. DIbagian paling inti, akan dibahas upaya pembaratan yang tepat dan efektif bagi pencuri kelas kakap. Tentu saja, tidak akan saya bahas di sini, kamu bisa membacanya langsung di dalam buku ini.

Detail Buku :

Pengarang Hariawan Bihamding
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Hukum
ISBN 978-602-453-502-5
Ukuran 17.5×25 cm
Halaman x, 303 hlm
Harga Rp 137.500
 Tahun Terbit  2017

Itulah beberapa rekomendasi buku tentang korupsi yang bisa kamu miliki dan kuasai. Buku-buku ini cocok buat kamu yang memang tertarik di dunia politik, keadilan dan dunia perkorupsian di Indonesia yang jumlahnya sangat mengkhawatirkan. Semoga dengan beberapa rekomendasi buku tersebut bisa memudahkan kamu memilih buku-buku apa saja yang perlu dikuasai.

Pondok Djawara Deepublish

Terimakasih sudah membaca artikel rekomendasi buku tentang korupsi, selanjutnya bisa baca artikel yang lain :

1. 3 Rekomendasi Buku Hukum Administrasi Negara
2. 6 Rekomendasi Buku Hukum Terbaik

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang