5 Rekomendasi Buku Sejarah

rekomendasi buku sejarah
toko buku kuliah
Bagikan

Rekomendasi buku sejarah – Sejarah merupakan sebuah ilmu pengetahuan untuk mempelajari dan mengkaji masa lampau yang disusun secara sistematis dengan metode kajian ilmiah. Nah, untuk mempelajarinya, kebanyakan berasal dari Buku, sehingga rekomendasi buku sejarah menjadi hal penting untuk kamu catat.

Dalam memahami sejarah secara benar dan valid, membaca adalah menjadi hal penting karena fakta sejarah muncul dan dicatat rapi di dalam buku untuk dijadikan referensi dan tidak hilang.

Berikut ini, merupakan rekomendasi buku sejarah baik untuk sejarah indonesia, sejarah internasional atau buku sejarah islam yang bisa dibaca dan pastinya akan mendapatkan hal baru dalam ilmu sejarah.

1. Awal Mula Muslim Di Bali Kampung Loloan Jembrana Sebuah Entitas Kuno

Buku ini membahas tentang kemunculan dan berkembangnya masyarakat muslim di Bali. Sejarah Komunitas Suku Bugis Makassar yang ada di Bali khususnya Kampung Muslim Loloan Jembrana ini akan sangat bermanfaat bagi perjalananmu dalam menempuh kehidupan di alam dunia ini dengan mengikuti cerita dan kisah para tokoh di masa lalu baik perjuangannya, nasihat-nasihatnya, perilaku sikap ketatakramahannya, kegigihan mempertahankan harga dirinya yang tidak bisa ditukar dengan apapun tentu sangat berguna bagi kita.

Dengan memahami sejarah perjalanan Bangsa mulai di lingkup komunitas kecil sampai komunitas yang paling besar karena pada dasarnya semua lingkup itu sama pentingnya tidak ada yang lebih penting dan diutamakan satu dengan yang lain karena unsur-unsur sejarah itu menjadi kesatuan yang utuh dan komprehensif dalam mengkajinya agar lebih sempurna mempelajari dan memahaminya.

2. Buku Pendidikan Sejarah Untuk Membentuk Karakter Bangsa

Dalam buku ini terdiri bagian menarik tentang sejarah bangsa. Bab-bab yang dibahas adalah pendahuluan, konsep pendidikan sejarah dan pendidikan karakter, masalah kurikulum pendidikan sejarah, hal yang masih kontroversi dalam sejarah kita, masalah bangsa kita saat ini, pendidikan sejarah untuk membangun karakter bangsa, relevansi pendidikan sejarah dengan revolusi karakter bangsa, serta relevansi karakter tokoh bangsa bagi generasi masa kini dan ba terakhir meneladani karakter perempuan dalam sejarah.

Hal yang menarik dalam buku ini yang membahas tentang karakter bangsa langsung dicontohkan oleh para pendiri bangsa. Contoh karakter teladan yang diwarisi para pendahulu republik, seperti Douwes Dekker, Soekarno, Hatta, Syahrir maupun Panglima Sudirman.

3. Buku Pusat Kerajaan Kutai Kartanegara Abad XIII – XVII Dalam Pembangunan Pariwisata Daerah

Buku ini akan mengulas lengkap tentang latar belakang dan keterkaitan Kutai Lama dengan pusat-pusat kota kuno kerajaan Kutai Kartanegara, mengidentifikasi sumber daya yang dapat dikembangkan sebagai aset daerah, pusat kerajaan Nusantara yang semasa sebagai referensi dalam melakukan rekonstruksi Pusat Kerajaan Kutai Kartanegara Abad XIII – XVII.

Pada bab lainnya, juga mengulas rekonstruksi dan menganalisis pengembangan kawasan Kutai Lama dalam pembangunan daerah untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, penguatan identitas dan jati diri serta untuk kepentingan ekonomi dengan menjadikannya sebagai daya tarik wisata.

Dengan membaca buku ini, kamu akan lebih bisa mendalami sebuah sejarah lebih dalam serta bagaimana memperkenalkan dan memelihara budaya daerah dengan pengembangan pariwasata berbasis lokal.

4. Sejarah Dan Perannya Dalam Pendidikan

Buku ini membahas mengenai guru dan dunia pendidikan, peranan guru dalam pendidikan, pendidikan sejarah dan guru sejarah, guru sejarah harus terus berkembang, pembagian materi sejarah, nasionalisme, humanisme, dan melestarikan nilai budaya.

5. Buku Sandyakala: Di Tatar Sunda Dan Runtuhnya Imperium Hindu-Budha Majapahit.

Buku ini akan mengulas dan memaparkan cerita tentang bagaimana imperium kerajaan hindu-budha majapahit runtuh mulai dari awal sampai akhir. Berikut ini bab yang akan dibahas dalam buku ini.

  • Alangkah indahnya pesona alam bhumi parahyangan
  • kepanggihnya wangsa sanjaya (hindu) dan wangsa syailendra (budha) di bhumi Mataram kuno
  • sanjaya sang penguasa sunda-galuh di Jawa Barat dan Mataram kuno di Jawa Tengah
  • sandyakala ing misteri rakai pikatan dan roro jongrang
  • sandyakala ing silih bergantinya penguasa hindu-budha di bhumi Mataram kuno
  • sampai dengan sandyakala ing hadirnya imperium hindu-budha majapahit.

Nah, bagaimana nih buat kamu anak sejarah dan ingin mendalami sejarah lebih luas lagi? semoga buku yang direkomendasikan diatas bisa dipelajari dan pastinya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta sejarah selalu diturunkan antar generasi.

Masih banyak lagi buku untuk ilmu lainnya di toko buku online Deepublish Store. Yuk beli disini: Beli Buku Online

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang