fbpx
flash sale toko buku deepublish

Rekomendasi Buku Sastra

rekomendasi buku sastra
toko buku kuliah

Rekomendasi Buku Sastra – Ketika menyinggung sastra, salah satu kalimat yang berkesan di ingatan adalah berikut ini.

Sastra itu penuh makna dan bisa mengingatkan kita dengan cara yang indah dan tak terduga. –Helvy Tiana Rosa

Sastra bukan hanya ekspresi, terdapat makna di dalamnya dan selalu berkaitan realitas. Sastra bisa menjadi tulisan yang dipakai untuk menyebarkan nilai-nilai luhur. Pendekatan sastra lebih mudah diterima dan apa yang terkandung di dalamnya mudah ditangkap oleh pembacanya.

Kamu, yang mempelajari tentang sastra maka seharusnya tidak melewatkan buku-buku di bawah ini. Buku-buku ini dapat membuat kamu lebih paham lagi tentang sastra.

Rekomendasi Buku Sastra

1. Buku Pembelajaran Sastra Indonesia Sebagai Wadah Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Buku Pembelajaran Sastra

Pembelajaran sastra selalu bersangkut-paut dengan kehidupan, begitu tulis Rosnawati. Penulis buku ini menggambarkan sastra sebagai dunia di dalam cipta yang berkaitan dengan kenyataan hidup. Bersifat dan kreatif. Hal ini yang membedakan pengajaran sastra berbeda dengan ilmu eksakta maupun ilmu sosial. 

Melalui buku ini, kamu dapat mempelajari kaitannya pembelajaran sastra dan pembentukan budaya serta karakter bangsa. Harapannya, para pembaca baik dari kalangan pendidik, mahasiswa, atau kalangan mana pun dapat memahami tujuan pembelajaran sastra secara jelas. 

Nilai lebihnya, buku ini tidak hanya membahas teori-teori sastra tetapi juga memaparkan bagaimana caranya menggunakan karya sastra dalam mewujudkan moral pembaca.

2. Buku Manusia, Agama, dan Sastra

Buku Manusia Agama
Manusia Agama dan Sastra

Terdengar menarik belum? Semenjak baca judulnya, saya langsung penasaran isi bukunya. Rekomendasi buku sastra yang satu ini ditulis oleh I Nyoman Buditha S. 

Jadi, buku ini adalah karya pertama I Nyoman Budiartha sebagai penulis. Ia mengusung tema agama, manusia, dan sastra sebab secara esensi buku ini memang subjeknya tiga hal tersebut. Penulis mengartikan sastra sebagai karya fiksi yang mampu membentuk kelembutan hati manusia. Sastra dapat memberikan tuntunan luhur sesuai dengan fitrah Tuhan.

Buku ini lahir dari pengalaman dan perjalanan hidup penulis terutama saat menjadi guru, penilik/pengawas guru agama pembimbing masyarakat Hindu-Budha, dan dosen. Dengan semua pengalaman tersebut, penulis membulatkan tekad untuk menuliskannya dalam sebuah buku.

Buku ini sangat disarankan untuk mahasiswa, pelajar sekolah, tenaga pendidik, dan orang-orang yang menyukai sastra. Buku ini bisa menambah sudut pandang kamu tentang sastra serta kaitannya dengan isu-isu lainnya.

3. Buku Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra

Buku Semiotika

Rekomendasi buku sastra ketiga ini jangan sampai tidak masuk ke dalam daftar buku bacaan, ya. Buku referensi ini cocok untuk kamu yang menyukai bahasan tentang semiotika. Kamu dapat mempelajari bagaimana semiotika diterapkan dalam penelitian sastra. Mahasiswa wajib punya nih.

Buku ini ditulis oleh trio penulis yakni Jafar Lantowa, Nila Mega Marahayu, dan Muh. Khairussibyan. Di dalam buku terdapat beberapa bab. Membahas tentang semiotika sastra, semiotika Michael Riffaterre, semiotika Roland Barthes, hingga semiotika Yuri Lotman.

Buku ini memudahkanmu untuk memahami makna karya sastra melalui teori dan metode ilmiah. Sehingga dalam pemaknaan sastra juah dari subjektivitas.

4. Buku Apa Itu Sastra Jenis-Jenis Karya Sastra Dan Bagaimanakah Cara Menulis Dan Mengapresiasi Sastra

Buku Apa Itu Sastra

Judul buku ini adalah sebuah pertanyaan. Lantas dimana jawabannya? Kamu bisa menemukan jawabannya di dalam buku ini. Artinya kamu harus membaca buku ini.

Buku ini menerangkan dengan cukup jelas tentang sastra. Bahkan tidak hanya itu kamu juga memperoleh pengetahuan tentang jenis-jenis karya sastra, cara menulis karya sastra dan cara mengapresiasi sastra.

Juni Ahyar, selaku penulis buku mengungkapkan bahwa buku ini dibuat agar menjadi referensi sekaligus membangkitkan minat baca siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum. Memantik minat mereka untuk belajar sastra dan menulis karya sastra.

5. Buku Pembelajaran Kritik Sastra

Buku Ajar Pembelajaran

Setelah belajar apa itu sastra, kini beralih ke kritik sastra. Dalam dunia sastra, kritik merupakan hal umrah. Bahkan kritik sastra dipelajari dalam bangku kuliah terutama jurusan sastra. Jadi, kritik sastra pun ada ilmunya. 

Buku ini bisa menjadi pegangan kamu untuk mempelajari kritik sastra. Isi buku karya Syamsuddin ini meliputi

a) sastra dan kritik sastra,
b) analisis puisi,
c) analisis prosa.

Pada bagian pertama kamu akan belajar kritik sastra dari berbagai sudut pandang para ahli.

Bagian kedua, lebih ke pembahasan puisi. Sebagai pembaca, kamu tidak hanya belajar secara konseptual tetapi juga mampu merumuskan analisis puisi di lembar/kertas kerja yang ada di dalam buku. Kemudian bagian ketiga ini kamu diarahkan untuk melakukan analisis prosa khususnya cerpen. 

Mahasiswa sastra pastinya familiar dengan topik ini. Untuk itu, mahasiswa sastra harus punya dan baca. Buku ini akan sangat bermanfaat terutama dalam menunjang perkuliahan. Cukup sediakan uang senilai Rp 75000 maka buku ini sudah ada di tanganmu.

6. Buku Apresiasi Sastra Indonesia

Buku Apresiasi Sastra
Apresiasi Sastra Indonesia

Membicarakan sastra maka tidak bisa dilepaskan dari apresiasi. Buku yang mengangkat tema apresiasi sastra ini ditulis oleh Dina Gasong. Kamu bisa merujuk buku sebagai sumber referensi ketika ingin menulis tugas kuliah atau skripsi yang berhubungan dengan apresiasi sastra.

Buku ini memuat sebelas bab. Secara lengkap mengupas tentang definisi, hakikat, sampai tingkatan apresiasi. Mengapa apresiasi ini menjadi poin penting? Alasan, pengetahuan dan pemahaman seseorang terhadap karya sastra berkorelasi dengan kemampuan mengapresiasi sastra.

Jadi, kamu yang ngaku paham tentang sastra tapi ga punya kemampuan mengapresiasi karya sastra dengan benar maka patut diragukan nih pengakuannya tersebut. 

7. Buku Panduan Pembelajaran Sosiologi dan Pendekatan Kontekstual

Buku Panduan Pembelajaran

Rekomendasi buku sastra selanjutnya adalah tulisan dari Masnuatul Hawa dan rekan-rekannya. Buku referensi ini membahas topik yang menarik yakni sastra dan sosiologi. Mengapa dua topik tersebut yang dipilih?

Menurut penulis, sosiologi sastra dianggap penting dan paling dekat dengan kehidupan manusia. Kondisi tersebut juga paling dekat kehidupan mahasiswa sehingga pembelajaran sosiologi sastra dapat dijadikan strategi dalam implementasi aspek-aspek sosial masyarakat, terutama implementasinya kepada mahasiswa.

Apalagi pembelajaran sosiologi sastra di perguruan tinggi masih jauh dari yang dicita-citakan selama ini. Pembelajaran masih cenderung teoritis dan hafalan. Dampaknya pembelajaran yang terjadi masih kaku, monoton, dan membosankan. Nah, untuk itu hadirlah buku ini. Isinya adalah panduan pembelajaran sosiologi sastra dengan pendekatan kontekstual. Jadi panduan ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual, tidak hanya intelektual. 

Buku ini cukup ringkas dengan tiga bab di dalamnya. Mau tau lebih lanjut pembahasan tiap babnya? Kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 85000 agar bisa membeli dan membaca buku ini. 

8. Buku Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya

Buku Sastra Lisan
Sastra Lisan Teori, Metode dan Penerapannya

Sastra tidak hanya terbatas sastra tulis. Bahkan keberadaan sastra lisan lebih dulu ada sebelum berkembangnya sastra tulis. Nah, buku ini membahas tentang sastra lisan Bumi Silampari. Mulai dari teori, metode, hingga penerapannya.

Buku ini tersusun dari 7 bab. Di bagian awal, kamu akan disuguhkan informasi perihal sastra, bahasa sastra, karakteristik bahasa sastra, sastra lisan, sampai perbedaan sastra lisan dengan folklor. Di bab-bab selanjutnya buku ini mengulas tentang pengertian sastra lisan, bentuk-bentuk sastra lisan, dan jenis-jenis sastra lisan. Selain itu masih banyak lagi bab-bab menarik di dalam buku ini.

Buku karya Juwita ini juga mengulas tentang metode penelitian sastra lisan. Harapan, mahasiswa yang membaca buku ini membeli bekal untuk melakukan penelitian sastra lisan. Jadi, buku referensi ini sangat direkomendasikan khususnya untuk mahasiswa maupun dosen yang hendak meneliti terkait topik ini.

Tidak menemukan buku sastra yang cocok? Temukan buku yang lain di dalam kategori Buku Bahasa dan Sastra.

Kontributor: Ana Widiawati 

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang