fbpx
flash sale toko buku online deepublish

7 Rekomendasi Buku Puisi Penggugah Emosi

rekomendasi buku puisi
toko buku kuliah

Rekomendasi Buku Puisi Penggugah Emosi – Sedang merasa sedih atau mungkin terlalu sedih? Atau tengah merasakan bahagia? Ketika manusia berada di dua fase (sedih dan bahagia) manusia mampu melahirkan bakat terpendamnya. Yaitu bakat untuk membuat puisi dan bakat menulis.

Padahal sebelumnya tidak pernah bisa menulis sebait pun. Namun ketika manusia berada pada emosi yang datar dan biasa-biasa saja, mereka cenderung kurang ekspresif dalam menggambarkan emosi. 

Nah, apakah kamu juga pernah merasakan hal seperti itu? Jika pernah, sebaiknya kamu tuliskan perasaan dan sensitivitas perasaan Anda. Kemudian jika sudah terkumpul banyak, kamu pun bisa menerbitkan menjadi kumpulan puisi.

Atau mungkin kamu sedang mencari rekomendasi buku puisi untuk mengerjakan tugas? Apapun kepentingan kamu mencari rekomendasi buku puisi, berikut ada beberapa buku yang bisa kamu baca. 

7 Rekomendasi Buku Puisi Penggugah Emosi

1. Kumpulan Puisi Ku Korbankan Rasaku

Buku Kumpulan Puisi

Rekomendasi buku puisi karya Dian Ratnawati mengemas buku kumpulan puisi menjadi lebih hidup. Di dalam kumpulan puisi ini tidak hanya menonjolkan rasa nasionalisme dan perjuangan, tetapi juga romantis, kreativitas dan dunia pendidikan.

Kelebihan dari buku ini karena buku ini masih sangat segar, baru terbit. Latar belakang penulisan kumpulan puisi ini akibat masa pandemi yang memberikan banyak perenungan bagi penulis, sehingga melahirkan kumpulan puisi inspiratif ini.

Meskipun buku ini sederhana, pesan yang diberikan sangat cocok untuk semua kalangan, mulai kalangan muda, tua, anak-anak hingga pelajar sekalipun. 

2. Antologi Puisi Ketahanan Keluarga Setenang Telaga Kumpulan Sajak kontemplasi Pegawai Non Stop 

Buku Setenang Telaga

Rekomendasi buku puisi yang kedua adalah buku setenang telaga. Buku ini adalah kumpulan puisi yang diramu sedemikian apik dan emosional. Pembuatan buku lahir dari hiruk pikuk kehidupan perjuangan pekerja dalam menekuni profesi dan segenap etikanya.

Kita semua tahu, bahwa setiap orang memiliki garis takdir dan garis hidup yang berbeda-beda. Tentu saja juga memiliki banyak pelajaran hidup yang beragam pula. Nah, buku ini juga demikian, penuh dengan perjuangan, penuh peluang, dan tantangan. 

Buku ini semakin dramatis ketika bab awal diawali dengan takbir, seruan kepada Sang Pencipta. Buku kumpulan puisi ini penuh emosional dan kritis. Dijamin kita pun akan tersadar dengan hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Anda pun bisa dapatkan buku di toko buku Deepublish di website. 

3. Buku Ontologi puisi Cinta dan Perjuangan

Ontologi Puisi Cinta

Rekomendasi buku puisi satu ini mungkin lebih pas dan cocok buat kamu millenial. Dimana kehidupan mereka masih dipenuhi dengan emosi percintaan dan perjuangan meraih mimpi dan ambisi. Kumpulan puisi karya Legino. Jr ini pun tidak melulu menjelaskan tentang emosi percintaan yang drama.

Tetapi cinta penuh esensi. Jiwa muda di sini sangat kental sekali, dimana emosi seperti emosi memberontak, semangat, terjatuh akan terlukis di setiap puisi. Ibarat kata, kumpulan puisi ini seperti etalase emosi yang ingin disuguhkan penulis agar bisa dinikmati dan diambil pelajarannya.

Bagaimanapun juga, penulis menuliskan melahirkan karya ini karena rasa kekecewaan dalam melihat fenomena dan masalah yang dihadapi di lingkungan penulis. Kelebihan ini tentu saja lebih hidup, karena banyak majas yang memberikan sentuhan sentimentil di setiap bait puisi menjadi lebih dalam. 

4. Kisah Cinta Dalam Puisi 

Buku Kisah Cinta Dalam

Rekomendasi buku puisi karya Resyal Wiji Anggoro melahirkan kumpulan puisi karena ingin mengajak pembaca untuk mengabadikan setiap kenangan yang pernah dirasakan. Kita tahu bahwa kehidupan setiap orang memiliki ceritanya sendiri-sendiri.

Ada fase susah, senang itu hal yang lumrah. Dari fase ke fase banyak pelajaran dan pesan yang sebenarnya sayang untuk dilupakan. Maka dari itu, penulis pun menggambarkan setiap perjalanannya dalam kumpulan puisi. Memang puisi ini bukanlah hasil dari pengalaman pribadinya, tetapi juga dari pengalaman orang lain. 

Kumpulan puisi ini pun juga akan megambarkan kisah cinta. Dimana perasaan cinta dapat diartikan berbagai gagasan daris etiap orang yang mengalaminya.

Ada yang mengartikan cinta sebagai sebuah kebahagiaan, anugrah, sebuah kesedihan, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya kisah cinta dalam puisi ini akan memaparkan lebih global. Buku ini sangat cocok dan direkomendasikan bagi kawula muda yang masih akrab dengan dunia percinta.

5. Sepenggal Harap Kumpulan Puisi 

Sepenggal Harap Kumpulan Puisi

Rekomendasi buku puisi yang juga cocok bagi kawula muda adalah karya Nur Suryanah. Kumpulan puisi ini sebenarnya kumpulan ungkapan rasa dan perasaan tentang jatuh cinta terhadap dirinya sendiri.

Tidak semua orang mampu menyikapi perasaan semacam ini. Ada yang bingung harus berbuat apa ketika dirinya sedang jatuh cinta. Ada pula yang tidak bisa mengontrol dan masih banyak lagi. 

Secara garis besar, kumpulan puisi ini adalah kumpulan puisi dari pengalaman si penulis dan pengalaman dari orang-orang terdekat dari penulis. Kumpulan puisi ini dikemas dengan apik, sederhana. Rangkain kalimat ini pun dikemas sedemikian rupa, sehingga semakin menghidupkan emosi pembacanya. 

6. Antologi Puisi rindu “Sajah Dosa”

Antologi Puisi Rindu

Jika rekomendasi buku puisi sebelumnya seputar emosi dan rasa cinta, maka rekomendasi buku puisi kali ini lebih ke religiusitas seseorang. Buku berjudul Sajadah Dosa karya Rina Kurniawati ini lebih menyatakan bahasa kalbu terdalam. Menceritakan sebuah rindu dalam kegelapan hati.

Kumpulan puisi ini dipersembahkan oleh penulis untuk jiwa yang rindu pada belai cinta hakiki. Pencarian pada lurus jalannya namun selalu terjatuh dan nista. Kumpulan puisi ini menceritakan perjuangan dan derai air mata yang tidak pernah cukup menebus rasa bersalah dan penyesalan. 

Sebenarnya buku ini sangat direkomendasikan buat kamu yang juga tengah mencari kedamaian dan rindu pada sang Pencipta. Buku ini akan semakin menguras emosi ketika membaca setiap bait dan lembarnya. Kamu bisa dapatkan buku di marketplace dan buku bisa didapatkan secara online.

7. Antologi Puisi Ina Tani Tenane

Dari judul puisi karya Komunitas Sastra Ina Bao Puken ini memang unik di dengar. Dari judulnya saja sudah menarik perhatian. Ternyata puisi lahir dari imajinasi liar dari sang penulis. Kata-kata nya kadang kaku dan beku, kadang juga cair, tetapi memang begitulah imajinasi bercerita.

Tapi tahukah kamu jika karya puisi ini sebenarnya ditulis oleh pelajar SMP loh. Meskipun demikian, kalimat yang dipilih sangat menggugah dan menarik minat. Pemilihan diksi yang dipilih pun juga selalu membuat kita menemukan kosakata baru. 

Karena kumpulan puisi ini ditulis oleh banyak penulis, maka tidak heran jika puisi ini lebih beragam dan bervariasi. Tidak hanya mengulas tentang kepekaan terhadap situasi sosial, tetapi juga mengupas kehidupan dan pengalaman si penulis.

Emosi yang ditampakkan pun juga bervariasi, ada yang sedih, gembira dan semacamnya.Rekomendasi kumpulan puisi di atas hanya beberapa saja. Masih ada  banyak kumpulan puisi yang bisa kamu baca dari terbitan Deepublish.

Misal buku ‘pinus yang rebah’ karya Teguh Hindarto dan ‘percik api di sore hari’ karya Sri Purwani.

Semua buku-buku tersebut dapat kamu dapatkan di marketplace atau di toko buku deepublish.

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang