fbpx
flash sale toko buku deepublish

Rekomendasi Buku Teknik Mesin

rekomendasi buku teknik mesin
toko buku kuliah

8 Rekomendasi Buku Teknik Mesin – Buku seharusnya sudah seperti makanan sehari-hari untuk mahasiswa. Tiada hari tanpa melahap buku, begitu kata seseorang. Buku memang menjadi sumber ilmu pengetahuan.

Dalam proses belajar, seseorang harus membaca buku agar memahami apa yang dipelajarinya. Tanpa membaca buku maka pengetahuannya tidak akan bertambah.

Nah, mahasiswa yang mengambil jurusan teknik mesin ada kabar gembira nih. Rekomendasi buku mesin berikut ini bagus. Kamu harus membacanya agar pemahaman tentang materi kuliah semakin luas. Langsung saja ya, periksa apa saja bukunya di bawah ini.

8 Rekomendasi Buku Teknik Mesin

1. Buku Perancangan Mesin-Mesin Industri

Buku Perancangan Mesin

Yuk merapat mahasiswa Teknik Mesin Industri! Buku pertama kali ini adalah buku referensi yang ditulis oleh Rusdi Nur dan Muhammad Arsyad Suyuti. Buku ini sangat direkomendasikan untuk akademisi maupun praktisi yang menekuni bidang mesin industri.

Melalui buku tulisan Rusdi dan Arsyad ini, kamu mempelajari tentang perencanaan mesin-mesin industri. Secara umum, buku ini mengulas tentang kriteria yang digunakan oleh para perancang. Membahas pula pertimbangan-pertimbangan dan prosedur penting dalam perancangan mesin industri. Bagian lainnya, buku ini juga membahas tentang prosedur untuk menyelesaikan perancangan.

Lengkapkan? Kamu harus baca buku ini bila ingin menjadi ahli mesin industri.

2. Cara Mudah Menggambar Mesin Melalui Konteks Riset Secara Inklusif Dengan Menggunakan Autodesk Inventor Professional 2014

Buku Cara Mudah

Muas, dosen Jurusan Teknik Mesin di Politeknik Negeri Ujung Pandan. Ia telah menjalani pekerjaan ini selama belasan tahun. Selama ia bekerja sebagai dosen, tak sedikit buku atau jurnal yang sudah ditulisnya. Buku ini adalah buktinya.

Buku ajar ini mengulas tentang cara menggambar mesin dengan menggunakan Autodesk Inventor Profesional 2014. Baik dosen maupun mahasiswa disarankan membaca buku ini. Di dalamnya berisi 9 modul yang bisa kamu gunakan dalam kegiatan belajar di kelas. Sedikit bocoran nih, modul pertama menjelaskan tentang autodesk inventor. Kamu akan diberikan gambaran awal apa itu autodesk inventor.

Kamu yang bertekad kuat untuk menguasai autodesk inventor dalam pembuatan gambar mesin wajib banget baca buku ini karena isi buku ini juga menerangkan setiap bagian beserta fungsinya.

Beberapa hal yang perlu kamu pahami dan kuasai adalah penggunaan tombol-tomol navigasi, cara bekerja dengan file project, jenis-jenis format file, dan sebagainya. Kamu bisa mempelajari semua itu dari buku ini. Jadi gimana? Masih ragu untuk beli dan baca buku keren ini?

3. Buku Mesin Hybrid

Buku Mesin Hybrid

Buku yang ditulis oleh 4 dosen di Universitas Negeri Semanarang ini membahas tentang mesin hybrid yang mulai populer di era sekarang. Seiring bertambahnya pemahaman tentang pentignya lingkungan. Sehingga bermunculan ide-ide untuk menciptakan peralatan dan perlengkapan yang ramah lingkungan. Termasuk salah satunya adalah kendaran hybrid.

Sebagai mahasiswa jurusan teknik dan tertarik dengan isu lingkungan, kamu harus baca buku ini. Buku ini bisa dibeli secara online. Harganya pun sangat terjangkau. Apalagi buku ini cukup ringkas. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menuntaskannya.

Buku ini menawarkan perspektif yang menarik. Kamu bisa belajar tentang penerapan teknologi hybrid dalam bidang otomotif. Baik mahasiswa maupun dosen dapat menggunakan buku sebagai sumber referensi untuk menambahkan pengetahuan tentang mesin hybrid yang dikenal mampu mengurangi polusi udara.

Sebenarnya apa itu mesin hybrid? Mesin ini biasanya digunakan untuk penggerak ganda pada sebuah kendaraan. Selain ramah lingkungan, mesin juga tidak membahayakan kesehatan manusia. Kalau ingin tahu lebih jauh, kamu harus beli bukunya, ya.

4. Buku Menggambar Teknik Mesin

Buku Menggambar Teknik Mesin

Satu lagi rekomendasi buku mesin yang harus kamu baca karena isinya menarik. Sayang banget kalau kamu melewatkan buku satu ini. Penulisnya Heru Triyono, pengajar di Akademi Maritim Djadajat. Buku ajar ini memang ditujukan secara khusus untuk para taruna di akademi tersebut. Apalagi taruna yang masih awam dengan kegiatan menggambar teknik mesin.

Namun, siapa pun yang tertarik dengan topik ini bisa juga loh membacanya. Buku ini dapat memudahkan kamu untuk membaca gambar proyeksi. Tak hanya itu, buku ini dilengkapi pula dengan soal latihan sehingga memungkinkan kamu untuk mengukur hasil belajar sejauh ini setelah membaca buku. 

5. Buku Mesin-Mesin Listrik untuk Program D3

Buku Mesin-Mesin Listrik

Dari judulnya saja sudah kebayang `kan apa isi buku ini. Ya, benar. Buku karya Yakob Liklikwatil ini bertujuan untuk memperdalam khasanah keilmuan pembaca di bidang teknik elektro. Jadi, mahasiswa teknik elektro program D3 harus baca buku ini sehingga ia bisa mengaplikasikan keilmuannya nanti dalam dunia industri, peralatan angkut, peralatan transportasi, dan sebagainya.

Penulisan buku ini berdasarkan kurikulum dan silabus materi kuliah mesin listrik. Khususnya mahasiswa diploma jurusan teknik elektro. Apa saja yang dibahas buku ini? Sedikit informasi ya, buku ini mempunyai sebelas bab. Di dalamnya berisi prinsip kerja dan karakteristik Mesin Arus Searah (MAS) dan Mesin Arus Bolak Balik (MABB) entah itu secara teoritis, praktis, dan aplikatif. Selain itu buku ini juga menjabarkan tentang pengaturan pada motor listrik menggunakan teknologi power semiconductor dan elektronik.

6. Buku Perancangan Alat Mesin Penanam (Transplanter) Bibit Padi Sawah Sederhana

Buku Ajar Perancangan

Buku selanjutnya adalah buku yang mengipas cara merancang alat mesin penanam atau disebut juga transplanter. Buku merupakan buah pemikiran dari Anang Supriadi Saleh dan Muqwin Hasyim RA, dosen di Politeknik Negeri Jember. Kamu yang tertarik dengan topik teknik dan pertanian, buku adalah jawaban misal ingin mempelajari lebih dalam dua topik tersebut.

Buku referensi ini memiliki bab-bab yang membahas kelangkaan tenaga kerja di bidang pertanian, peranan alat mesin penanam bibit padi di sawah, teknik penanaman padi sawah, perancangan desain, dan masih banyak lagi. Totalnya sebanyak 14 bab. Di dalamnya menjelaskan cukup rinci tentang pembuatan mesin penanam bibit padi di sawah.

Untuk membeli buku ini, kamu bisa memesannya terlebih dahulu. Siapkan anggaran sebesar Rp73.000 dan buku ini sudah kamu dapatkan.

7. Buku Mekanisme Kinematika dan Dinamika Mesin Dalam Industri Pertambangan

Buku Mekanisme Kinematika

Rekomendasi ke tujuh adalah buku karya Muhammad Arsyad. Buku ajar ini dapat sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Di dalamnya terdapat sepuluh bab mulai dari pembahasaan pertambangan di Indonesia, peralatan pertambangan, hingga analisa dinamik dalam suatu mekanisme. Selain itu, kamu juga bisa berlatih mengerjakan latihan soal yang tersedia.

Kamu berminat dengan industri pertambangan dan teknik mesin? Sudah pasti harus baca buku ini.

8. Buku Panduan Lengkap Gambar Teknik Dengan Autodesk Inventor Professional

Panduan Lengkap Gambar Teknik

Hampir serupa dengan buku tentang autodesk inventor sebelumnya. Buku ini juga mengupas topik yang sama. Bedanya, buku ini lebih fokus pada panduan menggambar dengan Autodesk inventor. Buku ini merupakan tulisan dari Rolan Siregar dan Herry Susanto.

Mereka menulis buku ini dengan target pembacanya adalah pelajar, akademisi, dan para drafter. Namun bukan berarti pembaca buku ini terbatas tiga kalangan tersebut. Siapa pun boleh membacanya. Kelebihan buku ini adalah pembaca mudah dalam mengikuti panduan yang ada di dalamnya.

Sudah, ya. Tak perlu ragu lagi apalagi berpikir lama-lama, saatnya kamu berburu rekomendasi buku di atas.

Baca juga : Rekomendasi Buku Teknik Informatika

Kontributor: Ana Widiawati

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang